Selasa, 31 Oktober 2023

Berantas Buta Al-Quran, CSR Sinar Mas Land Gelar Lomba Baca Al-Quran

Berantas Buta Al-Quran, CSR Sinar Mas Land Gelar Lomba Baca Al-Quran

Berantas Buta Al-Quran, CSR Sinar Mas Land Gelar Lomba Baca Al-Quran. Alhamdullillah. Aku bersyukur banget bisa menjadi bagian dari aktivitas Yayasan Muslim Sinar Mas Land, salah satu pengembang properti, rekomendasi perumahan terbaik beli rumah di Balikpapan!

berantas buta alquran csr sinar mas land 2023
foto bareng pemenang lomba membaca Alquran bbq 2023

Terus terang neh, untuk sesaat angan membawaku ke suasana kenangan masa kecil di Sumatera Utara, mengaji di sore hari usai pulang sekolah. 

Menurutku, saat itu di kampungku, istilah mengaji lebih populer ketimbang membaca Al-Quran dan aku masih ingat sempat memakai sarung yang diikat dengan tali kain agar tidak melorot. Hihihi.

Selain itu aku juga sempat jadi siswa ibtidaiyah dimana aktivitas belajar bukan melulu membaca Al-Quran, tetapi ada juga matpel nahu, sorof,  faraid dan lainnya.

Aku bahkan masih ingat warna seragamnya lho. Atasan tangan panjang putih dan bawahan rok hijau daun.

Sssst, aku bahkan pernah menjadi pemain rebana dan mengikuti berbagai perlombaan juga lho.

Ahh, indahnya masa kecilku!

Kembali ke laptop!

Tahukah kamu?

Jadi, lomba membaca Al-Quran, yang dihelat di Mesjid Madinatul Iman alias mesjid ikonik, Islamic Center Balikpapan, pada tanggal 28 Oktober 2023 ini, merupakan puncak acara rangkaian program Berantas Buta Al-Quran (BBQ) di Balikpapan yang telah berlangsung sejak April 2023 lalu.

Biar ga kudet, sehari sebelumnya, aku mulai deh kasak-kusuk mencari literasi tentang BBQ ala Sinar Mas Land di internet.

Wah, ternyata ada beberapa latar belakang mengapa program ini mendapat perhatian SML melalui Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML).

Gimana, mau tahu atau mau tahu banget?

Latar Belakang Berantas Baca Al-Quran BBQ


Menurut data riset Kementrian Agama Republik Indonesia terdapat 65% umat Islam di Indonesia yang masih buta aksara Al-Quran!

Fakta ini kembali disampaikan oleh Vice Presiden of Corporate Communication Sinar Mas Land, Ibu Atikah Sunarya pada acara pengumuman pemenang Lomba Membaca Al-Quran, 28 Oktober 2023 di depan para siswa BBQ peserta lomba, orang tua peserta lomba, guru mengaji dan media.

berantas buta alquran csr sinar mas land di balikpapan 2023
sambutan ibu Atikah Sunarya

Terus terang aku pribadi juga baru mengetahui fakta ini, cuy!

Jadi, program BBQ ini ternyata merupakan salah satu bentuk kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan di bidang keagamaan, yang bukan hanya semata untuk karyawan saja namun bergerak aktif ke masyarakat di sekitar lingkungan proyek SML.

Tujuannya, tentu saja untuk menawarkan solusi membantu mengurangi jumlah buta AlQuran masyarakat Indonesia sekaligus menerapkannya dalam perilaku kehidupan!

Dalam acara puncak BBQ kali ini, SML juga memberikan wakaf Al-Quran yang disaksikan oleh Direktur Daerah LPPTKA  Badan Komunikasi Pemuda Remaja Mesjid Indonesia (BKPRMI) Balikpapan, Akhmari Siddiq.

berantas buta alquran csr sinar mas land ymsml 2023
penyerahan wakaf AlQuran oleh Harris Maulana YMSML

Program BBQ lainnya, training of trainers (ToT) secara intensif kepada guru dan ustad selama 3 jam.

Ratusan ustaz/ustazah mengikuti aktivitas ToT cara cepat baca Al-Quran sebanyak 4 kali sejak 10-11 Juni 2023 lalu.

Dalam sesi pelatihan para peserta dibekali dengan buku panduan dan alat peraga agar mudah memahami metode Mama Papa tersebut dan kelak mentransfer ilmu mereka ke anak didik masing-masing.

... dan siapa tahu mampu mengeksplor bakat anak untuk menjadi tahfiz masa depan!

Baca juga ; Cara Hebat Eksplor Bakat

Tahukah kamu?

BBQ sendiri sudah diluncurkan sejak 2018 lalu, lho.

Bumi Serpong Damai (BSD) sang kota mandiri menjadi lokasi perdana!

Kemudian dilanjutkan 2019, 2021, 2022 dan kini 2023!

Oh iya, khusus tahun 2021, saat pandemi melanda, program BBQ dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom lho.

Lokasi program BBQ pun mulai menyebar ke Cibubur (Kawasan hunian Kota Wisata dan Legenda Wisata), Bekasi (Grand Wisata Bekasi) dan menyeberang ke pulau Kalimantan via proyek Grand City Balikpapan.

Kota Balikpapan sendiri mulai dilirik program BBQ sejak tahun 2022 lalu!

Ini adalah event kedua dan masih di lokasi yang sama, Islamic Center, begitu biasanya kami warga Balikpapan, menyebutnya! 

Berikut beberapa catatan dari beberapa sambutan-sambutan:


Ketua Yayasan Muslim Sinar Mas Land – Bambang Setiawan mengatakan, “Setelah sukses dengan program BBQ pada tahun 2022 lalu di Balikpapan, kami kembali melaksanakan kegiatan ini untuk mengakomodir antusiasme masyarakat terhadap lomba membaca Al-Qur’an dengan wilayah yang lebih luas lagi. Perluasan jangkauan program ini merupakan langkah signifikan yang dilakukan YMSML untuk mencapai lebih banyak masyarakat, sejalan dengan komitmen kami untuk membantu mengurangi jumlah buta aksara Al-Qur’an di kalangan umat muslim Indonesia. Melalui program tersebut, kami juga ingin mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mendukung langkah positif ini dalam memperkuat nilai-nilai keagamaan sehingga diharapkan dapat menciptakan generasi muslim yang cerdas dan unggul.


Sedangkan Ketua Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Balikpapan Muslikh Umar menyampaikan, “Kami sangat mengapresiasi langkah YMSML yang tahun ini kembali menyelenggarakan  program BBQ 2023 di Balikpapan. Kegiatan ini bukan hanya sekedar tentang pendidikan, tetapi juga dapat mencetak generasi muda Islam yang berakhlak tinggi. Program BBQ dapat menjadi contoh nyata bagaimana sektor swasta berperan dalam membantu mengurangi jumlah umat muslim yang belum dapat membaca Al- Quran dan memotivasi para santri dan pengajar Al-Qur’an untuk terus istiqomah dalam belajar dan mengajarkan Al Qur’an. Kami harap, program ini juga dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan lain sehingga bisa memberikan manfaat yang besar dalam menciptakan generasi islam yang kuat, berakhlak, dan berwawasan di masa depan.

Lomba Membaca Al-Quran

Jadi, di tahun 2023 ini, mengulangi aktivitas BBQ tahun 2022, untuk menambah minat para siswa, usai belajar mengaji di BBQ, diadakanlah lomba membaca Al-Quran dengan hadiah sekitar Rp 42 juta.

Peserta kali ini terdiri dari 310 siswa putra dan putri anak didik BBQ yang terdiri dari anak laki-laki dan perempuan, berusia 6-15 tahun, yang terdaftar dari 50 mesjid di Balikpapan Barat, Timur dan Tengah.

Lomba ini terbagi dalam 4 kategori :

Kategori A Tartil usia 6-12 tahun, kategori B Tahfiz usia 6-12, kategori C Tartil 13-15 dan kategori D Tahfiz usia 13-15 tahun.

Para pemenang dipilih oleh dewan juri yang kredibel dengan memperhatikan berbagai aspek penilaian meliputi tajwid, kefasihan membaca, irama, adab membaca hingga perilaku peserta saat mengikuti lomba.

Metode Mama Papa

Siapa saja nih yang kayak aku, baru tahu model Mama Papa saat belajar membaca Al-Quran? 

Unik ya nama metodenya!

Setuju?


Menurut penemunya Ustad Muhammad Taslim, metode ini merupakan salah satu cara memperkenalkan 29 huruf hijaiyah melalui pendekatan cerita dan bahasa sehari-hari agar mudah dimengerti.

Detail selanjutnya sila browsing dengan kata kunci "membaca alquran metode mama papa" ya.

Have fun!

Pengumuman Pemenang 

Usah sholat zuhur, kami pun segera memasuki mesjid untuk mengikuti rangkaian puncak acara BBQ 2023 ini.

Beberapa wajah terlihat lelah.  Wajar sih ya, karena lomba bermula sejak jam 7 pagi, kakaaa.

Namun syukurlah, usai sambutan demi sambutan, akhirnya pemenang lomba membaca Al-Quran, di puncak acara Berantas Buta Al-Quran BBQ 2023 pun diumumkan.

Selamat ya!

berantas buta alquran lomba baca alquran ymsml sinar mas land 2023
penyerahan hadiah oleh ibu Atikah Sunarya

6 komentar:

  1. Aku juga baru tahu metode Mama Papa ini...keren sekali anak-anak ini , penilaiannya lengkap juga ya, ada tajwid, kefasihan membaca, irama, adab membaca hingga perilaku peserta saat mengikuti lomba. Masya Allah anak-anak yang soleh dan solehah. Salut untuk Sinarmas Land Balikpapan untuk acara lombanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tos, Mak!
      Aku juga baru tahu metode mama papa ini, sampai~sampai aku browsing di Youtube juga.
      Kepo soalnya.

      Hapus
  2. Program BBQ ini bagus banget ya mbak, mengingat tidak dipungkiri zaman sekarang masih banyak yang gak bisa baca Al Quran padahal org ISlam. Gimana bisa mendalami agamanya kalau baca kitabnya aja gak bisa.
    OOo jad programnya udah lama dan awalnya dimulai dari BSD ya?
    Terima kasih infonya, moga menyusul program serupa di lokasi2 lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Antusias banget anak didik di Balikpapan akan program BBQ Sinar Mas Land ini.

      Semoga 2024, akan diadakan lagi.
      Aamiin.

      Hapus
  3. Masya Allah... Program CSRnya bagus ini, jadi dengan begini banyak sekali orang muslim yang terbantu untuk lebih mudah membaca Al Quran dan mengurangi buta Al Quran ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.
      Benar Mak. Semoga bisa menjangkau lebih banyak lagi lokasi ya, minimal yang di sekitar proyek Sinar Mas Land.

      Hapus

Holaaa...!
Terimakasih ya sudah berkunjung ke sini.
Mohon maaf komentar kudu dimoderasi sebelum dipublikasi.