Berani Lebih Eksplorasikan Diri

Berani Lebih Eksplorasikan Diri
Berani Lebih Eksplorasikan Diri
Dulu dan sehingga kini aku sungguh terinspirasi lihat berbagai pose teman di berbagai sosial media. Mereka sangat penuh percaya diri.

Promosi bak talen mewakili  produk. Plus kepiawaian mereka berbagi pengalaman baik resep, perjalanan bahkan hadiah hasil kompetisi.

Satu saat mereka tampil dengan kostum ibu-ibu namun di lain waktu dengan kostum abegeh unyu-unyu, atau hadir lengkap dengan pernak-pernik masak, di kesempatan lain liburan santai dengan pose pantai yang aduhai.

Masih tetap kece dan sopan, tentu saja!


Aku pikir mungkin mereka itu ikut pelatihan atau kursus modelling, tapi ternyata tidak. Rata-rata semua teman-teman yang notabene ibu rumah tangga, semuanya otodidak, belajar sendiri dengan modal #BeraniLebih eksplorasikan diri!

Lalu aku pikir, kenapa tidak #BeraniLebih eksplorasikan diri. Tentu saja maksudku bukan eksplor bodi!
Ternyata hal baru bukanlah sesuatu yang perlu ditakutkan! Namun harus ditaklukkan! Dengan mencoba berbagai hal baru kita semakin tahu kemampuan, bakat, minat dan potensi.
Semakin sering dan berani kita mengeksplorasikan diri tanpa disadari semakin giat kita menggali potensi yang kita miliki. Hal ini otomatis akan menambah tingkat kepercayaan dan wawasan diri.

Lagi-lagi tanpa disadari seiring waktu aku menjadi lebih kreatif.

Berani Lebih  Bisa Membantu Menemukan Ide dan Solusi

Memandang sesuatu selalu dari segi positif dan yang pasti tanpa bermaksud arogan kadang kala diakui sebagai sosok inspiratif. #Halah.

Maka, mulailah aku menumbuhkan kepercayaan diri dengan banyak bertanya sana dan sini.

Membaca literatur ringan tentang fotografi, artikel parenting, resep makanan, sampai-sampai cara menulispun semua aku pelajari. Biasanya semua yang berkaitan dengan kontes/kompetisi yang akan kuikuti.

Pelan-pelan kudapatkan kepercayaan diri dan semakin ekspresif seperti ini. Hihihi...

Berani Lebih dan Temukan Kepercayaan Diri

Secara tidak langsung aku juga menularkannya kepada anak dan suami. Meski sulit meyakinkan mereka bahwa mengikuti berbagai kompetisi dan kontes online itu adalah sesuatu yang mengasyikkan sekaligus menjanjikan.

Uniknya, saat hadiah sampai di rumah, mereka berebut ingin pertama kali merobek pembungkusnya.

Merasakan dan menikmati momen kemenangan!

Jujur, awalnya aku susah mendapatkan hasil foto dan tulisan yang maksimal, bahkan sampai kini, aku masih terus belajar dan belajar. Kadang kala aku harus membaca syarat dan ketentuan berulangkali untuk mendapatkan pesan dan kesan yang ingin di sampaikan.

Namun, tak sedikit juga hasil foto dan tulisanku mendapat simpati juri dan memenangkan kompetisi.

Misalnya di sini dan di sana

Hal ini lagi-lagi semakin mendongkrak kepercayaan diri
Kebiasaan #BeraniLebih eksplorasikan diri ini  juga menambah kemampuanku untuk menemukan ide dan solusi. Aku jadi gemar mencoba, dan pengalaman baru adalah konsekuensinya.

Dengan berbagai pengalaman, otomatis, wawasan aku dapatkan, memberi sudut pandang baru dan menolongku memandang suatu permasalahan. 



49 comments:

  1. iya mbak...semuanya otodidak dan pastinya dengan kemauan kita serta berani lebih kita akan bisa seperti mereka juga :)

    ReplyDelete
  2. kalo masih sering ngerasa minder mesti gimana mba? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cari tahu dulu penyebabnya apa?
      Penampilan, wawasan dan lain-lain
      Baru deh terapkan tips yang sesuai :)

      Delete
  3. Mengeksplorasi diri ternyata sangat penting ya mbak :D

    ReplyDelete
  4. Sangat!
    Buat mendongkrak kepercayaan diri.
    Bak kata pepatah lancar jalan karena ditempuh, lancar kaji karena diulang.
    Yay!

    ReplyDelete
  5. Bener juga kaak ros
    Berekspresi terkadang bisa bikin mood jadi cerah ceria hihihi

    ReplyDelete
  6. waah aku harus banyak belajar dari kak Ros (",)9

    ReplyDelete
  7. Bener banget mbak. Dimana ada kemauan pasti ada jalan ya mbak :D

    ReplyDelete
  8. Aku dulu paling gak bisa banget berani lebih. :D Sekarang mulai berubah. Harus berani!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget.
      Kalau tidak sekarang, kapan lagi!

      Delete
  9. HORAS kak hihiihi. Aku juga suka bingung mau berpose, udahannya selalu dengan kaki yg sama. Kayaknya hrs mengenal bagian tubuh dengan baik dulu baru bisa explore gaya ini itu bak seorang model hahahhahahaha

    ReplyDelete
  10. Yok-i,, gak pa-pa trial by error.
    Bahkan model kondang saja bisa gagal eksekusi pose sesuai ekspetasi pengarah gaya. So, we are not alone.
    Keep trying and trying...

    ReplyDelete
  11. Replies
    1. Aku juga sering lho terinspirasi dari tulisan mbak.
      Yuk, saling menginspirasi.

      Delete
  12. wah bunda suka ikut kompetisi photo dan nulis ya ? wah di grup kuis hunter byk loh bunda membagiikan informasi kuis photo (IG, Fesbuk, Twitter) hadiahnya aneka macam. jgn" bunda salah satu kuis hunter jg yaa? :D wih kerenn

    ReplyDelete
  13. Waw luar biasa barusan saya lihat postingannya mbak ros hebat banget boleh dong minta tips untuk menjadi penulis yang sukses kaya mbak ros ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Akang, aku mah belum sukses #eh cuma modal berani lebih, nulisnya juga masih belajar kog :))
      Kadang juga masih zonk kalau ikut lomba, banyak malah. Hahaha...

      Delete
  14. (Betul) Yang penting tidak explorasi bodi mbak...he...he..he...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau itu, tak bisa ditawar lagi, kakaaa... ;)

      Delete
  15. Kadang memang dengan berani lebih kita bisa dapet lebih. Lebih banyak ilmu, pengalaman dan cerita hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlahan dan pasti mampu mendongkrak kepercayaan diri.
      Semangat!

      Delete
  16. kalau aku kayanya sudha terlalu sangat berani *ngelirik kumpulan foto narsis

    ReplyDelete
  17. Memang harus selalu dipacu yaaaa mbaaa... Semangaaat

    ReplyDelete
  18. Berebut merobek pembungkus hadiah itu keinget saya dan adek waktu kecil, samaaaa kebiasaannya hihihi.

    Salam kenal Mba ^^

    ReplyDelete
  19. aku juga suka belajar hal-hal baru mbak, rasanya tiap hari bersemangat kalau ada yang ingin dicapai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, mbak. Setiap hari bergairah kalau menjalani kehidupan dan karir yang kita suka.

      Delete
  20. memang kita harus out of box, keluar dari zona nyaman kita agar kita bisa berkembang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju.
      ... karena rutinitas mampu membunuh kreativitas ya, mbak.

      Delete
  21. Suka banget quotenya, beran lebih ekspresikan diri, bukan body

    ReplyDelete
  22. mba, kamu itu keren loh,,, bisa pede begitu duh luar biasa, aku belum bisa sepede mba anna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seuanya tidak terjadi dalam semalam.
      Pelan-pelan, saja. Kayak lirik lagu itu.

      Delete
  23. Percy diri itu penting, apalagi di isi cantik, biar tampah kece fotonya dan disebar ke sosmed ,hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah kenapa eksplor diri itu penting ya, mbak.
      Membantu mendongkrak kepercayaan diri.

      Delete
  24. Kece banget sih mamak yang satu ini. Itulah manfaat positif thinking ya mba. Gosokan patah dan rusak macam tadi pun ttp harus postif aja. Insya allah akan digantikan yg lebih baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gosokan rusak itu sekarang jadi properti foto, mbak.
      Memang sudah lama purnawirawan dia. Hahaha.

      Delete
  25. Keren Mbak..thanks untuk pencerahannya..Kalau soal nulis, terus belajar sih..Tapi, soal gaya foto, makin jadi Emak kok ya makin nggak enak hasilnya..ternyata karena nggak pede yaak:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya memang begitu. Tapi kudu coba terus dan terus...

      Delete