5 Tekad Untuk Mengeksplorasi Kekuatan Diri

5 Tekad Untuk Mengeksplorasi Kekuatan Diri
5 Tekad Untuk Mengeksplorasi Diri

"Semakin bulat tekad kita, semakin besar yang kita dapatkan!"
~Vickie L. Milazzo

Fuh! Sepenggal kalimat motivasi ini begitu ampuh! Lumer deh segala keangkuhanku. Tak berbekas! Tak ada lagi istilah menunda. Harus kerjakan sekarang, saat ini juga. Karena, sekali lagi, ide makhluk gaib, datang tak diundang, pulang tak diantar.

Membaca buku "Inside Every Woman" karangan Vickie L. Milazzo di suatu pagi, meninggalkan kesan begitu dalam. Saking dalamnya, tak sebuah alat ukurpun mampu menaksirnya. #begh!

Pernahkah membayangkan seperti apa hidup jika disetiap detiknya dihiasi, dipenuhi dan diberkahi dengan kegembiraan?

Bayangkanlah!

Kesehatan, kehidupan pribadi, karier, jiwa dan keuangan, semuanya sempurna!

Setiap hari dilalui dengan energi dan semangat, tidak perduli apapun yang nanti akan dihadapi.

Adakah yang lebih sempurna dari itu?

Kabar gembiranya, semua itu bisa kita wujudkan!

Aku mengutip dari buku di atas, dan sepertinya 5 tekad ini, Insya Allah bisa kita lakukan, terutama bagi wanita seperti aku, kamu,, iya... kamu!

Karena siapa tahu dengan berbagi kita bisa menginspirasi.

Monggo atuh disimak. Bisa juga dibuat catatan kecil dan tempel di tempat yang mudah dilihat, agar tidak lupa. #mimikserius

Tekad Pertama : Aku hanya akan menjalani hidup dan pekerjaan yang aku sukai

Saat kita melakukan sesuatu yang kita sukai pasti akan ada gairah. Kitapun menjadi bersemangat. Gairah adalah energi! Gairah mampu menutupi semua kekurangan fisik, emosi dan intelektual. Luar biasa! Saat bangun pagi, rasakanlah semangat dan gairah yang menjalar ke seluruh tubuh.

Pernah merasakannya? Begitu menggebu-gebu. Nah, jika hidup dan karier yang kita jalani dengan segenap hati dan jiwa, maka pasti kita akan merasakan kegembiraan yang luar biasa. Buktikan!

Tekad Kedua : Aku lakukan segera atau mundur saat itu juga

Bukan sesuatu yang salah untuk mengakui bahwa kita tidak cocok dengan sesuatu dan memilih mundur. Tapi jika ingin merubah karier dan hidup, harus melakukannya dengan segera atau mundur saat itu juga. Jangan biarkan mimpi menggantung hanya karena tidak punya waktu, keberanian atau semangat untuk meraihnya. Lakukan atau lupakan!

Jangan menunggu saat yang tepat. Karena itu tidak ada dan tidak akan pernah datang. Temukan mimpi, raih dan pertahankan dengan sekuat tenaga.

Tekad Ketiga: Aku akan maju selangkah setiap hari menuju masa depan yang aku inginkan

Memiliki mimpi dan ambisi adalah hal bagus, tapi tanpa tindakan, hal itu tidak lebih hanya menjadi halusinasi. Akan cepat menguap dan buyar, seperti awan.

Seperti kata pepatah, jika ingin menggapai sesuatu yang besar, kita harus melakukannya secara bertahap. Satu tindakan setiap hari. Memang adakalanya kita diliputi semangat yang sangat besar, namun di lain hari kita bahkan harus memaksakan diri untuk terus maju. Semua perlu proses. Yang terpenting kita telah melakukan sesuatu.

Ayo buat terobosan besar dalam karir dan kehidupan. Siapapun bisa melakukan. Berani mengambil tindakan yang dibutuhkan untuk mewujudkan impian. Ide memang penting, tetapi bertindak, jauh lebih penting!

Tekad Keempat : Aku akan terus belajar seumur hidup

Tahukah kamu?

Atlit dan seniman besar berlatih setiap hari. Bahkan setelah mereka sukses, terus berlatih dan belajar, seumur hidup.

Ketekunan melahirkan kesuksesan!

Terus belajar seumur hidup berarti berlatih menjadi sukses. Yang terlihat susah hari ini menjadi mudah di esok hari - dengan latihan.

Pelajari dan bahas berbagai strategi. Bisa sukses dalam karir dan hidup tanpa belajar adalah mitos belaka. Sekalipun sejak lahir telah dianugerahi naluri bisnis.

Belajar setiap hari bisa didapatkan dari siapa dan kapan saja. Selalu ada saja pelajaran yang bisa dipetik.

Ada 2 cara belajar

1. Cara rumit-melalui percobaan dan kegagalan, memuat banyak kesalahan. Semua orang pasti pernah mengalami. Ini cara belajar lambat dan... mahal

2. Cara mudah- melalui pengalaman orang lain yang berhasil mengatasi masalah dan menemukan solusi. Carilah mentor. Bisa siapa saja. Anggota keluarga, teman kolega bahkan buku, CD dan internet.

Tekad Kelima : Aku percaya sebagai wanita, aku bisa lakukan apa saja

Tumbuh dalam lingkungan yang memiliki doktrin bahwa "aku wanita dan aku bisa melakukan apa saja" banyak memberi keuntungan. Mendapat kepercayaan diri lebih tinggi.

Jadi, luangkan waktu berkumpul dengan wanita-wanita perkasa ini, dan lihatlah kita akan mampu melakukan hal-hal yang tidak mungkin.  Menghabiskan waktu berkumpul dengan para wanita yang memiliki kreativitas, kekuatan dan kesuksesan, maka kita akan tertular dengan energi dan ide-ide mereka. Fantastik!

Cerita, pengalaman, impian, visi, ketakutan bahkan tekad para wanita membentuk suatu ikatan kuat, yang melahirkan perasaan bahwa kita tidak sendiri, dan bisa saling menginspirasi.

Bahkan menurut penilitian, ikatan antara para wanita dapat membantu menghilangkan stress, bermanfaat bagi kesehatan, dan memperpanjang umur. #makjleb!

Ingatlah, tekad yang kita buat!

Ayo temukan 5 tekad agar mampu eksplorasi kekuatan diri secara optimal milikmu, sekarang juga!







61 comments:

  1. langsung termotivasi, setuju banget dengan tekad yang pertama, kalau melakukan yang disukai pasti akan merasa senang terus, jadi bakal dikerjain dengan ikhlas dan senang hati :)

    ReplyDelete
  2. yay!... absolutely.. dear.. ready to roll.....

    ReplyDelete
  3. wahhhh, Mba aku terpesona nih, kayaknya harus banyak ekplorasi diri hehehe

    ReplyDelete
  4. keep the spirit, bro!!
    Yuk.. selalu selangkah lebih maju ~_*
    Semoga....

    ReplyDelete
  5. Haiiii Miss Rosanna hehe, kalo teacher bahasa inggris biasanya dipanggil miss, makasih sudah berkunjung ke blog saya, ini berkunjung balik hehe

    ReplyDelete
  6. Yay.. i am so flattering being call "Miss"
    Thank you for stopping by,, Miss Evrina ~_*

    ReplyDelete
  7. Terima kasih.. dear Wieta.. semoga terinspirasi

    ReplyDelete
  8. waaw... kuat sekali yaa motivasinya...
    Hmm siapa dung yang tidak merindukan hidup yang setaip detiknya diberkahi dg kegembiraan..
    mauuuu mauuu banget,
    harus mengkuatkan dan membulatkan tekad dulu nih

    ReplyDelete
  9. Seandainya semua wanita memiliki tekad seperti yg ditulis mb Ros, pasti bakalan maju deh hehhee
    Semoga aku juga bisa mengeksplorasi diri dg baik

    ReplyDelete
  10. Kita pasti bisa!! dear Mei
    Terima kasih, sudi mampir di sini ya. Mmmuuuaacchhh

    ReplyDelete
  11. wah keren postingannya, ijin share di FB yahh :)

    ReplyDelete
  12. *aduh... malu sayah! *tersanjung, ntar pegangan dulu yaa xixixixix
    monggo, ki sanak ~_*

    ReplyDelete
  13. Terus belajar sampai kumenutup mata yaaa kak

    ReplyDelete
  14. Insya Allah... MazToro...
    Terima kasih, sudi mampir di sini yaa .. ~_*

    ReplyDelete
  15. yay!! always keep the spirit on and ON!! ~_*

    ReplyDelete
  16. Intinya.. DO IT... Prove it that we all can achieve what we are aiming for..

    ReplyDelete
  17. Hai Rossana, saya rasa tulisannya memang bagus, tapi tulisan (fontnya) terlalu kecil bila di baca via llepi.. dan jujur saja saya agak susah membacanya dan kudu maksa keras agar bisa membaca dengan jelas.

    intinya tekad, semangat, dan kemauan diri untuk sukses. kalo kita mau hanya dilisan ya oke oke saja tapi kalo benar benar diamalkan ngga sejalan kayaknya mbak.. itu.

    ReplyDelete
  18. terima kasih bro,,
    ini himbauan,, boleh di terima boleh di "skip!"
    terima kasih sudi berkunjung ke sini.
    mohon maaf jika tak berkenan dengan ukuran font.
    Menurut yang bikin ini di rancang untuk SEO friendly. Begitulah
    Tapi, terima kasih atas masukannya ya,,

    ReplyDelete
  19. harusnya tak ada batasan untuk belajar antara perempuan dan laki-laki. jadi sebagai perempuan, harusnya kita juga tak perlu terbebani dengan ketakutan tidak sanggup melakukan suatu hal.
    apapun bisa kita raih, asal fokus :)

    ReplyDelete
  20. setuju dear,,
    kalau fokus, niscaya optimal ya!
    terima kasih sudi mampir di sini ya

    ReplyDelete
  21. Waaah inspiring niih.Lima tekad...Langsung mak jleb..jleb..termotivasi.Tapi paling suka tekad pertama.Aku akan menjalankan pekerjaan yang aku sukai.

    ReplyDelete
  22. Aku juga bun. Yang pertama itu,, nancep banget yak!
    Sukaaaa....

    ReplyDelete
  23. memang harus punya tekad, ya. Supaya termotivasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berawal dari tekad, dan dapatkan mukjizat!

      Delete
  24. Tekad itu pemicu, selanjutnya... eksekusi! :)

    ReplyDelete
  25. Luar biasa sekali bloh postnya Mbak Rosanna Teguh *Eh
    Iya mbakk intinya sih tekad yahh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya DO what you LOVE and LOVE what YOU do!
      Yuhuu....!

      Delete
  26. Wwaaaaa, saya juga ada bukunya Mba. Dan sudah baca serta dioret-oret juga. KAn di situ bisa diisi apa saja yang mau kita lakukan untuk keahlian kita. Saya tulis, catet dan bener juga yaa..meski yang ngefek sampe sekarang itu perihal nulis sama moto :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, langsung eksekusi langkah demi langkah.
      Good job!

      Delete
  27. Motivasinya bikin daku yang lagi galau jadi semangat nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah maksud tulisan ini :).
      Glad to hear it.

      Delete
  28. Kakakku inilah...semangatnya buat aku tambah semangat :) Makasih ya kakak sayang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangankan dirimu,sayang, aku sendiri suka baca ini jika perlu suntikan energi. Yay!

      Delete
  29. saya coba, ah. Rasanya jadi termotivasi :)

    ReplyDelete
  30. Patut dicoba ni...Bagus bgt bikin semangat lagi.

    ReplyDelete
  31. "aku wanita dan aku bisa melakukan apa saja"
    Samaaa.. karena tidak punya kakak cowok, jadi terbiasa ngelakuin segala macem sendiri asal tubuh masih kuat... cuma skr udah jadi emak2 mesti lebih slow... menyesuaikan sama keadaan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting tetap punya semangat dan energi, yes!
      Kalau soal selow, itu manusiawi.

      Delete
  32. jadi termovitasi kembali setelah baca tulisan mbak Rosanna :) aku tipe gak pedean mbak...

    ReplyDelete
  33. Sama dong, aku juga begitu. Pelan-pelan akhirnya aku temukan kekuatanku. Kamu, pasti bisa!

    ReplyDelete
  34. menginspirasi banget
    makasih ya mba
    harus lebih semangat saya nih

    ReplyDelete
  35. Mbak tekadnya keren banget. Oia makasih ya mbak tempo hari sudah dikasih tau tentang broken link. membantu sekali ;)

    ReplyDelete
  36. memotivasi sekali mba, dari dulu saya jg berprinsip i do everything what i wanna do hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang banget kalau hanya menjalani dan mencintai kehidupan yang kita suka, setiap hari bangun dengan semangat ya.

      Delete
  37. lima tekad yang sangat kuat memotivasi
    semoga lima tekad bisa dilaksanakan
    cara rumit membuat kita kuat cara mudah membuat kita termotivasi

    ReplyDelete
  38. Sebagai perempuan kita bisa lakukan apa saja. Tapi bukan berarti bebas kita lakukan tanpa lihat kanan kiri ya mbak Rosanna.
    terima kasih tipsnya. Bermanfaat untuk motivasi diriku :)

    ReplyDelete
  39. Kalau dari diri sendiri udah yakin, melangkahnya memang jadi lebih mudah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti mendapat kekuatan tambahan ya, mbak.

      Delete