Lomba Ekraf Hadiah Jutaan Rupiah di Hari Jadi Kota Balikpapan ke-124

Aku percaya, event ekraf (Ekonomi Kreatif) Workshop dan Lomba BCF (Balikpapan Creative Festival) tahun 2021, berhadiah jutaan rupiah di Hari Jadi Kota Balikpapan ke-124 pastilah menjadi agenda yang paling ditunggu anggota komunitas kreatif Balikpapan termasuk Balikpapan Blogger Community (B!Blogger) di mana aku bertengger.

lomba ekraf hadiah jutaan rupiah di hari jadi kota balikpapan ke 124

Hal itu sudah mulai terasa, saat Bapak Bambang Herlandi, sang ketua, melakukan "cek ombak" via grup WA, meski informasi event komunitas kreatif  Balikpapan ini masih belum matang, pemirsah!

Jika sebelumnya grup WA sepi bagai kuburan, mendadak riuh kebangetan.

Berbagai tanggapan baik serius, non serius bahkan koplak, saling bersahutan, jadi hiburan tersendiri.

Segitu rindunya kami anggota Blogger Balikpapan untuk bersilaturahmi di tengah serangan gencar pandemi. 

hari jadi kota balikpapan ke 124 lomba ekraf hadiah jutaan rupiah
Ini dia acara utama kalau ngumpul, cekrek!

Rasanya hari berganti sangat lambat, euy!

Setiap ada notifikasi di grup WA, lagi-lagi aku percaya, pasti semua anggota menanti dengan teliti dan seksama.

Alhamdullillah, akhirnya, hari yang dinanti pun tiba!

Workshop Blogging BCF 2021 

Rinai gerimis menyambut manis di pintu keluar Gedung Kreatif Klandasan usai melahap materi Workshop Blogging BCF 2021. 

Siang itu, Minggu 14 Maret 2021, aku dan Annisa Tang, blogger Balikpapan pemilik bombonasam.club berjalan beriringan, menunggu jemputan. Tak berapa lama doi pamitan karena bang ojek sudah menanti di seberang jalan. 

Tinggallah aku menyesap nyanyian hujan di pelataran sambil menanti kesayangan.

Mendadak angan membawaku ke momen Workshop Blogging beberapa saat lalu.

Sejalan dengan mengadaptasi kebiasaan baru di masa pandemi, peserta Workshop Blogging BCF 2021 ini (blogger + umum) dibatasi serta menggunakan protokol kesehatan sesuai peraturan.

lomba ekraf hadiah jutaan rupiah di hari jadi kota balikpapan ke 124
Biar tidak hoax, mejeng bareng workshop kit!

"Eda boru Juntak, bantu-bantulah kita promosikan Balikpapan lewat tulisan ya"

Ucapan ibu Doortje Marpaung, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Balikpapan, sesaat sebelum pembukaan acara Workshop Blogging kembali terngiang.

Entah mengapa, ucapan informal seperti ini, rasanya lebih greget, Hayati!

Kelak jika ada kesempatan, aku ingin ajak beliau mampir dan memberi masukan terhadap 2 tulisanku tentang destinasi unggulan pariwisata Balikpapan seperti ekowisata Mangrove Center Graha Indah (MCGI) dan Hutan Lindung Sungai Wain, yang telah berhasil mendongkrak rasa keingintahuan sahabat travel blogger non Kalimantan, Katerina,  pemilik www.travelerien.com

lomba ekraf hadiah jutaan rupiah di hari jadi kota balikpapan ke 124
Bareng Bpk Agus Bei & Katerina plus B!Blogger

Lalu, ada lagi sahabat mahasiswi perhotelan dari Sulawesi yang sedang pelatihan dan kami sempat ngobrol-ngobrol soal destinasi unggulan di Balikpapan, kemudian memutuskan menyambangi Mangrove Center Graha Indah, setelah aku "racuni". Hihihi.

lomba ekraf hadiah jutaan rupiah di hari jadi kota balikpapan ke 124
Mahasiswi Perhotelan Sulawesi di MCGI

Selain itu aku juga berbagi prestasi kota Beriman di tulisan Ketika Prestasi dan Inspirasi Bersinergi di Balikpapan, yang terpilih menjadi pemenang di Blog Competition event 60 Tahun Inspirasi Astra dengan tema menarik "Bagaimana Balikpapan Memberikan Inspirasi Dalam Membangun Kota Penuh Prestasi"

lomba ekraf hari jadi kota balikpapan ke 124
Alhamdullillah, buat portofolio

Dan kali ini, untuk pertama kali dalam rangka perayaan Hari Jadi Kota Balikpapan ke-124, blogger yang merupakan  bagian dari insan Ekraf Balikpapan serta pentahelix pariwisata mendapat kehormatan, terlibat langsung melalui Workshop Blogging dan Lomba Blog BCF 2021. 

"Workshop Blogging BCF 2021 ini merupakan bagian dari rangkaian Balikpapan Creative Festival, selain itu ada juga Lomba Aplikasi, Lomba Gim, Lomba Poster, Lomba Blog dan Lomba Fotografi. Lomba-lomba ini dimaksudkan untuk membangkitkan, menggairahkan kembali pelaku ekonomi kreatif di tengah pandemi."

"Kita ingin mengupgrade/meningkatkan kualitas sumber daya manusia ekonomi kreatif!"

"Sejak akhir tahun lalu (Desember 2020) telah diadakan mapping ekraf  yang dikomandani Profesor Istia Budi (DiLO Balikpapan+MIKTI) untuk mengetahui potensi ekraf apa yang unggul di Balikpapan.

Demikianlah sebagian informasi penting yang disampaikan Ibu Irma Nurmayanti, Kepala Bidang  Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Balikpapan, mengawali acara workshop.

lomba ekraf hadiah jutaan rupiah di hari jadi kota balikpapan ke 124
Workshop Blogging Kit BCF 2021

Aku langsung menggarisbawahi bagian ini: "meningkatkan kualitas sumber daya manusia ekonomi kreatif!"

Sebagai seorang blogger, aku merasa "dijewer" juga nih, karena menurutku pengetahuanku tentang blog masih belum maksimal.

lomba ekraf hadiah jutaan rupiah di hari jadi kota balikpapan ke 124
 Ibu Arita hadir di Blogger Day 2019

"Tahun ini, hanya  warga dengan KTP Balikpapan saja yang berhak berkompetisi kecuali di Lomba Fotografi. Berbeda dengan tahun lalu, untuk festival film, warga non Balikpapan bisa jadi peserta," Ibu Doortje berbagi fakta kepada peserta workshop.

Seperti dilansir dari situs kotakreatif.kemenparekraf.go.id, Balikpapan termasuk dalam 10 kota kreatif Indonesia tahun 2019, setelah sejak tahun 2016 dikurasi oleh Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif) selanjutnya terus dimonitor perkembangannya.

"Sampai tahun lalu (2020) menurut kacamata pemerintah pusat, pemerintah kota Balikpapan agak masih dominan terhadap perkembangan ekonomi kreatif." 

"Nah, saat inilah momennya, agar komunitas menjadi dominan sementara pemerintah kota siap memberikan dorongan!" Tambah Ibu Doortje. 

"Untuk diketahui di awal tahun 2021, Balikpapan mendapat bantun peralatan seharga 200 juta dari Kemenparekraf, dan rencananya ini akan dipasang di Gedung Kreatif Klandasan. Balikpapan mendapatkan peluang bantuan namun dengan penilaian ketat!" Imbuh Ibu Doortje lagi.

Peralatan ini adalah milik masyarakat Balikpapan untuk perkembangan ekonomi kreatif!

"Saya berharap pelaku ekonomi kreatif dapat memaksimalkan kesempatan ini!"

"Selanjutnya, bantuan dari kementrian mungkin bukan hanya fisik tapi bisa juga pelatihan, sosialisasi atau bentuk-bentuk lain"

"Gedung Klandasan yang diresmikan 10 Februari 2019, menjadi bukti betapa pemerintah kota Balikpapan mendukung perkembangan ekonomi kreatif warga Balikpapan. Sangat sayang jika tidak dimanfaatkan. Semua fasilitas gratis!" Tambah Ibu Doortje.

lomba ekraf hadiah jutaan rupiah di hari jadi kota balikpapan ke 124
Gedung Kreatif  Klandasan

Ibu Doortje juga menuturkan bahwa awal Juli 2021,  walikota baru beserta jajarannya akan mulai bertugas dan kebetulan dalam visi misi beliau juga sangat concern dengan ekonomi kreatif dan pariwisata, bahkan menjadikannya program unggulan di masa jabatan beliau.

"Dinamisasi, komunikasi dua arah antar pentahelix pariwisata adalah keniscayaan!" 

Pesan ibu Doortje ini juga aku garisbawahi!

Kiprah Blogger & Tema Hari Jadi Kota Balikpapan Ke-124

Sesuai harapan ibu Doortje di atas, sebagai pelaku ekonomi kreatif , aku percaya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan komunitas kreatif Balikpapan untuk membantu mewujudkan tema Hari Jadi Kota Balikpapan ke-124, "Melawan Covid-19, Memulihkan Ekonomi Menuju Balikpapan Yang Berkelanjutan".

Namun dalam kesempatan kali ini, aku menggunakan perspektif pribadi sebagai seorang blogger. Jadi sangat mungkin akan berbeda dengan orang lain. So, kalau ada ide lain silahkan menambahkan di kolom komentar ya kawan!

Belajar Digital Marketing

Menurut Internet Live Stats, ada hampir 4,8 milyar pengguna internet di seluruh dunia perhari dan 3.7 milyar diantaranya menggunakan Google Search.

Data ini juga didukung survei We Are Social Digital 2021, bahwa pencarian informasi sumber brand baru di search engine menjadi aktivitas utama pengguna internet usia 16-64 tahun di Indonesia!

lomba ekraf hadiah jutaan rupiah di hari jadi kota balikpapan ke 124

Demikian juga blog, termasuk dalam sepuluh saluran utama untuk mencari brand di Indonesia. 

lomba ekraf hadiah jutaan rupiah di hari jadi kota balikpapan ke 124

Artinya apa?

Seorang blogger sudah selayaknya belajar dan memahami digital marketing (SEO dan SEM) agar bisa bersaing di halaman utama search engine terutama Google.

Khususnya blogger Balikpapan kudu jadi pemain utama di daerahnya sendiri menyusul konfirmasi pindahnya IKN ke pulau Kalimantan. Jangan mau hanya jadi penonton, kudu jadi aktor!

lomba ekraf hadiah jutaan rupiah di hari jadi kota balikpapan ke 124
Sampai jumpa di acara B!Blogger berikutnya!

Berkaitan dengan fakta di atas tadi, seorang blogger harus membuat kontennya unik dan otentik agar banyak yang suka. Syukur-syukur kalau kelak ada kunjungan berulang. Dan kalau konten sudah layak share, pageview pun akan meningkat!

Kalau sudah begini, mesin pencari pun akan senang hati merekomendasikan blog nangkring di halaman utama!

Lalu bagaimana agar tulisan bisa nangkring di halaman utama?

Tenang, aku sudah berbagi mantranya di 20 rekomendasi meningkatkan kualitas konten blog mengadopsi versi  blogger hits dunia The Minimalist

Tapi, jika kamu punya mantra lainnya, silahkan berbagi di kolom komentar ya.

Analisis Data

Sebenarnya beberapa media sosial seperti instagram (insight) dan blog (Google Analytic + Google Search Console) sudah memiliki alat yang mampu mengoptimalkan konten.

lomba ekraf hadiah jutaan rupiah di hari jadi kota balikpapan ke 124
Dashboard Google Search Console

Tulisan ini sekaligus jadi peringatan juga untukku agar belajar menganalisis data supaya kemampuan ngeblognya tidak jalan di tempat. 

Apalagi Gedung Kreatif  Klandasan sudah punya fasilitas wifi yang kencang, semangat dijamin menjulang buat mengadakan pelatihan seperti workshop blogging di atas.

Mobile Friendly

Masih berdasarkan data We Are Social Digital 2021, memiliki blog yang mobile friendly adalah keniscayaan! 

https://www.annarosanna.com/2021/03/hadiah-jutaan-rupiah-di-hari-jadi-kota-balikpapan-ke-124.html

Sayang dong ya, kalau konten sudah unik, apik, otentik namun kecepatan blognya bikin alergi. Hilang deh kesempatan untuk branding!

Bergabung dengan Komunitas Kreatif

Meski aku blogger, aku juga bergabung dengan berbagai komunitas kreatif Balikpapan seperti Kelas Inspirasi, My English Club Balikpapan, Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), Akademi Berbagi dan tentu saja dengan Blogger Balikpapan Community (B!Blogger).

lomba ekraf hadiah jutaan rupiah di hari jadi kota balikpapan ke 124
Kelas Inspirasi Balikpapan 

Aku percaya, bukan hanya menambah relasi, bergabung dengan komunitas kreatif punya banyak kebaikan seperti meningkatkan dan memperdalam pengetahuan, miliki poin lebih di portofolio, menemukan inspirasi baru, belajar berkomunikasi dan bersosialisasi.

Oh iya, untuk informasi detail tentang workshop, lomba dan hadiah bisa langsung ke Ekraf Balikpapan.

Jadi, kamu mau ikut lomba ekraf yang mana di  Hari Jadi Kota Balikpapan Ke-124, kali ini?

lomba ekraf hadiah jutaan rupiah di hari jadi kota balikpapan ke 124

40 comments:

  1. Wah mantap sekali kegiatannya benar2 positif dan banyak manfaatnya.apalagi bisa ketemu sama temen2 blogger setelah lama terpisah karena pandemi. Saya kepengen liat Gedung Kreatif Klandasan secara langsung . taunya disitu dulu pasar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Kang Aip ke sinin pasti sudah puluhan tahun lalu ya?
      Benar banget di situ dulu Pasar Blauran, namanya.
      Sekitar tahun 80-an.

      Aku juga masih sempat icip-icip hiruk pikuknya :)

      Kalau ke Balikpapan, kasih kabar ya.
      Aku siap jadi dayang-dayang ne!
      :)

      Delete
    2. Ralat Kang Aip.
      Dulu di situ bioskop Gelora.
      Pasar Blauran yang menghadap laut.
      Sekarang namanya Pasar Klandasan

      Delete
  2. Finnaly kita ketemu lagi kak, kangeeen padahal pengen chit-chat lamaa IH sudah diajak pulang wkwkw.

    Salut deh dengan kak Rosanna bisa gabung di berbagai komunitas kreatif gitu... Idolaku memang kakak ini ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sempat chit-chat sama Annisa.
      Doi lagi tunggu babang Gojek.
      Hihihi.
      Tapi bentar doang.

      Ditunggu lho sama Mie Ayam SMALA :)

      Delete
  3. Aaaak, senangnyaaa bisa kumpul2 blogger Balikpapan ya Kak Anna.
    Pastinya tetep patuhi ProKes, dan bisa berkontribusi menyebarkan info seputar Balikpapan ke ranah digital.

    Waahh, mba Rien udah pernah ngetrip enjoyyy bareng Kak Anna ya?
    Sedaapppp!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdullillah, event workshop bloggingnya offline, terbatas dan tunduk pada prokes.

      Iyes.
      Mba Rien sudah ke Balikpapan, dalam rangka Blogger gathering ASUS terus kita "culik" bawa ke MCGI.

      Sayang doi tidak extend, jadi cuma bisa ke MCGI doang. Padahal ada banyak destinasi unggulan, unik dan edukatif sarat petualang seperti Batu Dinding, Bukit Bangkirai dan Hutan Lindung Sungai Wain.

      Delete
  4. seru juga berkumpul saat di hari jadi kota Balikpapan ya mba.. pastinya banyk ilmu dan hadiah juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, bertabur hadiah di hari jadi kota balikpapan ke 124 kali ini dan blogger mendapat peluang berpartisipasi melalui workshop blogging dan lomba blog.

      Yang pasti rindu terobati, mba In.
      Setelah ratusan purnama, halah.

      Delete
  5. Seru yaa acaranya mba :D. Aku emmang udh tertarik untuk DTG ke Balikpapan. Suami yg udh pernah kesana Krn tugas kantor. Aku mah belum. Dan aku tau ya balikpapan ini kota minyak. Krn komplek perumahan yg didirikan oil company, tempat aku tinggal, salah satu jalannya diksh nama jl Balikpapan. Jd semua nama jalannya memang kota2 penghasil minyak di Indonesia.

    Itu makanya aku dari kecil pgn bgt bisa dtangin semua kota2 yg dulu sempet dijadiin nama jalan di komplek perumahanku. Apalagi Balikpapan, yg katanya kulinernya juga enak2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah siap jadi dayang-dayang, Fan.

      Hotel bintang 5, hotel dengan rooftop hits, hotel dengan menu unik, destinasi dan kuliner unik siap membuat Fanny dan kesayangan, terpikat!

      Delete
  6. Saya belum pernah ikut event lagi sejak pandemi. Padahal udah kangen banget. Seru ya kangen-kangennya sambil menyimak acara yang positif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini acara perdana aku juga Chi, pasca pandemi.

      Yang pasti pertama bertemu kemarin, pakai acara ngikik, karena pakai masker kan jadi kudu konfirmasi misalnya seperti ini:

      "Ini Annisa kan ya Annisa Tang?"
      "Iya, Kak. Ini Kak Ros, kan ya?"

      Setelah itu cekikian deh.
      Pada pangling karena semua mengenakan masker!

      Delete
  7. Horass edaaa boru juntaaaak...
    Berasa akrab juga dengan sapaan macam ini :)

    Senang kali bisa datang ke event bareng2 kawan ya kak
    Semoga pandemi segera berakhir sehingga bisa leluasa kembali untuk datang ke berbagai acara.

    Juga semoga kota Balikpapan makin maju dalam berbagai bidang.
    Aku baru sekali ke Kota Balikpapan, itu pun uda lama kali. Yang teringat kepitingnya juaraaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ingat kepiting apa yang dimakan, eda?

      Asam manis, lada hitam atau kepiting soka (kepiting muda yang dimakan dengan cangkangnya)

      Btw,
      Tahun berapa eda ke Balikpapan rupanya?

      Delete
  8. Kak Annaaa...
    Ini yang dinanti yaa...bertemu langsung dan turut meramaikan Lomba Blog yang diselenggarakan oleh Pemerintah.
    Semangaaatt, para blogger dan konten kreator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kumpul seru dan asik saling jalin silaturahim antar blogger dan pihak pemerintah Balikpapan.

      Selamat Hari Jadi Kota Balikpapan.
      Semoga semakin terdepan dan semakin mengayomi masyarakat.

      Delete
  9. Kereeen mbak tulisannya sangat menginspirasi. Langsung otewe artikel yang berisi mantra mantra itu dehhh hihi

    ReplyDelete
  10. Daebak! Ratusan juta loh hahaha keren banget sih pemerintahnya. Semangat sukses buat blogger di sana ya Kak Anna.

    ReplyDelete
  11. Wah serunya, bertabur hadiah di hari jadi kota Balikpapan nih.
    Btw itu Gedung Kreatif Klandasan desainnya menarik ya, ada nuansa warna kuningnya jadi terlihat ceraah.

    ReplyDelete
  12. seru banget ini acaranya di hari jadi kota Balikpapan ke 124 yang menghadirkan banyak lomba menarik berhadia jutaan rupiah

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah keren ya bloggernya diajak ikut memeriahkan event ultah Kota Balikpapan, aset banget nih blogger untuk mengabarkan kabar baik dari kota sendiri pada khalayak ya

    ReplyDelete
  14. Hari jadi ke 124...waaah..udah segitunya ya. Aku masa gak tau kota sendiri udah brp tahun umurnya.. Wkwk. Semoga menang ya mba lombanya. Hadiahnha menarik sekalii

    ReplyDelete
  15. Aku punya adek letting yg asalnya dr Balikpapan. Dia suka cerita ttg tertibnya disana. Org teratur, jalanan teratur. Jd bikin aku pgn ngerasain tinggal disana hihihi. Trs ada komunitas blogger yg asik lg. Keren banget.

    ReplyDelete
  16. Keren sekali event Blogger di hari jadi kota Balikpapan ini. Bertabur hadiah dan sangat memberdayakan sekali ya acaranya. Sukses selalu..

    ReplyDelete
  17. Wah, seru banget mbk acaranya. Rindu ngevent Blogger terobati sudah ya mbk. Wow, hadiahnya luar biasa sekali. Good luck mbk

    ReplyDelete
  18. wow hadiahnya bikin mupeng ya, tapi aku malah salfok lihat perjalanan di Mangroove itu deh mbak. Jadi kangen traveling sama teman-teman, semoga pandemi cepat berakhir dan bisa jalan-jalan deh.

    ReplyDelete
  19. Semoga dengan adanya event ekonomi kreatif dapat memaksimalkan kesempatan semuanya ya.. memajukan balik papan apalgi hadiahnya banyak banget dan event berkelanjutan nantinya

    ReplyDelete
  20. wah mantap lah acaranya mba, di saat pandemi seperti ini ada kegiatan positif begini membuat tambah semangat menyongsong tahun 2021 semoga makin lebih baik. jadi pengen ikutan kegiatannya deh

    ReplyDelete
  21. wah selamat yaa menang blog competition Astra tentang Balikpapan, memang Balikpapan hebat berbenah diri dengan kompetisi lomba ekonomi kreatif. semoga semakin keren Balikpapan

    ReplyDelete
  22. Kangen ya Mbak, bersilaturahmi dengan teman-teman blogger dan bersama sama memeriahkannya dengan seru.

    Event Ekraf selalu keren ya, semoga dengan adanya event tersebut potensi yang ada di Balikpapan dapat meningkat y

    ReplyDelete
  23. woww mantap lombanya ya mbak
    hadiahnya banyak banget, uda gitu temanya juga oas banget dgn situasi saat ini
    semoga Balikpapan makin maju dan sukses

    ReplyDelete
  24. Selamat hari jadi yang ke-124 untuk kota balikpapan... Seru banget acaranya, menggaet para blogger...

    ReplyDelete
  25. balikpapan bloggernya udah dilirik mata ya mbak
    seneng kalau pemerintah juga memperhatikan blogger dengan ada lomba ini
    mengenalkan budaya dan daerah lewat tulisan peserta

    ReplyDelete
  26. Banyak sekali kegiatan yang Kak Anna ikutin. MMantab lah aktif dalam berbagai kegiatan ini membuka banyak silaturahmi ya, Mba. Semoga menang ya, Mba tulisannya. Hadiahnya menggiurkan sekali.. ^_^

    ReplyDelete
  27. Keren banget nih Mbak acaranya dan hadiahnya juga menarik tentunya semakin menambah wawasan dan pertemanan sukses selalu ya

    ReplyDelete
  28. Udah lama banget ga ke Balikpapan lagi
    Biasanya saya pasti jalan jalan di dalam bandara 2 jam sebelum berangkat
    Kalau hotel, lebih nyaman di Senyiur

    ReplyDelete
  29. Seru sekali acaranya ya kak, saya belum dapat undangan event hihihi kangen juga mau ngevent

    ReplyDelete
  30. Seru ya kalau udah kumpul bareng teman-teman blogger apalagi sekota trus di event yang keren seperti Ekraf dan lomba hari jadi Kota Balikpapan ini. Sukses Mbak dan semoga beruntung :)

    ReplyDelete
  31. Wah, kegiatannya seru dan yang pasti bermanfaat. Sudah lama nggak ketemu, pasti senang, ya. Meski protokol kesehatan harus tetap dijalankan 😊

    ReplyDelete

Holaaa...!
Terimakasih ya sudah berkunjung ke sini.
Mohon maaf komentar kudu dimoderasi sebelum dipublikasi.