Lebih Dekat dengan Kanker Prostat

penyebab pencegahan pengobatan kanker prostat

Lebih Dekat dengan Kanker Prostat. Sebuah informasi masuk via WAG Ikatan Sekretaris Indonesia cabang Balikpapan.

Tentang Seminar Kanker Prostat, Penyebab, Pencegahan dan Pengobatan yang diadakan oleh Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB), 19 Januari 2019. Gratis dan kursi terbatas!

Cepat-cepat dong aku pesan tempat. Siapa cepat, dia dapat!

Aku juga langsung mengkonfirmasi acara ini dengan dokter Fajar dari RSPB yang kebetulan member di WAG Blogger Balikpapan.

Beliau langsung memberikan nomor WA, PIC untuk event ini, mba Liza Permatasari, Pengawas Humas RSPB yang, masya Allah, sosoknya sangat humble banget! Alhamdullillah.

... dan japri pun dimulai.

Aku mengenalkan diri dan bertanya apakah masih ada kuota...?

... lalu dijawab :

"Boleh minta nama lengkap, Pak?"

.... dan terjadi lagi, aku dikira lelaki ...

Hmmm... apakah namaku memang so... manly bisikku lirih dalam hati?

Hahaha, aku ngakak membaca jawaban mba Liza lalu balas menjawab :

"Ini, mba-mba, mbaaa... bersama emoji monyet menutup mulut"

... tombol sent aku tekan!

Aku membayangkan di seberang sana, pasti doi terbahak juga.

Begini jawaban mba Liza :

"Oalah... mohon maaf disertai emoji tangan meminta maaf dan wajah tersipu"

Aku lalu mengenalkan diri sebagai seorang Travel dan Lifestyle Blogger (uhuk!) dan memberi URL link blog contoh satu postingan tentang rahasia dibalik hubungan harmonis dan romantis. Biar lebih greget! Hahaha...

Baca juga : Kiat Hubungan Harmonis dan Romantis

... dan obrolan kami pun berlanjut semakin mesra.

Aku merasa sudah mengenalnya lamaaaa, padahal ini adalah korenpondensi kami yang pertama.

Di akhir chat aku juga bertanya apakah doi sering menjadi MC sekaligus promo tulisan (teuteup laaa) hahaha, tentang kiat mengatasi rasa gugup di segala situasi yang menurutku cocok banget untuk posisi mba Liza sebagai Humas RSPB.

Singkat cerita, hari dinanti pun tiba!

Pagi itu, sekitar 0730WITA, 19 Januari 2019 aku merapat ke tkp, auditorium RSPB, setelah sebelumnya melobby hubby babang Iqbal Pohan untuk mengantar, karena rayuanku untuk mengajak doi ikutan seminar gagal, pemirsah!

Mendengar seminar itu berat, doi tak akan kuat, biar aku sajalah, halah!

Saat aku tiba, auditorium masih sepi, hanya beberapa peserta yang sudah tiba

Yup, aku langsung dong cari mba Liza!

"Mba Liza?"

Berbekal gambar profil di WA aku memberanikan diri menebak seorang wanita petugas registrasi yang menurutku mirip mba Liza.

"Ini Anna Rosanna, mba"

"Eh... ibu Anna"

Yay...!

Ternyata  tebakanku benar. Mba Liza keluar dari balik meja dan menghampiriku. Kami langsung cipika-cipiki dunk yak.

"Yuk, Ibu silahkan daftar dulu"

Mba Liza mengarahkanku ke meja registrasi kembali.

Setelah menulis nama, alamat email dan instansi, aku diarahkan ke meja sebelah di mana seorang petugas laboratorium wanita yang tersenyum ramah juga sudah menanti.

"Mari Bu, ada pemeriksaan gratis gula dan asam urat untuk peserta seminar hari ini"

"Alhamdullillah, kebetulan sekali, jawabku penuh rasa syukur dalam hati"

Meski sudah sering diambil darah, tetap saja adrenalinku sejenak melonjak, hahaha.

"Trak!"

Suara alat pengambil darah terdengar seperti ketukan ballpoint di zaman sekolah.

Aku melirik catatan si mba.

Hasil Pemeriksaan

Gula darah sewaktu : 98  {Normal < 170}
Asam Urat:                3,2 {Normal 5,7}

"Alhamdullillah, normal bu, kata mba petugas sambil tersenyum ramah"

Setelah itu, seorang petugas sudah menanti dengan goodie bag biru dan fotokopi materi seminar pagi ini.

Aku kembali menemui mba Liza di meja registrasi, mumpung peserta masih sepi.

Kami langsung larut dalam pembicaraan random.

... dan ketika obrolan sampai ke tip optimasi instagram, mba Liza menyimak penuh semangat 45, matanya fokus dan berbinar ceria. Yup, keinginan untuk mengoptimasi akun instagram @rspertaminabalikpapan begitu menggelora dan hei... menulariku juga.

Tak terasa waktu berlalu begitu cepat dan peserta mulai ramai berdatangan, mba Liza pun pamit mau melakukan tugas negara, hahaha.

Beklah...

Acara diawali dengan video presentasi RSPB dan sambutan dari Wakil Direktur Medik RSPB dr. M.N Khairuddin, Sp. B.

Nah... di sini ada sedikit intermezzo dari sambutan beliau...

"Wah, saya takjub nih, dominan ibu-ibu yang hadir, padahal kanker prostat biasanya diderita oleh laki-laki lho"

Sambil berkata demikian dokter langsung berhenti sejenak dan menyapu pandangan ke peserta seminar.

Lalu cepat-cepat beliau menghadirkan senyuman penuh arti.

"... tapi masuk akal juga sih soalnya, ibu-ibu kan user ya..."

Hahaha, mendengar pernyataan dokter yang kocak, tak pelak, spontan peserta seminar ngakak!

Ahhh, brilian sekali cara beliau mencairkan suasana ya.

Syukak!

Lalu beliau menambahkan lagi...

"Tahukah ibu-ibu, bapak-bapak? Dokter Eddy, yang nanti akan menyampaikan materi, kerjanya  di rumah sakit itu setiap hari.... mancing!"

Aku termasuk peserta seminar yang kaget dan sempat punya pikiran, "hah, kog mancing sih?"

... dan seperti bisa membaca pikiran, kembali dokter menahan diri, menunggu respon kami...

"... iya, mancing alias memeriksa alat kencing!"

Hahaha... kali ini peserta ngakak malah lebih kencang.

Yup, 2-0 pemirsah!

Hahaha...

Kembali ke laptop!

Usai sambutan dari dr M.N Khairuddin, saatnya mencicipi hidangan utama yak...

Dokter Eddy Sunarno, Sp. Urolog dari Rumah Sakit Pertamina Balikpapan membuka seminar dengan memberi fakta bahwa kanker prostat merupakan kanker mematikan ke 6 di Indonesia setelah kanker serviks, kanker hati, kanker usus, kanker payudara dan kanker paru.


penyebab pencegahan pengobatan kanker prostat

Selanjutnya beliau berbagi informasi seperti di bawah ini:

1. Anatomi Prostat
  • Kelenjar prostat berada di bawah kandung kemih dan di depan rektum (tempat penyimpanan sementara feses)
  • Prostat hanya terdapat pada laki-laki dan berfungsi untuk memproduksi cairan semen/air mani
  • Besarnya prostat berubah seiring dengan usia. Semakin besar pada orang tua.
penyebab pencegahan pengobatan kanker prostat

Hampir seluruh kanker prostat adalah adenocarcinoma (kanker yang berasal dari sel kelenjar)

Saat menjelaskan hal ini dr Eddy sempat bercanda :

"... gak usah dihapalkan "adenocarcinoma" ya, gak ditanya kok nanti pas ujian"

Hahaha...

Fix, dua dokter RSPB ini kocak-kocak ya pemirsah.

Kalau aku jadi pasien, pasti betah nih diperiksa mereka. Pasti cepat sembuh ya, hahaha...

Lanjut...!

Menurut data di Amerika Serikat pada tahun 2016:
  • Terdapat 180.890 kasus baru kanker prostat
  • 26.120 kematian baru
Rata-rata kasus kanker prostat terdiagnosa pada umur 66 tahun.

Mengapa?

Menurut data pasien yang ada pada dokter Eddy, penyebabnya adalah, kurangnya edukasi tentang deteksi dini kanker prostat serta pertumbuhan kanker prostat yang cenderung lambat jika dibanding dengan kanker payudara atau serviks, sehingga pasien tidak menyadari sudah terserang penyakit ini.

Biasanya pasien yang datang ke dokter Eddy umumnya sudah pada stadium lanjut (T3-T4) di mana operasi pengangkatan prostat sudah tidak bisa dijadikan solusi, karena biasanya kanker sudah menjalar ke daerah di sekitar prostat, tulang dan bahkan tempat yang lebih luas lagi.

penyebab pencegahan pengobatan kanker prostat

2. Gejala

Tidak ada tanda khusus sebagai peringatan munculnya kanker prostat!

Gejala kanker prostat baru muncul justru setelah terjadi pembengkakan kelenjar prostat.

Jadi, semakin cepat terdeteksi dan diobati, semakin besar peluang untuk sembuh tanpa terjangkit lagi.

So, penting banget setiap pria (termasuk sang user wanita) mengenali berbagai gejala berikut ini :

Gejala kanker prostat stadium awal

Tanda paling umum adalah timbulnya berbagai gangguan yang menyerang  area kandung kemih.

Mengapa?

Karena prostat terletak tepat di bawah kandung kemih, sehingga pembengkakan prostat bisa dengan mudah menekan kandung kemih yang kemudian akan menimbulkan berbagai masalah berikut seperti:
  • Aliran/pancaran urin melemah
  • Frekuensi berkemih jadi lebih sering ketimbang biasanya (lebih dari 2x di malam hari). Meski ini bukan selalu penyebab kanker prostat ya
  • Adanya darah pada urin/air mani
  • Ketidakmampuan mengontrol kandung kemih
  • Disfungsi ereksi

Sampai di sini dr Eddy berhenti dan menyapu pandangan (lagi) ke kami...

"Kebanyakan pasien saya masih banyak yang acuh meski air urin sudah berdarah, namun berbeda kalau sudah air mani yang berdarah, langsung panik!"

Gejala kanker prostat stadium lanjut

Bila sel kanker sudah berkembang semakin parah, maka akan muncul gejala kanker prostat stadium lanjut berupa :
  • Nyeri hebat di bagian pinggul, punggung, dada, tulang iga dan bagian tubuh lainnya

Bahkan jika kanker sudah menjalar hingga ke sumsum tulang belakang akan mengalami kesulitan mengontrol kandung kemih, kaki serta tungkai bawah pun semakin melemah.

3. Faktor Resiko

Dokter Eddy menyebutkan bahwa umur, ras/etnis, geografi dan genetik merupakan faktor resiko kanker prostat.

Umur

Kelenjar prostat pria akan terus berkembang sepanjang hidupnya.

Itulah kenapa semakin tua semakin tinggi resiko, karena itu dianjurkan rajin memeriksakan diri secara dini terutama jika ada dalam lingkup keluarga yang menderita kanker prostat dan sudah memiliki gejala stadium awal di atas.

Ras/Etnis
Menurut survei, ras Afrika memiliki resiko lebih tinggi ketimbang ras Asia.
Sampai sekarang belum diketahui penyebabnya.

Geografi
Orang-orang yang tinggal di daerah yang memiliki kegemaran mengkonsumsi daging merah memiliki resiko lebih tinggi. Ini erat kaitannya dengan konsumsi lemak yang terdapat di dalam daging

Genetik
Orang-orang yang memiliki hubungan genetik dengan penderita kanker prostat memiliki resiko dua kali lebih tinggi.

4. Diagnosa

Seseorang dinyatakan mengidap kanker prostat biasanya pasca dilakukan diagnosa berikut ini

penyebab pencegahan pengobatan kanker prostat

Fix, seperti dijelaskan di faktor resiko, genetik memang dijadikan salah satu pendukung diagnosa!

Untuk DRE, begini kira-kira ilustrasinya...

penyebab pencegahan pengobatan kanker prostat


Dr Eddy menambahkan, DRE ini bisa jadi sangat sakit terutama saat pasien merasa sangat-sangat tegang ketika pemeriksaan dijalankan.

Jadi, penting banget merasa rileks agar tidak terasa begitu menyakitkan dan menyeramkan.

Aku langsung ingat waktu alami test IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) untuk deteksi dini kanker serviks.

Iya, waktu lihat alat yang dipegang ibu bidan, adrenalin langsung memegang kendali, jantung memompa liar tak terkendali, hihihi.

Aku langsung menarik nafas panjang, hembuskan... tarik lagi... hembuskan...  lalu membaca doa dan surah-surah pendek, berusaha menenangkan pikiran.

Alhamdullillah, it works!

Saat alat dimasukkan ke vagina, memang jantungku masih memompa liar, hahaha... namun aku tetap berusaha rileks sambil mengingat hal-hal indah.

Ada rasa nyeri sih, sedikit laaa... tapi tak seseram yang aku bayangkan.

Fiuuh...! Pengalaman yang takkan terlupa!

Mungkin... mungkin begitu juga agaknya DRE ini ya.

Lanjut...!

Jadi untuk memastikan diagnosa kanker prostat ada banyak tahapan. Dan tentu saja sifatnya case by case ya. Tidak sama untuk setiap pasien.

Setiap tahapan diagnosa lanjutan tergantung dengan hasil diagnosa yang telah dilakukan.

Berikut beberapa diagnosa lanjutan kanker prostat ...

penyebab pencegahan pengobatan kanker prostat


TRUS adalah sebuah alat yang dimasukkan ke dalam anus yang mampu mengirim dan menerima gelombang suara sekaligus menghasilkan gambar kelenjar prostat dan jaringan disekitarnya.

Biopsi Prostat adalah pemeriksaan diagnostik untuk memastikan keberadaan kanker prostat di mana dokter akan mengambil beberapa sampel jaringan dari kelenjar prostat untuk dianalisis.

Ada juga diagnosa melalui Imaging yaitu CT Scan, Bone Scan dan MRI.

5. Staging

Untuk stadium kanker prostat ditentukan dengan beberapa faktor :

- Hasil biopsi prostat (Gleason Score)
- Kadar PSA
- Hasil pemeriksaan lain yang menunjang

6. Terapi

- Terapi kanker prostat tergantung pada stadium apa kanker ini terdiagnosa.

Pilihan terapinya :

- Watchful waiting/active surveillance (berobat jalan)
- Operasi
- Radiasi
- Brachytherapy
- Cryotherapy
- Terapi hormonal
- Kemoterapi

penyebab pencegahan pengobatan kanker prostat

Catatan:

Semua terapi di atas harus didiskusikan dengan dokter dan pastikan juga untuk bertanya tentang efek samping dan tingkat keberhasilan.


7. Post Terapi

Yang tak kalah penting setelah terapi adalah post terapi seperti:

- Kontrol rutin ke dokter
- Pemeriksaan laboratorium rutin
- Diet dan aktivitas fisik
- Penanganan efek samping pengobatan
- Dukungan keluarga dan orang terdekat

Usai menyampaikan materi dokter Eddy juga membuka sesi tanya jawab yang berlangsung ringan, kocak namun informatif.

Acara ditutup dengan pembagian hadiah ke para penanya dan foto bersama, tentu saja, hahaha...

penyebab pencegahan pengobatan kanker prostat

Senang banget bisa menjadi bagian dari aktivitas Kanker Prostat Penyebab, Pencegahan dan Pengobatan Rumah Sakit Pertamina Balikpapan ini.

Ditunggu acara keren, seru dan informatif lainnya ya, dr. Eddy, mba Liza!

Catatan:
Semua infografis adalah materi seminar dari Dr Eddy Sunarno, Sp. U
RS Pertamina Balikpapan

66 comments:

  1. Gak cuma bapak-bapak yang harus tau mengenai kanker prostat, ibunya juga harus mengerti. Setidaknya tanda-tandanya tau lah ya jadi bisa mencegah atau bawa suami ke dokter kalau ada tanda-tanda kaya gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos, Mak Lid
      ... sodorin camilan... :)

      Delete
    2. Kayanya banyak juga ya para suami & istri yang gak tau tanda-tanda awal kanker prostat ya, kemairn ini tetanggaku juga baru operasi

      Delete
  2. Waktu suami operasi varikokel, di kamarnya sebelahan sama yg habis operasi prostat... Dulu ga ngerti, prostat tuh apa sih, heuheu... Setelah baca ini jd paham :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga beruntung sekali bisa ikutan seminar awam ini, Mak
      Tercerahkan!

      Delete
  3. Seneng ya mak Anna kalau datang ke seminar kesehatan gini, jadi banyak ilmu kesehatan yang bisa disharing. Saya juga bacanya jadi nambah ilmu juga. Alhamdulillah. Makasih sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos lagi deh sam Mak Tian
      Setuju, Mak
      Benar-benar tercerahkan!

      Delete
  4. Bisaaa ajah. Mancing, meriksa kencing. Informasi seperti ini perlu banyak di-share agar para bapak (juga istrinya) sadar dan bisa lebih jaga kesehatan, terutama di organ intim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha,, asli kocak memang 2 dokter di atas, Mak
      Ganteng dan ramah.
      Meleleh Mak... Hahaha...

      Delete
  5. Kirain tadi apa itu mancing, eh ternyata hahaha. Jadi tau banyak tentang kanker prostat. Konsumsi makanan berlebihan memang nggak baik ya mbk, termasuk konsumsi daging yang berlemak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga termasuk yang sempat, ha, apa? Mancing?
      Ternyata... itu toh, hahaha

      Delete
  6. Jadi ingat bapakku, pernah operasi prostat, alhamdulilah nggak ada sel tumornya. Pemulihan pasca operasi sekitar 2 mingguan, mba. Ini suamiku yang aku minta lebih aware, misal air kencing keruh ya harus periksa. Soalnya bapaknya dulu juga operasi prostat. Meninggal karena tumor otak, sedih banget kalo ingat tahun 1999 itu

    ReplyDelete
  7. informasi penting seperti ini harusnya lebih banyak mak. biar pada paham gitu ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga beruntung sekali, mba bisa mendapatkan informasi langsung dari sang ahli, makanya aku niatkan untuk membaginya di sini.

      Delete
  8. Penting diketahui nih untuk lebih waspada dengan kangker prostat. Nice share mba..

    ReplyDelete
  9. kalau narasumbernya kocak malah materinya justru terngiang2 mba Ana kalau aku yah :D

    btw kanker prostat jadi inget mendiang kakek yang juga kena :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak ya mba yang bisa terkena kanker ini makanya pencegahan sejak dini dan edukasi tentang penyakit ini wajib disebarluaskan

      Delete
  10. Kanker prostat biasanya menjadi momok bagi para pria,
    harus dicegah semenjak dini, dan yang pasti harus berpola hidup sehat.
    olahraga yang cukup juga.
    kadang waswas juga sih sama prostat hehe

    ReplyDelete
  11. Di televisi itu suka liat acara kesehatan bertema kanker prostat dan ujung2nya kudu beli apalah biar sembuh.

    Well ini dokternya memang kocak. Saat ku zoom fotonya, dokternya masih muda *penting*.

    Noted ini infonya ya Mak Anna.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ada dokter ganteng dan ramah, rasanya sakitnya sudah hilang ya, mba...

      Delete
  12. Baru baca kisah tentang si prostat ini...
    Ya Allah~

    Kemarin tetangga aku juga ada yang meninggal karena diagnosis dokter adalah prostat.
    Aku pikir gak sampai bawa nyawa yaa...hanya kesulitan kalau mau pipis.

    Barakallahu fiik, infonya mba Anna.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh tahu usianya saat itu sudah berapa tahun, mba?

      Delete
  13. Aaaiiih ngilu liat gambar yg pengecekan ya ... semoga sehat2 aja deh ya mba. Tp jujur suka bingung kl misal mau pencegahan dini dr oenyakit2 sjnis kanker ini. Slain mnjaga pola hidup .. pemeriksaan pasti bakal kita lakuin kl dirasa ada gejala kan ya. Pengennya diperiksa sebwlum ada gejala hehehe.

    ReplyDelete
  14. Duuh aku ngilu juga liat gambarnya. Jadi tahu ttg kanker prostat. Semoga keluargaku dan kita semua dijauhkan dari penyakit ini

    ReplyDelete
  15. aku sekarang udah jarang banget ikutan seminar kesehatan.
    padahal banyak banget pengetahuan lama dan baru yang belum aku ketahui.

    makasih informasinya ya mbak... :D

    ReplyDelete
  16. Wah menarik sekali seminar ya ya mba

    Jadi lebih tahu tentang prostat..sambil terus berdoa semoga kita semua dijauhkan dari penyakit ini. Aamiin..

    ReplyDelete
  17. wah, dokternya humoris. Kalau periksa sma dokter yg humoria tuh seneng, krn bs mengurangi stres disaat sakit. Ngomongin kanker prostat, sebagai istri hrs aware juga nih. Jgn sampai suami kena.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos, mba!
      Dokter cakep/cantik dan ramah itu, memang sesuatu!

      Delete
  18. Kalau perempuan suka takut kanker payudara. Kalau laki-laki khawatir kanker prostat. Tetapi, kanker apapun memangmenyeramkan

    ReplyDelete
  19. Pengetahuan tentang kanker prostat memang bukan hanya harus diketahui oleh para lelaki ya...
    Ibu-ibu sebagai "user" juga harus tahu, setidaknya bisa mengingatkan para suami yang biasanya kurang peduli dengan kesehatan

    ReplyDelete
  20. Tetangga ku meninggal karena prostat, bukan kanker sih memang. Jadi setelah di operasi gitu terus beberapa bulan kemudian berasa lagi itu prostatnya. Semoga saja ya keluarga kita di jauhkan penyakit ini.

    ReplyDelete
  21. Ibu-ibu harus tau juga ya soal kanker prostat ini supaya lebih aware ke suaminya, karena untun kebaikan istri juga kan.

    ReplyDelete
  22. Tetanggaku banyak Mbak, memang sudah sepuh2, dan kebanyakan dari mereka tak lama setelah operasi dan mungkin benar kalau pengangkatan sudah tidak jadi solusi karena saking parahnya, tak lama meninggal.

    ReplyDelete
  23. Aku baca sampai habis komplit dan tetap ngilu bacanya walau dulu aku pernah jualan khusus obat prostat ini hehehe.
    Karena emang benaran banyak yg masuk cuuek walau tanda2 awalnya sudah ada.

    ReplyDelete
  24. Wah, serem juga ya faktanya. Kanker prostat adalah kanker mematikan nomor 6. Semoga banyak yang aware dengan penyakit yang satu ini. Dan semoga banyak yang bisa mencegahnya sedini mungkin sebelom masuk ke stadium lebih tinggi.

    ReplyDelete
  25. Makin tau makin besar kans kita untuk tetap sehat terus ya mba.. kanker memang menakutkan tapi bisa dihindari dan diobati

    ReplyDelete
  26. Papa saya pernah kena gangguan prostat ringan, dan perlu tindakan operasi. Setelah itu beliau rutin pengecekan, jangan sampai ada masalah menuju kanker. Serem banget soalnya

    ReplyDelete
  27. Aku punya 2 anak laki2, jadi total ngurus 3 laki2. Kudu aware banget sama jenis kanker ini. Makasih yaa mba buat ilmunya. Plus ilmu promosi tulisan ke siapapun itu, hahahaaa.. nanti ku contoh aah :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana, mba, sudah promosi tulisan kemana aja ne? :)

      Delete
  28. Duuh ngilu liat gambarnya mba. Tp alhamdulillah dpt pencerahan nih skal kanker prostat. Makasih yaaa 😊

    ReplyDelete
  29. Oh kanker prostat lebih lambat dideteksi ya dibanding kanker payudara. Kalau kanker payudara ada SADARI, untuk kanker prostat Cara ceknya gimana?

    ReplyDelete
  30. Aku bacanya merinding.. pengetahun seperti ini nih kadang yang kurang didapat, seneng banget ada tulisan tentang kanker prostat dengan jelas dan detail seperti ini.. semoga informasi ini bisa tersebar dan terjangkau lebih luas ya mba.. saya yakin banyak yang butuh informasi tentang kanker prostat ini

    ReplyDelete
  31. Kalau denger kata prostat aku langsung ingatnya ke laki2, ternyata perempuanpun jg berisiko terhadap kanker prostat ini ya mbak. Ada pemriksaannya jg, aku jd ikut deg2an pas baca dirimu dicek itu. Moga2 sehat2 selalu yaaa

    ReplyDelete
  32. Wahh ini bagus ini, kadang kanker prostat ini kita para wanita apalagi ibu kurang informasi padahal penting banget.. aku save mba yah tulisannya...

    ReplyDelete
  33. Wuaaa, aku pernah kena tumor ganas, jadi ingat aku ganti dokter karena dokter yang pertama ya ampuuun, bikin hopeless.
    Akhirnya kau pindah dojter yang bikin nyaman, enak ngobrolnya, enggak nakutin, ahaha

    ReplyDelete
  34. Ya Allah smeoga kita semua dilindungi dari penyakit berbahaya ya Mba Anna. Alhamdulillah dateng ke seminar begini dapet ilmubanget ya Mba. Agar kita waspada dan menjaga kesehatan dengan baik

    ReplyDelete
  35. Aku jadi pengen meriksakke suamiku buat cek kesehatan ih .Aku udah melakukan pemeriksaan kankee serviks. Alhamduillah negatif

    ReplyDelete
  36. Thank you lho Mba Anna untuk pengetahuan ini. Gejala-gejalanya harus diwaspadai ya. Misal mulai ada gangguan yang terkait dengan saluran kemih harus buru-buru diperiksakan dengan seksama.

    ReplyDelete
  37. Iya bahaya y mba,, akupunn kmrn dh baca tentang oenyebabnya jd hrs mulai aware Dr sekarang

    ReplyDelete
  38. Sosialisasi seperti ini yang harus digalakkan dan di buat rutin agar semua pria semakin mengetahui apa itu prostat dan sebarannya

    ReplyDelete
  39. Ini nih salah satu yang renggut nyawa alm. Bapakku.
    Kanker prostat yang telat diketahui. Aku menyesal waktu itu karena ga tahu kalau itulah awal Bapak sudah nggak bisa sembuh karena komplikasi juga 😭

    ReplyDelete
  40. edukasi tentang penyakit-penyakit degeneratif ini memang penting ya mbak, sebab sekarang penyakit tak hanya diderita oleh orangtua tetapi juga orang muda. Sosialisasi tentang penyakit prostat ini penting banget agar semua masyarakat mengerti.

    ReplyDelete
  41. ibu ibu ini harus rajin ya hadir di event yang ginian biar bisa membantu suami untuk mencegah penyakit ini

    ReplyDelete
  42. Wah nambah ilmu banget nih mbak. Betul tuh kata dokternya, meski kita perempuan kan kita pengguna setianya, wkwkwkw. Jadi lebih aware sama kesehatan reproduksi suami. Sayapun juga sharing tentang kanker payudara ke suami, jadi kami bisa saling mengingatkan dan saling menjaga.

    ReplyDelete
  43. thanks sharingnya ya mba. jadi nambah ilmu baru

    ReplyDelete
  44. Saya jadi ikut ketawa mbak,,, termasuk ibu2 sebagai user, hahahshs

    Makasih sharingnya mbak,,, alhamdulillah ga ads yang saya alami di gejala awal ya... kalau frekuensi buang air memang sering karena sya abanyak minum air putih dan jarang berkeringat

    ReplyDelete
  45. Alhamdulillah jadi bertambah ilmu setelah membaca tulisan kak Ros.... Penting banget ya mbak menimba ilmu tentang penyakit2 yg membahayakan termasuk kanker... Supaya kita bisa deteksi dini terhadap tubuh kita sendiri. TFS mbak

    ReplyDelete
  46. Kakek aku baru wafat senin lalu kak, karena prostat ini. Edukasi banget buat aku supaya bisa lebih care sama suami

    ReplyDelete
  47. makasih sharingnya, waspada buat para pria

    ReplyDelete
  48. Kok bisa dikira bapak-bapak, Mbak? Padahal namanya nama Ibu, ya. Mungkin mbak di sana mengira yang mau ikutan biasanya bapak-bapak :).

    Seminar yang sangat bermanfaat. Mau juga ikutan kalau ada lagi nanti... *mesti rajin buka telinga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, aku juga menganga, mba, pas dipanggil, Pak.
      Padahal namaku kan sudah 'cewek' banget, Anna...
      Positive thingking aja lah, mungkin si mba sedang lelah,
      Muahahaha.

      Delete
  49. wah bagus ya setelah di cek semua hasilnya normal..semoga sehat selalu

    ReplyDelete
  50. Saya klik artikel ini usai baca penyakit yang diderita arswendo sebelum meninggal. Dan, makin banyak informasi yang saya dapat. Ternyata, sebagai user, wanita juga harus aware ya. Biar bantu pencegahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah tahu, beliau meninggal karena komentar mba di atas.

      Lagi-lagi menambah daftar panjang bukti kanker ini sering terdeteksi kala sudah stadium akut ya, mba

      Padahal bisa dicegah lho...

      Delete
  51. Wah makasih infonya mbak. Lengkap banget... Jadi lebih waspada utk para lelaki yg saya cintai.

    Btw serasa lagi nonton empat mata tukul arwana. Hihi..... Kembali ke lap..top...😁

    ReplyDelete

Holaaa...!
Terimakasih ya sudah berkunjung ke sini.
Mohon maaf komentar kudu dimoderasi sebelum dipublikasi.