Ada Kejutan di Konferensi Pers Golden Tulip Balikpapan

Smart casual!

Yup! Itulah dress code yang tertera di undangan event konferensi pers Golden Tulip Balikpapan yang aku terima melalui Public Relations, Berlian Afrianti.

ocean view uninterrupted golden tulip balikpapan
Image by @magamata8
Biar lebih greget aku langsung browsing dong, apa tuh smart casual biar tak ada insiden saltum, salah kostum... hahaha. Maklumlah aku belum familiar dengan istilah ini. Paling banter dengan istilah casual dan business formal. That's it!

So, agar semakin afdol aku juga browsing-browsing tentang operator hotel Golden Tulip yang ternyata punya markas di Paris, Perancis.

Begitulah beberapa ritual aku, jika akan menghadiri event. Event apa saja, tak pandang bulu, buat mendongkrak wawasan biar agak nyambung, giccu.

Konferensi Pers Golden Tulip Balikpapan


konferensi pers golden tulip balikpapan
Image by @syech_nur
"Mom, jadikah menghadiri konferensi pers besok pagi?"

Obrolan WA masuk dari Berlian Afrianti, untuk konfirmasi yang kedua kali.

"Yes, dear, see you there!"

Centang dua langsung terbaca di layar gadgetku.

Terus terang aku tak sabar lho alias kepo, kejutan apakah gerangan yang menanti di event konferensi pers Golden Tulip Balikpapan? Dan mengapa kota Balikpapan yang dipilih?

Finally, Jumat, 17 Januari 2020 akhirnya tiba! Saatnya menjadi bagian dari konferensi pers Golden Tulip Balikpapan!

I Ketut Kartika, General Manager Golden Tulip Balikpapan

Acara konferensi diawali dengan sambutan dari PR Golden Tulip Balikpapan, yang membacakan susunan acara sekaligus mengucapkan terima kasih kepada hadirin yang telah meluangkan waktu menghadiri konferensi pers ini.

"Masuknya Golden Tulip ke Balikpapan merupakan hal yang bagus, mengingat Balikpapan kelak menjadi pintu utama masuknya investor, visitor serta turis dalam rangka pemindahan ibukota di Kalimantan Timur"

"Kami, beserta tim juga optimis bisa mencapai target tahun ini dengan mengejar segmen-segmen family, traveller termasuk segmen baru kaum millenial yang terkenal dengan gaya hidup cepat, instan dan fleksibel!"

"Dengan 4 tipe kamar yang total berjumlah 150, di mana setiap tipe dilengkapi dengan kitchen set, Golden Tulip Balikpapan siap menjadi hotel pionir di Balikpapan"

"Seiring pemindahan ibukota serta ditetapkannya Balikpapan menjadi kota MICE (Meeting, Incentive, Convetion, Exhibition) maka tahun depan Golden Tulip Balikpapan juga akan membangun ballroom baru dengan kapasitas sampai maksimum 1000 orang"

"Disamping itu, juga akan dibangun lounge baru (BLU Lounge) yang terbuka, dengan ocean view yang langsung bisa dilihat dari lobi, dilengkapi dengan atraksi live music yang dimulai sejak siang sampai malam hari, setiap hari. Ini jugalah yang akan membedakan Golden Tulip Balikpapan dengan hotel lainnya"

"... juga akan ada Coffea and Co (Coffeshop) termasuk Tulipe Restaurant dengan 150 kapasitas tempat duduk"

"... dengan memprioritaskan fasilitas dan layanan, kami yakin akan mencapai target dan mampu bersaing dengan kompetitor!"

Teringat lagi aku akan poin-poin sambutan di atas dari Bapak I Ketut Kartika selaku General Manager Golden Tulip Balikpapan saat konferensi pers yang berlangsung di ruangan Aventurine di area lobi.

Patrick Sibourg, Senior Vice President Operations Golden Tulip

"Balikpapan is a lovely and funtastic city! Lovely for business, oil and gas, funtastic airport, no pollution, no traffic jam, no flood. Balikpapan should became a funtastic destination!

"Efektif Januari 2020, Golden Tulip International mulai beroperasi di Balikpapan. International artinya meliputi kualitas, standar, respek ke pelanggan dan loyalty programs"

"This is very important. We want to be recognize as an international brand in Balikpapan!"

"Balikpapan adalah kota ketiga yang dipilih di Kalimantan setelah Banjarmasin dan Pontianak karena merupakan kota destinasi dan kota berkembang"

"Louvre is our umbrella, French Company but own by China's company, Jin Jang. It is a bit complicate, huh. "

Sampai di bagian ini aku tak mampu lagi menahan ketawa dengan gaya Mr Patrick Sibourg, Senior Vice President Operations Golden Tulip yang saat konferensi pers mengenakan baju batik dan juga minta izin akan menggunakan bahasa pengantar ala gado-gado, bahasa Inggris dan Indonesia.

Beberapa celetukan beliau tak ayal mengundang senyum bahkan tawa peserta konferensi pers yang terdiri dari media lokal, influencer dan blogger.

"Louvre Hotel Grup (LHG) termasuk dalam 10 besar grup jajaran utama di dunia. Ada 100 hotel budget di Paris dan 2700 di seluruh dunia dan 12 hotel di antaranya berada di Indonesia dengan brand Golden Tulip. Sementara Jin Jang memiliki  jaringan 10.000 hotel di seluruh dunia"

Jin Jiang adalah perusahaan negara untuk agen perjalanan dan pariwisata terkemuka di China yang dijalankan berdasarkan strategi perencanaan lima tahun di China. Perusahaan ini telah mengindentifikasi bahwa pariwisata dapat dijadikan sebagai salah satu alat utama pengembangan investasi yang harus mendapat prioritas. Sumber bisnis.com

Golden Tulip Indonesia

Golden Tulip Indonesia merupakan bagian dari Louvre Hotels Group. Golden Tulip Indonesia dimulai pada tahun 2013, dengan Golden Tulip Galaxy Banjarmasin sebagai hotel pertama yang dibuka.

Golden Tulip Indonesia saat ini mengoperasikan hotel di bawah bendera Golden Tulip yang terkenal di dunia yang terdiri dari: Royal Tulip, Golden Tulip, Golden Tulip Essential di Bogor, Tangerang, Malang, Belitung, Pontianak, Banjarmasin dan Bali.

Setiap pengembangannya akan menggabungkan komitmen dari jaringan hotel internasional dengan keunikan nuansa dan pelayanan lokal serta menawarkan pengalaman yang menginspirasi dan menyenangkan.

Low angle fotografi golden tulip balikpapan
Image by @rosannasimanjuntak

Louvre Hotels Group

Louvre Hotels group berkedudukan di Paris, Perancis, berdiri sejak tahun 1976 dan Juli 2009 beraliansi dengan Golden Tulip Hospitality Group. Lalu pada tahun 2015 diakuisisi oleh Jin Jiang Hospitality Group yang berbasis di Shanghai.

Louvre Hotels Group mengoperasikan enam brand hotel, dimulai dari kamar mewah hingga ekonomi: Royal Tulip, Golden Tulip, Golden Tulip Essential, Premiere Classe, Campanile dan Kyriad yang tersebar kuat di Eropa, Afrika, Brasilia, India, Timur Tengah dan Asia.

"The beautiful uninterrupted ocean view and city center adalah pilihan utama kenapa Golden Tulip tertarik mengembangkan layanan hotel di Balikpapan"

ocean view golden tulip balikpapan
Image by @marieskasebastian 
"Kami sadar kami belum jadi yang terbaik tapi kami bertekad untuk memulai jadi yang terbaik di Balikpapan!"

Salut banget sama closing beliau yang humble sekaligus optimis ya.

What do you think?

Evi Azhali, Assistant Vice President Sales & Marketing Golden Tulip

Selanjutnya, giliran Ibu Evi Azhali, Assistant Vice President Sales & Marketing Golden Tulip yang memberikan sambutan.

"Corporate dan Goverment masih menjadi segmen yang akan tetap diambil baik untuk individual traveller/group, long stay guest, wedding serta social event"

 "OTA dan travelling agent  masih menjadi target pasar, plus generasi millenial yang sesuai banget dengan brand's signature Golden Tulip Balikpapan Playtime Anytime. Jadi, tamu bisa serius untuk check in sekaligus bisa juga bersenang-senang"

"Memanggil tamu dengan nama adalah upaya terobosan branding baru Golden Tulip Balikpapan agar lebih dekat dengan tamu serta storytelling as a branding tool"

"Tersedianya photo booth di areal lobi juga menjadi new branding terutama saat tamu mengantri saat check in. Diharapkan para tamu senang dan serius saat check in dan berkenan kembali menginap lagi"

"Luas kamar, lokasi strategis dan terletak di close area (berada dalam satu kompleks) sehingga melahirkan perasaan aman dan nyaman, merupakan kekuatan Golden Tulip Balikpapan"

Pernyataan di atas menjadi sesi penutup konferensi pers Golden Tulip Balikpapan hari itu.

Showing Room dan Makan Siang Bersama

Acara kemudian berlanjut dengan showing room ke 4 tipe kamar yaitu: Golden Suite, Junior Suite, Executive dan Deluxe yang akan aku tulis terpisah ya.

Saatnya menikmati makan siang sambil prospek eh silaturahmi dengan hadirin lainnya.

makan siang di Tulipe restoran golden tulip balikpapan
Image by @syech_nur
makan siang dengan media konferensi pers golden tulip balikpapan
Image by @syech_nur
 Kebetulan aku satu meja dengan Bapak I Ketut Kartika, Mas Syech Rahmadani pemilik @galeri.media beserta kru yang berasal dari Samarinda.

makan siang dengan media serta General Manager golden tulip balikpapan
Image by @syech_nur
Nah, untuk merayakan hadirnya Golden Tulip Balikpapan Hotel & Suites, ada tawaran menarik nih, untuk individu, yang dimulai dari Rp 800.000 net per kamar berlaku mulai sekarang hingga 29 Februari 2020. Tawaran menarik juga tersedia untuk reservasi grup lho. Langsung kepoin ig @goldentulipbalikpapan atau telepon/WA ke 0542 733999.

Ditunggu kedatangannya di Golden Tulip Balikpapan ya.



32 comments:

  1. Whhuaaaa.. letaknya bearada deket pantai, asik nih makin meramaikan Balikpapan, semoga makin membranding dan banyak pengunjung yang mampir. Termasuk akuuu, pengen kesanaa dengan kostum casual ga pake smart yaa, hihiii..

    Tungguu akuu Mbaa di prapatan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat ini, Golden Tulip masih menjadi satu-satunya hotel dengan infinity pool yang berhadapan langsung dengan lautan lepas.
      Kalau pas cuaca cerah, awan cakep, langit biru, viewnya bikin sudah move on, Teh :)

      Delete
  2. Jadi smart casual itu yang seperti apa? hihi *ikutan googling :D
    View kolam renangnya itu indah sekali ya, apalagi kalau cuaca cerah seperti di foto. Jadi nggak sabar pengin tau juga kamar2 di Golden Tulip Balikpapan seperti apa. Nunggu postingan selanjutnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga baru tahu mba, karena browsing.
      Sepertinya perpaduan bisnis dan casual ya

      Delete
  3. Kok cakep amat sih ini hotelnya, bisa langsung lihat pantai seperti itu. Kebayang enaknya duduk dipinggir pantai kalau aku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aslinya memang cakep apalagi kalau cuaca cerah ceria, langit biru dan desain awan yang unik. Perfecto!

      Delete
  4. Suka lihat kolam dan pemandangannya deh. Cantik banget! Kalau promo pakai gaya storytelling, ini pegawainya kudu pinter ngomong deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, Jiah.
      Kudu banyak baca ya, biar lancar bertutur

      Delete
  5. Golden Tulip Balikpapan semakin berjaya yes .... harus begitu ya soalnya ibukota baru nantinya dekat banget dengan Balikpapan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini juga lah salah satu alasan kenapa Golden Tulip memilih Balikpapan, kota penyangga ibukota

      Delete
  6. haha jadi smart casual itu cerdas yo mikiro dhewe *ngekek bacanya*

    anyway cucok tu mbak Anna ama seleramu hotelnya, syahdu syahdu kumaha gitu

    ReplyDelete
  7. Saya maish belum bisa membayangkan seperti apa yang dimaksud dengan konsep storytelling di sana. Tetapi, suka dengan kolam renangnya. Itu menghadap laut, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Story telling sudah dimulai di akun media sosial ditandai kuatnya entitas warna kuning dan navy, juga di area lobi.

      Warna kuning dan navy dipilih, yang disesuaikan dengan tagline playtime anytime :)

      ... dan ini akan dieksekusi bertahap, mba

      Delete
  8. Semangat mereka untuk memberikan yang terbaik bahi masyarakat sekitar harus kita apresiasi ya mba :)

    ReplyDelete
  9. Hotelnya apikkk. Nanti kalo aku bertamu ke Balikpapan, diinepin sinih yaaaa. ((anaknyangelunjak)) btw poolnya asik banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, ocean view Golden Tulip Balikpapan memang susah buat move on

      Delete
  10. Setiap tipe kamar bakal dilengkapi kitchen set? jadi bisa masak-masak di kamar gitu mbak?

    Lihat kolam renangnya, langsung kebayang bakal seger banget kalau nyemplung ke situ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, mba Nanik, karena tipe kamarnya apartemen gitu, Golden Tulip's signature

      Delete
  11. Begitu lihat kolam renangnya langsung terpesona. Pengen nyebur aja. Apalagi Batam dan Balikpapan panas hawanya.

    ReplyDelete
  12. Tempatnya kece banget ya aku pengen deh jadinya kesana bagus ya balikpapan itu. Jadinya makin betah deh kalau tempatnya bagus..

    ReplyDelete
  13. Aku langsung fokus sama view kolam renangnya mbak, menarik banget buat dihjadiin tempat foto hehehe. Panas-panas gitu maunya langsung nyebur ya

    ReplyDelete
  14. Pasti deh stay di golden tulip klo travellingan k balikpapan ,, nyaman bngt ya mba,,

    ReplyDelete
  15. Waaahh ini ciyusan ya ibu kota akan pindah hehe :D
    Emang Balikpapan sebagai kota yang lebih dulu maju bakal jadi penunjang ibu kota di masa mendatang gtu ya mbak. Owalah Golden Tulip itu aslinya dari Perancis ya, kirain dr jaringan hotel Indonesia. Moga ketika ada rezeki ke Balikpapan kelak bisa nginep di sana :D

    ReplyDelete
  16. Kolamnya asique banget langsung menghadap panorama bisa liat langsung pemandangan sekitar. Seru banget nginapnya, pengen kalau pas ke balikpapa

    ReplyDelete
  17. awalnya saya kira Golden Tulip itu merk coklat^_^ temmpatnya asyik banget ya mba, apalagi lihat kolam renangnya, bisa jadi pilihan utama nih kalo pas ke balikpapan

    ReplyDelete
  18. Wah...suka dengan hotel dengan infinity pool yang berhadapan langsung dengan lautan lepas. Keliatan luas dan pemandangan serba biru bisa kita nikmati sepuasnya ya, Mbak

    ReplyDelete
  19. WAh kapan nih bisa menyambangi Balikpapan dan staycation di Golden Tulip ya. Bagus banget nih hotelnya, cocok untuk istirahat dan menikmati liburan.

    ReplyDelete
  20. Lihat kolamnya yang seperti itu, bikin saya jadi pengen ke sana
    Kan enak tuh ya bisa renang dan nikmati semua fasilitas hotel

    ReplyDelete
  21. Di Jakarta kayaknya ngga ada ya mba? Aku ngg begitu familiar. Tapi memang view poolnya oke bangeet ya

    ReplyDelete
  22. ini terjangkau log mbak, kalo mulai 800an soale kalo di sini ga dapat rate segitu///

    ReplyDelete
  23. Wah ini kolam renangnya menggoda sekali, kalau menginap bawwa keluarga besar pasti yang dicari ada kolam renangnya. Cukup murah ya kalau masih dibawah 1 juta dengan fasilitasnya seperti itu

    ReplyDelete

Holaaa...!
Terimakasih ya sudah berkunjung ke sini.
Mohon maaf komentar kudu dimoderasi sebelum dipublikasi.