Destinasi Unik, Eksotik, Hits Balikpapan Ini Memang Layak Dikunjungi!

Apakah hijau selalu sukses buatmu terpukau? Kalau begitu, tos dulu dong! Masih dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Balikpapan ke-124, ijinkan aku berbagi informasi destinasi unik, eksotik dan hits Balikpapan yang memang layak dikunjungi! Meski semua destinasi ini outdoor, aku tak perlu risau karena sudah ada contekan cara perawatan wajah agar tetap glowing alami di situs trend fashion terbaru.

destinasi unik eksotik hits hari jadi kota balikpapan ke 124
Destinasi Unik, Eksotik Hits Balikpapan!

"Ann, destinasi unik di Balikpapan itu apa saja ya?"

"Ann, bandara kotamu, eksotik kebangetan!"

"Ann, aku mau titip kepiting hits buat oleh-oleh dong!"

Nah, percakapan di atas adalah yang paling sering aku alami terutama kalau teman-temanku itu baru pertama kali touch down ke Balikpapan.

Yang bikin sumringah pas teman-teman menyampaikan apresiasi seperti:

"Selamat ya Ann, kota Balikpapan Terpilih Jadi Kota Yang Paling Dicintai Sedunia 2015 (The Most Lovable Sustainable City  2015!"

"Selamat Mba, Kota Balikpapan Terpilih Jadi Kota Layak Dihuni di Indonesia

Jadi, gimana, masih belum cukupkah semua fakta ini menggodamu agar silaturahmi ke kota kami?

destinasi unik eksotik hits hari jadi kota balikpapan ke 124
pencakar langit Balikpapanku


Rekomendasi Destinasi Unik, Eksotik, Hits Balikpapan

Pernahkah kamu takjub sampai-sampai "freeze" dengan sensasi simfoni nyanyian alami?

Aku pernah!

Aku alami saat memasuki Hutan Lindung Sungai Wain pertama kali. Momen ketika suara serangga berfrekuensi tinggi menyambut kedatangan rombongan kami. Kicauan burung bersahutan dikejauhan meningkahi sesekali.

Menurut Mas Ramdhan, forest ranger HLSW, dari nyanyian fauna di sana, doi bisa memperkirakan waktu menunjukkan sedang pukul berapa. 

Amazing, right?

Nah, buat kamu-kamu yang tengah mendamba bepergian, saatnya merapat, kawan!

Izinkan aku berbagi rekomendasi destinasi  unik, eksotik dan hits, Balikpapan yang memang layak dikunjungi, minimal dari persfektif daku! Jadi, memang subyektif sekali. Hitung-hitung buat mengobati hasrat bepergian yang sedang mode hibernasi.

Well, saat ini, daftarku masih cuma 4 destinasi. Kebetulan semuanya sudah pernah aku kunjungi. Tapi mungkin saja jumlahnya akan bertambah. Biar tak ketinggalan informasi, silahkan langganan blog ini via email ya. Halah, promosi pulak dia! Hahaha.

Hmmm, atau mungkin kamu sudah tak sabar ingin menambahkan?

Silahkan ditunggu di kolom komentar di bawah ya.

Sementara itu, sini-sini ikut aku, mari kita mulai petualangan seru!

Hutan Lindung Sungai Wain

Biasanya sih disingkat dengan HLSW. 

HLSW merupakan destinasi perpaduan hutan dan sungai, guys

Hanya 15 kilometer dari pusat kota Balikpapan. Yes, cuma sekitar 20-30 menit untuk sampai di lokasi. Cocok nih buat kamu yang pengen berpetualang tipis-tipis nuansa destinasi unik, eksotis dan hits.

destinasi unik eksotik hits hari jadi kota balikpapan ke 124
Plang unik HLSW

Mengapa HLSW disebut hutan primer dan hutan perawan?

Menurut wikipedia, hutan primer adalah hutan yang telah mencapai umur lanjut dan ciri struktural tertentu yang sesuai dengan kematangannya, serta memiliki sifat-sifat ekologis yang unik!

Pada umumnya hutan primer berisi berisi pohon-pohon besar  berumur panjang berseling dengan batang-batang pohon mati yang masih tegak, tunggul serta kayu-kayu rebah. Robohnya kayu-kayu tersebut biasanya membentuk celah atau rumpang tegakan, meloloskan cahaya matahari sampai ke lantai hutan serta merangsang pertumbuhan vegetasi lapisan bawah.

Hutan primer yang minim gangguan manusia di sebut hutan perawan!

Satu lagi, hutan primer acapkali merupakan rumah bagi flora dan fauna langka. Jadi, keberadaan hutan ini penting secara ekologi!

Gimana, lumayan lah buat pencerahan ya. 

Lanjut!

Akses

Kamu bisa menggunakan moda transport online atau naik kendaraan pribadi. Jalan masuk terletak di pinggir jalan raya Balikpapan-Samarinda.

Bersyukur!

Kata inilah yang patut aku bisikkan karena propinsi Kalimantan Timur khususnya kota Balikpapan, dianugerahi potensi kekayaan hutan yang indah selain penghasil oksigen bagi alam semesta.

Menikmati suasana alam liar bagiku sangatlah mengasyikkan, berpetualang dalam hamparan hutan yang masih alami seperti di hutan lindung Sungai Wain ini. Waktu bergulir tanpa terasa!

Saat terakhir ke sini, belum ada tiket masuk, namun disarankan memberikan fee seikhlasnya ke petugas yang sedang bertugas.

destinasi unik eksotik hits hari jadi kota balikpapan ke 124
Tahan perut, beauty filter on, klik!

Beberapa tips yang bisa aku bagikan adalah kenakan outfit yang nyaman karena akan masuk hutan, misalnya mengenakan baju lengan tangan panjang, mengolesi tangan dengan losion nyamuk, membawa bekal secukupnya, mengenakan tabir surya, membawa cadangan atasan serta yang paling penting bolang bareng kesayangan! Tapi yang terakhir kalau mau diskip, monggo lah. Hahaha.

Selanjutnya, bersiaplah menikmati sensasi hutan perawan yang sering disebut-sebut, satu-satunya hutan yang berjarak paling dekat, hanya 15 km dari kawasan perkotaan.

Tuh, keren kan, satu-satunya di dunia lho. C-A-T-A-T!

Flora dan Fauna Langka

Seperti dilansir dari wikipedia, di hutan ini juga kita bisa menemukan aneka flora langka seperti angrek dan tumbuhan merambat, kantung semar, berbagai jenis jamur serta tumbuhan endemik Balikpapan, Jahe Balikpapan.

Sedangkan fauna langka seperti macan dahan, orang utan, beruang madu, berbagai jenis kera dan the one and only, bekantan.

Fasilitas 

Tracking bridge, beberapa pos peristirahatan, pusat penelitian flora dan fauna, perahu rumah "beruang madu", rumah "enggang" dan area wisata Kebun Raya.

Karena terbatas waktu, saat kunjungan kemarin aku hanya mencicipi tracking bridge dan rumah peristirahatan.

Jadi, pastikan kamu punya cukup waktu agar bisa maksimalkan kunjungan ke HLSW ya!

Monggo, simak keseruan petualanganku selengkapnya di Hutan Lindung Sungai Wain, Hutan Perawan Balikpapan.

Mangrove Center Graha Indah

Destinasi ini punya nilai histori bagi foundernya Bapak Agus Bei. Meski awalnya dianggap depresi dan stress, Bapak Agus Bei tetap istiqomah melanjutkan visi dan misi beliau.

Kecintaan beliau pun mengantar doi ke Jakarta, menerima penghargaan Kalpataru tahun 2017 dari presiden Jokowi di istana.

Akses

Lokasinya yang unik, menyatu dengan perumahan Graha Indah. Aku saja sempat terkecoh di kunjungan perdana.

"Apa tidak salah jalan nih, masak sih di dalam perumahan ada mangrove?"

Masih teringat aku akan pengalamanku ketika kendaraan sudah memasuki kawasan perumahan. Maklumlah saat itu aku kebanyakan hibernasi, kurang gaul sama destinasi hits di kota sendiri. Plak!

Ke MCGI, kamu bisa menggunakan transport online atau kendaraan pribadi.

Kondisi jalan umumnya lancar dan mulus. Mungkin hanya sedikit tersendat di kawasan pertigaan simpang Kariangau.

Fauna Langka

Sebenarnya di Balikpapan ada 4 destinasi mangrove, namun yang paling hits kebangetan ya MCGI ini. 

Jika beruntung kamu bisa bertemu fauna endemik, bekantan alias si monyet Belanda atau monyet hidung panjang.

Untuk bisa melihat fauna endemik ini, waktu berkunjung yang disarankan adalah saat bekantan mencari makan, biasanya jam 6 pagi. Kadang kala bekantan bisa sampai ke area sekitar pelabuhan. Alternatif lain adalah di sore hari.

Namun untuk pastinya, aku merekomendasikan agar selalu berkoordinasi dengan pihak pengelola yang bisa di akses di instagram @mangrovecentergrahaindah atau @gus.bei

Namun itu juga bukan merupakan jaminan, karena kadang harapan tidak seindah kenyataan. 

Aku sendiri pernah mengalami, sudah berkunjung sesuai 'Syarat dan Ketentuan" namun belum rezeki bertemu pujaan eh bekantan, maksudnya.

destinasi unik eksotik hits hari jadi kota balikpapan ke 124
Eksotika Pelabuhan Mangrove Center Graha Indah 

Harga Tiket Masuk

Tidak ada harga tiket masuk!

Jika ingin merasakan sensasi mengelilingi kawasan mangrove, kita bisa menyewa perahu dengan harga Rp 300.000 dengan kapasitas 10 orang. Eh, ralat ding, tergantung ukuran bodi. Hihihi.

Baidewei subway,

Apakah kamu tahu perbedaan monyet dengan kera?

Coba kamu yang lagi khusya baca postingan ini, ayo jawab!

Yup, betul!

Monyet itu punya ekor kalau kera tidak memiliki ekor. Kecuali ada satu monyet Barbary Macaque di Algeria dan Morocco yang tidak memiliki ekor (sumber idntimes.com)

Sekarang saatnya mengerjakan PR!

Jadi, bekantan itu, masuk monyet atau kera ya?

Boleh jawab di kolom komentar ya.

Yang benar, bisa lanjut baca postingan. Hahaha.

Bukit Bangkirai

Meski terletak di kecamatan Samboja Kutai Kartanegara, kawasan wisata alam ini dikelola PT Inhutani Balikpapan. 

Hampir sama dengan HLSW, destinasi ini menawarkan pesona hutan hujan tropis yang masih alami. 

Mengapa disebut Bukit Bangkirai?

Ada yang mau coba jawab?

Yes! Karena hutan ini didominasi vegetasi pohon bangkirai (shorea laevis) yang mencapai ketinggian 40-50 meter dan berdiameter 2,3 meter.

destinasi unik eksotik hits hari jadi kota balikpapan ke 124
Coba tunjukkan yang mana sih banir bangkirai itu!

Pohon ini termasuk pohon komersil yang kini tergolong langka. Sifat kayu bangkirai yang kokoh seperti kayu ulin (kayu besi) sehingga banyak digunakan sebagai bahan bangunan.

Di Balikpapan, kalau kamu ingin membuat bangunan, bisa dipastikan, tukang kayu akan menyarankan bangkirai untuk kusen bahan bangunan.

Akses

Dapat ditempuh melalui jalan darat sekitar 1,5 jam dari Balikpapan. Rute ke Bukit Bangkirai sama dengan rute ke HLSW, sama-sama menggunakan jalan poros Balikpapan-Samarinda, di mana kondisi jalan umumnya cukup baik.

Dari arah Balikpapan, sesampainya di KM-38, belok kiri dilanjutkan menelusuri jalan sekitar 7km.

Fasilitas

Bukit Bangkirai telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai. Selain tempat parkir, ada juga gedung pertemuan dengan kapasitas 100 orang, penginapan dan restoran.

Aktivitas

Pasti sudah tahu dong!

Aha! Spot andalan destinasi ini, jembatan tajuk (canopy bridge) sepanjang 64m yang digantung menghubungkan 5 tajuk pohon bangkirai di ketinggian 30m.

Menurut wikipedia, jembatan gantung ini merupakan yang pertama di Indonesia, kedua di Asia dan kedelapan di dunia. 

Konstruksinya dibuat di Amerika lho, guys!

Dibangun dalam waktu dua bulan. Februari 1998 kontruksi selesai dikerjakan. Umur jembatan diperkirakan bertahan 15-20 tahun.

Rasakan sensasi berayun di ketinggian terutama saat hembusan sang bayu membelaimu. Awalnya mungkin agak ketakutan namun seiring waktu, aku jamin kamu akan ketagihan. Ketakutan akan segera beralih dengan decak kekaguman akan keindahan yang sukar dilukiskan. Keindahan bumi Kalimantan yang menjadi salah satu paru-paru dunia!

Dari ketinggian, mata dimanjakan panorama hutan, sambil menikmati formasi tajuk tegakan "Dipterocarpaceae" yang membentuk stratum. Formasi itu sambung menyambung sekaligus menjadi ciri khas hutan hujan tropis.

destinasi unik eksotik hits hari jadi kota balikpapan ke 124
Mumpung masih bisa pose, klik dulu ne!

Untuk alasan keselamatan, pengelola akan menutup aktivitas ini jika kecepatan angin melebihi 30 mil/jam atau ada gangguan cuaca, tinggi minimal 1 meter dan dilarang menggunakan sepatu hak tinggi dan sandal. C-A-T-A-T!

Selain aktraksi jembatan gantung, banir atau akar papan pada pangkal pohon bangkirai sungguh sangat menyita perhatian. Unik dan indah. Terlihat menonjol dibanding dengan jenis pohon disekelilingnya

Harga Tiket Masuk

Saat aku ke sini itu tahun 2016. Jadi, sudah lupa berapa HTMnya. 

Tapi, jangan khawatir, setelah browsing, ternyata sekitar Rp 3,500, sedangkan untuk HTM aktraski jembatan gantung, kudu merogoh kocek Rp 25.000 per orang.

Jadi, kapan kamu berayun-ayun di Bukit Bangkirai?

Batu Dinding KM-45

Seperti namanya, destinasi ini memang berjarak kira-kira 45km dari pusat kota Balikpapan. Secara geografis sebenarnya termasuk dalam kecamatan Samboja kabupaten Kutai Kartanegara. 

Namun karena jalan masuknya berada di pinggir jalan poros Balikpapan-Samarinda, netizen gemar menyandingkannya dengan Balikpapan.

Tak percaya?

Coba deh ketik dengan kata kunci Batu Dinding Samboja, lihatlah daftar artikel di sana. Selanjutnya ketik lagi, namun kali ini dengan Batu Dinding Balikpapan. 

Apakah yang terjadi?

Daftar artikel yang ditampilkan kurang lebih sama, bermuara ke destinasi yang sama, Batu Dinding KM-45.

Pertama kali ke sini tahun 2016, hampir 5 tahun yang lalu. 

destinasi unik eksotik hits hari jadi kota balikpapan ke 124
Puncak Batu Dinding hits itu!

Simak keseruan pengalamanku selengkapnya di Ini Dia Cara Afdol Menikmati Pesona Batu Dinding Borneo.

Sejarah Batu Dinding

Sebelumnya tidak ada yang tahu mengenai destinasi ini, sampai akhirnya sekelompok mahasiswa Bandung jurusan geologi yang sedang menyelesaikan skripsi di sini, kemudian menyebarkan hasil observasi. 

Sejak saat itu, Batu Dinding sudah tidak sama lagi. 

Tahu sendiri dong bagaimana efek dominonya kalau dukun eh netizen sudah bertindak.

Akses

Seperti sudah aku uraikan di atas, pintu masuk destinasi unik, eksotik dan hits ini terletak di pinggir jalan poros Balikpapan-Samarinda, di KM-45 dari arah Balikpapan.

Kamu bisa menggunakan roda 2 atau roda empat. 

Fasilitas

Tempat parkir, warung sederhana dan ojek masuk destinasi juga tersedia buat kamu yang ingin merasakan sensasi di atas roda di atas jalanan sederhana.

Sepanjang jalan kamu akan disuguhi aneka panorama mulai dari perkebunan buah naga, kelapa sawit dan pepohonan rindang. 

Jika kamu datang di pagi hari, suara fauna berfrekuensi tinggi dengan senang hati akan menemanimu dari sisi jalan. Semakin melengkapi suasana unik dan eksotik!

Harga Tiket Masuk

Saat tulisan ini dirilis, HTM untuk destinasi Rp 5.000 per orang, parkir roda dua Rp. 5000 serta roda 4 Rp.10.000. Buat kamu yang ingin menghemat tenaga, tersedia layanan ojek antar jemput dengan tarif mulai dari Rp 20.000.

Panorama

Menikmati matahari terbit dan terbenam, dua aktivitas favorit wisatawan di Batu Dinding Km-45. 

destinasi unik eksotik hits hari jadi kota balikpapan ke 124
Pose impian itu!

Datanglah di saat BUKAN akhir pekan atau di luar waktu liburan demi kenyamanan. Yang pasti bolang bareng kesayangan sangatlah dianjurkan!

Karena ini destinasi sarat petualangan, menyiapkan fisik serta outfit nyaman jadikan perhatian!

Gimana, apakah Batu Dinding KM-45 kini masuk dalam daftarmu, kawan?

Demikianlah 4 daftar destinasi unik, eksotik, hits di Balikpapan yang memang layak dikunjungi.

Mengakhiri postingan ini, dengan kerendahan hati, aku titip doa ya buat insan pelaku Ekraf Balikpapan serta kotaku yang baru saja merayakan Hari Jadi Kota Balikpapan Ke-124, tepat  tanggal 10 Februri 2021 lalu. Balikpapan Kubangun, Kujaga, Kubela!

Eits hampir lupa, untuk update informasi trend fashion terbaru, sila mampir di https://waverlyinfo.com  ya.

29 comments:

  1. Puncak Batu Dinding keren banget ya.. Suka deh sama pemandangan hijau-hijau gini.. Semoga bisa main ke Balikpapan someday

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap jadi dayang-dayang, mba :)
      2 jam saja dari Jakarta.
      Tersedia hotel sultan dan hotel kebanyakan.
      Kuliner juga, tinggal pilih sesuai budget!
      Kuy ke Balikpapan!

      Delete
  2. Aku deg2an lihat foto di batu dinding hitsnya mba. Tapi kalau aman sih mau banget naik dan berfoto di situ. Pemandangannya juga bagus banget. Seneng deh baca lokasi wisata yang masih asri, penuh hutan, sungai, bukan wisata buatan kayak di kota lain. Semoga some day aku bisa ke Balikpapan. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah aman terkendali, mba.
      Aku juga terberkati, kota Balikpapan masih punya destinasi asri
      Nyoook ke Balikpapan!

      Delete
  3. aku belum pernah ke Balikpapan, tapi kalo denger cerita teman yang pernah tinggal di sana seru banget deh. Banyak destinasi eksotik yang hits, seperti review kamu ini mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo agendakan mba Aie!
      Hanya 2 jam dari Jakarta.
      Tapi, kalau bisa minimal 3 hari lah di sini ya.
      Biar puas menikmati destinasi unik, eksotik serta kulinernya!

      Delete
  4. Pengen deh bisa naik perahu menyusuri hutan mangrove 😍 300K cukup terjangkau lah biat 10 orang ukurang sedang hahaha... Aku belum pernah ke Balikpapan. Ternyata surga jalan2 juga ya banyak banget destinasi wisatanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdullillah, benar banget surga jalan-jalan.
      Habis itu langsung ke Maratua, Derawan dan Kakaban juga, bisa.
      Tinggal pilih mau naik pesawat atau via darat.
      Semuanya menyenangkan!

      Delete
  5. Mba Anna, daku rindu celoteh riang ala dikau di blog eniiih :D
    Btw, mupeng banget aku buat cuss ke Hutan Lindung Sungai Wain

    Ingin merasakan Momen ketika suara serangga berfrekuensi tinggi menyambut kedatangan aku dan teman2 juga Kicauan burung yang bersahutan di kejauhan.

    Amazing bangeettt!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdullillah, ada yang rindu celoteh daku.
      Aku padamu, mba Nurul!

      Insya Allah kalau mba Nurul ke Balikpapan, siap jadi dayang-dayang, ne :)

      Delete
  6. Selamat Hari Jadi Kota Balikpapan ke 124..semoga makin maju kotanya bahagia warganya. Aamiin
    Aku kalau berkesempatan ke sana mesti baca blog Mbak Anna...pengin ke 4 destinasi unik, eksotik, hits di Balikpapan yang keren banget ini.

    ReplyDelete
  7. Ya ampun asyik banget wisata alam begini. Plang di hlswnya unik, asli dari kayu pula.

    Kapasitas perahu buat keliling mangrove untuk 10 orang itu kalau langsing ya mbak. Hehehe....

    Saya belum pernah ke Balikpapan. Bumi kalimantan tuh baru Tarakan aja yang sudah saya injak

    ReplyDelete
  8. Keluarga ibu mertua ada yg di Balikpapan nih mba.. kalau keluarga dari sana datang, oleh2 udang 😍 ih asyik banget posenya ituuu, viewnya juga cakeeep..moga ku bisa ke Balikpapan ya mbaa

    ReplyDelete
  9. Aku belum pernah ke Balikpapan tapi melihat alamnya memang sepertinya indah dan jangan dilewatkan untuk destinasi wisata nih mba. Rencana aku pengen deh jalan-jalan ke Kalimatan

    ReplyDelete
  10. Wah, seru banget mbk keliling Hutan Lindung Sungai Wain. Spot puncak batu dinding ya euy bagus banget. Bisa lihat Balikpapan dari ketinggian

    ReplyDelete
  11. Waduuuww.. Batu Dinding KM-45 ini yang super eksotik menurut saya. Penuh tantangan! Ya kali mau nanjak-nanjak gitu pakai sepatu hak tinggi, wkwkwkw. Balikpapan seru banget nih wisata alamnya. Beneran asri dan banyak flora dan fauna yang unik dan langka. Jadi pengen liburan ke sana.

    ReplyDelete
  12. Duh, seru-seri banget mbak... Mudah-mudahan saya dan keluarga ada rezeki bisa main ke balikpapan...

    ReplyDelete
  13. Langsung salfok sama HTM dan fasilitasnya mba hehehe setuju mba skrg kalau mau ke tempat begini mending jgn pas libur yah biar enjoy di sananya

    ReplyDelete
  14. Indonesia tuh memang negeri yang kaya akan destinasi unik kaya di Balikpapan ini yaaaa.. Pengen juga ke Balikpapan nih jadinyaaaa

    ReplyDelete
  15. Balikpapan punya juga ya destinasi wisata unik dan eksotik. Duh, kepengen deh bisa main ke Balikpapan. Semoga nanti saat pandemi udah beres, aku bisa berkesempatan main ke Balikpapan.

    ReplyDelete
  16. Wow, wisata alamya menakjubkan mbak...aku pengen yang lihat bekantan. Itu sekarang termasuk langka ya? Padahal mukanya lucu sekali. Semoga saja habitatnya terlindungi. Suka dengan wisata alam begini..bikin refresh pikiran..

    ReplyDelete
  17. Baca semua artikel soal ultah Balikpapan
    Jadi ingat banget pernah di sana
    Menikmati kotanya di malam hari
    Rinduuu

    ReplyDelete
  18. Wah jd tahu ada obyek wisata hutan lindung di Balikpapan, moga kapan2 bisa ke sana. Seneng di antara kemajuan Balipapan hutan kyk gtu msh dipertahankan dan dikelola sbg destinasi wisata dengan baik ya mbak

    ReplyDelete
  19. Balikpapan punya beberapa pilihan destinasi favorit. Berharap suatu hari bisa berkunjung terutama Hutan Lindung Sungai Wain. Masih perawan ya hutannya, jadi adem pasti karena tanaman juga dilindungi ya kak Anna

    ReplyDelete
  20. ternyata selain terkenal dgn sumber daya minyak buminya, Balikpapan punya banyak potensi wisata alam yang cantik cantik ya mbak
    jadi pengen ke Balikpapan

    ReplyDelete
  21. Saya pernah ke Balikpapan, tapi belum pernah ke hutannya. Hanya ke pantai sambil menikmati Sea Food.
    Panorama favorit saya itu di perumahan dinas Pertamina yang deket sama gor. Kalo malam indah bener.
    Terus pertama kali icip salome juga disana.

    Pengen deh kalo kesana lagi foto di Bukit Dinding kaya mba Ros. Hihi

    ReplyDelete
  22. Selamat ulang tahun untuk Balikpapan ya mba. Luar biasa nih destinasi wisata eksotisnya beneran menawan. Kekuatan alamnya memang kerasa banget ya. Semoga ada rejeki kapan-kapan bisa menyambangi Balikpapan bersama keluarga.

    ReplyDelete
  23. happy happy birthday yaaa Balikpapan.. semoga makin maju dan sukses ke depannya. Aku jadi pengen main lagi ke sini dan explore tempat keren - keren ini

    ReplyDelete
  24. Kak Anna...
    titik nol kota Balikpapan seperti apakah?

    Aku paling takut sebenernya jalan ke Hutan Mangrove, hehehe...mungkin karena pernah nonton Film Anaconda.
    Tapi melihat eksotika pemandangan di Hutan Mangrove Balikpapan, jadi merasa "adeeem".

    Selamat ulang tahun, Kota Balikpapan.
    Semoga semakin mengayomi masyarakatnya dengan baik dan sejahtera semua.

    ReplyDelete

Holaaa...!
Terimakasih ya sudah berkunjung ke sini.
Mohon maaf komentar kudu dimoderasi sebelum dipublikasi.