Rabu, 07 Desember 2016

4 Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com Untuk Ngeblog

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com
 Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com

4 Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com Untuk Ngeblog. "Jika ingin serius memonetize blog sebaiknya pakai TLD saja, mbak,"

Begitulah masukan dari seorang sahabat bloger, suatu hari di tahun 2015. Aku lupa tepatnya siapa dan bulan berapa, namun sebelumnya kami telah sering saling berbagi info lewat pesan di sosial media.

Upps, apa tuh, mbak? Keningku mendadak berkerut ngalahin dedengkot jeruk purut.

"Top Level Domain!" si mbak menjelaskan sekali lagi.

Sukses dibuat kepo, mendadak aku jadi sering membaca artikel tentang top level domain, terutama dotnet dan dotcom. Tapi hanya sampai di situ saja, lalu melempem. Percis bak kata pepatah 'tak kenal maka tak cinta'. Ciee... ciee...

Dan saat beranda penuh dengan isu domain lagi, akupun langsung terbirit-birit membaca artikel lagi, menggunakan kata kunci keunggulan menggunakan top level domain.

Keren! Kali ini kata itu yang terlintas.  Namun yah masih juga, maju mundur antara enggan dan berkenan.

Tapi setelah aku pikir-pikir kayaknya karena aku kikir, hihihi... karena harus merogoh kocek, hehehe... kebiasaan narsis #eh gratis, yak begini ini deh akibatnye.

Untunglah, keinginan mengganti domain gratisan ke berbayar kembali berkobar saat bergabung dengan beberapa komunitas bloger yang beberapa anggotanya adalah perempuan luar biasa dan inspiratif. Jadi semakin terprovokasi!

Selain punya kesempatan untuk dilirik dan ditawari kerjasama oleh agency yang lebih terbuka, juga untuk membangun branding, mbak. Apalagi jika memang berniat memonetize blog. Begitu masukan dari para senior.

Memonetize blog, kata itu lagi yang muncul.

Akhirnya... informasi belakangan ini berhasil menjebol dinding keangkuhan dan sukses menggiring aku bermigrasi.

Ternyata, terbukti ada banyak keunggulan menggunakan top level domain baik itu dotnet atau dotcom yang belum aku ketahui.

Begitu punya domain dotcom, kesan pertama... wow aku merasa layaknya seorang profesional, hmm... lalu sibuk *benerindasi dan *pelintirkumis.

Maaak....aku masuk tv #eh punya domain pribadi. Hihihi...

Eh, tunggu dulu kenapa aku pilih .com?

Sederhana sih, .com dan .net adalah ekstensi paling sering aku dengar, keren dan kayaknya empuk banget di telinga. Kayak bolu saja ya, empuk. Hihihi...

Etapi, ternyata setelah aku tanya mbah Google, memang terbukti .com dan .net memang paling populer dan paling banyak digunakan.

Iya, dari 334,6 juta nama domain yang terdaftar hingga 30 Juni 2016, ada 127,5 juta pengguna .com dan 15,8 juta pengguna .net.

Luar biasa!

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com
sumber: https://www.verisign.com/en_US/domain-names/dnib/index.xhtml

Silatuhrahmi Menambah rezeki

"Jadi gimana, mbak, tertarik melakukan open trip ke Lampung?"

Mbak Katerina aka Mbak Rien travel bloger femes, mengulang kembali pertanyaannya saat mengirim pesan lewat pesan di sosial media. Kami berkenalan lewat aktivitas ngeblog, silatuhrahmi ala bloger, blogwalking!.

"Mauuuuu!" kali ini aku menjawab tanpa tedeng aling-aling.

Meski aku belum pernah bertemu secara fisik, namun kerap berinteraksi lewat sosial media, baik berupa saling memberi komentar, berkirim pesan dan terlibat dalam diskusi masal, entah mengapa aku sangat percaya dan yakin dengan responsku kali ini. Mungkin ini yang disebut intuisi.

Aku bisa mendengar suaraku sendiri yang bergetar mencoba menjinakkan adrenalin yang seketika menjadi liar. Tarik nafas, hembuskan, tarik nafas, hembuskan!

"Iya, mbak, jadi gini..."

Selanjutnya hari demi hari kami isi dengan saling tukar informasi guna mensukseskan perjalanan petualangan perdanaku ini.

Iya, ini adalah berkah ngeblog sekaligus kegiatan pertama aku setelah punya domain dotcom, melakukan perjalanan sekaligus jadi ajang silatuhrahmi bersama sekelompok travel bloger yang hampir berjumlah 20 orang. Ada dari Yogja, Jakarta, Semarang, Belitung dan Lampung, tentu saja! 

Saatnya membuktikan kepada diri sendiri apakah aku adalah sosok sahabat yang menyenangkan. Uhuk! Juga dalam rangka berusaha menjadi travel bloger sejati yang mampu menuangkan pengalaman ke dalam tulisan dan mampu mengajak pembaca larut dalam petualangan.

Tet tere tetett... akhirnya tibalah hari yang dinanti!

Perjalanan uji nyali ke beberapa tempat wisata ekstrim ikonik Lampung seperti Air Terjun Putri Malu, Gigi Hiu serta Teluk Kiluan yang dahulu hanya bisa aku nikmati di layar notebook, alhamdullillah kini aku berkesempatan bersanding dan menyatu dengan pesonanya. Nikmat mana lagi yang aku dustakan, ya Allah.

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com
Dotcom menerbangkanku ke Arter Putri Malu 

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com
Berkat Dotcom Tercapai Pose Impian di Gigi Hiu 

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com
Terima kasih Dotcom akhirnya sampai juga di Teluk Kiluan 

Aku masih mengingat detik-detik menjelang pertemuan pertama dengan Mbak Rien di sebuah ruang tunggu di Soeta. Pakai dag dig dug der segala. Seperti mau kencan pertama saja. Hahaha... katrok ya... biarin ahh #meletmodenon.

Sebuah berkah dari ngeblog. Silatuhrahmi menambah rezeki!

Rezeki? Kog bisa?

Jadi gini,

Setelah menghabiskan waktu berkualitas bersama saat open trip selama hampir 4 hari, masing-masing kami tentu dong membawa kesan pribadi semua pengalaman yang terukir dalam perjalanan ini.

Kabar baiknya adalah hampir semua kami memendam keinginan yang sama. Ingin merasakan lagi dan lagi petualangan tak terlupakan. Keinginan ini bahkan lahir saat perjalanan belum usai. Luar biasa!

Beberapa hari setelah kembali ke kota masing-masing, kami sepakat untuk berbagi kisah perjalanan melalui domain pribadi dan kebetulan semua memakai dotcom. Tak lupa kami juga saling memberikan backlink berkualitas. Beberapa artikel mampu menduduki halaman pertama di google, termasuk tulisanku.

Duh senangnya. Indahnya the power of silatuhrahmi ya. Satu lagi keunggulan menggunakan top level domain.


Tawaran Jalan-Jalan Gratis

Woi, tunggu dulu... belum selesai nih bagian rezekinya, kog sudah alinea baru sih!

Tenang... ini lanjutannya.

"Mbak, ada tawaran jalan-jalan gratis, nih!"

Lagi-lagi Mbak Rien menghubungi lewat sebuah pesan.

Entah mengapa sejak kejadian kirim pesan pertama, aku punya firasat alias geer tingkat dewa kalau Mbak Rien kirim pesan begini, I assuming something good about to happen!

Masih mencoba terlihat menjawab dengan normal aku mengetik dengan kecepatan wajar, meski jauh di dalam sini adrenalin mulai mengambil kendali.

"Alhamdullillah"

Etapi, serius nih mbak?

Pertahananku jebol, aku bertanya sembari langsung membenahi posisi duduk sambil membelalakkan mata membaca pesan sekali lagi dengan teliti, takut hurufnya berganti. Hihihi...

Iya mbak. Ada undangan dari dinas pariwisata Lampung, pesawat, hotel dan akomodasi semua ditanggung.

Tak tunggu lama segera aku sujud syukur, berbisik lirih di lantai dingin rumahku, Alhamdullilah ya Allah.

Kembali domain dotcom memperlihatkan 'taringnya' meski jika dibandingkan dengan praktisi blog lainnya, 'keperkasaan' ini mungkin baru sebesar titik di belakang kalimat ini.

Sampai detik ini aku masih sering merasa emosionil. Bahwa kecintaanku akan ngeblog mampu menerbangkanku dari Balikpapan ke Lampung, lintas propinsi dan geografi dengan pesawat Garuda, untuk meliput Festival Krakatau 2016, menjadi bagian dari even pariwisata nasional dan atas undangan resmi pula. Boleh dong kibas poni, ya, hahaha...

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com

Bepergian dengan Garuda adalah sesuatu hal yang jarang aku nikmati. Mengingat harga tiket yang tinggi hampir bisa dipastikan jarang sekali menggunakan layanan penerbangan ini. Lebih nyaman memilih maskapai dengan biaya kompetitif yang sering menawarkan harga promo. Nyaman di kantong tentu saja, hahaha... Hush!

Pernah sih terjadi beberapa kali itupun saat menjadi pendamping buah hati karena pernah berhasil menjuarai beberapa even nasional dan panitia menanggung semua pembiayaan serta saat ke Osaka waktu diajak sahabat dunia maya, pemenang lomba cerita sebuah detergen terkenal.

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com

Saat menuju Lampung, selama dalam pesawat tak pernah aku memejamkan mata sedetikpun. Aku sibuk dengan kamera dan majalah. Satu saat aku larut mengabadikan berbagai penampakan fenomena awan dan di kesempatan lain membaca inflight magazine yang segar dan elegan, kaya pilihan konten serta menikmati hasil karya fotografi bintang lima.


Ngeblog Dengan Top Level Domain Bukti Keseriusan Mengelola Blog

Pelan-pelan berbagai tawaran dari agency mulai aku dapatkan. Belajar negoisasi rate card sembari terus belajar dan belajar cara ngeblog yang baik.

Aku belajar dari mana saja baik offline dan online. Bloger junior atau senior.  Yang paling membuat aku terharu jika ada sahabat yang menulis pesan dan berkata sangat terinspirasi dan ingin mengikuti jejakku. So sweet!

Semua ini semakin membuatku semakin yakin bahwa ngeblog dengan top level domain membuat orang yakin bahwa kita sangat serius dalam mengelola blog.

Seiring waktu aku kembali membuktikan sekaligus menemukan keunggulan menggunakan top level domain.

Kini dengan penuh keyakinan aku mampu memberi rekomendasi agar tak perlu mengalami kegalauan seperti aku dulu saat memutuskan untuk memiliki domain berbayar. Terutama jika telah yakin ingin membangun personal branding atau bisnis online.

Mendapat tawaran sponsored post pertama di bulan September 2015 lalu, kembali menambah daftar keunggulan menggunakan top level domain dotcom yang telah terbukti dan aku nikmati, dan semoga bisa menjadi referensi.

Silatuhrahmi Yang Menambah Rezeki

Lewat domain dotcom aku juga berkesempatan mencoba produk baru yang terkadang masih belum diluncurkan di pasaran, mendapat undangan menghadiri seminar atau kampanye peluncuran produk baru sekaligus bertemu orang baru serta berbagi pengalaman baik secara offline dan online.

Menjadi bagian dari komunitas bloger, memperoleh informasi blogging jobs bahkan untuk beberapa kasus langsung dari tangan pertama, jadi berkesempatan untuk negoisasi rate card lebih terbuka dan yang paling tak terlupakan mendapat undangan resmi yang dihargai karena karya dan ekspresi sebagai seorang bloger.

Keren dan Profesional

Untuk yang satu ini, aku tak perlu ragu lagi. Memiliki situs dengan nama sendiri dan diikuti domain dotcom adalah prestise. Terutama saat berbagi cerita dengan sahabat dan diminta menyebut nama blog. Aku kerap mendapat aura takjub itu, meski sesaat, iya meski sesaat, namun begitu kuat.

Ahhh... kau harus mencobanya, sobat! So...cool and professional!

Motivasi Ngeblog Lebih Baik

Apalagi yang ini. Memiliki dotcom yang bersanding dengan nama sendiri memberikan motivasi untuk ngeblog lebih dan lebih baik, karena personal branding menjadi taruhannya. Ini adalah tentang karya dan ekspresi yang ingin aku bagi kepada dunia.

Ngeblog adalah sesuatu yang aku suka, bikin aku bersemangat untuk bangun setiap pagi, setiap hari! Kamu juga bisa alami, for sure! Meski kadang kala kebosanan juga gemar menggoda, itu biasa. Langsung Google saja obatnya, gampang! All you need just one click, that's it!

Yang utama kau harus suka dan cinta dulu dengan ngeblog. Bukankah kita jadi sangat berenergi jika melakukan dan menikmati kehidupan dan karir yang kita sukai?

Kesayangan Google

Meski belum se'gesit' bloger senior namun beberapa kata kunci mampu menempatkan blog domain dotcom pribadi aku di halaman pertama google seperti cara hebat eksplor bakat, berani lebih eksplorasikan diri, bahaya buruk sangka, tips jitu umroh saat musim dingin, sensasi lift dan eskalator transparan, rahasia agar tetap energik dan cantik serta cara afdol menikmati batu dinding.

Semua hal ini semakin mendongkrak kepercayaan diri!

Bahwa menjadi bagian dari #DotComForBlogging adalah salah satu cara menjadi kesayangan Google, di tengah menjamurnya artikel update dari para bloger pemula yang potensial setiap hari.

Memang memilih domain yang tepat memang bukan hal mudah. Kudu menyesuaikan dengan identitas dan citra yang akan dibangun. Misalnya jika ingin membangun branding tentang bisnis perjalanan tinggal menambahkan kata kunci yang berkaitan dengan dunia perjalananan dalam domain.

Domain juga harus gampang diingat dan sudah dipercaya secara internasional, misalnya domain dotcom.

Atau seperti aku yang menggunakan perpaduan nama panggilan dan nama di KTP sebagai personal branding dalam ngeblog. Biar gampang diingat, annarosanna.com. Gimana, kamu suka?

Penting diingat, nama domain hanya tersedia satu maka kita harus bergerak cepat sebelum keburu diklaim orang lain.

Ayo buktikan keunggulan menggunakan top level domain versimu dan segera klaim domain impian dan pilihanmu sendiri.

Nah, semoga 4 keunggulan menggunakan top level domain .net/.com untuk ngeblog ini bermanfaat ya!




130 komentar:

  1. kl saya pakai nama sendiri sbg branding krn justru paling payah menentukan nama blog yg gampang diinget sm orang :))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sama aku juga, sekaligus keren juga apalagi kita dengar saat diucapkan, melayang deh. hehehe...

      Hapus
  2. wow prestasinya banyak banget ya, aku malah baru rela rogoh kocek tahun ini hehe dan nggak nyesel, suerr ada aja tawaran hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga menyesal. Menyesal, kenapa baru sekarang. Hahaha...
      Iya, ada saja rezeki ya, mbak. Insya Allah.

      Hapus
  3. Aku terbilang lambat menyadari harusnya ganti TLD. Baru pas 2014 akhir. Padahal aku dah ngelola beberapa blog bisnis dot net sejak 2011 an. Wkwkwk.... gapapa deh telat daripada tidak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju. Lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali.

      Hapus
  4. Aduh, kalau yang ini kayaknya lomb SEO deh mbak...aku mundur teratur klau SEO....gak paham blas..... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga lagi uji nyali nih, mbak. Sedang belajar menggali potensi.

      Hapus
  5. IYa, sejak ganti TLD emang beda. Terutama visitor dan pageviews naik terus :))

    BalasHapus
  6. kayaknya aku harus beralih ke dot com ni biar dapat liburan gratis ... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Mas, buktikan sendiri keunggulannya sekaligus dapatkan promonya!

      Hapus
  7. kalau sudah TLD jadi memacu semangat untuk sering update blog, sayang kalau dianggurin mbak

    BalasHapus
  8. Eeuh, keren iih Lampungnya. Pengen juga...xixixi. Tapi belum kesampaian keliling Lampung.

    BalasHapus
  9. aaaah serunyaaa bisa jayan jayan gratis dr ngeblog. tp emang bener sih smnjk pake dotcom jd pny tanggung jwb lbh ke blog. klo dulu wktu msh pke gratisan msh suka cuek, kadang ngepost kdn enggak. sekalinya ngepost isinya curcol mlulu. hehehehe. sekarang insyaAllah uda lbh diniatin nulisnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dotcom membuat kita termotivasi ya mbak.
      Sama dong! :).

      Hapus
  10. kalau buat seo baguisnya yang mana ya mbak terus beli di indo sama luar bedanya apa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung pesan ke DotComForMe, bisa konsultasi juga.
      Buktikan sendiri pelayanannya.

      Hapus
  11. Keren! Salut sama si kk cantik ini bah..selalu semangat...kagum aku padamu kakak..sehat sehat terus ya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dong, aku juga sering meleleh dengan karya dan ekspresi dirimu yang menginspirasi.
      Mari kita saling berbagi dan semoga dunia jadi lebih lebih baik ya. Aamiin.

      Hapus
    2. Balek2 aku terus ke blogmu kak...macam2 ada kekuatan cinta kutengok diantara kita :D

      Hapus
    3. Ku rasa pun, kek gitu laaa! Mati kita! :).

      Hapus
  12. Setuju mbak Rosanna ... TLD emang te oo peh! tinggal memaksimalkan supaya "taring"nya makin terasa ya mbak. Thanks mbak inspirasinya :) .. sukses terus yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, iya biar tambah runcing sang 'taring':).
      So, tiada hari tanpa belajar, dari siapa saja, kapan saja!

      Hapus
  13. Keren Mba luar biasa tapi aku juga berkat ngeblog bisa dapetin gratis jalan2 ke KL..
    sukses sll y mba dan terus menginpirasi ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat ya. Ngeblog dengan dotcom membuat kita termotivasi ya, sungguh!

      Hapus
  14. saya juga jd kepikiran utk men-TLD kan blog buku dan dapur :)

    BalasHapus
  15. Hi Mbak Annaa.... pas banget nih temanya aku belum ada sebulan upgrade ke TLD, tapi emang ngga bisa instant sih yaa baru ganti tetiba banyak tawaran kerja sama haha intinya berproses dan jadi inget kata Mba Andra Alodita yang terpenting adalah kontennya dulu, kalo kontennya bagus mau pake TLD atau blog gratisan inshaAllah ada aja rezekinya hihihi... waaah asik banget mba Anna akhirnya dapet tawaran travelling gratis yaa hehehe sukses terus ya Mbaak :D

    www.inkaparamita.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdullillah. Setuju. Content is the King! Cuma, ada cumanya nih, ada beberapa agensi yang mensyaratkan TLD untuk bisa ikutan lomba atau persyaratan untuk monetize blog lainnya.

      Yang pasti, jadi lebih termotivasi ngeblog lebih baik dan lebih baik.

      Hapus
    2. ooohh gitu yaaah .. yang pasti bakalan lebih dilirik dan didahului lah yaaa... siip betuuul jadi makin semangat nih aku hehe makasih sharingnya mbak Anna :)

      Hapus
  16. asyiik... bisa halan2 gratis karena pake dotcom :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak. Kadi semakin serius dan semangat ngeblog berkat dotcom

      Hapus
  17. Dot com mempertemukan kita ya kakaaaak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup. Untung ada dotcom, ne! :).
      Jadi tambah termotivasi dan semoga bisa jalan bareng lagi ya, kakaaak...

      Hapus
  18. Aku dari tahun lalu pengen hijrah ke .com tp belum juga terlaksana mbaak. . Hmmm padahal uda ngeblog dr tahun 2011. Resolusi 2017 pengen hijrah beneran. Semoga terlaksana. Banyak banget keuntungannya soalnya yaa. . Tfs mbaak anaa. Inspiratif banget mbak ana mah 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hijrah sekarang di DotComFor Me bisa dapat promo lho.
      Jadi cuma bayar Rp 100.000 saja. Tapi... cuma sampai 22 Desember 2016. Ayo buruan ke TKP!
      :).

      Hapus
    2. Waah iyaa mbaaak. . Ini aku meluncur ke sana 😁

      Hapus
    3. Have fun, dear dan langsung ikutan lombanya ya...

      Hapus
  19. Waaah bagus sekali bunda pengin sekali punya blog dan menulis semuanya
    sukses bunda Ros

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk, bikin blog dengan TLD .com atau .net.
      Mumpung lagi promo, ne! Buktikan sendiri berbagai keunggulannya.

      Hapus
  20. setelah sekian lama akhirnya dotcom juga ya kak ros!

    good luck for the competition

    BalasHapus
  21. TLD emang nambah rejeki Mba, alhamdulillah paksaan temen2 ikutan TLD ternyata ngga sia2 & ngga bikin aku nyesel :D

    BalasHapus
  22. Top domain memang memudahkan segala hal dalam ngeblog ya mbak. Semangat trus mbak, semoga suatu saat bisa kopdar ya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah, Aamiin.
      Apalagi di Aceh banyak tempat wisata yang masih perawan ya. Asyik tuh dieksplor!

      Hapus
  23. Lain emang ya kalau punya rumah sendiri, gak pake numpang.
    Saya juga senang telah men-TLD-kan blog :)

    BalasHapus
  24. Pake TLD jadi lebih serius monetize blog ya Mba', sukses untuk lombanya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, tambah semangat, seperti ada manis-manisnya gitu :).

      Hapus
  25. Ngeblog bs jalan2 asyik, gratis pula, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang banget ya kita mendapat apresiasi lewat karya dan ekspresi yang sangat kita sukai. Setiap hari bangun dengan semangat. Semangat adalah energi!

      Hapus
  26. Berkah ngeblog seru banget ya bisa jalan-jalan, alhamdulillah keren deh kisahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. TLD memang bisa jadi salah satu cara memompa semangat ngeblog ya, mbak.

      Hapus
  27. Wih.. MAUDONK di kasih domain. hh dibagi... ini juga ya. Cara Cepat & Mudah Mengubah File PDF Ke Microsoft Word Gratis. http://alimpolos.blogspot.co.id/2016/11/cara-cepat-mudah-mengubah-file-pdf-ke.html

    BalasHapus
  28. Balasan
    1. Apalagi sudah pakai domain sendiri, tambah semangat ngeblognya, Mas Bambang, jadi bisa terus diundang nih sama Mas :).

      Hapus
  29. Setuju kak... kalau udah pakai dotcom rasanya tambah semangat ya ngeblognya hehehhee :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yok,i- soalnya, personal branding kita menjadi taruhannya.

      Hapus
  30. Terlihat profesional kalo pake dot com dan lain lain Mba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju! Keren, apalagi, ajangan ditanya. :).
      Tiang, mana tiang. Hihihi... takut terbang.

      Hapus
  31. setuju, mbak anna. sejak migrasi ke .com, saya pun makin eksis. Mulai ditawari job dan di Google makin diperhitungkan. Trafik terus naik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, ayo yang lain, segera bergabung dengan #DotComForBlogging!

      Hapus
  32. Buah manis dari menggunakan domain dot com, menghantarkan kak Ros pada berbagai kisah indah. Dari rejeki, sahabat, dan pengalaman berharga. Alhamdulillah. Selamat ya kakak. Bahagia jadi blogger, jadi mengenal seorang Kak Ros yang semangatnya menggebu dan selalu penuh gairah. Salut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indahnya saling berbagi, ya dear.
      I do believe that sharing is caring.

      Hapus
  33. karena .com mempertemukan kita ya mba. Dunia blogging itu indah dan asyik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Barbie, terima kasih .com nih judulnya.
      Dotcom memang membawa berkah.

      Hapus
  34. waahhh.....mupeeeeng
    seru ya bisa ke lampung...eh ketemu si berbih ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak. Ini dia salah satu keunggulan menggunakan top level domain, ketemu Barbie di Lampung. Menambah sahabat, menambah rezeki.

      Hapus
  35. Keren sekali bun, jadi berpikir apa mau ikutan jejak bunda nih, hihi. Merubah blog ke top level domain. Sukses selalu ya bunda :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk, buruan, mumpung masih ada kesempatan, mendapat potongan harga yang lumayan.

      Hapus
  36. Wah Mbak sudah pernah jalan2 sampai ke Gigi Hiu, saya malah belum pernah nih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku saja masih pengen mengulang keseruan di Gigi Hiu meski diperlukan fisik dan stamina prima, namun setimpal dengan kepuasan menikmati setiap detik momen yang membuat kita menganga. Membantu semakin mendekatkan diri kepadaNya.

      Hapus
  37. Top Level Domain memang wajib digunakan untuk para Blogger dan Traveller hebat seperti Mom Ros! Kereeenn mom, sukses selalu ya 😇💜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, Mom. TLD membantu agar ngeblog lebih semangat dan termotivasi.

      Hapus
  38. Aku juga dulu bingung tld sih apaan? ngapai juga. Dan pastinya musti rogoh kocek itu yg bikin mata menyipit hihihi..
    Asyik ulasannya Mbak, memang dengan tld terus lebih serius ngeblognya Makin sukses blognya ya Mbak. Salam kenal darikuh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjunggan balik aka kunbal.
      Benar, dengan TLD ngeblog semakin PD. :).

      Hapus
  39. Menjadi blogger seperti memiliki profesi penuh kreativitas ya mba, jadi banyak have fun juga yg di dapat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menggunakan TLD salah satu bukti keseriusan ngeblog sekaligus menambah jaringan menambah rezeki ya, mbak

      Hapus
  40. wihhh..mantaff deh mba ros artikelnya..sungguh luar binasa..ehh...luar biasaa....heheh
    saya sudah pakai dotcom, kadang hawa malas yang selalu menghantui sayaa..hehe/....
    ulasan nya duhh membuat saya lebih semangat lagi deh ngblognya pokoknya mba
    makasih infonya mba ros
    salam kenal...

    BalasHapus
  41. malam mbak, ru pertama kali mampir kesini. semoga mbak semakin semangata berbagi dan nulis nya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih. Insya Allah tambah semangat, apalagi pakai TLD dan personal branding yang menjadi taruhannya.

      Hapus
  42. Pakai top level domain memang banyak keunggulannya. Makin semangat juga ngeblognya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup! Tambah termotivasi untuk belajar ngeblog lebih baik dan lebih baik lagi, kapan dan di mana saja.

      Hapus
  43. dan aku masih maju-mundur-cantik untuk boyongan ke TLD..hihi...

    BalasHapus
  44. sejak pakai TLD dotcom emang berasa byk keuntungannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, yang pasti tambah PD dan semangat ngeblog ya.

      Hapus
  45. Aku baru 2 bulan nih pake TLD dan emang bener banget udah mulai terasa bedanya. Dari pengunjung mulai naik, kemudian semangat bloging juga lebih gede.

    BalasHapus
  46. samaaa, saya juga terkompori sama teman-teman blogger, akhirnya beli domain .com deh. tapi saya ngga cukup pede dengan nama Arinta. Kenapa? karena blog saya waktu masih blogspot udah lebih dikenal. jadi saya beli domain dengan nama kayusirih.com hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting gampang diingat pembaca ya, mbak.

      Nanti kalau mau buat lagi coba bikin arintadoang.com atau nonaarinta.com.

      Gimana, keren?

      Hapus
  47. uuhh kece badai kiprahnya mba Anna...
    Berkah ngeblog bisa mengantarkan ke Lampung. cakepp lahhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku yakin, kamu juga bisa, Rohmah!
      Dengan .com apa yang tak mungkin? Setuju?

      Hapus
  48. Setuju banget mba... kesan profesional jadi dapet kalau pakai domain TLD

    BalasHapus
  49. Saya juga lebih memilih dot com karena lebih friendly

    BalasHapus
  50. Selamat sore BU, saya baru berkunjung ke blognya ibu hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini kunjungan perdana dong ya. Please jangan kapok ya :).

      Hapus
  51. keren banget,, tq bun,jadi tau keunggulannya apa aja

    BalasHapus
  52. keren bun,, jadi tau kita keunggulannya apa aja

    BalasHapus
  53. Menarik. Tapi kalo boleh usul sih, dibagi jadi beberapa judul biar ngga scroll ke bawah terlalu banyak.

    BalasHapus
  54. kalo udah TLD, job review juga lancar ya bu :)

    BalasHapus
  55. top domain net atau com bagi aku sih udah kaya branding diri. sayang kalau blog udah kece cetar membahan kaya kakak ini ngga ada branding nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus bikin kita lebih termotivasi untuk belajar ngeblog lebih baik dan lebih baik lagi, terus menerus menggali diri.

      Tarik mang...

      Hapus
  56. Wahhh keeereenn...semoga tambah sukses ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, Cil. Sukses juga buat dunia kontesnya ya...

      Hapus
  57. Kereeeen euy...jadi prngen diajarin ngeblog pake Eda..

    BalasHapus
  58. wah kalo top domain net atau com itu sudah kewajiban emang sih bisa memudahkan kita buat promo dan juga banyak yang bakal tengok lapak gitu ehehhehe...sukses selalu mbaa Ros...jangan lupa aku minta Vote Kerala yaaa *eh tetep jualan ....

    BalasHapus
  59. Bikin iri bc blog tante q sayang nie.. .😘😘😘

    BalasHapus
  60. Menggunakan domain dot com untuk blog adalah impian kepada semua blogger yang ada cita-cita besar untuk berjaya besar. Saya sudah lebih enam tahun menggunakan denaihati.com. ayooo tonton video kehebatan menjadi blogger @ https://youtu.be/REPyKN1TQjI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, ini salah satu tool untuk membangun personal branding ya, Bang.

      Jom, aku pergi ke tkp, yaa

      Hapus
    2. Huaaaa asiiiik. Dari dotcom bia jalan-jalan gratis, ya. Aku belum pernah kesampaian jalan-jalan ke Sumatera, nih.

      Hapus
    3. Insya Allah, pasti ada caranya, Insya Allah.

      Hapus
  61. Waaa undangan traveling-nya keren2 banget, mba 😁 dotcom memang lebih ngeh bagi orang lain. Kadang cukup bilang nitalanaf, mereka udah tau kalau nitalanaf[dot]com 😁

    BalasHapus
  62. Banyak yang saya dapatkan ketika migrasi ke domain DotCom ..

    Nice Artikel :)

    BalasHapus
  63. TLD memang yang terbaik, senangnya bisa dapat berkah dari sini. Keren :D

    BalasHapus
  64. wih keren mba... dan aku setuju, ngeblog dotcom banyak banget manfaatnya, khususnya kalau ada job review hehe

    BalasHapus
  65. Punya dotcom sendiri itu tak pernah rugi. Branding saya meningkat pesat sejak saya meninggalkan domain Blogspot dan memilih TLD.
    Agensi lebih percaya pada blogger dengan TLD karena TLD bisa dibundle dengan laporan Google Analytics yang bisa memberikan info tentang hasil kerja blogger tersebut.

    Saya sendiri jarang banget nemu blogger dari domain gratisan yang kinerjanya cukup bagus untuk menarik perhatian pembaca, kecuali mungkin Dhanang Sukmana dari Solo.

    BalasHapus

Holaaa...!
Terimakasih ya sudah berkunjung ke sini.
Mohon maaf komentar kudu dimoderasi sebelum dipublikasi.