Bersama ASUS Bersinergi Mengukir Prestasi


bersinergi mengukir prestasi bersama asus x201e

"Bunda, Yasmin sepertinya perlu laptop nih, soalnya ada beberapa guru yang memberi tugas online di sekolah"

Suatu hari, putri semata wayangku mengajukan permintaan saat kami menyantap hidangan bersama di rumah.

Saat itu aku juga sedang berniat untuk membeli laptop karena komputer desktop sudah mulai uzur dan sering ngawur, HAHAHA. Nge-hang dan kadang-kadang auto off .

Paling sedih tuh kalau insiden terjadi saat sedang khusyu ((( khusyu))) menulis, lupa nge-save. Alamak. Mau nangis bombay, euy.

"Tapi speknya standard saja kan ya, nak?"

"Iya, bunda"

"Ntar bunda browsing dulu ya di internet"

Aku masih ingat saat itu, bulan Agustus 2013, bulan kemerdekaan, di mana kuis-kuis di media sosial dengan tema kemerdekaan banyak berseliweran.

Tahun yang sama juga aku baru membuat blog namun masih yang gratis sih, HAHAHA. Masih newbie giccu. 

Setelah bertanya pada keponakan yang pengetahuan tentang barang elektronik sedikit di atasku (((sedikit))) plus hasil browsing berbagai brand di internet serta digabung dengan beberapa spesifikasi, aku akhirnya menjatuhkan pilihan pada ASUS X201E yang saat itu femes dengan tagline "Tipis, Ringan dan Penuh Warna!"

bersinergi mengukir prestasi bersama asus x201e

Yang buat aku kesengsem sejujurnya adalah tagline ASUS X201E itu, plus pilihan warna yang kece badai banget menurutku.

Warna-warnanya itu lho seperti mewakili kepribadianku, uhuk!

Masih tersimpan rapi nih di memori, tanggal 16 Agustus 2013, sehari sebelum libur nasional, hari kemerdekaan, aku dan suami berangkat ke toko komputer di seputaran Gunung Sari Balikpapan.

Gercepku membuahkan hasil, ada unit ASUS 201E warna putih yang dipajang dan langsung merebut hatiku!

Namun apa yang terjadi?

Setelah sepakat dengan harga, tiba-tiba staff lain ikut nimbrung dan berkata bahwa unit itu sebenarnya sudah ada yang punya alias sudah terjual, namun karena ada kesalahpahaman dengan staff lain, eh, masih dipajang di rak display barang.

Bisa dibayangkan betapa kecewanya aku, huhuhu...!

"Tapi, tunggu sebentar ya bu, saya tanyakan lagi dengan atasan, siapa tahu masih ada stok"

"Baiklah, terima kasih, Mas"

Staff itu pamit ke dalam, izin mau menelepon.

Beberapa menit kemudian dia datang dengan wajah sumringah.

"Ada bu, tapi warna merah, sebentar diantar barangnya ya"

Langsung terbayang wajah kecewa putriku Yasmin, jika aku tidak berhasil membawa laptop ke rumah, tugas sekolah sudah menanti, apalagi besok hari libur nasional, biasanya toko banyak yang tutup.

Namun faktor utama sebenarnya adalah aku sudah meleleh dengan warna dan harga yang ditawarkan juga cukup kompetitif menurutku.

Tak berapa lama, alhamdullillah, dari arah depan toko seseorang datang membawa kotak dan staff tadi langsung unboxing.

Masya Allah, aku langsung jatuh cinta (lagi) sama warna merah darah dengan tulisan ASUS warna perak di bagian bodi depan. Kontras banget dan aku suka, suka, suka!

Tarrra.... sejak saat itu ASUS X201E pun menjadi bagian dari anggota keluarga!

Sejak saat itu pula,  aku jadi punya kegemaran baru, sering browsing kiat merawat laptop biar awet, membaca testimoni pemilik ASUS X201E, cara memperbaiki laptop DIY (Do It Youself) dan lain-lain.

Hanya beberapa bulan sesudahnya, aku dan Yasmin menemukan sebuah lomba yang diadakan sebuah bank swasta.

Temanya tentang "Kid Preneur"

Bagaimana mengajak anak mencintai dunia usaha sedini mungkin. Mulai menemukan konsep sampai teknik marketing sederhana.

Semua proses administrasi kompetisi berlangsung secara elektronik. Jadi, memiliki ASUS X201E di saat ini seperti suatu anugerah, karena jadi bisa melakukan banyak hal dengan cepat dan serba digital.

Yasmin pun jadi termotivasi untuk memberikan yang terbaik dalam lomba ini meski aku juga selalu mengingatkan kudu siap untuk kemungkinan terburuk, seperti tidak masuk nominasi.

Hari demi hari, minggu demi minggu, Yasmin bersama partnernya yang kebetulan sahabat saat SD dulu, menyelesaikan semua tahapan dengan baik mulai dari proses administrasi hingga kompetisi.

Mereka memutuskan membuat kerajian sederhana dan menjualnya ke teman-teman sebaya di sekolah.

Begini nih penampakan kerajinan buah karya mereka:

bersinergi mengukir prestasi bersama asus x201e

Dan ini:

bersinergi mengukir prestasi bersama asus x201e

Aku turut mengawasi dan sesekali memberi masukan, acting manager gitu deh, uhuk!

Satu yang aku selalu tanamkan adalah memberi keyakinan, terutama kepada Yasmin, saat mengikuti kompetisi apapun, "percayalah, hasil tidak akan pernah mengkhianati kerja keras!"

Aku sendiri juga terinspirasi banget oleh "quote" ini lewat sebuah artikel, lalu memutuskan berbagi dengan putriku, Yasmin

Alhamdullillah, dengan izin Allah tentunya ya, Yasmin beserta sahabatnya terpilih menjadi 1 dari total 15 finalis yang berangkat ke Jakarta untuk mempresentasikan karya cipta mereka ke depan dewan juri.

bersinergi mengukir prestasi bersama asus x201e

Mau tahu apa mau tahu banget Minbi itu singkatan dari apa?

Singkatan dari nama YasMin dan sahabatnya Tabitha, "MinBi"

Ide ini asli dari buah karya Yasmin sendiri lho. Aku terharu banget saat doi mencetuskan ide itu!

Aku dan suami juga difasilitasi Pemkot Balikpapan untuk menemani mereka. Senang sekali!

Aku bawa ASUS X201 E bersama kami, of course, buat presentasi di depan dewan juri nanti.

Sebelum malam grand final penilaian, mereka di karantina di hotel beberapa hari dan mendapat pembekalan dari beragam sosok mentor.

Sementara itu, aku dan suami mengeksplor sudut Jakarta atau kadang nongki di cafe sambil sesekali cek ombak pakai ASUS X201E.

bersinergi mengukir prestasi bersama asus x201e

Sinergi dengan ASUS X201E tidak berhenti sampai di sini.

Seperti yang aku utarakan di awal artikel ini, selain blogging aku juga melakukan hal-hal yang aku suka lainnya seperti mengikuti berbagai lomba yang diadakan fanspage brand di facebook.

September 2015, Changi Airport saat itu mengadakan sebuah kompetisi Changi Travel Quest, yang harus diikuti nonstop selama satu bulan. Yup, kamu tidak salah baca, satu bulan sodara-sodara!

Ketentuan lain adalah aplikasi lomba ini hanya bisa dibuka optimal di laptop.

Hadiahnya sungguh sangat menggoda!

Tiket pulang pergi ke tujuan manapun di dunia ini dengan maskapai yang ada di Changi tentu saja ya, dan... ini nih yang bikin mupeng, bisa ajak satu teman! WOW banget. Eh sudah ganti ding jadi Alif banget!

Cobak, asli bikin mupeng kan!

Yup, of course aku ikutan laaa.

Lomba ini diawali dengan memilih kota tujuan wisata, menemukannya di peta, memilih  ciri khas/ tempat wisata terkenal kota yang dimaksud dan terakhir harus bisa menemukan airline yang bisa membawa kita ke tujuan wisata tadi.

So, mau tak mau, suka tak suka kita harus membuka situs Changi dan mempelajari fitur-fitur di sana.

Sungguh ide soft marketing yang brilian!

Jadi bisa dibayangkan selama sebulan, kek zaman kuliah dulu, aku harus menggali informasi sebanyak mungkin termasuk membuka peta online agar bisa menjadi 10 pengumpul poin terbanyak.

Iya, dari jutaan follower hanya 3 pemenang utama yang dipilih dari top 10!

Yup, kali ini giliran aku sendiri yang akan membuktikan quote di atas tadi, "kerja keras, man!"

Aku nyaris melewatkan kemenangan ini karena ada insiden di dalamnya.

Drama selengkapnya bisa di baca di Road to Saudi Arabia 1 Drama Demi Drama dan lanjutannya di Road to Saudi Arabia 2 Pemenang Utama Changi Travel Quest ya

Dan...

Kamu masih bisa lho menemukan jejak digital kontes ini dengan kata kunci Changi Travel Quest di google atau #ChangiTravelQuest di media sosial terutama facebook.

Sungguh, kemenangan tak terlupa dan sarat drama, HAHAHA...

bersinergi mengukir prestasi bersama asus x201e

Jadi...

Karena puas dan happy dengan performa plus menggunakan ASUS X201E dalam aktivitas sehari-hari, kadang-kadang tanpa disadari, layaknya staff marketing aku sering memberi referensi dan rekomendasi.

Apalagi ini adalah laptop pertama yang aku beli sendiri. Percis seperti kata pepatah "yang pertama memang selalu penuh cerita!"

Tapi sekali lagi, seperti aku uraikan di bagian disclaimer, penilaian dan pengalaman ini memang sangat subjektif sekali, semata-mata karena memang aku pengguna ASUS X201E dalam aktivitas sehari-hari.

bersinergi mengukir prestasi bersama asus x201e

Oh iya,

Kalau kalian pernah kepoin akun media sosial aku pas halan-halan dengan hubby di Gili Trawangan itu juga hasil sinergi dengan ASUS X201E mengikuti kompetisi sekaligus mengukir prestasi.

Iya, paket liburan di Lombok ini adalah hasil sinergi dengan ASUS X201E mengikuti kompetisi di fanspage Mobil123.com, selama satu bulan juga.

bersinergi mengukir prestasi bersama asus x201e


Cerita liburan lengkapnya ada di Gili Trawangan Jadi Destinasi Kesayangan Wisatawan, Mengapa?

Usia ASUS X201E ini memang sudah sepuh dan kadang-kadang saat aku lama tidak beraktivitas menggunakan keyboard dan laptop masih ON, sesekali terdengar suara seperti kelitikan, tik, tik, tik. Namun kadang kala tak ada sama sekali.

Tapi, jika aku pikir-pikir lagi, sudah wajar kali ya. Wong sudah lebih dari 5 tahun.  Padahal dari beberapa artikel yang pernah aku baca, biasanya lifetime laptop beroperasi optimal hanya berkisar 3 tahun. Setelah itu performa akan mulai menurun.

Jadi...

Kayaknya sudah boleh dong ya mulai browsing varian ASUS lain, idealnya sih tentu disesuaikan dengan kebutuhan, biar ASUS X201E punya kembaran.

Sinergi teranyar dengan ASUS X201E yang masih hangat dan cetar adalah mengantarkan putriku lolos seleksi program pertukaran pelajar (AFS) ke negara impiannya, Jepang!

Berbeda dengan kompetisi Kid Preneur di atas, dalam kesempatan kali ini, sejak awal proses dan korespondensi, baik seleksi administrasi dan unjuk prestasi, lokal dan nasional berlangsung secara online dan offline.

Meski sudah sepuh, ASUS X201E masih bisa diandalkan lho!

Pernah saat kami liburan di Medan, sebuah email mengharuskan Yasmin mengirim persyaratan seleksi terakhir secepatnya.

Alhamdullillah, untung saja kami bawa ASUS X201E ikut liburan, karena bodinya yang tipis dan ringan, happy aja tuh bawa laptop kemana-mana. Semua arsip yang diminta, aman tertanam di laptop, jadi eng ing eng tinggal email saja deh.

bersinergi mengukir prestasi bersama asus x201e

Baidewei, subway, lumayan panjang juga artikel ini ya. Semoga masih sabar membaca sampai di alinea ini, HIHIHI...

Terakhir nih, apa kamu juga punya histori dan sinergi dengan laptop ASUSmu?

Share di kolom komentar, kuy...!


53 comments:

  1. Aaaahhh happy banget mbak bisa menang kontes #ChangiTravelQuest dan bisa Umrah ya mbak Anna? maa syaa Allah, kapan ada lombanya lagi mbak? mau coba ah Ujame hahaha

    Btw, laptop Ujame juga Asus, cuma karena udah lama mulai menurun perfomanya. Mau ganti yang baru cuma teteup maunya asus gak bisa ke lain hati wkwk. Ah makasih ya mbak reviewnya, Ujame tak coba kepo dulu fiturnya buat pertimbangan hihihi

    ReplyDelete
  2. suami aku udah punya ASUS jadi pengen juga punya nih mba :) btw keren Yasmin jadi finalis ke Jakarta makin berprestasi dengan asus y mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak histori dan sinergi kami, aku dan Yasmin dengan ASUS, mba

      Delete
  3. Baru tau asus punya laptop yg warna nya kece begini, yang merah kayaknya mantap tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga "meleleh" bahkan cuma dengan melihat warnanya saja, mba
      Receh banget yak, hahaha

      Ini model lama mba ASUS X201E

      Delete
  4. Wah keren udah sering banget menang. Memang kalau laptop oke kerjaan jadi lancar ya mbak..

    ReplyDelete
  5. warnanya bener-bener menggoda ya mbak, kesannya berani gitu. Emang dari desain profesional, juga dari prosesornya juga mantap... #jejakbiru

    ReplyDelete
  6. Ini keren banget deh ibu dan anak sama-sama berprestasi. Tentunya jika didukung dengan laptop yang oke akan membuat kita makin berprestasi ya :)

    ReplyDelete
  7. Duuhh, mengapa pula ASUS pink terpajang disitu, kan saya bisa kebawa mimpi tuh, beneran jatuh cinta deh ama ASUS, baik laptop maupun hapenya.
    Keren banget inovasinya :D

    ReplyDelete
  8. Tulisan mba, bisa jadi referensi buat yang mau beli laptop.

    Asus bandel, tahan banting juga ya dan mendukung kegiatan kita

    ReplyDelete
  9. Waa keren banget mbk.. Berkah banget ya punya Asus, alhamdulillah. Yasmin juga keren banget, terpilih ke Jakarta

    ReplyDelete
  10. Aku punya yang warna birunya mbak hahaha. btw seru banget bisa berprestasi sekeluargaaa

    ReplyDelete
  11. Asusnya menyimpan banyak sejarah indah ya mba.. Semoga nanti dg Asus baru makin banyak cerita indah yg dibuat. Aamiin..

    ReplyDelete
  12. Asus warnanya memang kece2 yaa.. Alhamdulillah bisa menang ChangiTravelQuest... jadi mupeng deh aku hihihi...

    ReplyDelete
  13. Senengnya bisa menang ChangiTravelQuest ya. eh itu Asusnya warnanya kece-kece amat, menarik. Pengin beli Asus, kayanya nabung dulu deh

    ReplyDelete
  14. wah...seneng bgt punya anak kaya yasmin ya. pasti membanggakan sekali. emak sama anak kompak. selamat ya bisa jalan2 kemana aja dengan tiket tersebut.

    ReplyDelete
  15. Aku masih nabung buat beli ASUS. Selalu suka dengan spesifikasinya. Pastinya senang sekali karena benda yang dipunya bermanfaat bahkan mengantarkan ke perjalanan lain

    ReplyDelete
  16. Cakep banget bross dan gantungan kuncinya. Jaman saya masih SMP juga sering banget dapat tugas bikin kerajinan tangan seperti itu.

    ReplyDelete
  17. Punyaku Asus X200MA Mba Anna, warnanya yang sama, merah darah bikin semangat. Begitu mau buka laptop udah semangat lah yaaa

    ReplyDelete
  18. Wah, sinergi dengan Asus-nya kece badai. Senangnya bisa menang banyak lomba. Btw, warna Asusnya ciamik banget, so girly. Jadi pengin punya laptop Asus dengan warna girly nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos mba.
      Warna juga menjadi pertimbanganku saat itu.
      Receh banget ya :)

      Delete
  19. Pantaslah kalau begitu laptop ASUS menjadi kesayangan ya, Mbak. Udah banyak kisah indah yang didapat karena ASUS :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget Chi.
      Banyak kali historinya.
      Masih banyak juga kisah-kisah lainnya.
      Mungkin aku bagi di lain kesempatan ya.

      Delete
  20. saya setuju asus tahan banting dan bandel meski kita suka teledor makanya temen-temen saya juga rekomendasikan asus

    ReplyDelete
  21. saya setuju asus tahan banting dan bandel meski kita suka teledor makanya temen-temen saya juga rekomendasikan asus

    ReplyDelete
  22. Wah warna Asus nya sama dgn laptop lamaku..Asus tipe apa ya lupa hahaha..skrg sdh ga ada sih.

    ReplyDelete
  23. Akupun kepingjn vngeb ASIS tipe ini dah lama bangt kepingin gnati yg dirumah walau ASUS juga sih tapi tipe yg kma

    ReplyDelete
  24. ASUS emang keren banget ya selalu berinovasi, enggak ada matinya inspirasi ASUS. So, keren banget laptopnya Mbk

    ReplyDelete
  25. Kami di rumah punya laptop ASUS 3 bijik hahahaha, seneng aja sih pake ASUS jadi kalo mau beli laptop lagi ya tetap beli ASUS

    ReplyDelete
  26. Huaaaa keren. Asus memang bisa jadi teman untuk ngapa-ngapain ya. Ah, mupeng deh bisa jalan-jalana. :D

    ReplyDelete
  27. Waah keren mb Anna, banyak prestasi yang sudah diukir bersama ASUS ya, Yasmin pun pinter banget bisa membuat ide kece dan berhasil jadi finalis

    ReplyDelete
  28. Aku punyanya netbppk ASUS mbak tapi udah lam apensiun, kayaya harus ganti yang baru :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga "meleleh" sama varian Zenbook, mba :)
      Semoga #2019GantiZenBook terkabul
      Aamiin...

      Delete
  29. Wow...
    Barakallahu fiik, mba...

    Senang sekali baca tulisan inspiratif begini.
    Jadi ikutan berbunga-bunga.

    ReplyDelete
  30. Laptop Asus terkenal awet ya kak,, dan aku naksir sama laptop teebarunya yang tipis dan ringan itu.

    ReplyDelete
  31. Aku ga punya leptop sendiri mba. Aku kalo ngeblog pinjem leptop ibuku. Hehe. Tapi pernah sih punya cerita sama asus netbook punya temen. Kapan2 aku ceritain yaaaa

    ReplyDelete
  32. aaahhh seneng bgt bacanya, banyak kebahagiaan yg terukir bersama ASUS ya Mba. selalu ada temen setia dalam segala suasana :)

    ReplyDelete
  33. Suamiku pernah pakai asus tipe ini juga mba, tapi yang warnanya biruu heheh

    ReplyDelete
  34. Laptopnya cantik banget. Toss! Sesama pengguna Asus. Aku udah betah banget sama laptop Asus. Tipe ini kece sekali seperti kaka. Hehehe

    ReplyDelete
  35. Ini memang gawai handal yang snagat membantu kinerja blogger ya mba

    ReplyDelete
  36. Asus ya. 2 laptopku juga merk asus kak. Emang bagus dan terjanngkau yaaa

    ReplyDelete
  37. Ini ya, baik mama dan Yasmin, keren semuaaa.... Luar biasa semangat enterpreneurship dari Yasmin sampai bisa lolos ke Jakarta ya. Mba Anna juga keren banget nih memenangkan challenge dari Changi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan Yasmin punya semangat berkompetisi, mba
      Kita tinggal menyalurkan saja.

      Tentang Changi itu, sampai sekarang aku masih suka takjub, mba
      Aku semakin percaya kalau kita sudah berusaha, dan memang ditakdirkan menjadi rezeki kita, tak seorang pun mampu menahannya :)

      Delete
  38. Laptopku jg asus. Wah keren asusnya awet sampai skrng bahkan tahann banting dibawa traveling ya :D
    Yasmin anak kreatif ya sampai berprestasi gtu keren :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mba kudu dirawat penuh cinta, kalau ASUS ngambek, duh, belum tentu langsung bisa cari penggantinya.

      Delete
  39. Kalo ada laptop anak jadi browser aneka tutorial ya

    ReplyDelete
  40. Upss, laptopku belum ASUS nih. Tapi rencana 2019 niatnya ganti laptop, yg sekarang ini udah mulai sering ngambek. Terakhir beliin dia batrai tapi masih tetap aja cepat panas gitu, pengennya sih ditukar tambah gitu deh lalu beralih ke ASUS, banyak yg kece yg bikin naksir :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mba.
      Sekarang ASUS banyak varian.
      Tinggal pilih sesuai kebutuhan

      Delete
  41. laptop yg setia menemani selama ngajar bahkan sekarang meski sudah resign yah asus, dengan tipe yg sama dengan ibu yasmin tapi saya warna putih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sodorin camilan dulu nih Miss Kii...
      Terima kasih sudah berbagi
      Oh, jadi Miss Kii sudah resign ya?
      Sekarang dinas di mana?

      Kita sama-sama doyan yang imut dan ringan ya, Miss

      Delete
  42. Aku pengen banget punya laptop Asus ini mba. Beneran ngiler dan karena kinerjanya juga masih tetap terjaga baik ya mbaa

    ReplyDelete

Holaaa...!
Terimakasih ya sudah berkunjung ke sini.
Mohon maaf komentar kudu dimoderasi sebelum dipublikasi.