Warna-Warni Keseruan Road Trip Destinasi Lintas Sumatera

Yang doyan road trip, mana suaranya?

Road trip dikenal sebagai langgam bepergian yang mengutamakan perjalanan ketimbang destinasi. Dalam road trip, perjalanan adalah destinasi itu sendiri!

Jadi, monggo siapkan camilan, nyoook nikmati keseruan destinasi lintas Sumatera yang pernah aku eksekusi dan beberapa rekomendasi destinasi.

destinasi lintas sumatera pulau karang barus sumatera utara
Foto by @rosannasimanjuntak
Seperti yang pernah aku tuliskan di warna-warni perjalanan lintas Timur Sumatera saat kami mudik via Jakarta ke Medan naik mobil pribadi bahwa road trip lintas Sumatera itu ada 3 rute, lintas Timur, Tengah dan Barat.

Biasanya, lintas Timur dan Tengah jadi kesayangan, karena menawarkan lebih banyak destinasi pilihan, seperti wisata air terjun, danau besar dan pegunungan. Nah, buat kamu yang kebelet mau eksekusi foto di pantai anti lebay, lintas Barat adalah keniscayaan!

Well, kali ini aku akan berbagi beberapa destinasi lintas Sumatera yang pernah aku (actually dengan keluarga sih) singgahi dan rekomendasi destinasi.

Propinsi Lampung

Pesisir Kalianda Lampung

Yup, titik pertama pesisir Kalianda, karena eh karena lokasinya yang tak jauh dari pelabuhan Bakaheuni dan berada di lintas Barat. Ingat ya lintas Barat! Bahkan belum sampai Bandar Lampung pun, kawasan ini sudah bisa jadi destinasi pilihan.

Pantai cantik sepanjang Kalianda siap memporak-poranda hati seperti Tapak Kera Merak Belantung, Kedu, Marina, Batu Lapis, Sebalang dan lain-lain. Jadi, waspadalah, waspadalah! Hati-hati kepincut, nyangkut dan tertaut.

destinasi lintas sumatera pantai batu lapis Lampung
Foto by @indraarchi
Namanya juga road trip, tentu tidak dikejar-kejar waktu. Reguk semua keindahan, tenggelamlah di sana! Menginap semalam dua malam pun bisa jadi pilihan, karena sekali lagi, dalam road trip, destinasi adalah perjalanan itu sendiri!

Pantai Gigi Hiu, Tanggamus - Lampung

Aku dan beberapa sahabat blogger pernah ke sini usai eksplor beberapa destinasi lain seperti Air Terjun Putri Malu Way Kanan Lampung, Gedung Batin Destinasi Yang Menginspirasi dan beberapa tempat di Lampung yang masih tersembunyi dan patut dijelajahi.
destinasi lintas sumatera gigi hiu tanggamus lampung
Foto by @yopiefranz
Yang masih terus dikenang dan terbayang, momen pertama ketika menyesap eksotika Gigi Hiu, aku terbius suasana, kata pun seolah kehilangan makna, merasa seperti sedang tidak berada di Indonesia. Suer deh! Jadi, kamu, iya kamu, yang ngaku-ngaku petualang sejati, harus ke sini!

destinasi lintas sumatera pantai gigi hiu lampung
Foto by @yopiefranz

Pantai Krui, Pesisir Barat Lampung

Kamu, doyan selancar? Spot berikut ini, mampu bikin hati ambyaaar!

Dari literasi yang aku baca, ombak di sini tertinggi nomor tujuh di dunia, karena itu kerap ada ajang internasional surfer di destinasi ini.

Pas aku browsing cari foto untuk artikel, malah menemukan video pantai Krui dari pemilik akun YouTube Pantai Hitam, yang masya Allah, indah banget, speechless! Cekidot!


Wisata ke Pulau Pisang dan beberapa air terjun juga tersedia. Hmmm... nginap di sini is a must!

Sumatera Selatan

Biasanya kalau pas mudik, kami selalu mampir ke Jambi tempat keponakan hubby, dan karena lintas Timur jadi pilihan, setelah Lampung, rute via Sumatera Selatan adalah destinasi selanjutnya.

Danau Ranau, Sumatera Selatan

Kalau memilih lintas Barat, danau nomor dua terbesar di Sumatera setelah Danau Toba ini bisa jadi referensi destinasi. Terletak di perbatasan Lampung Barat dan Sumatera Selatan, tepatnya di daerah Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan.

destinasi lintas sumatera danau ranau
Foto by @pho.ne.tography
Udara sejuk membuat hati tertekuk dan betah menghabiskan waktu di sana. Dan nun di tengah danau ada pulau tak berpenghuni, Pulau Marisa yang juga bisa dikunjungi.

Curup Buluh Lahat

Masih belum puas ingin melihat air terjun? Curup Buluh Lahat bisa jadi bucket list destinasi lintas Sumatera selanjutnya.

Siapkan fisik prima ke destinasi ini ya, karena ada ratusan anak tangga yang siap menguji stamina!

Disebut Curup Buluh, karena ada banyak buluh, alias bambu di sekitar air terjun dengan tujuh undakan batu.

Jambi

Bukit Khayangan, Kerinci, Jambi

Salah satu spot untuk menikmati keindahan Kerinci adalah dari Bukit  Khayangan yang juga termasuk dalam objek wisata favorit wisatawan di Gunung Kerinci.

destinasi lintas sumatera bukit khayangan sungai penuh
Foto by @kerinci_sungaipenuh
Spot ini, dikelilingi panorama asri, eksotika rangkaian Bukit Barisan, yang bagai Negeri Di Atas Awan, demikian julukan yang disematkan ke Bukit Khayangan, yang mengelilingi sebagian wilayah Kerinci.

Kebun Teh Aro

Saatnya menjemput keindahan kebun teh Aro Kerinci yang oleh penduduk lokal di sebut "Puncak Rindu"

destinasi lintas sumatera kebun teh aro kerinci
Foto by @pekooikk

Bengkulu

Pantai Panjang Bengkulu.

Yang pernah lewat Bengkulu, pasti susah move on dari pesona pantai Panjang Bengkulu. Merupakan pesisir pantai terpanjang di Indonesia yakni sekitar 7 kilometer.

Saat pertama menyusurinya, dalam hati aku berkata, "Ini keren banget, semoga takkan berakhir!"

destinasi lintas sumatera pantai panjang bengkulu
Foto by garudacitizen.com
... dan memang tak berakhir hingga 7 kilometer berikutnya.

Sumatera Barat

Jalan Layang Kelok Sembilan, Payakumbuh

Destinasi ini sepertinya jadi menu wajib kalau pas road trip ke Sumatera. Eksotika yang dihadirkan sulit dilukiskan dengan kata-kata.

Foto by @rosannasimanjuntak

Mistika rimba sudah mulai terasa menjelang tiba di Kelok Sembilan. Berdoalah, semoga cuaca cerah berkenan agar momen yang terekam lebih cadas mencengkeram!

Danau Maninjau, Sumatera Barat

Destinasi ini biasanya akan dilewati kalau ingin ke Bukit Tinggi. Biasanya sih sepanjang destinasi  akan ada papan petunjuk lokasi. Tapi, di zaman digital ini, rasanya mustahil ya kehilangan orientasi. Yang pasti sebelumnya kudu unduh peta, siapa tahu di tengah jalan, jaringan bakal mati gaya.

Foto by @rosannasimanjuntak

Beberapa tahun lalu kami pernah singgah di sini dan juga di Kelok Ampek-Ampek.

Air Terjun Lembah Anai

Air terjun ini sangat unik. Terletak di tepi jalan raya Padang - Bukittinggi. Penampakan rel kereta api tua, semakin menggenapkan mistika destinasi unik ini.

destinasi lintas sumatera air terjun lembah anai
Foto by @rosannasimanjuntak

Lembah Harau Payakumbuh

Coba deh ketikkan kata kunci ini, "Lembah Harau Payakumbuh" aku jamin pasti kamu akan terpukau. Desisan syukur dan takjub langsung lolos dari mulut.

Buktikan sendiri di konten YouTuber @Al Glory Production ini


Lembah Harau merupakan cagar alam yang memeluk Kelok Sembilan, terdiri dari tebing-tebing granit setinggi 100-500 meter yang saling berhadapan.

Ngarai Sianok, Agam

Aku ingat tempat ini sejak masih belajar di Sekolah Dasar. Saat guru menerangkan keindahannya, mulutku sering ternganga dan berharap suatu hari bisa ke sana.

Alhamdullillah, meski harus menunggu berpuluh tahun, akhirnya bisa menikmati eksotika Ngarai Sianok dari kejauhan bersama keluarga dari Taman Panorama.

Lubang Jepang Bukittinggi

Lubang Jepang ini berada di Taman Panorama juga.

Meski sudah jadi destinasi wisata, lubang ini menyimpan cerita kelam masa lalu yang bikin merinding, dan itu hanya didapatkan lewat penuturan detil pramuwisata.

Lubang Jepang adalah bunker pertahanan yang digunakan Jepang di Bukittinggi sekitar tahun 1942. Tempat sekarang ini sudah mengalami renovasi beberapa kali. Aslinya tentu saja sangat sempit ya. Khas bunker lah.

Menurut pramuwisata, lubang ini dulu dibangun oleh romusha dari 3 daerah, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. Alasannya adalah karena mereka tidak tahu Bukittinggi, tidak bisa komunikasi dan karena masing-masing pakai bahasa daerah masing-masing. Jadi kalau ditelisik, mirip-mirip politik divide et impera Belanda.

Sumatera Utara

Akhirnya sampai deh di Sumatera Utara!

Untuk destinasi lintas Sumatera di propinsi ini memang banyak sekali. Jadi yang aku bagi di sini, adalah beberapa yang sudah pernah aku kunjungi dan destinasi rekomendasi.

Danau Toba

World, meet Danau Toba, danau terbesar se Asia-Tenggara! Kalau sudah ke Sumatera Utara, Danau Toba is a must dong ya!

Jadi, saking luasnya (panjang 100 kilometer, lebar 30 kilometer dan kedalaman 1.600 meter - sumber wikipedia) Danau Toba bisa dinikmati dari 7 kabupaten seperti yang aku tuliskan di Danau Toba 5 Lokasi Terbaik Menikmatinya. Dan jika mau browsing lagi, masih ada juga lho beberapa destinasi lain yang masing-masing menawarkan eksotika yang berbeda-beda.

destinasi lintas sumatera Danau Toba Sumut
Foto by @rosannasimanjuntak

destinasi lintas sumatera danau toba simalem
Foto by tamansimalem.com

Pematangsiantar

Kalau sudah di Sumatera Utara, biasanya aku akan ke kota kelahiran Pematangsiantar, menikmati kopi khas Koktung yang sangat hits, tapi harganya tidak bikin kepala sakit. Lalu mampir di toko Ganda, beli roti dengan selai srikaya dan meisis coklat yang juga sangat melegenda! Kalau beruntung, rotinya fresh from the oven lho.

destinasi lintas sumatera roti ganda siantar
Foto by @sunjayaharyanta

Selanjutnya ke kebun binatang, napak tilas rute saat sekolah dasar dulu.

Pulau Samosir

Kalau sudah ke Danau Toba, kudu ke Samosir juga. Pulau ini terletak di tengah Danau Toba! Ada beberapa tempat wisata di sini. Dimulai dengan desa wisata Tomok yang merupakan pintu masuk ke Pulau Samosir dari pelabuhan wisata Parapat.

destinasi lintas sumatera tuktuk
Foto by @rosannasimanjuntak
Desa Tomok adalah kawasan kampung Batak dengan rumah adat yang khas, museum Batak, pemakaman raja-raja kuno Batak dan jika beruntung menyaksikan tarian sigale-gale.

Destinasi rekomendasi berikutnya tarraaaa, tentu saja Bukit Holbung dan Pusuk Buhit. Untuk kedua spot ini, siapkan stamina prima ya. Kudu trekking, pemirsah, untuk mendapatkan view eksotika Danau Toba.


Setelah puas dengan perbukitan, ada yang tahu destinasi rekomendasi selanjutnya?

Yup. Air terjun. Yang paling hits, tentu saja Air Terjun Situmurun Binangalom. Air terjun yang langsung mendarat di Danau Toba! Hmmm... sangat menggoda ya.

Gundaling

Merupakan salah satu kelurahan di kecamatan Berastagi, kabupaten Karo. Sejak sekolah dasar, tempat ini beserta Parapat di kabupaten Simalungun menjadi destinasi wajib sebagai kota darmawisata anak kelas enam yang akan perpisahan. Alhamdullillah, karena ibuku guru di sekolah dasar dimana aku bersekolah, jadi hampir tiap tahun piknik ke tempat ini.

Daerah ini sangat sejuk dan pemandangannya sangat indah. Keindahan kota Berastagi semakin indah jika dilihat dari Bukit Gundaling dengan bonus latar belakang Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung.

Terakhir ke sini, Februari 2019 lalu masih terasa sisa-sisa erupsi Sinabung di Gundaling.

Air Terjun Sipiso-Piso

Bicara air terjun, Sumatera Utara memang biang keroknya! Yang satu ini terletak di desa Tongging, Kabupaten Karo. Tingginya mencapai 120m, mengucur deras membentuk garis vertikal sempurna!

destinasi lintas sumatera air terjun sipiso-piso sumatera utara
Foto by blog.airpaz.com

Pulau Karang Barus, Tapanuli Tengah

Tentang destinasi lintas Sumatera yang satu ini beserta kisah misterinya, ((( misteri))) cus ke tkp piknik seru ke pulau tanpa penghuni ya.

destinasi lintas sumatera pulau karang barus tapanuli tengah
Foto by @rosannasimanjuntak

Sebenarnya, ada banyak versi sih untuk destinasi lintas Sumatera ini. Tinggal browsing dan pilih yang mana favoritmu!

Last but not least semoga sharing travel si blogger Balikpapan saat menikmati destinasi lintas Sumatera ini bermanfaat ya.

54 comments:

  1. OMAYGAAADDD, Sumateraaaa indaahhh bangettt!
    Kak Anna kece iiih, udah mengkompilasi destinasi yg bikin daku kebat-kebit mupeng ga karuan.
    pengin segera cuss ke Sumatraaaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya travel dengan mba Nurul juga seru tuh!
      Terasa dari komentarnya yang super ekspresif

      Delete
  2. pengen banget punya waktu untuk jelajah nusantara,apa daya masih kuli cuti setahun hanya 12 hari huhuhu curcol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh sih, tapi memang kudu campur dengan moda transport udara ya, biar cukup

      Delete
  3. Mba.. lengkap banget..

    Aku cuma di Sumatera Utara nya saja..

    Kepengen jelajah sumatera barat. Belum kesampaian. Nanti bikin bucket list Sama suami deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. View destinasi Sumareta Barat, kece beraaaat.
      Buruan, buktikan! :)

      Delete
  4. Ya ampuuun, fotonya yang terakhir itu epic hahaaa
    Aku pernah road trip dari Bogor ke PEkanbaru lewat Lampung bagian Timur kalo nggak salah. Ketemunya yang pura di tiap rumah itu, menarik sih sayangnya sepanjang jalan sering hujan jadi nggak bisa mampir buat foto-foto. Tapi kami juga jalan-jalan ke Payakumbuh, lewat kelok sembilan itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, betul sekali, mba
      Ada beberapa desa di mana perumahan warganya memiliki pura mini di depan rumah.
      Sepertinya di daerah Mesuji, Manggala, ya?
      Aku lupa.
      Tapi, aku iyess, pernah melihatnya saat menuju Palembang

      Delete
  5. Masyaallah ini mah namanya keliling Sumatera, dambaanku banget
    Saya cuma pernah ke Lampung, nabung ah supaya bisa jalan jalan ke Sumatera

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga tjandu mba, road trip :)
      Mau lagi dan lagi

      Delete
  6. Oh Curup itu istilah untuk air terjun ya? Kalau di Sunda, istilahnya Curug itu barangkali ya?
    Dari semua yang disebut, hanya Kebun Teh Aro yang pernah saya kunjungi, itupun tujuan utama kami mendaki gunung kerinci nya hehehe... Di Kersik Tuo kami istirahat dan saat itu saya bersama keluarga eksplorasi kebun teh nya. Semoga lokasi wisata lainnya bisa saya kunjungi pula. Aamiin...

    ReplyDelete
  7. Kakkkk aku suka ulasan iniii. Secara dr dulu mimpiku untuk roadtrip Sumatera belum tercapai. Semoga segera, amin! Kompilasinya cakep dan lengkap. Berima juga kata2nya hahaha ini penting lho untuk dikomentari 😁😁

    Tidak satupun tujuan wisata sudah aku kunjungi. Tapi satu2 sudah ada di bucket list aku. Ulasan ini jd melengkapi list aku, semoga bisa segera ke sana, AMINNN

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga mba, sangat menikmati dan super bahagia kalau bisa membuat rima.
      Rasanya, cetaaar membahana.
      Bagai candu, jadi mau baca lagi dan lagi :)

      Delete
  8. Roti dengan selai srikaya! Waktu masih di Medan ada yang suka lewat depan rumah dan ibuku suka beli. Yang selai srikaya favoritku banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selai srikaya Ganda memang juara!
      Merasuk ke relung jiwa :)

      Delete
  9. Bagus banget mbak...
    Suamatera banyak ya wisata alamnya...
    Btw aq galfok ke rotinya,, jadi laper..
    Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cus buat teh hangat, terus postingan ini, ditatap lekat-lekat.

      ... semoga galfok terobati, hihihi

      Delete
  10. Wuih, seru banget pastinya ya bisa road trip lintas Sumatera. Ada banyak banget destinasi yang bisa dikunjungi. tapi pastinya, butuh alat dan perlengkapan yang tangguh. Susuri laut dan gunung pastinya beraaat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stamina dan kondisi kendaraan paling utama!
      Agar bisa total haqiqi menikmatinya, mba

      Delete
  11. aku pernah tuh ke Tenggamus , Lampung. tapi gatau ada destinasi pantai itu.. duh sayang banget. lain waktu mesti mampir lagi nih kayaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah kenapa penting mengetahu informasi tentang destinasi
      Biar semakin afdol haqiqi

      Delete
  12. Wah sayang, tinggal cus ke Aceh hehe
    Aku asal Kalianda, merantau ke Aceh dan stay di Medan. Jd komplit 10 km sumatra , Kalianda to Sabang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Destinasi lintas Sumatera Aceh, sudah di kantongi, Bang Sani!
      Tinggal tunggu tanggal mainnya aja lagi ini.
      Mohon bantu doa, agar segera terealisasi

      Delete
  13. Aku kira kamu tadi akan kasih rute kalo bawa mobil lintas Sumatera hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada tersedia kog mba, di google
      Coba pakai kata kunci "rute mobil lintas Sumater"
      Good luck, mba Eka

      Delete
  14. Masyaa allah.. membacanya berasa ikut tripnya.. keren banget mba Anna.. jalan2 sembari tadabbur alam mengagumi ciptaan Allah.. hmm.. aku, Jawa aja belum pernah keliling sepanjang ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran ini berasa ikut trip?
      Ayo atuh mampir lagi, hihihi
      Klik saja label travelling, ntar aku ajak mulai dari nasional sampai internasional.

      Kalau masih bingung, mulai dari Danau Toba, ya.
      Search saja ya dengan "Danau Toba"
      Dimari mba ...

      Delete
  15. Seru sekaliiii. Saya ke Sumatera baru nyampe ke Lampung saja nih. Pengen banget bisa jelajah sampai ujung suatu waktu, mana tau bisa makan roti enak di Pematangsiantar, kota kelahiran Mba.

    Doakan ya Mba.

    ReplyDelete
  16. Aku dari tadi berdecak kagum mbaaaak .. Sumatera emang terkenal keindahannya - kulinernya .. amaaazing!

    ini ga dikirim per artikel aja mbake, ke majalah perjalanan gitu?

    ReplyDelete
  17. Kalau travelling gini bawa keluarga atau teman rasanya seru banget. Pasti ada banyak cerita akan hadir.

    ReplyDelete
  18. Wow, satu artikel dengan pilihan destinasi wisata yang lengkap. Sumatera indah bangeeeet..

    ReplyDelete
  19. Omaigooottttt bagus bagus yaaa mbak di sumatra. Aku belum pernah bahkan sama sekali ke sumatra. Semoga masih ada waktu dan kesempatan buat menikmati indahnya indonesia di sumatra. Aamiin

    ReplyDelete
  20. Serunya perjalanan Lintas Sumatera. Kalo di Sumatera, saya pernah road trip-nya di Sumatera Barat, Mbak Anna ... waktu itu masih tinggal di Riau. Dari Riau bermobil sama suami dan teman-teman suami dengan istri mereka. Seru juga.

    ReplyDelete
  21. Roti dgn selai srikaya dan meises coklatnya super duper menggodaaaaa
    Mauukk banget aku roadtrip ke Sumatra dgn rute kayak giniiii

    ReplyDelete
  22. masyaaallah mba trip lintas sumatera ini menarik banget, seru, dan bikin pengen ikutan. aku yakin masih banyak cerita yang belum sempat dituliskan dalam blog

    ReplyDelete
  23. Ya ampun mupeng, bagus-bagus banget pantainya. Saya kok jadi teracuni untuk mudik touring dari Malang sampai Bengkulu ya.
    Eh tapi saya dan anak-anak itu biasanya mabuk di perjalanan, apalagi di Sumatra kan jalannya berliku-liku. Jadi selama ini candaan kami "papa aja pulang ke sumatra naik mobil, mama sama anak-anak naik pesawat"

    ReplyDelete
  24. Ya ampun indah banget pemandangannya. Sirik jadinya aku yang ga mudik ke mana-mana. Hahaha
    Mudik sambil ngabuburit gini sih seru banget. Lapar dan ngantuk terobati lah, ya. Kalau postingannya dibreakdown per satu kawasan bakal seru nih, Mak

    ReplyDelete
  25. Bnayak banget tempat indah di sepanjang sumatera ya. Ngapain pula aku ngidam2 pengin keluar negeri kalau negeri sendiri aja indah begini. Ya ampunn pengen banget bisa nyambangi semuanya.

    ReplyDelete
  26. View-nya pasti eksotis banget ya, Mbak. Meskipun udah jadi lokasi wisata tapi masih kelihatan natural banget alamnya. Btw yang di bungker pengin tahu cerita lanjutannya gimana. Selalu penasaran sama sejarah suatu lokasi.

    ReplyDelete
  27. Ya ampun bagus-bagus banget sih pemandangan alam pulau Sumatera. Jadi pengen nih menginjakkan kaki di Sumatera mbak. Soalnya belum pernah kesana apalagi menikmati pemandangan alamnya. Selama ini cuma menikmati dari film-film yang shooting di kelok sembilan misalnya. 😪

    ReplyDelete
  28. hwaaa seru banget mbaa! mau ahh pankapan kalo punya banyak waktu libur 'mapay' lintas sumatera. aku belum pernah menginjakkan kaki di pulau sumatra nih hik hik

    ReplyDelete
  29. Mbaaak Anna, aku pernah road trip lintas Sumatera lewat bagian timur, sepanjang jalan perkebunan kelapa sawit. Kami berangkat dari Bogor pukul 9 malam, nyeberang Bakauheni jam 12 malam. Lewat Lampung, nginep semalam di Palembang, lanjut ke Jambi, sampai Pekanbaru siang jam 2. Jadi dua hari perjalanan dengan mampir ishoma, kadang foto-foto. Sempat wisata di daerah Jambi, Payakumbuh, Bukittinggi dan Pekanbaru. Sayangnya belum menjejakkan kaki di pantai sepanjang Lampung

    ReplyDelete
  30. Keren, Mbak...Saya sudah ke hampir semua tempat ini. Roadtrip kakhir tahun lalu, cuma sampai Jambi. Kalau Sumater Utara karena pernah di sana 5 tahun jadi pernah juga ke tempat-tempat indahnya. Masih penasaran rodtrip dari Jakarta sampai Medan, semoga nanti kesampaian

    ReplyDelete
  31. ya ampun, ya ampun, mupeng aku mba pengin road trip ke sana. Semuanya menggoda, semoga suatu hari nanti terwujud. huhu

    ReplyDelete
  32. Bikin mupeng ini cerita road tripnya kak. Seru banget jelajah sumatra. Secara sumatra aku cuma baru singgah di Palembang sebentar. Impian banget siy bisa eksplore dari aceh sampai lampung, nyebrang ke babel dan kepri.

    ReplyDelete
  33. Masya Allah pemandangan di Sumatera bagus-bagus ya, Mbak.
    Beneran gak perlu jauh-jauh ke luar negeri, di negeri kita masih banyak tempat indah yang bisa dikunjungi ya...

    ReplyDelete
  34. Duh ingin liburan lintas SUmatera nih, biar banyak pengalaman dan hal baru, soalnya destinasinya banyak gini nih

    ReplyDelete
  35. Sumatera yang luar biasa ya mba. Banyak pesona Indonesia di sana

    Kapan bisa jalan-jalan kayak giniiii kelilingggg

    ReplyDelete
  36. Banyak sekali destinasi bagus di Sumatra, saya blm pernah nginjek pulau Sumatra huhuhu. Tahun ini berencana ke yang terdekat, Lampung, jalan darat dan laut biar kyk rang orang haha, sayangnya ada bencana kyk skrng. Semoga bencana wabah lekas reda dan bisa mewujdukan rencana nginjek tanah Sumatra aamiin

    ReplyDelete
  37. Impiaaan banget.
    Aku dulu numpang lahir di Pangkalan Brandan, Sumatera Utara.
    Tapii...kenanganku tentang Pulau Sumatera gak ada sama sekali.
    Hanya memandangi foto kecilku dan berharap semoga bisa lintas Sumatera seperti kak Anna.
    Aamiin~

    ReplyDelete
  38. bagus-bagus deh destinasinya, kapan gitu ya saya bisa ke Lampung? Padahal udah sering diajak saudara yang juga tinggal di Lampung tapi saya belum bisa ninggalin anak-anak, hehe

    ReplyDelete
  39. Dari semua yang disebut, aku baru ke Lampung mba. Itupun ga menjelajah Gigi Hiu. Huhuuu nyesel dulu ga sekalian ke sana, padahal ya pas dekat loh famstripnya waktu itu.

    ReplyDelete
  40. Wah, bagus-bagus ya, destinasi di lintas Sumatera ini. Belum satupun yang saya kunjungi mbak...semoga suatu saat sampai ke sumatera dan menjelajahinya

    ReplyDelete

Holaaa...!
Terimakasih ya sudah berkunjung ke sini.
Mohon maaf komentar kudu dimoderasi sebelum dipublikasi.