Sabtu, 02 September 2017

Ini Dia 5 Lokasi Terbaik Nikmati Eksotika Danau Toba!

Danau Toba dilihat dari kota Parapat Simalungun

Ini Dia 5 Lokasi Terbaik Nikmati Eksotika Danau Toba. Yup! Meski bulan Agustus baru saja berlalu, aku masih belum bisa move on dari ngomongin tentang kemerdekaan, nih. 

Menurutku, iya masih menurutku, memaknai kemerdekaan untuk setiap orang adalah berbeda-beda, tapi bisa juga menemukan kecocokan antara satu dengan yang lainnya.

Misalnya seperti sahabatku Ike Yuliastuti yang mengekspresikan makna kemerdekaan di era digital adalah memiliki kebebasan dalam menulis tetapi tetap diikuti rasa tanggung jawab akan isi dan materi tulisan.
Sedangkan menurutku memaknai kemerdekaan adalah jadilah inspirasi!
Iya, jadilah inspirasi dari lingkungan terkecil dahulu, bagi buah hati misalnya!

Bayangkan jika setiap keluarga di Indonesia menjadikan keluarga adalah panutan utama!

Panutan untuk budi pekerti, cerdas sekaligus, bersih pikiran dan hati.

Kebetulan aku suka menulis, jadilah tulisan tempat aku menumpahkan segalanya. 

Aku juga suka jalan-jalan. Kemana saja. Gak pake milih. Apalagi ke tempat yang sama sekali baru. Syalalala... langsung kikir kuku!

Dalam kesempatan liburan kali ini, aku mengajak buah hatiku yang beranjak remaja untuk memaknai kemerdekaan dengan mencintai leluhurnya, Indonesia. 

Cara yang paling mudah dan asyik tentu saja, jalan-jalan di negeri sendiri. Soalnya doi lagi keranjingan oppa-oppa Korea dan segalanya tentang Korea. Huuaaa... Siapa lagi yang idem, ayo ngacung!

Begini ceritanya!

Siantar, I'm coming!

Jam 0645. Pagi menembus kabut Lubukpakam!

Tetapi jalan lintas propinsi sudah menggeliat dengan berbagai aktivitas. Truk panjang dan besar  mendominasi jalanan.

Di kursi kedua, buah hatiku juga ikut menikmati hiruk-pikuk kota transit ini. Alunan lagu menambah indah suasana di dalam kabin mobil.

mencintaimu,
seumur hidupku,
selamanya,
kau tetap milikku...

Stop!

Hahaha...

Entah mengapa suka banget sama lirik lagu ini. Ayo coba tebak judul dan penyanyinya?

Masih dalam suasana Ramadhan, namun aktivitas jalanan masih sama seperti biasa. Beberapa anak sekolah dasar berjalan berombongan. Sementara yang lain memilih kendaraan roda dua, menembus kabut berpacu dengan si roda empat, enam bahkan sepuluh. Begitu gemuruh, terekam saat sesekali aku menurunkan kaca mobil.

Perbaungan, Sei Bamban, Kampung Pon, Tebingtinggi adalah beberapa kota yang kami lewati, dan kota terakhir adalah yang paling ramai. Kota ini merupakan lintas utama di Sumatera, penghubung Lintas Timur dan Lintas Tengah Sumatera yang melalui lintas diagonal pada ruas jalan Tebingtinggi, Pematangsiantar, Parapat, Balige dan Siborong-borong.

Saat mudik begini pemandangan setelah kota Tebingtinggi adalah favoritku. Perkebunan karet, coklat dan kelapa sawit berganti-ganti menghiasi perjalanan. Beberapa di antaranya berhiaskan tanaman bunga di bagian tepi. Cantik! 

Tak pernah bosan mereguk keindahannya. Tak pernah, tak akan!

Bentor alias becak bermotor mulai kelihatan, artinya kota kelahiranku, Pematang Siantar sudah dekat. Darahku perlahan bergejolak. Selalu. Entah mengapa. Kota Siantar, begitu panggilan sayang kami, selalu mampu hadirkan emosi di hati.

Berbagai kenangan silih berganti bermain nun di nurani. Mulai masa kanak-kanak, sekolah dasar hingga tamat SMA berkejaran di pelupuk mata.

"Kog senyum-senyum sendiri, Bunda?"

Rupanya babang suami memergoki aku manyun-manyun sendiri. Xixixi...

"Adaa... deh!" Usilku kumat tanpa kompromi.

Namun kali ini abang tak bereaksi. Langsung fokus ke tengah jalan, ssst... ada dedek emes mau nyebrang. 

Nah loe! Kalah sama dedek emes!

Jam sepuluh kami mulai memasuki kota Siantar.

Roti Ganda, Tentu Saja!

Langsung check in ke toko roti legendaris Ganda di jalan Sutomo, ikon oleholeh dan kuliner, tentu saja! Buat buka puasa di jalan, siapa tahu kemalaman.

Roti Ganda sangat terkenal di Siantar bahkan sampai ke Medan!

Kerenyahan roti dan rasa eksotika selainya itu, takkan terlupa!

Ini murni pengalaman pribadi. Tak ada promosi. Sungguh!

Cuma, yaitu kudu ngantri, bow. Apalagi saat ke sana di saat roti baru keluar dari oven, mulai jam 3 siang, alamak, siap-siap betis bengkak.

Harganya juga ramah di kantong. Gak bikin jebol!

Mendadak jadi ingat pengalaman teman saat liburan di Sangalaki, Berau. Di mana sebotol minuman YouC1000 seharga Rp 30.000.

Kalau di Siantar, dengan Rp 18.000 kita bisa mendapatkan roti bantal jumbo dengan selai sarikaya yang khas. 

Tersedia juga dalam lapisan krim dan meises. Enyaaak!

Olesan selainya yang royal, memang fenomenal! 

... dan pembeli bisa menyaksikan saat pegawai mengoleskan selainya. Dijamin selera langsung membahana!

Sepertinya itulah ciri khas roti selai Ganda!

Duluu... iya dulu sekali, aku masih sempat beli cuma dengan Rp 2.500. Zaman sekolah dasar laa. 

But, kini, Ganda sudah berbeda!

Ngantri tingkat dewa tinggal cerita. Desain outlet kini alami inovasi, tak perlu berjejal lagi untuk sepotong roti. Lebih manusiawi. Gak seperti ikan teri. Xixixi.

Berita terkini, Ganda sudah membuka cabang di jalan Kartini 21 Siantar!

Kota Siantar tak banyak berubah. Cuma lebih macet. Luas jalan tidak bertambah namun kendaraan melimpah ruah.

Aku mengarahkan melalui rute jalan yang dulu setiap hari aku lewati. Saat 6 tahun di sekolah dasar negeri. Tak ada lagi halaman luas itu. Tempat aku melantunkan puisi di setiap Sabtu. Kini, gedung sekolah bertumpuk jadi satu. Mungkinkah sukacita belajar didapatkan di situ? Entahlah.

Mobil terus melaju menuju Parapat, dimana Danau Toba siap memikat dan menjerat. 

Waspadalah! Waspadalah! 

Hahaha... kayak bang Napi, aja!

Danau Toba dilihat dari kota Parapat Simalungun

Are you ready, guys?

Hatiku sempat sendu ketika mendung kelabu setia menemani sepanjang perjalanan ini. Bukankah hasil fotografi lebih indah ketika cuaca cerah bersedia bersinergi?

Alhamdullillah, perlahan mendung yang bergantung, berarak pergi. Kecerahan hari sepertinya bukan sebuah mimpi lagi.

Baca juga : Mimpi yang terwujud, terbang ke Osaka Castle Istana Di dalam Taman di Jepang! 

Memasuki hutan pinus, dingin beringsut menyelimuti. Begitu kudus!

Kembali jendela mobil aku buka, menghirup aura mistik sang rimba. Batang pinus semakin menjulang diikuti dedaunan yang sesekali bergoyang bagai mempersembahkan tarian selamat datang. 

Aku raih gadget merekam eksotika pinus berbaris dan mendadak aura mistis seolah menghipnotis. 

Ahhh... maafkan beta yang hiperbola.

Jalanan mulus dan sepi semakin menambah magis. Rasanya ingin berhenti dan berpose narsis but yet tetap manis.

Mendadak ingat beberapa koleksi kebaya modern Zalora. Apa jadinya ya jika aku berpose ala-ala model pro. Mix and match warna cerah dan nuansa alami. Wow, pasti keren tingkat dewa ya, bow.

Hmmm... emang bisa?

Ya, coba dong.
Hal baru itu bukan sesuatu yang ditakutkan tapi ditaklukkan!
Ciee... cie...

Tapi... takut seketika melingkupi raga.

Takut apa?

Hahaha... takut diculik?

Gak... laa. Takut ada hewan liar numpang eksis bareng. Secara kita kan seleb gitu lho. Bruakakaka...

Kembali ke laptop!

Kini jalan semakin sering berkelok dan deretan pohon pinus perlahan menghilang, digantikan tebing-tebing curam bermunculan dari balik sisi jalan. 

Jalan semakin mengecil namun masih tetap mulus. Saat berselisih kendaraan kerap berbagi klakson dan lampu sein. Yup, safety first, as always!

Tiba-tiba... di balik sebuah tikungan, sebuah bukit menjulang, semakin dekat, dekat dan di depannya Danau Toba terbentang. Meski sudah berkali-kali ke sini, tetap saja adrenalin mengambil kendali. Jantung seperti dipompa, melompat ingin keluar dari raga. Aku menyentuh tangan babang dan meminta kecepatan kendaraan agar berkurang.

Lihatlah!

Hati siapa yang tak akan terguncang saat perpaduan panorama memesona tepat berada di pelupuk mata. Iya, permukaan air yang luas nan tenang dalam dekapan perbukitan hijau. Sungguh memukau!

Rasanya kurang afdol jika tidak melihatnya dari dekat. Aku hanya bisa menatap lekat karena perjalanan kami masih jauh dari dekat. Mungkin di lain kesempatan, kerinduan ini aku tuntaskan.

Kami menepi dan jadilah beberapa koleksi ini menjadi penghuni galeri. Beberapa di antaranya langsung aku share di twitter @rosannaiqbal pakai XL Xtra Combo. Juga lewat instagram babang.

A post shared by Iqbal Pohan (@iqbal.pohan) on

Tahukah kamu?

Saking luasnya, ternyata Danau Toba bisa dilihat dari berbagai lokasi dan menawarkan berbagai sudut keindahan, yang mencakup kawasan kabupaten Karo, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Simalungun, Humbang Hasundutan, Toba dan Dairi. Jadi merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi penikmat wisata bentang alam.

Ini dia 5 lokasi terbaik nikmati eksotika Danau Toba

1. Simalungun

Nah, perjalananku kali ini melalui kota Parapat. Parapat adalah sebuah kelurahan di kecamatan Girsang Sipangan Bolon. Jadi, bukan termasuk Toba Samosir ya. Catat! Hihihi... Soalnya pada penyelenggaraan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba, ada yang 'terpeleset' menyatakan Parapat adalah Toba Samosir. Sampai-sampai Bapak Bupati Simalungun JP Saragih curhat dan menangis saat konferensi pers Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba Agustus tahun lalu. I feel you, Bapak.

Ada beberapa "panatapan" atau tempat berhenti untuk memuaskan menatap eksotisme Danau Toba. Menggunakan Asus Zenfone 3 Max 5.5", aku mengabadikan keindahan Danau Toba. Video dan image. Rencananya sih aku ingin membuat postingan tersendiri. Biar puas curhatnya. Hahaha...

Gimana, kamu suka?

Danau Toba dilihat dari kota Parapat Simalungun

2. Bukit Simarjarunjung

Bukit ini terletak di kota Tigaras, masih Simalungun juga. Tempat ini menawarkan sudut berbeda dari Danau Toba. Rencananya kami akan ke sini dalam beberapa hari nanti. Semoga cuaca cerah berkenan menemani. Dari hasil berburu beberapa tulisan di internet, ternyata sudah tersedia beberapa spot foto terbaik.

Misalnya yang ini!
Ini Dia 5 Lokasi Terbaik Nikmati Eksotisme Danau Toba
Sumber : @arie_fft
Berani uji nyali?

3. Taman Simalem Resort

Ini termasuk dalam kawasan kabupaten Karo. Tepatnya di desa Merek. Bukan merek yang itu lho ya. Hahaha. Tempat ini dikelola swasta dan amat sangat eksklusif. Untuk masuk saja kudu merogoh kocek yang sangat dalam Rp 50.000 untuk pengunjung biasa. Rp 85.000 pengendara motor dan Rp 250.000 untuk maksimal roda 8.

View yang ditawarkan juga fantastis!


Tentu dong ya, ada harga ada rupa!

4. Bukit Tarabunga

Nah, ini baru terletak di kabupaten Toba Samosir alias Tobasa. Berjarak 5 kilometer dari kota Balige, tempat ini kembali menawarkan sudut lain pesona Danau Toba.

Barisan bukit menjadi daya tarik, terutama di saat sunset mengintip. Kudu banyak berdoa agar hujan dipindahkan ke tempat lain saja kala senja merona. Biasanya warna kemerahan akan berpendar di atas Danau Toba. Indah sekali!

Ini Dia 5 Lokasi Terbaik Nikmati Eksotisme Danau Toba

5. Pusuk Buhit

Nah untuk yang satu ini. Kudu menyediakan waktu minimal satu malam. Soalnya ada beberapa aktivitas yang sayang dilewatkan kalau sudah sampai ke sini seperti, mandi di tempat pemandian seperti Aek Sipitu Dae atau Batau Cawan, naik ke Menara Tele untuk mengintip panorama luar biasa Danau Toba, trekking yang mampu membuat kamu berhenti sebentar-sebentar untuk tarik nafas dan... selfie tentu saja.

Pesona bukit dan lembah mampu membuat segala lelah menguap seketika. Apalagi ketika tiba di puncak Pusuk Buhit, melihat pantulan gumpalan awan di permukaan Danau Toba.

Bisa membayangkan?

Aku baru bisa mengeksekusi poin satu dan berharap berkesempatan mewujudkan ke-4 lokasi lainnya.

Siapa yang mau ikut?

Eh, ini sudah sampai di mana ya?

Parapat!

Hampir 1 jam melabuhkan rindu ke Danau Toba. Perjalanan masih panjang menuju Sibolga, Tapanuli Tengah dan melanjutkan perjalanan ke Pulau Karang, Barus mengulangi kembali piknik seru di pulau tanpa penghuni.

Jadi, dari 5 Lokasi Terbaik Nikmati Eksotika Danau Toba ini, yang mana sudah kamu eksekusi?

Upps, hampir ketinggalan, kalau kamu punya lokasi favorit lainnya, sila tambahkan di komen di bawah ini ya!

122 komentar:

  1. mba.. kamu selalu bisa menginspirasiku... kan kalo lihat artikel ini jadi bisa bayangin danau toba meski belum kesana.

    aku pantengin terus blogmu mba... biar aku selalu update masalah traveling haha

    BalasHapus
  2. Bening gambarnya sebening suara kalo nelpon pake XL.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan beberapa kota yang kami lalui terkena perluasan jaringanXtra XL yang baru. Senang banget! Terutama kota Tebingtinggi.

      Hapus
  3. Danau toba is one of my travel list destination.
    Pengen banget ke sana kalo ada rejeki lebih :")

    BalasHapus
  4. Belum pernah ke danau toba, huuhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah, suatu hari nanti ya.
      Aku siap jadi dayang-dayang lho, kakak.

      Hapus
  5. Waktu itu ke Medan, tapi gak ada waktu buat ke Danau Toba

    BalasHapus
  6. Ya ampuuuun... cantiknya mbaaa. Suamiku udah sempet ke beberapa tempat di atas tapi aku belum hiks. My bucket list indeed!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeah, come and stay overnight, dear.
      Just like the poetry said:
      'Memories made at the lake last a lifetime'

      Hapus
  7. Astaghfirullah itu serem amat gayanya. Main ayunan sambil selfie. Aman kan ya??? Aku belum pernah ke Sumatera. Semoga someday bisa liburan ke sana trus mampir ke Danau Toba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uji nyali sepertinya, mbak.
      Coba kita lihat dari dekat, ya. Itu pahanya diikat, ayunannya juga. Double safety!
      Gimana, berani?

      Hapus
  8. Duh makin cantik ya si danau besar ini! Dulu ke sana usia smp, bareng papa mama dan alm. adik. Masih unyu2 banget. Trims postingannya, mabk, jadi kangen adik....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah adek mbak sudah tenang di sana ya. Insya, Allah.
      Semoga suatu saat bisa ke Danau Toba, lagi.
      Aamiin.

      Hapus
  9. Danau Toba, salah satu destinasi yang oke punya menurut saya. Semoga bisa berkunjung kesana suatu hari nanti...

    BalasHapus
  10. Belum pernah ke sini padahal indah banget ya 😀

    BalasHapus
  11. Busyettt Ayunannya ... bikin deg degannnnn

    BalasHapus
  12. Danau Toba memang eksotik banget, darimanapun memandangnya semuanya bagus dan indah

    BalasHapus
  13. Aduhai ndak sopannya foto2 diatas itu bagus betull.. diriku pun terpukau mbak, sampai2 ndak mau pulang mungkin sudah itu.
    Eh ada juga bagian deg2an hingga menyentuh tangan babang.
    Btw... kameraku dirusak mumut.. cedih. Eh udah cerita deh kayaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Danau Toba itu, asli bikin meleleh kalbu. Akan selalu merindukannya, meski sudah berkali-kali kesana. Mengapa oh mengapa?

      Hapus
  14. Wow... nice post, pemandangannya banyak yang bagus ya...
    Thanks for sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada banyak spot cantik juga di sekitar Toba. Coba deh di google.

      Hapus
  15. Tergolong "dekat" nih dari Palembang, tapi sayang belum berkesempatan ke sana. Mau banget coba foto selfie rada esktrim itu mbak Ros :)

    omnduut.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dong. Pengen kalipun!
      Bolang bareng, yuk.
      Semoga, yaaa...
      Mengulang nostalgia bareng Mbak Rien, Dian dan Rian.

      Hapus
  16. Cantiknyaa, blom kesampaian main di sana..jadi ingat seorang teman tugas di sana..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sempatkanlah, meski cuma sekali.
      Kenangan tak terlupakan, niscaya didapatkan!

      Hapus
  17. Bukit Indah Simanjarunjung itu gokil banget, kemarin aku habis dari sana, aku nggak berani naik ayunan itu hahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju. Aku juga kudu ke sana lagi, kemarin cuma singgah doang, soalnya kejar tayang ke Pantai Paris Tigaras.

      Hapus
  18. Danau toba itu loh cantik banget.. Harus nabung dari sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ajak sahabat tersayang, bareng bolang, lebih nendang!

      Hapus
  19. Aku orang sibolga, tiap mudik pasti ngelewatin danau toba. Berkali2 dilewatin, sampe skr ga prnh bosen mau kesna. Kayak lukisan cantiknya ya mba...

    Biasanya aku ngeliat dr parapat, ato desa tongging berastagi sih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju. Danau Toba selalu memanggil di mana saja kita berada. Ketenangan dan keindahannya sungguh membuai jiwa. Berasa damai banget ya.

      Sama dong, aku juga seringnya via Parapat, Simalungun.

      Hapus
  20. Bagus sekali shot-nya.. Dan sepertinya asyik pulak kalau dinikmati sambil mendengarkan lagu yang di atas itu.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih sempurna jika bisa menuntaskan rindu, mendekap pesona Tao Toba. Semakin merasa diri ini bukan apa-apa. Jadi banyak bersyukur kepadaNYA.
      Luar biasa ya pesona sebuah keindahan. Mencengangkan!

      Hapus
  21. Ah jadi ingat ke Toba lima tahun silam. Udah lama, dan ya, tampak tak banyak berubah kalau dari foto. Jadi pengen ke sana lagi walau jalanan pagi buta ke Parapat dinginnya bikin ngilu. Gak kapok. Btw aku suka cara penulisannya kak, agak-agak putis gimana gitu. Aku juga suka quotes ini :
    "Hmmm... emang bisa? Ya, coba dong.
    Hal baru itu bukan sesuatu yang ditakutkan tapi ditaklukkan!"
    Nice writing and nice sharin kak ! ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju. Semakin sering melakukan hal baru, semakin sering kita eksplor potensi diri dan otomatis mendongkrak kepercayaan diri, semoga!

      Hapus
  22. Cantik-cantik bangeeet spotnya :D
    Semoga suatu saat bisa mendatangi salah satu tempat buat nikmatin danau toba! Yashh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maunya sih ke 5 lokasi itu ya.
      Aku juga baru lewat Parapat, Simalungun.
      Pengen coba lokasi lain juga.

      Hapus
  23. Lagunya jadul banget. Itu semua fotonya ngelink ke IG, jadi gak sengaja keklik 😂 Di samping danau Toba, cakep banget yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, hitung-hitung bayar pajak, Mom sama yang punya foto Hahaha...

      Hapus
  24. Waahh kangenn ke danau toba lagiii, itu spot poto awal kayaknya udah umum banget hahaha

    BalasHapus
  25. Danau Toba. Selalu ingin ke sana sejak kecil. Dulu punya kaset cerita Danau Toba.
    Ternyata engak hanya Pulau Samosir tapi ada juga beberapa lokasi wisata yg oke di area sana ya mbak?
    Moga2 kelak bisa ke sana :D
    TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, banyak banget, mbak.
      Bisa di 'google' dengan keyword "tempat wisata disekitar Danau Toba"
      Sepertinya tidak akan ada habis-habisnya menuliskan cerita tentang eksotika Danau Toba :).

      Hapus
  26. Masya Allah .. cantik cantiik pemandangannyaaa.

    Saya pernah di Sumatera, di Pekanbaru. Ke tempat lain cuma sampe Sumatera Barat dan Batam doang, belum ke Sumatera Utara euy. Moga2 suatu hari nanti bisa lihat Danau Toba juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas ke Toba, boleh dieksplor tuh 5 lokasi di atas.
      Sensasinya berbeda, sepertinya ya.

      Hapus
  27. huaa Danau Toba, kudu kesana, Masuk daftar tempat yang ingin dikunjungi nih=)

    BalasHapus
  28. indah sekali, mdhan suatu saat aku bisa ke sana

    BalasHapus
  29. aih cantiknya danau toba ini, yaa... wajib kunjungi!

    BalasHapus
  30. waah .... aku baru nyampe Parapat doang,
    dan kukira pun itu di Toba Samosir, maaf ya pak Bupati

    BalasHapus
  31. Keren banget nulisnya, aku serasa ikut jalan-jalan ke Toba, Mbak. Begitu pun foto2nya, pandai dirimu memasukan, informatif selain indah 😎😎

    BalasHapus
  32. Aku belum pernah menikmati alam Sumatera dan tau tentang Danau Toba cuma dari bacaan bacaan saja. Duuu jadi penasaran, seperti apa rasanya mengunjungi Danau Toba. Ternyata bisa dinikmati dari berbagai sisi ya. Semoga aku dan partner-ku kapan kapan bisa ke sana. Aamiin.

    BalasHapus
  33. Saya sudah sekali kesana dan pengen kembali lagi ke Danau Toba. tempat nya asik tenang dan sejuk

    BalasHapus
  34. Waaa kapan ya bisa main ke Danau Toba, baca ceritanya aja udah bisa terbayang indahnya. Di keluarga cuma aku sendiri yang belum ke sana 😂 semoga ada rejekinya nanti

    BalasHapus
  35. Foto2nya bagus2 mbaa, semoga bisa jalan2 kesana jugaa :D *huhu envy*

    BalasHapus
  36. Huwaaa pagi2 banyak yg ngajak ke danau toba nih. Cari tiket murah aah

    BalasHapus
  37. Siapa sih yg nggak tau Danau Toba, keren banget. Ini salah satu wish list destinasi wisata buat aku, mudah2an suatu saat bisa sampai kesana ya mbak hehehe

    http://ursulametarosarini.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  38. Belum pernah lima2nya huhu... Jauh...

    BalasHapus
  39. Cakep banget. Pernah kesana cuma nginap 2 hari, nggak cukup banget buat explore semua. Dulu menginap di Inna Parapat krn ada pasir putih buat mandi2. Semoga bisa kesana lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin nginap di mana? Parapat.
      Lain kali coba lewat Simarjarunjung, yaaa.
      Nikmati eksotika Danau Toba dari sudut yang berbeda.

      Hapus
  40. catet, semoga bisa kesana.. selalu pngn nikmati senja di setiap tempat tujuan kayaknya Bukit Tarabunga jd tujuan utama

    BalasHapus
  41. Masha Allah, cantiknya ya pemandangannya, Indonesia memang begitu kaya pemandangan alam.
    Ke Taman Simalem cakep deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Simalem memang ekspklusif.
      Dikelola swasta, jadi keren tingkat dewa... :).
      Aku aja pengen icip-icip juga.

      Hapus
  42. Sering ke Medan dan punya temen orang medan toba asli tapi belum rejeki bertemu langsung dg keindahan danau toba,, sedikit terobati dengan penampakan dan informasi di blog ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ntar pada kunjungan berikutnya, tuntaskan dengan mencoba 5 lokasi terbaik di atas ya dan bersiaplah untuk susah move on... :).

      Hapus
  43. Danau toba ternyata luas banget ya. Aku pikir cukup 1 spot saja

    BalasHapus
  44. Duh...jadi kangen ke danau toba lagi, kapan ya bisa balik kesana?

    Sekarang lagi hits banget sih Bukit Indah Simarjarunjung aka BIS bagus banget viewnya, apalagi taman bunganya. Banyak yang jadiin objek buat foto disana.

    www.coolatmoshpeer.com

    BalasHapus
  45. Dulu jaman SD apal banget sama Danau Toba ini. Eh sampai sekarang umur 40 tahun belum kesampaian juga kesana

    BalasHapus
  46. wah kapan-kapan ke sini aaaahhhh.

    BalasHapus
  47. Tele dan Huta Ginjang Muara lokasi terbaik dan terbagus buat melihat keindahan panorama Danau Toba.

    BalasHapus
  48. Ya ampun view danau Toba dari Simalungun indah bngat kak, apalagi dari taman Simalem resort

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya darimana saja tetap indah ya.
      Kamu sudah coba dari mana saja, Idris?

      Hapus
  49. Danau Toba sering aku kunjungi ketika kecil dulu, hampir tiap brp minggu sekali klo liburan ke Danau Toba. Skrg belum lagi kesana, Danau Toba dan sekitarnya udah banyak dandan yg bikin asik buat wisata ya.. jadi pengen kesana lagi, kangen! :)

    BalasHapus
  50. 2014an aku pernah ke danau toba..disana pagi2nya dingin banget sejuk

    BalasHapus
  51. Ada banyak pilihan wisata ya mbk di danau toba dan sekitarnya. Dan semuanya cakep cakeppp...

    BalasHapus
  52. Pemandangan di Danau Toba indah banget ya 😍 saya belum pernah ke sana...

    BalasHapus
  53. Waaah, baca tulisan mba Anna jadi kebayang keindahan danau toba, semoga ada rezeki bisa ke sana juga

    BalasHapus
  54. saya ke danau toba cuma 2 kali mbak, itu pun dulu beberapa tahun yang lalu.

    Sekarang udah tinggal di siantar, eh malah ga kemana2. Padahal dekat banget tuh dari siantar. Naik motor ke parapat 1 jam lebih juga sampe.

    Parahnya, sebulan ini saya ditugaskan di POrsea, dan tiap minggu tuh pulang siantar-porsea. pasti dong ngelewati parapat. Tapi saya ga singgah sama sekali. haha.

    cuma ngeliat dari jalanan yang ada di tebing keindahan danau toba ini

    BalasHapus
  55. Aku baru menikmati danau tiba dari film dan foto-foto di IG, sayang suami paling malas utk diajak ngebolang. Semoga suamiku dpt hidayah ya mba biar mau di ajak jln bareng

    BalasHapus
  56. Wah kelimanya bagus semua, bingung milih yang mana. Bener2 cantiiik pemandangannya, aku berharap isa berkunjung ke Danau Toba suatu hari nanti

    Oiya, penyanyinya KD, tapi judul lagunya lupa.

    BalasHapus
  57. saya belum pernah ke Sumatera nih, jadi jelas belum pernah ke danau toba. Wow, indah yaa danaunya :)

    BalasHapus
  58. Aduh kerennya.... Semoga bisa menikmati langsung suatu saat nanti. Aamiin ..

    BalasHapus
  59. Penasaran dgn penampakan roti gandanya. Harga 18 ribu itu rotinya segede apa yaa...

    BalasHapus
  60. Baca tulisan mbak Ana rasanya kayak ikut di dalam mobil deh, ikut deg degan juga pas mau sampai di Danau Toba nya hahaah.. memang Danao Toba ini cantik banget ya, semoga suatu saat aku juga bisa ke sana, Aamiin..

    BalasHapus
  61. Ya Allah, pemandangannya bagus-bagus semuanya. Saya paling suka lihat foto sunset di Danau Toba, indahnyaaa..!
    Eh, itu yang foto terbalik, uji nyali juga ya...sepertinya saya angkat tangan, deh! hehehe

    BalasHapus
  62. Uwah! Dilihat dari mana pun tetap memesona ya! Apalagi pas sunset gitu. Tambah romantissss

    BalasHapus
  63. Mbak, aku kepikiran lho itu tadi lagunya siapa and I have no clue.
    Btw, noted untuk toko roti Ganda yang udah legenda. Kudu mampir kalau ke Sumut!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagunya mba Krisdayanti, "Mencintaimu"
      Nah, sekarang ga kepo lagi deh ;)

      Hapus
  64. Wow bukit tarabunga (bener nggak ya tulisanyya :p) bagus banget pemandangannya. DUa kali ke medan belum nyampai danau toba. Moga next time bisa deh :)

    BalasHapus
  65. Hopefully I can visit this beautiful spot soon! Danau Toba memang cantik bangeeet

    BalasHapus
  66. Aku yang orang Jawa, jujur, rasanya susah sekali mengucapkan nama-nama di sana, Mbak. Tapi, siapa yang tak kenal Danau Toba? Danau yang paling mencolok setiap dilihat di peta. Yang selalu dielu-elukan setiap pelajaran di sekolah. Semoga suatu hari bisa ke sana dan nggak kena pangkal 30 ribu untuk sebotol YOUC1000, hahaha.

    BalasHapus
  67. Aura mistis di hutan pinus itu kaya apa mbak? :-D aku jadi penasaran kan.
    Aku belum pernahke Medan mbak semoga suatu saat bisa ke sana ya

    BalasHapus
  68. Danau Tobaaa~
    Ku ingin ke sana lagi...

    BalasHapus
  69. Belum pernah kesini.
    Someday I will be there with my little family. Ngumpulin referensi sebanyak-banyaknya.

    BalasHapus
  70. Cakeep banget ya Mbak, viewnya. Pengen deh bisa kesana juga.
    Belum pernah jejakkan kaki ke Sumatera nih, ke Danau Toba, huhihuh padahal banyak banget ya tempat2 indahnya.

    BalasHapus
  71. Aku belum pernah ke Danau Toba cuman difotoin sama suami yang udah pernah ke sana

    BalasHapus
  72. Pengeeen banget ke Danau Toba.. 2 tahun lalu suami ke sana, dan asik ceritain aja tanpa ngajak saya juga, huhuhu....

    BalasHapus
  73. akuuu sekian puluh tahun tinggal di sumatera.. tapi belum pernah mampir ke sumatera utara. hihi.. masih sumatera bagian bawah terus ni.. lampung, palembang dan dan sekitarnya.. hihi

    BalasHapus
  74. masyaAllah suka banget pemandangannya semua,
    dan pasti emang kebayang ootd ya bagus foto di setiappemandangan itu pakai baju apa hehehe...

    BalasHapus
  75. Masya Allah, indah banget pemandangan di sana.Saya pernah di Riau daratan dulu tapi cuma sempat jalan2 ke SUmBar dan Batam, sudah balik ke Makassar. Moga2 kelak bisa jalan2 ke sini juga

    BalasHapus
  76. Aku suka semuanya Mbakk..hiks pingin banget ke Danau Toba. Kudu diagendakan nih. mbak Anna orang asli sana kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku lahir dan sampai SMA di Pematang Siantar, 40 km dari kota Parapat, salah satu lokasi di mana Danau Toba bisa dinikmati, mba Dian ^^

      Hapus
  77. sepertinya di bukit simarunjung keren deh, wahananya juga menantang :)

    BalasHapus
  78. Alam di sumatera sepertinya banyak banget yg indah ya.. suatu saat nanti aq pasti bakal.ke sumatera..aminn

    BalasHapus
  79. Saya pernah ke Danau Toba tapi udah lamaaaaaa bangeeeett.. Mungkin 5 atau 6 tahun lalu.. Sewa motor keliling-keliling Samosir.. huhu pengen banget ke sini lagi

    BalasHapus
  80. Kapan ya bisa kesini, kepingin banget.

    BalasHapus
  81. Saya orang Indonesia, tapi saya belum pernah ke Danau Toba, Memalukan sekali ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. No, Kenni!
      Don't be shy.
      Jadikan saja motivasi, ya, bro
      Toba Lake is waiting :)

      Hapus
  82. thanks mbak anna for sharing 5 lokasi ini karena kami rencana ke Danau Toba bulan Juli ini.

    BalasHapus
  83. Halo Kak Rosa...tulisannya lengkap. Semoga aku bisa ke sana pada suatu hari...
    Makanan gampang kan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gampang,mba, Insya Allah.
      Paling aman, boleh cari rumah makan Islam atau restoran Padang
      Atau sangu camilan, lebih mantap!

      Hapus
  84. Inspirator, sama hobi masalahnya kk Anna

    BalasHapus

Holaaa...!
Terimakasih ya sudah berkunjung ke sini.
Mohon maaf komentar kudu dimoderasi sebelum dipublikasi.