Berbagi dan Menginspirasi


Go For It Blog Competition


Berbagi dan Menginspirasi. Hal pertama  terakhir  yang aku harapkan dari mengikuti Blog Competition, Go For It with Blog Emak Gaoel, adalah menjadi pemenang, but still, at least curhatku di baca seleb blog se Indonesia dan dayang-dayangnya. That's heaven to me!

But, like the quote said "If you never try you will never know!"

Awal ngeblog cuma iseng, pinjam istilah Emak Gaoel "ajang ngoceh". Pengen coba-coba gitu, karena pernah klepek klepek membaca sebuah postingan yang lewat di beranda media sosial. Kebetulan judul tulisan itu sedang hot-hotnya jadi trending topic. Busyet, postingan si bunda memiliki ratusan komen pro kontra. Keren cint....! #menghayalmodeon

Nah, sejak saat itu sampai sekarang aku berlangganan deh mampir di blog beliau. Sungguh aku terkesima binti terpesona dengan cara si bunda membeberkan dan menggiring pembaca terperosok sembari terseok-seok jatuh ke jurang kenikmatan. How cool is that!

Saat ini blogku masih didominasi cerita tentang perjalanan seperti di sini, dan di sini.

Aku sungguh terpana dengan diksiku sendiri. Benarkah aku bisa menulis seindah ini? (menurutku lho ya xixixi...)

Tapi, itu semua tidak mudah. Terutama jika menyangkut tulisan untuk kontes lomba. Aku harus berkali-kali membaca, edit, baca dan edit lagi baru punya keberanian memencet tombol  "publish".

Salah satu tips untuk menulis baik dan bagus, mau tak mau, suka tidak suka, harus banyak....iya kakaaaaa... membaca.

Selanjutnya harus punya kemauan, meski tulisan masih jelek, gak ada chemistry sama pembaca, gak runut... bla...bla...bla... Izinkanlah dirimu menulis jelek.  It's ok, it's fine. Go For It!

Akhirnya suatu hari di bulan Juli 2013, tulisan pertamaku tayang. Sangat sederhana sekali. 

Benar banget! Ternyata oh ternyata semakin sering aku menulis semakin terasah ketrampilanku. Terbukti aku mampu menarik perhatian juri dan menjadi pemenang di sini, dan baru-baru ini di sini meski terbatas untuk menulis testimoni dan caption yang karakternya dibatasi.

Blogging memiliki manfaat dunia akhirat. Berbagi dan menginspirasi! 

Inilah impian dan kebahagianku dari blogging. Terutama berbagi tentang travelling, karena tidak semua orang berkesempatan untuk melakukan perjalanan.

Aku juga tak mau munafik. Memperoleh rezeki dari blogging, adalah target yang kini kubidik! Ikutan berbagai lomba, product review, blogwalking, bukan hanya bisa upload blog tapi,, traffikpun ikut naik.

Pengetahuan dan kepercayaan diri tentang blogging juga ikut terdongkrak, cing! Kini aku semakin rajin mencari tahu istilah demi istilah. Alexa Page Rank, dofollow, nofollow, dan sebagainya, kini mulai akrab ditelinga.

Aku sadar, aku belum apa-apa dan masih harus banyak belajar, kakaaa...

Umumnya aku ngeblog pakai notebook. Nyaman buat mata dan bisa sambil olahraga. Hihihi. Iya, olahraga. Jika mata sudah agak perih dan ide mati, saatnya olah raga. Bisa di kursi. Peregangan, bow, putar kanan dan kiri. Angkat bokong dan berdiri. Jalan ke sana ke mari. Ala-ala peragawati, gitu deh.

Jadi, aku hanya sesekali blogging pakai smartphone. Biasanya saat waktu atau tempatnya tak memungkinkan aku mengetik leluasa, misalnya kayak di pesawat #soksibuk #belagu lu!

Berikut aplikasi yang sering aku pakai saat blogging. Umumnya yang simpel dan gampang nempel!

Aplikasi Browsing

1. Chrome



Seringkali saat mencari bahan tentang tulisan, wawasanku semakin bertambah.Tak jarang juga jendelaku penuh, salah klik eee... jadi salah kaprah!
Malah kadang-kadang jadi lupa tujuan utama. End up, listening best love song, misalnya. Hahaha...  *janganditiru ya kakaaa...


2. You Tube
Kurang puas dan paham dengan tulisan tutorial, biasanya aku suka nonton video tutorial blogging di Youtube. Jadi, habis ngikuti satu langkah, di pause videonya, langsung eksekusi, klik play lagi, untuk next step, pause lagi, eksekusi lagi, begitu seterusnya. Maklum, diesel, kakaaa.. lambat panasnya. Hahaha... #deritalu!


Aplikasi Menulis 

1. Blogger


Buat draft tulisan, maklumlah pemula, satu tulisan bisa berjam-jam, even worse, berhari-hari. Ketik, preview, baca, edit, ketik, baca, preview. Begitu terus menerus akhirnya saat PD kudapat, mantap deh klik "publish" penuh semangat!

Ffiuuuh... #lapkeringat #keringatdingin


2. Notepad


Buat draft tulisan, biasanya saat laptop tidak dalam jangkauan. Mostly I did this inside airplane. Terjemahan bebasnya jarang banget, soalnya jarang naik pesawat. Gubraaak!! Hihihi.


3.Word Count dari Word



Buat ngecek jumlah kata, karena beberapa lomba kadang mensyaratkan jumlah kata yang digunakan.


Aplikasi Foto

1. Picasa Photo Viewer


untuk justifikasi Auto Contrast, Cropping dll. Googling sendiri yaa... Hihihi..
Karena smartphoneku belum canggih-canggih amat, untuk fotografi aku percayakan dengan kamera digital. Diedit manual. Ribet sih. Hehehe.


Aplikasi share

Untuk tepe-tepe alias tebar pesona, aku pakai aplikasi friendly seperti Facebook, Twitter, Google+ dan Instagram, and it works!