Ketahui Kiat Mencari Restoran Lokal Saat Travelling

kiat mencari restoran lokal

Yang pernah bingung mencari restoran lokal pas travelling mana suaranya?

Aku pernah! Tunjuk tangan sendiri, hihihi.

Waktu itu perut memang sudah keroncongan. Ternyata pas tiba di restoran kesayangan tempatnya sudah penuh. Kesal binti kecewa tingkat dewa. Ceritanya, mau marah-marah, tepuk-tepuk manja dada sendiri, tapi sudah tak punya tenaga.

Pernah juga kejadian, restonya lagi tutup. Kayaknya yang punya resto masih banyak uang, lagi me time, kayaknya, muahahaha.

Jadi, mau tak mau makan di tempat kuliner random sajalah dulu. Soal rasa dikesampingkan saja, prioritas utama "kampung tengah" aman sentosa. Jangan sampai demo, bisa kacau agenda!

Nah di lain hari aku pernah juga alami kebingungan memilih lokasi restoran yang dekat dari hotel. Biasanya hal ini terjadi saat aku tiba di lokasi baru yang belum pernah aku datangi sebelumnya seperti saat menjajal lintas timur Sumatera.

Insiden seperti ini bisa jadi sangat menyita waktu, pikiran, bahan bakar dan tenaga juga. Waktu yang seharusnya bisa dialokasikan ke hal lain jadi terpakai untuk mencari lokasi restoran lokal.

Yang masih aku ingat sampai kini adalah ketika di Sangalaki di Pulau Tanpa Penghuni Berau, ada teman yang membeli minuman dengan harga yang hampir lima kali lebih mahal dari harga biasa. Dan doi hanya bisa menggeleng-gelengkan kepalanya.

Tapi itu dulu!

Kini, kita bisa lho mencari restoran terdekat di Traveloka dengan fitur Traveloka Eats (Kuliner Traveloka) yang bahkan bisa disesuaikan dengan budget.

Berikut tips mencari restoran lokal terdekat di Traveloka sesuai budget!

1. Tentukan Budget Makan
Ada harga, ada rupa! Pasti sering mendengar ungkapan ini ya. Biasanya makanan dan fasilitas berkualitas memang dibanderol dengan harga yang tidak murah.

Itulah kenapa penting menentukan budget makan agar terhindar dari bengkaknya pengeluaran. Apalagi bagi pencinta kuliner yang sering tertantang untuk mencicipi kuliner baru di tempat baru. Bisa kalap, kakaaa...

Setelah budget ditentukan baru kemudian pilih restoran yang sesuai kemampuan. Tak ada gunanya menentukan budget makan tapi realisasi tak sesuai pilihan.

2. Unduh atau Perbarui Aplikasi Traveloka
Apakah kamu baru dengan aplikasi ini? Silahkan unduh dulu ya. Untuk kamu yang sudah pernah mengunduh kudu diperbarui ke Traveloka versi 3.1 (versi terbaru).

Pastikan aplikasi terunduh atau terbarui secara sempurna untuk mendapatkan informasi terkini!

Selanjutnya langsung masuk ke menu kuliner. Ini merupakan langkah awal menemukan restoran lokal.

kiat mencari restoran lokal

3. Mencari Tempat Makan Terdekat
Untuk bisa menemukan restoran lokal terdekat, pilihlah lokasi yang diinginkan di daerah tersebut. Di bagian ini terdapat beberapa tempat kuliner yang sering dikunjungi pencinta kuliner. Pilih salah satu sesuai keinginan dan budget.

Dalam menu ini juga terdapat berbagai pilihan seperti menu-menu makanan, mulai dari kuliner Indonesia, khas Jepang dan sebagainya. Tinggal pilih!

kiat mencari restoran lokal

4. Mencari Potongan Harga
Nah ini bagian favoritku! Apalagi kalau bukan soal potongan harga, yihaaa...!

Untuk mendapatkan potongan harga, pada halaman pencarian, kita bisa menggunakan filter "penawaran spesial".  Yup, menu ini terletak di bagian atas halaman pencarian.

Beberapa restoran yang sedang memberi potongan harga akan segera tertera, termasuk nama menu dan potongan harganya.

kiat mencari restoran lokal

Setelah menjatuhkan pilihan, kamu akan diminta melakukan pemesanan sekaligus rincian pembayaran.

Biasanya potongan harga diberikan dengan menggunakan voucher Kuliner Traveloka, jadi pastikan kamu menggunakan kode voucher saat pembayaran sekaligus memperhatikan syarat dan ketentuan.

Hal ini penting untuk menghindari kegagalan penukaran. Bisa jadi karena batas waktu atau tidak memenuhi syarat dan ketentuan.

Setelah pemesanan, biasanya dalam waktu sejam Traveloka akan mengrimkan voucher via email.

Tunjukkan voucher tersebut saat melakukan pemesanan di tempat kuliner dan dapatkan potongan harga secara otomatis saat elakukan pembayaran.

Lumayan kan bisa hemat. Dananya bisa dialokasikan ke keperluan lain, oleh-oleh misalnya, atau buat rencana travelling ke tempat lain lagi.

Namun sayangnya fitur Traveloka Eats ini masih terbatas untuk 7 lokasi saja seperti Bandung, Bali, Jakarta, Medan, Surabaya, Tangerang dan Yogjakarta.

Kita tunggu saja terobosan selanjutnya dari Traveloka Eats ya.

Siapa tahu ada loyalty program atau point buat kita-kita si tukang makan ini yang memberikan review atau ulasan restoran. Lumayan banget kan!

Last but not least, semoga kiat mencari restoran lokal terdekat saat travelling ini bermanfaat!

Eits, hampir lupa, apakah kamu sudah pernah pakai Traveloka Eats?

Monggo share dong di kolom komentar ya...


62 comments:

  1. Wah kalau diingat-ingat saya juga sering keteledoran susah nyari tempat makan mbak.
    Mungkin karena kurangnya perencanaan dan juga karena saya pakai gaya backpacking pemula kali ya jadi teledor mulu. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga Traveloka Eats bisa menjadi solusi ibadah mimpi

      Delete
  2. TRaveloka eats ini sekarang jadi andalanku banget apalagi kalau beli vouchernya hehehe

    Untungnya di Surabaya ada jadi aku sering banget beli vouchernya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga Loyalty Program atau Point segera diluncurkan ya
      Lumayan pointnya bisa digunakan lagi :D

      Delete
  3. Membantu banget nih fiturnya traveloka yg ini. Jadi inget dulu pas awal2 mudik ke lampung, kelaparan parah saking macetnya. Gak tau mau makan dimana akhirnya asal mampir aja seketemunya. Ya Allaaahhh mengecewakan banget tempatnya. Tapi krn usah kelaparan, ya gimana lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga baru tahu lho fitur ini, mba
      Ternyata sudah sejak Mei 2018 diluncurkan
      Darimana saja kita ya, mba, muahahaha

      Traveloka Eats ini masih akan terus berkembang
      Kita tunggu saja ya

      Delete
  4. Wahhh baru tau ttg TravelokaEats ini, boljug dicoba mb. Bener bgt, dgn tau tempat makan terdekat, akan menghemat waktu dan tenaga ya mb :)

    ReplyDelete
  5. Jadi bisa hemat waktu dan tenaga ya Mak dengan aplikasi traveloka. Sementara baru di daerah tertentu, pasti tidak lama lagi akan menjangkau seluruh nusantara Mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba
      Semoga bisa merambah kota-kota lainnya
      Hopefully

      Delete
  6. point no 2, kayaknya harusnya unduh deh mbak, bukan unggah.

    layak di coba nih aplikasinya, sayangnya di malang belum ada. Kapan-kapan kalau ada tugas ke jakarta, mau cobain deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak ya, mba
      Sudah aku revisi
      Sekali lagi, terima kasih banyak ya

      Delete
  7. aku baru tau traveloka bisa buat nyari tempat makan juga (kemana aja sandraaa) hahahah tapi aku mmg pengguna traveloka buat nyari tempat main anak, abisnya lbh murah dan suka ada diskon khusus. Krn sekarang ada fitur kuliner ini, kayaknya akan lbh sering buka2 traveloka nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata sudah launching sejak Mei 2018
      Aku juga baru tahu, muahahaha
      You are not alone, mba

      Delete
  8. Semoga Traveloka Eats segera tersedia untuk banyak kota2 di Indonesia ya. Hihiiii Semarang belum masuk nih ke list Traveloka Eats. Masih harus aktifkan GPS mbaa... Gunakan Penduduk Setempat :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha,
      Mba, tambah lagi katalog istilah millenialku, GPS, Gunakan Penduduk Setempat!

      Yup, semoga Traveloka Eats bisa segera merambah kota-kota lainnya

      Delete
    2. Iya mba, sayang banget kalau cuma di sedikit kota gitu. Padahal pengguna Traveloka kan tersebar di mana saja dan penginnya juga jalan2 kemana2 gituh.

      Delete
  9. Selama ini booking traveloka bru sebstas cari penginapan aku kak, bole juga ni sbg alternatif baca selain reviewnya food blogger
    Mungkin klo di traveloka lebih ringkas ya cara reviewnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, mba
      Aku juga baru sebatas cari penginapan dan tiket moda transport

      Delete
    2. Kemsrin tu aku nyari tiket buat main anak anak, gak ngeh juga sekarang ada voucher beli makanan. Makin nyaman dong travelingnya ya

      Delete
  10. Baru tahu ada fasilitas traveloka eats ini..lumayan bisa buat ngatur pengeluaran traveling juga ya..hihi...senengnya, sekarang segala informasi bisa dicari semudah menggerakkan jari...

    ReplyDelete
  11. Wasseek~
    Bandung uda masuk.

    Bisa niih .. kulineran dengan harga hemat.

    Harusnya kalo kecewa binti kesel tingkat dewi, kak Anna.
    Hehehe...ini komen penting ato engga..?
    Wkwkwk...

    ReplyDelete
  12. Sering banget Mbak, saat melakukan traveling apalagi ke tempat yang belum pernah didatangi, bakalan mati gaya urusan kuliner. Sekarang jadi ada bahan referensi nich, karena di traveloka ada rekomendasi ya. Asyik banget. Tadi saya juga kepikiran nih beli voucher makan dari Traveloka pas beli attraction di traveloka juga. Makasih infonya ya Mbak

    ReplyDelete
  13. Tuh kan makin lengkap aja fitur di Traveloka. Tetapi, saya belum pernah memanfaatkan fitur ini. Pernanhnya fitur lainnya di Traveloka

    ReplyDelete
  14. Yang namanya perjalanan ke tempat baru pasti ada asingnya. Benar banget soal cari tempat makan ideal kala melakukan perjalanan itu tak mudah. Seperti pemilihan lokasi yang tak kita ketahui, juga soal rasa dan jenis makanan. Ada banyak pilihan tetapi kita tak selalu punya waktu luang untuk menjelajahinya secara leluasa karena beberapa sebab. Bagus juga ada TRAVELOKA EATS, membantu banget. Semoga ke depannya bisa merambah ke milayah lain.

    ReplyDelete
  15. Wah, baru tahu fitur terbarunya Traveloka, Traveloka eats. Terbantu banget kalau ada aplikasi seperti ini, jadi kita nggak bingung cari tempat msjsn di tempat yang batu kira kunjungi

    ReplyDelete
  16. Aaakkkkkkkk pengen teriak saya mah kalau liat Traveloka Eats, apalagi kalau ngasih diskonan gitu hahaha

    Saya paling suka beli voucher makan di Traveloka Eats, lebih hemat, apalagi pas lagi ada Promo.

    Lumayan banget hematnya meski makan di resto yang lumayan wah gitu.

    Dan emang lebih membantu, kita jadi tau letak resto di dekat kita :)

    ReplyDelete
  17. Kalau udah ada aplikasi yg nunjukin dimana tempat makan enak nan terjangkau gini, bahagia bener. Traveling gak lagi perlu banyak budget. Bisa irit kan
    .salam manis, artha.

    ReplyDelete
  18. Aku baru tahu jnj Ada fitur travelloka eats lngkap oh informasinya biasa cuma buat bl tiket n stay,,, jd semakin mudah ini traveling...

    ReplyDelete
  19. BAru tahu ada fitur cari tempat makan begini di traveloka, semakin manfaat dong ya install aplikasinya di smartphone. Definetly will try :)

    ReplyDelete
  20. Aku suka bagian potongan harganya :P Patut dicoba nih di Surabaya. Sayang banget ya belum internasyenel. Kan lebih butuh yg itu hehe

    ReplyDelete
  21. Aku biasanya nyari yang ramai aja wkwwk gak kepikiran pakai traveloka padahal ada haha. Terimakasih mba sdh ngingatin

    ReplyDelete
  22. Aku baru tahu malah kalau ada fitur baru di aplikasi Traveloka Mbak Anna, hehehe. Memudahkan nih kalau mau cari tempat makan disesuaikan dengan kriterian tertentu heheee
    Makasih utk sharingnya Mbak ^_^

    ReplyDelete
  23. Akuuu *ngacung :D
    Suka kebingungan nyari restoran sewaktu traveling. Ujung-ujungnya ya googling. Etapi, sekarang di Traveloka udah ada rekomendasi resto ya jadi lebih mudah deh. Tfs yaa mbak. ^^

    ReplyDelete
  24. Ternyata bisa cari rekomendasi restoran lokal lewat traveloka juga ya. Keren. Jadi makin gampang klo mau cicipin makanan apa yang enak di suatu daerah.

    ReplyDelete
  25. Aku baru tahu kalau Traveloka punta fitur ini mbak, membantu banget deh buat ngatasi perut yang lapar. AKu update dulu ah aplikasinya siap-siap cari makanan

    ReplyDelete
  26. Biasanya aku selalu googling tempat makan disekitar tempat kami traveling, baca-baca reviewnya dulu, kalo ada instagramnya kepoin instagramnya dulu.. baru memutuskan untuk datang ke tempat makan tersebut hehe.. sekarang lebih mudah ya.. melalui satu aplikasi traveloka semua urusan traveling jadi lebih mudah ya.. Alhamdulillah

    ReplyDelete
  27. untuk urusan budget mamang nomor satu. Biar tidak terjadi pembengkakan anggaran.

    ReplyDelete
  28. Aku baru tahu Traveloka Eats ini lho..sudah kudet banget akuuu
    Ini penting buatku sebagai pecinta potongan harga.
    Baiklah segera kuperbarui saja aplikasi Traveloka di HPku
    Tengkyu infonya Mbak Anna:)

    ReplyDelete
  29. Traveloka memang kece ya mbak, sekarang ada aplikasi untuk cari restoran atau tempat makan yang asik. Biasa kalau pakai Traveloka pasti promonya banyak.

    ReplyDelete
  30. Jujur kalau aku belum pernah pakai Traveloka Eats sih Mbak. Tapi dari review di tulisan ini, kayaknya one day mesti coba. Susah ya Mbak emang kalau kita lagi jalan-jalan, masih belum familiar sama tempat itu, terus pas lagi lapar tapi nggak tahu mau makan di mana.

    ReplyDelete
  31. Yeaay...sekarang pake Traveloka bisa hunting makanan di sekitar tempat piknik kita yaa. Asiknya. Jadi kalau ada hal hal tak terduga bisa langsung cari solusi ya

    ReplyDelete
  32. Ternyata bisa cari info tempat makan juga ya di traveloka. Membantu sekali ini.

    ReplyDelete
  33. Enak yaa skrg di traveloka ada fitur baru ini. Jadi makin komplit aja deh aplikasi wajib para traveler ini

    ReplyDelete
  34. Lah ada kayak gininya sekarang? Asekkk tangerang ada. Lumayan ya bisa berhemat makan berapa bayar berapa pakai traveloka

    ReplyDelete
  35. wah traveloka ada fitur cari makanan juga yaa. keren bgt

    ReplyDelete
  36. Saya suka bingung juga. Apalagi tempat yang baru dikunjungi, tambah bingung cari tempat makan yang enak dan halal. Wah ternyata traveloka makin banyak banget ya layanannya. Makin memberi kemudahan

    ReplyDelete
  37. Memang pertama itu budget yang kita punya ya Mba Anna
    wkwkwk aku pernah budget 30rb, berdua ama suami alhamdulillah masih sisa

    ReplyDelete
  38. Baru tau kalau Traveloka juga sekarang bisa dipakai buat cari restoran. Saya juga kalau traveling pasti wajib nyari kuliner lokal daerah itu :D
    Makasih infonya :D

    ReplyDelete
  39. Aku termasuk yang khawatir klo nyoba kuliner lokal. Biasanya nyari yg halal dulu. Mau nyoba ah fitur barunya traveloka ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin salah satu strateginya adalah gugling dulu resto apa yg makanannya disuka dan halal, kemudian searching di traveloka gtu kali ya mbak :D

      Delete
  40. Kemarin pas road trip jawa timur aku belum tau ada traveloka eats, jadi kebingungan cari tempat makan enak. Besok kalau pas road trip lagi bakal pake ini terus ah :)

    ReplyDelete
  41. Kalau traveloka biasanya aku pesen tiket kereta sama hotel aja kak belum nyobain fitur traveloka eats. Fitur ini ngebantu banget ya buat cari referensi makanan di tempat wisata.

    ReplyDelete
  42. Sering banget pas traveling susah nyari kuliner daerah akibatnya kembali lg makan McD atau KFC hihi. Untungnya ada Traveloka Eats ya kak, bisa nyari kuliner daerah dg gampang

    ReplyDelete
  43. Aku masih pake Google nih buat cari tempat makan. Nanti2 kalo nyai, bisa pake Traveloka ya. Nanti dicoba deh :D

    ReplyDelete
  44. Duh Gusti, TRavelok ajuga ada fitur kayak gini to? Baru tau akutuh. Kok ya kreatif banget ya. Nggak cuma akomodasinya. Njajan pun ada layanannya. Manteb banget.

    ReplyDelete
  45. Beberapa saat traveling emang sering susah cari resto sih...bagus banget ada aplikasi dr traveloka ini...

    ReplyDelete
  46. traveloka dulu,....ea asik-asik ini baru rekomendasi yang bagus untuk para traveler,..salam kenal kak, saya kunyu, blogger asal kota pangkal pinang,he-he

    ReplyDelete
  47. Sekarang semakin mudah ya mencari resto lokal kalau traveling dan Traveloka terus berinovasi memberi kemudahan bagi penggunanya. Mudah-mudahan dalam dekat akan ditambahkan lagi jangkauannya ya.

    ReplyDelete
  48. Apiikasi Traveloka ini memang ampuh bantuin banget ketika di luar kota. Aku pun pakai itu untuk nyari kuliner lokal terdekat. Biasanya yang masuk aplikasi gitu udah terjamin sih kelezatan rasa asli kuliner lokal ya mbak

    ReplyDelete
  49. wah saya baru tahu kalau ada fitur ini, menarik juga karena saya juga suka bingung mau makan apa dan dimana kalau travelling. saya seringnya pemakai aplikasi Traveloka

    ReplyDelete
  50. Ahhhhhh.. klo pergi2 tuh pasti selalu lihatnya traveloka, mau makan atau beli paket data luar negeripun selalu traveloka.. heheh.. sekarang travelling udah sangat mudah yah mba..

    ReplyDelete

Holaaa...!
Terimakasih ya sudah berkunjung ke sini.
Mohon maaf komentar kudu dimoderasi sebelum dipublikasi.