Ketahui Cara Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu

"Mba, tahukah cara membedakan madu asli dan madu palsu?"

Suatu hari, seorang teman yang sedang berkunjung ke rumah bertanya padaku. Kebetulan doi memang sedang prospek-in aku tentang produknya.

Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu Caranya

"Tahu dong! Yang tidak bersemut kalau dibiarkan di ruang terbuka, alias semut ogah mampir"

Jawabku dengan semangat 45! Pokoknya, yakin banget benar, giccu!"

Ada lagi, mba? Potong doi cepat!

Hmmm, apalagi ya?

- Madu asli tidak beku jika ditaruh di freezer
- Madu asli akan terbakar di batang korek api
- Madu asli akan mengeluarkan gas dan berbusa.

"Semua itu mitos, mba!"  Tukas si mba sambil menatap lekat-lekat kepadaku. Fokus banget doi, hihihi.

Begini cara mengetahui madu asli, tandas doi lagi.

Si mba temanku itu, lalu pinjam piring warna putih tulang. Sayang, aku tidak punya. Mangkuk putih juga boleh kog, kata doi lagi.

Nah, kalau ini, aku punya!

... dan air layak minum juga ya, biar ntar air madunya bisa diminum, kata doi lagi.

Setelah semua tersedia, doi langsung menuang satu sendok makan madu ke mangkuk putih tadi. Sepertinya madu ini memang sering menemani doi travelling, [travelling]. Hahaha, namanya juga marketing yak, kudu siap semua amunisi, buat demo produk.

Baidewei, subway,

Tempat madunya agak unik. Seperti kemasan facial wash gitu. Jadi tinggal dipencet, muncrat deh madunya. Jadi, kagak pake acara belepotan ne, mantul!

Lalu doi menambahkan dua sendok makan air, kemudian menggoyang-goyang mangkuk perlahan-lahan dengan gerakan seperti menampi beras.

Kurang dari lima menit, terbentuklah image seperti sarang lebah di dasar mangkuk!

Amazing!

Menurut doi, itulah bukti, bahwa madu yang digunakan tadi, madu murni!

Terus terang, ini pengalaman pertama bagi aku dan aku tersepona eh terpesona!

Mengapa warna piring/mangkuk kudu putih, Hayati?

Supaya image yang terbentuk lebih jelas kelihatan!

Tidak ada hidden agenda kog. Trust me!

Madu Asli VS Madu Palsu

Faktanya, secara fisik, madu asli dan madu palsu memang sulit dibedakan!

Perbedaanya apa pada banyak faktor, seperti kekentalan, rasa maupun warna.

Fakta lain lagi, ternyata secara kasat mata, madu asli dan palsu juga tidak bisa dibedakan!

Ayo, yang tahu caranya, ayo angkat kaki eh angkat tangan!

Aku termasuk tim yang tidak tahu, hahaha.

Aku juga mengakui, selain mitos di atas tadi, ada banyak mitos-mitos lain yang berkembang di luar sana tentang madu asli dan palsu. Pembahasan yang tidak akan ada habisnya dan sudah menjadi perdebatan sejak lama. Capcay deh!

Yang pasti, kalau hanya dengan memperhatikan tekstur madu, kita tidak akan mampu membedakan madu asli dan palsu!

Buat kamu yang sering konsumsi madu, pasti tahu dong ya, bahwa madu itu punya macam-macam warna seperti, putih bening, putih susu, coklat muda, coklat tua, bahkan agak kehitaman.

Pertanyaannya, apakah semuanya itu madu asli?

Masa iya sih madu asli punya banyak warna?

Warna Madu

Ternyata eh ternyata warna dan rasa madu dipengaruhi oleh berbagai faktor, pemirsah!

1. Sumber nektar tanaman

Yup, sumber nektar yang dihisap lebah!

Lebah yang menghisap nektar pohon randu akan menghasilkan madu berwarna coklat muda, sedangkan nektar dari pohon mangga dan mahoni berwarna gelap, sementara nektar dari bunga-bungaan seperti melati akan menghasilkan madu berwarna putih.

Wah, sungguh ini wawasan baru untukku!

2. Kandungan Mineral 

Jadi, karena kandungan mineral dari setiap daerah itu berbeda, maka unsur hara yang diserap tanaman juga ikut berbeda.

Hal ini ikut menyebabkan nektar yang diproduksi juga berbeda baik warna dan rasanya!

Umumnya madu yang mengandung mineral yang tinggi memiliki warna lebih gelap. Nah, madu jenis ini cocok untuk ibu hamil dan penderita anemia. C-A-T-A-T

3. Iklim dan Cuaca

Iklim dan cuaca yang berbeda akan menghasilkan warna, rasa dan kekentalan madu yang berbeda-beda juga!

Nah setelah ini, kalau menemukan madu yang berbeda warna, rasa serta aroma  padahal dari merek madu yang sama, please hempaskan curiganya ya!

... karena eh karena semua itu sangat dipengaruhi oleh vegetasi tanaman dan kondisi geografis habitat lebah.

Jadi, gimana dong Hayati, cara yang tepat mengetahui madu asli dan palsu?

Dibutuhkan uji laboratorium terhadap enzim-enzim yang ada pada madu tersebut!

Jadi, from now on, jangan buru-buru menghakimi madu ya!

Mosok setiap mau beli madu kudu pergi ke laboratorium nih, mba Hayati?

Tenaaaaang....

Ada kiat-kiat kog untuk melihat kandungan madu, yaitu dengan melihat komposisi produk yang tertera di kemasan.

Yang pasti nih, hindari mengkonsumsi madu yang mencantumkan zat pewarna, perasa dan pengawet ya!

Gunakanlah madu yang sudah memiliki nomor BPOM dan logo halal MUI, agar bebas dari zat-zat berbahaya dan aman dikonsumsi!

Madu TJ Super Extra diklaim terbuat dari 100% madu pilihan yang punya standar kualitas SNI. Sudah memiliki nomor BPOM dan logo halal MUI!

Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu Caranya

Madu TJ Super Extra mengandung Royal Jelly dan Bee Pollen yang dipercaya mengandung banyak manfaat.

"Royal Jelly adalah zat yang disekresikan lebah pekerja untuk digunakan sebagai makanan ratu lebah dan larva lebah madu" (wikipedia).

Diklaim mampu meningkatkan sistem imun dalam tubuh, membantu proses peyembuhan luka, menjaga stamina dan membantu mengontrol tekanan darah.

Sedangkan Bee Pollen, diklaim bermanfaat untuk mengatasi gangguan perut, asma, alergi, menambah tenaga saat beraktivitas serta menjaga stamina. Kalau sudah stamina fit, pasti siap travelling nih.

So, sekali lagi, membedakan madu asli dan palsu memang sulit, harus dengan uji laboratorium!

Namun, dengan memeriksa label komposisi produk, nomor BPOM dan logo halal MUI, memudahkan untuk memilih madu yang terbaik untuk kesehatan.

Jadi, gimana nih, kamu tim madu warna terang atau gelap?

Aku sih, minum kedua-duanya!

30 comments:

  1. setuju banget kalau keaslian madu itu ya diuji dilabolatorium eh laboratorium.
    klo beli mungkin dengan produk terpercaya.

    atau langsung beli di peternak lebah n_n

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga, baru tahu, nih Mas.
      Dan banyak lagi fakta-fakta madu yang baru aku ketahui

      Delete
  2. Kak Anna, thanks looottt edukasinya
    karena selama ini aku juga ga bisa membedakan madu asli vs kagak
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. Emang susah banget kok mbak dibedain. katanya yg bisa bedain dg valid ya laboratorium. Banyak yg bilang, kalo madu asli pasti semut gak doyan, itu juga cuma mitos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku termasuk dulu yang termakan mitos itu, muahahaha.

      Delete
  4. Ealah jadi selama ini yang saya yakini adalah mitos belaka.

    ReplyDelete
  5. Syukak deh dengan tulisan Mbak Hayati eh Mbak Anna ini.
    Ternyata yang beredar di sekitar kita tentang madu asli itu justru palsu ya :D

    Tapi Madu TJ ini sudah terpercaya ya .. mending konsumsi yang terpercaya saja daripada yang gak jelas dan ngaku2 asli padahal aspal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga baru tahu fakta ini mba.
      Ini dia salah satu manfaat jadi blogger ya, teredukasi saat menuliskan artikel.

      Delete
  6. Eh ini beneran baru tau dan mau praktik. :D
    Saya punya dua madu di rumah, yang satu dimasukkan ke kulkas kok ada kayak mengendap di bawah, satunya lagi nggak. Pun dengan rasanya, yang satu agak kecut, satunya manis kek gulali. Dua-dua klaim madu asli hehehe wis lah, bismillah minumnya.

    Madu TJ ini suka saya beli mak kalau stok madu habis. Anak-anak sukak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba deh browsing mba dengan kata kunci "mitos dan fakta tentang madu", pasti deh banyak pencerahan yang didapatkan :)

      Delete
  7. Aku suka nih madu TJ, tapi buat dimakan ama roti gitu. buat sarapan enak banget, praktis dan bikin bertenaga.

    ReplyDelete
  8. Iay nih mau penting bngt buat keluarga akupun tiap pagi sblm berangkat anak2 ku kasih madu mba bnyk manfaatnya terlbih sdh Ada madu TJ gampang d dpt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pernah baca juga, sebaiknya madu dikonsumsi saat perut kosong, biar lebih optimal penyerapan gizinya.

      ... dan setelah itu minum dengan air hangat

      Insya Allah, Insya Allah dapat kebaikannya.

      Delete
  9. Iya, bener madu yang asli akan membentuk sarang jika ditarus di piring tambah air sedikit. Amazing ya..

    ReplyDelete
  10. Nah aku nih yang ga bisa bedain mana madu asli atau palsu. Sedihkan kalau madu ditambah ini itu juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba yang versi di atas mba.
      Taruh sesendok madu, tambahi air layak minum dan diaduk-aduk, lalu lihat hasilnya, apakah terbentuk image seperti sarang lebah di dasarnya?

      Delete
  11. Oh ternyata mengecek keaslian madu dengan cara dibakar itu hanyalah mitos ya mbak, aku baru tahun loh.

    Selanjutnya, kalau aku mau ngetes keaslian madu cukup menggunakan air saja. Oh iya ngomongin madu, kami sekeluarga juga suka banget konsumsi madu TJ

    ReplyDelete
  12. Aku masih penasaran mbak, gak ada foto atau videonya ya buat membedakan madu aslinya. DUlu aku taunya pakai korek api ternyata mitos ya

    ReplyDelete
  13. Aku pikir madu kalau nggak dirubung semut berarti asli, ternyata itu mitos hiks. Sudah tau cara tesnya sekarang. Noted banget nih madu warna gelap baik banget buat ibu hamil.

    ReplyDelete
  14. iya mba, sekarang banyak madu yang gak murni gitu, ditambahin gula atau apa kali ya. jadi mesti tau cara membedakan madu asli dan palsu

    ReplyDelete
  15. Jarang minum madu,tapi aku belum pernah nyobain itu cara utk membedakan madu asli sama yg palsu mbak 😅

    Madu TJ enak mbak. 😍😅😍

    ReplyDelete
  16. Kalo aku membedakan madu asli dan palsu cuma tau madu asli itu katanya gak disemutin, gitu aja :)

    ReplyDelete
  17. Nah aku hampir kelupaan Mbak. Ada madu TJ di meja makan tapi tadi pagi lupa minum padahal sedang dalam pemulihan.

    ReplyDelete
  18. Lhooo ternyata mitos aja to mba itu tadi yg ciri-ciri madu misal saat dibakar atau ada busanya itu? Duuuhh... susah juga ya.
    Yawda lah mending pilih Madu TJ aja yang udah terbukti 100% asli dan memiliki segudang manfaat.

    ReplyDelete
  19. baru tau suer cara membedakan antara madu asli dengan yang palsu. tapi dariipada memastikan terus produk madu yang dibeli lebih baik beli produk yang sudah terpercaya keasliannya saja kaya madu TJ

    ReplyDelete
  20. Sy d.rmh pun sedia maju TJ mba buat anak2 madu lain kurang percaya krn kebanyakan pake campuran

    ReplyDelete

Holaaa...!
Terimakasih ya sudah berkunjung ke sini.
Mohon maaf komentar kudu dimoderasi sebelum dipublikasi.