Minggu, 29 April 2018

Campuhan Ridge Walk Ubud Bali Trek Jogging Bukan Biasa

Campuhan Ridge Walk Ubud Bali Trek Jogging Bukan Biasa

 
Campuhan Ridge Walk Ubud Bali Trek Jogging Bukan Biasa
Pose impian di Campuhan Ridge Walk

"Jadi besok ke Campuhan, sayang?"

Abang bertanya sambil mengoleskan selai roti, di antara kilau sinar matahari yang menerobos dedaunan hijau, teras kamar hotel Kampung Ubud pagi itu.

"Iya dong, Bang"

Mudah-mudahan cuaca cerah seperti beberapa hari ini juga berlaku besok hari, aku bergumam dalam hati.

***

Alhamdullillah, semesta mendukung dan turut mengaminkan doa!

Jadilah pagi ini, kami bersiap-siap ke Campuhan Ridge Walk Ubud Bali trek jogging bukan biasa, salah satu dari beberapa lokasi aktivitas favorit di Ubud, Gianyar Bali.

Inilah kenapa penting mengetahui aktivitas favorit di tempat wisata agar liburan semakin optimal, maksimal, berkesan dan tentu saja tak terlupakan!

Di Ubud ada banyak hal-hal fantastik!

Satu di antaranya kegiatan berjalan kaki.

Iya, kamu tak salah baca, hanya dengan berjalan kaki alias goyang lutut.

Di jalan setapak pedesaan, di antara pematang sawah yang berjenjang bahkan hanya berjalan melenggang menikmati alam.

Baca juga : Sawah Terasering Tegallalang Bali

Nah, menyusuri hamparan hijau memukau trek jogging Campuhan Ridge Walk adalah hal favorit yang harus menjadi pertimbangan ketika di Ubud, Gianyar, Bali.

Dan mencapai puncaknya ketika tiba di punggung bukit dengan panorama alam memukau. Berada di antara pelukan hamparan ilalang, lembah sungai Campuhan, deretan pohon tropis hijau memukau dari seberang bukit di antara bangunan vila dan rumah penduduk.

Layaknya sebuah lukisan.

Ini Yang Akan Engkau Dapatkan!

Meski jauh meringsek di kesunyian dan di tengan perbukitan, di sini tidak akan kau temukan becek dan kumuh. Tidak sama sekali!

Jalur trek jogging permanen dan kokoh sudah tersedia.

Bahkan hanya dengan sandal jepit, kau masih bisa menikmati, cuma ya tidak nyaman dan tidak optimal ya.

Dalam perjalanan kemarin kami bahkan menemukan beberapa orang berjalan tanpa alas kaki sama sekali. Mungkin sedang praktik refleksi.

Nuansa hijau perbukitan sangat kental di sini.

Nyanyian jangkrik sesekali, gemercik sungai Campuhan dan hembusan sang bayu di antara dedaunan hijau. Sederhana, tapi percayalah, sangat memukau!

Kapan Waktu Terbaik?

Dari berbagai literasi digital diperoleh pagi hari sekitar jam 6 sampai 6.30 atau sore menjelang sunset adalah waktu terbaik mengeksplor Campuhan Ridge Walk Ubud Bali trek jogging bukan biasa ini.

Dan itu terbukti, it works!

Mengapa?

Kalau kesiangan bisa meleleh, guys...

Panasnya tak terkira, karena saat di punggung bukit, hanya ada hamparan ilalang hijau memukau, tak ada kanopi di sana, beberapa pohon sejenis pinang yang menjadi ikonik Campuhan Ridge Walk Ubud, tak cukup merayu garang sang surya untuk melembut.

Kami pun mengikuti nasihat jitu ini!

See, ini sekali lagi membuktikan betapa penting sekali mencari literasi tentang tempat yang akan dikunjungi ya guys.

Berangkat pagi sekali juga memberi kemungkinan hanya sedikit bertemu penduduk lokal yang akan beraktivitas, jadi perjalanan terasa sangat personal, serasa punya hutan dan bukit pribadi!
So, sekali lagi, early morning or late afternoon untuk bisa maksimal menikmati eksotika Campuhan Ridge Walk Ubud Bali ini ya.
Bagaimana Cara ke Campuhan Ridge Walk Ubud Gianyar Bali?

Sehari sebelumnya aku sudah bertanya pada staf hotel Kampung Ubud Bali, tempat kami menginap. Hotel kami terletak di jalan Monkey Forest, jadi cukup terus berjalan ke Utara ke arah Jalan Raya Ubud, sesampainya di pertigaan berbelok ke kiri.

Aku juga sudah punya contekan, salah satu petunjuk bahwa kita sudah berada di trek yang benar adalah harus menemukan tanda "GOING TO THE HILL". 

Setelah itu tinggal mengikuti petunjuk yang sudah disiapkan untuk menghindari salah jalan.

Ini adalah pengalaman pertama kami di Bali, jadi belum begitu percaya diri. 

Aku ingat, ada 3 kali aku bertanya dan yihaaa... akhirnya sampai juga di persimpangan ikonik ini.

Campuhan Ridge Walk Ubud Bali Trek Jogging Bukan Biasa
Pastikan bertemu tanda ini ya! 

Yup, tanda ini sangat ikonik di dunia maya "GOING TO THE HILL" atau MARWICK IBAH .

Selain itu ada juga beberapa petunjuk kalimat disertai anak panah sebagai informasi tambahan agar tidak tersesat, namun tentu saja dalam bahasa Inggris, karena eh karena di Ubud, kita bangsa Indonesia adalah turis, hahaha... atau boleh jadi, yang sering review Campuhan Ridge Walk Ubud Bali adalah para turis luar yang tersesat lalu curhat sehingga dibuatlah petunjuk ini

Campuhan Ridge Walk Ubud Bali ini adalah salah satu tempat impianku, jadi  waspadalah, waspadalah akan banyak penampakan pose di tulisan ini!

Yang pasti tak cukup satu, hahaha...

Tak disangka-sangka abang juga gak tahan, ikutan latah.

See, kebahagiaan memang menular, fix!

Selagi asyik berfoto ria seorang turis manca negara dengan peluh di sekujur tubuh melintas. Jam tujuh sudah pulang jogging, kira-kira jam berapa doi mulai ya...?

"Good Morning!"

Sapaku sekaligus menghadiahinya senyuman memecah kebekuan dan dia membalas dengan seuntai senyuman dan ucapan, "Good Morning!"

Usai berpose ria kami melanjutkan perjalanan dengan berjalan, karena kontur sedikit curam. Di sini, lebar jalur trek jogging hampir 3 meter karena masih harus berbagi dengan jalur masuk ke Pura Gunung Lebah. Terbuat dari konkrit kokoh dan terawat. Keren!

Menjelang tikungan, pohon beringin besar sudah menanti, karena hari masih cukup pagi, suasana mistis dan horor sungguh terasa banget di sini. Hiiiii.... kelam dan mencekam,  akar beringin yang berjuntai-juntai semakin memperjelas keadaan. Bisa membayangkan?

Di seberang pohon beringin, ada tempat parkir mobil dan roda dua, dan hei lihatlah, sudah lumayan banyak nih yang parkir.

Aha! Ada satu tanda lagi di sini dan lebar jalur trek pun semakin mengecil, jadi kira-kira 1.5 meter. Tertera juga jarak yang akan kita tempuh, kira-kira 2 km. Catat!

Campuhan Ridge Walk Ubud Bali Trek Jogging Bukan Biasa
Belokan pertama sebelum jembatan mini

Semakin dekat ke jembatan gemericik sungai semakin terdengar, kepo semakin menjadi-jadi.

Dan akhirnya... sampailah kami di jembatan mini.

Di sisi kiri-kanan jembatan, hijau dedaunan semakin memanjakan pandangan. So peacefull dan cantik sekali!

Campuhan Ridge Walk Ubud Bali Trek Jogging Bukan Biasa
Dedaunan hijau memukau

Dinding Pura Gunung Lebah segera menggeliat dari balik tikungan sementara gemercik air sungai mengiringi dari sebelahnya. Sempurna! Aku terjebak keindahan.

Belum hilang rasa takjub, kejutan lain sudah menunggu di depan.

Lihatlah, apa itu di ketinggian...?

Ternyata, meru pura yang berjumlah 7 menjulang mengintip dari kejauhan, seolah mengucapkan salam kedatangan.

Campuhan Ridge Walk Ubud Bali Trek Jogging Bukan Biasa
Meru Pura Gunung Lebah 

Untuk sesaat aku tak bisa berkata-kata. Diam dan takjub mengepung hati. Mendadak adrenalin mengambil kendali.

Seumur-umur aku belum pernah diapit keindahan seperti ini. Menghirup aroma segar daun di pagi hari, di tengah gemercik sungai yang bersinergi dengan nuansa hijau di sekeliling serta keindahan pura dan... ini nih, sedang berdua bersama kesayangan. Huuuaaaa...

Tanpa sadar aku beranjak mendekat dan memeluk babang suami. I just want to give him a big hug, share the moment, the feeling... awawawaw... hush, sirik aja loe!

Untung aja masih pagi, belum banyak manusia di sini. (((manusia)))

"Gimana, sudah bisa lanjut?"

Babang berbisik dengan tatapan menggoda.

Dari jauh terdengar suara langkah. Datang dari balik tikungan. Sekelompok turis remaja domestik yang mau pulang.

"Selamat pagi!"

Kembali aku memberi salam dan senyuman.

"Selamat pagi!"

Merekapun membalas dengan senyuman.

"Lari yuk!"

Sambil berkata begini babang suami berlari, tapi tak berlangsung lama karena kontur trek jogging sudah berubah lagi, kini agak mendaki.

"Pelan-pelan saja, Bang, hemat tenaga, aku mengingatkan, masih jauh lho perjalanan!"

Dan benar saja kami terus mendaki dan mendaki sampai-sampai aku bisa mendengar nafasku ngos-ngosan, kedodoran, di antara semilir angin perbukitan. Malu ah sama rumput yang bergoyang, hahaha...

Makin siang makin sering kami berpapasan dengan para turis namun dengan arah yang berlawanan, meski berpeluh namun masih menyisakan seuntai senyuman.

Di lain kesempatan, dering bel sepeda, anjing dan pemiliknya (mungkin?) dan kostum warna-warni outfit turis membuat mood semakin menggelora, tak sabar ingin cepat tiba di punggung bukit Campuhan Ridge Walk.  

Masih seperti tadi, sesekali kami berhenti dan berpose, tentu saja! Hahaha...

Tak seperti saat di rumah di Balikpapan, di Campuhan Ridge Walk Ubud Bali, babang suami doyan banget berbagi ekspresi. Travelling so magic, ya!

Akhirnya, kami pun tiba di punggung bukit Campuhan Ridge Walk ikonik itu!

Bermandi peluh, sudah tentu!

Campuhan Ridge Walk Ubud Bali Trek Jogging Bukan Biasa
Campuhan Signature View!

Sunset Hill, Bukit Cinta, Bukit Campuhan dan Bukit Cinta Gunung Lebah adalah beberapa nama lain destinasi kekinian di Ubud ini.

Sekelompok turis perempuan mancanegara sedang menyiapkan sesi foto. Mereka bertukar kostum di tempat terbuka, hanya berbekal kain yang dipegang oleh teman lainnya. Beberapa ransel besar tergeletak begitu saja di tanah. Mungkin isinya, aneka outfit ya. Kepo kembali menggoda. Niat banget mereka, luar biasa!

"Good Morning!"

Aku berbagi salam lagi.

"Good Morning!"

Balas mereka hampir serentak.

Ketika mendekati pohon pinang ikonik punggung bukit Campuhan Ridge Walk, keharuan seketika menyergap dan aku bersujud di antara trek jogging. Namun, babang suami menegur katanya "gak perlu sampai begitu, say, iya kalau treknya bersih, lha kalau pas ada kotoran, gimana?"

Masuk akal juga sih. Cuma aku diam saja, karena masih terbalut emosi lalu mengucap alhamdullillah, bisa sampai di sini, di Campuhan Ridge Walk Ubud Bali. Kali ini hanya dalam hati.

Tak membuang waktu kami pun segera larut berbagi ekspresi disaksikan panorama asri, hamparan ilalang, lembah Campuhan, bangunan vila yang tersembunyi di antara pohon tropis di tebing bukit, sinar  surya yang semakin garang serta peluh di badan, hahaha...

Enjoy, guys...!

Campuhan Ridge Walk Ubud Bali Trek Jogging Bukan Biasa
Cieee, boleh juga nih gaya si abang sayang

Campuhan Ridge Walk Ubud Bali Trek Jogging Bukan Biasa
Bangunan vila bersembunyi di antara pohon tropis

Campuhan Ridge Walk Ubud Bali Trek Jogging Bukan Biasa
Pose insidental itu!

Kog bisa foto bareng dengan anjing?

Sebenarnya ini kejadian insidental.

Begini ceritanya,

Saat berjalan-jalan sambil mengambil foto, aku melihat ada beberapa spot foto di antara ilalang. Sepertinya memang disediakan di sana untuk pose ala-ala.

Mendadak pose terbang di antara spot ilalang langsung terbayang.

Nah, pas sedang asyik khusyu (((khusyu))) mau pose, anjing yang awalnya duduk bareng turis perempuan manca negara tadi, tiba-tiba masuk frame dan diam di sana, hahaha.

Aslinya nih aku takut setengah mati, takut doi berubah pikiran dan menerkam.

Sesaat kami saling menatap, doi dengan kalem berhenti pas di samping aku. Kami bertatapan lagi, semakin dekat dan lekat. Tapi aku tetap diam tak bergerak.

Mungkin doi tersepona eh terpesona dengan pose aku ya, hahaha...

"Gimana nih, sayang, ada anjing, eh?"

"Tidak apa-apa, Bang, malah semakin keren, jawabku sambil berusaha tenang dalam pose terbang, ala-ala yoga gitu deh"

"Foto cepat, bang!"

 Dan... klik!

Gimana, kamu suka?

Lucunya, usai aku menuntaskan pose, doi pun langsung pergi kembali ke turis perempuan manca negara tadi, Duduk manis lagi, hihihi... What a day!

Sementara itu, meski matahari semakin garang, namun orang-orang semakin ramai saja berlalu-lalang.

Bahkan ada yang sedang pra-wedding lengkap dengan make up, kostum dan drone crew. Iya, guys, panas-panas begini, demi apa coba!

Di bagian lain ada yang sedang syuting, karena kerap melakukan gerakan yang sama dan berulang-ulang, gerakan seolah berlari dan aku mendengar suara, "siap.... action!"

Ahhh, terbuktilah Campuhan Ridge Walk memang Bukit Cinta!

Semua aura di sini penuh suka cita, penuh damai, sarat cinta.

Sebenarnya aku ingin meneruskan perjalanan sampai ke Karsa Kafe, namun babang suami sudah lapar dan ingin isi 'bahan bakar'.

Rasanya belum puas sih. Tapi kami harus kembali, karena perut aku juga ikutan latah, tidak mau lagi diajak kompromi.

Hampir 2 jam kami mengeksplor Campuhan Ridge Walk dan saatnya menyusuri kembali trek jogging, tapi kali ini dengan arah berlawanan, pulang kembali ke hotel.

Meski panas sudah mulai memanggang, tapi masih saja kami berpapasan dengan orang-orang yang baru datang.

Oh iya, kalau ke sini bawa juga botol minuman ya, karena tak ada warung di sepanjang trek jogging kecuali di Karsa Kafe, itu pun masih jauh, masih kira-kira 2 km dari simpang jembatan mini tadi.

Suatu saat aku ingin kembali ke sini lagi dan juga ke tempat-tempat wisata menarik lainnya di Bali seperti Kelingking Beach di Nusa Penida, Desa Penglipuran, Danau Beratan Bedugul dan lain-lain.

Bagaimana dengan kamu?

Sudah ada rencana liburan tahun ini? Atau untuk tahun depan?

... atau mungkin mau icip-icip Campuhan?

Ada banyak lho strategi berburu tiket pesawat murah!

Di antaranya:
  • Kudu fleksibel dengan waktu dan tujuan
  • Pilih hari penerbangan dengan menghindari akhir pekan atau hari libur nasional
  • Pilih jam penerbangan paling pagi atau paling malam, di mana kebanyakan orang banyak menghindarinya.
  • Pilih destinasi liburan yang sedang promo. Sekali-kali biarkan destinasi promo yang membawamu, dan bersiaplah untuk kejutan!
  • Menjadi member atau langganan newsletter agen travel online 
  • Gunakan mode incognito agar cookie pada browser selalu ter-reset sehingga kamu akan selalu mendapatkan harga promo. Dulu aku sempat menjadi korban lho. Setelah habis beli tiket promo terus mau beli lagi, harganya langsung lebih mahal.
  • Gunakan kartu kredit. Jangan buru-buru alergi ya. Karena eh karena kita bisa memanfaatkan layanan kartu kredit dengan bijak misalnya menggunakan poin untuk mendapatkan diskon tiket pesawat atau kemudahan pembayaran secara angsuran tanpa bunga.
  • Sering bergerilya mencari informasi sebanyak-banyaknya karena tidak ada faktor kebetulan atau keberuntungan untuk mencari tiket pesawat murah.
Jadi, kapan kita kemana?

63 komentar:

  1. Keren banget ya pemandangannya,, olah raga disini pasti dijamin yes ga begitu cape soale oksigennya juga banyak pula hehe,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi kalau sebentar-sebentar pose, ya, mba.
      Tapi tetap mengundang peluh :).

      Hapus
  2. Nuansa Ubud, Bali emang luar biasa ya.. masi alami begitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju.
      Ubud terkenal kental dengan nuansa Bali, baik alam, spritual dan ikatan antar manusianya.

      Hapus
  3. Ubud memang sejuk dan asri. Jadi pengin ke Ubud lagi. Pesen tiketnya lewat JD.ID? siap.hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ubud mampu bikin kita candu.
      Luar biasaya ya!
      Ayo jadi member dulu di JD.id dan bisa dapat poin lho dengan hanya login setiap hari :).

      Hapus
  4. Suatu hari nanti semoga bisa ke Bali juga. Lihat bule mana tau jodoh eh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bali, memang luar biasa!
      Layak memang untuk disebut Pulau Dewata.

      Hapus
  5. pemandangannya cakepp... kangen ubud

    BalasHapus
  6. waaa serunyaaa.., jadi pengen jalan2 ke sana lagi nihhh.. dan jadi pengen ngecek JD flight ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bulan ini ada promo lain lagi, buruan cus ke JD.id :).

      Hapus
  7. ini yang saya liat di IG story ya mba. Kece memang tempatnya. Waiting list deh. Cuma yang pose insidental itu unik banget ya hahahaha

    BalasHapus
  8. Sebagai pejalan kaki saya makin penasaran akan trek joging campuhan.btw boleh juga itu tips, going incogito ya, mau coba ah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau berhasil dengan incognito mode, share yaa...
      :).

      Hapus
  9. Ubud salah satu tempat yang sangat aku pengen kunjungi. Makasih sharingnya mbak. Doain smoga aku bsa ksana. Salam, muthihauradotcom

    BalasHapus
  10. bakalan betah jalan pagi atau sore mbak, kalau malam kira-kira gimana? Banyak nyamukkah? haha, maunya disepanjang trek ada tiang lapu gitu, jadi yang pengen ngetrack malam2 bisa jadi pilihan opsional...

    Tampaknya anjing mengendus aroma persahabataan dari mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau malam sudah gelap, mau lihat apa dong, Mas, hahaha... dan itu tidak disarankan.
      Kalau mau ya dini hari sekalia bisa lihat sunrise... kalau beruntung, karena semua tergantung cuaca :).

      Hapus
  11. Wah jadi kangen ke Bandung deh

    BalasHapus
  12. semoga next bisa ke bali .. pengen lihat campuhan juga mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cucok meong ini buat Koh Deddy. Pasti hasil fotografinya, lebih ciamik ^^

      Hapus
  13. Wah, Kak Rosanna abis dari Campuhan juga yak? Di sini, setelah bukit love dan deretan vila itu kalaujalan sedikit ada gazebo dengan atap rumbia yang jualan es degan alami enak banget, Kak. Duduk-duduk di sore hari, menikmati pemandangan sambil minum degan di sana, bikin ide-ide datang banyak banget. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bali memang layak jadi pulau Dewata ya, mbak...
      Luar biasa!

      Hapus
  14. Trakhir ke bali kemarin, aku jg milihnya ubud. Tp ama temen2 wkt itu milih jalan jalan naik vw safari :D. Kalo pantai di bali aku emg ga prnh suka dari dulu, krn ga kuat ama panasnya. Mendingan daerah ubud ato yg tinggi lainnya.. Lbh sejuk dan ijo2 pemandangannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pariwisata di Bali memang super lengkap.
      Tinggal kita saja pintar-pintar pilih ya.

      Hapus
  15. Ternyata ini dia lokasi yang banyak dijadiin orang foto. Lokasi yang instagramable itu hehe. Makasih udah sharing mbak Ros :)

    omnduut.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya di Campuhan, kita seperti jadi turis, dominan wisman tak bisa dipungkiri lagi, bro.
      Coba deh cek dengan hastag #CampuhanRidgeWalk di ig, kebanyakan akun wisman yang upload, apalagi cerita tentang Campuhan, sangat populer di blog mereka.

      Hapus
  16. Tracking sambil pacaran sama Suami yah Mbak heheheh
    Keren-keren pemandangannya aku sukaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalgi dengan pasangan halal ya, Jen.
      Ayo, agendakan ke Campuhan! ^^

      Hapus
  17. petunjuk ke campuhan nya oke juga, nice

    BalasHapus
  18. Kak Anna, sungguhan ada yang ganti baju di sana hanya sambil ditutupi kain oleh temannya? Wah, hard core plus jenius sekali turis-turis itu! Aku juga mau ah kapan-kapan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sungguhan laaa.
      Kebetulan aku lagi di sana.
      Sayang aku tidak ambil dokumentasinya.
      Untung ada anjing itu ya,sebagai salah satu penggenap cerita langka ^^.

      Hapus
  19. Okeh, jadi destinasi list kalo ada kesempatan ke Bali lagi.

    BalasHapus
  20. Wah seruu, kalau pemandangannya begitu mah betah2 aja yaa mbak lari pagi sampe siang haha.

    Cakeeep banget viewnya, udaranya pasti masih segaar

    BalasHapus
  21. Dulu pas jalan2 ke Bali bisanya agak siangan. Paginya di penginapan aja, mana gak kelihatan sunrisenya. Next time mau seru2an lagi

    BalasHapus
  22. Lihat foto-fotonya aja sudah kerasa sejuk dan hijaunya, Mbak.. apalagi kalau beneran di sana pagi-pagi gitu ya, wih pasti seger, sejuk, indah, uuhhh semuanya jadi satu.
    Makasih sharing bahagianya, Mbak 😊

    BalasHapus
  23. suasana alamnya masih hijau banget yaa, Mba. Dari foto aja terlihat segar apalagi bila berada lamngsung di sana, pasti lebih segar lagi :)

    BalasHapus
  24. Hahahhaa.. Na ini anjing kok gaul beut ya, kayaknya udah terbiasa diajak foto sama turis, hihi. Wah Mbak Anna masih kuat ya jogging kayaknya juga jauh juga ya jaraknya.

    BalasHapus
  25. Aku pernah ke ubud tapi tidak puas bikin mau kesana lagi dikau mba

    BalasHapus
  26. Wouww suka sekali dengan suasanya di sana mba, very nature gitu. Enak yab jalan2 bareng suami 😊 jadi pengen cepat2 nikah 🤣 malah curbat gue. Btw thanks infonya kak

    BalasHapus
  27. yaampuuunn Mbak, si Gukguk itu emang beneran minta difoto bareng ternyata, narsis juga dia yeee :D

    ohh ternyata pake incognito itu fungsinnya seperti itu ya Mbak? bisa jadi dapat tiket murah lagi doong ya padahal usernya sama aja :)

    thanks tipsnya ya Mbak :)

    BalasHapus
  28. Hihii...si guguk pingin ikutan femes, kak...
    Kak Anna jogging tetep modis eeunk...

    Suka pinky-pinky cerah.

    BalasHapus
  29. Bagus banget mba tempatnya dan yang saya suka itu hijauuu. Bagus untuk terapi mata dan relax :)

    BalasHapus
  30. aku bolak balik ke Bali tapi belum sempet niiih Mba mampir di sini. Cantik bangeeet karena asri dan hijau euuuy! Bikin adem yaa Mba..

    BalasHapus
  31. Belum pernah ke bali. Dan semua tulisan tentang bali selalu menggoda.

    Pose dgn anjingnya lucu banget mba hehehe btw aku takut anjing

    BalasHapus
  32. Maulah Jogging di Ubud. Di sini aja seru, apalagi di sana. :))))

    BalasHapus
  33. Aku belum pernah ke Campuhan mbak. Suamiku agak ga nyaman kalau ke Bali. Jadi kalau bukan karena urusan pekerjaan dia ga mau ke Bali.

    BalasHapus
  34. Ya elaaa itu anjing juga narsis ya hahaha... asiknya halan-halan terus nih Tante Anna. Hausku akan keindahan Bali terpuaskan dgn lihat gambar di artikel ini.

    BalasHapus
  35. Walaupun cuma goyang lutut tapi bermanfaat banyak mbak :)
    Aku kemana-mana selalu bawa botol minum mbak, walaupun dekat juga. Makasih infonya mbak. Duh jadi pingin ke Bali lagi

    BalasHapus
  36. Bali indah ya Kan Mba Anna hahahha
    jadi pengen mudik ke Bali ih, liat banyak posemu yang seru banget dan ceria abis.

    BalasHapus
  37. Ikut bahagia sama setiap baca cerita perjalanan ka Anna dan keluarga. Aku jadi pengen ke sana. Hehehe

    BalasHapus
  38. Ubud selalu jadi juaraaa itu mah klo pemandangan yah mba, tapi coba klo gambarnya digedeiin lagi mba, biar para pembaca lebih menikmati keindahan kota ubudnya...

    ahh, semoga ada rejeki bisa kesana juga yah mbaa...

    BalasHapus
  39. Asik banget deh mba jalan2nya ke Bali aku pengen banget nih kesini btw baru tahu JD.Id bisa beli tiket pesawat hahaha

    BalasHapus
  40. Wah, pemandangannya bagus2 banget jadi penge ke Bali lagi lho dan melakukan kesempatab2 seperti ini. Ehem .itu si Babang lg asyik ba vet memandangi sang mantan pacar yg lg sibuk selfie.

    BalasHapus
  41. Tidak pernah ada kata bosan untuk mengunjungi Ubud Bali ya. Tapi apa daya kalau aku belum pernah ke Bali. Semoga next time bisa liburan ke Bali.

    BalasHapus
  42. Kapan ya mbak kira2 Campuhan jogging trek ini ngehits, karna pas 2010 lalu ke mari belum dengar nih. Hmmm, apa kudu ke Ubud lagi kali ya hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, kalau percisnya akau kurang tahu juga, mba
      Tapi coba deh ditelusuri lewat hastag #CampuhanRidgeWalk di instagram.
      Siapa tahu ketemu...

      Hapus
  43. wah suasananya asri bikin nyaman dan gak kerasa jogingnya ya

    BalasHapus

Holaaa...!
Terimakasih ya sudah berkunjung ke sini.
Mohon maaf komentar kudu dimoderasi sebelum dipublikasi.