Ini Dia 5 Tempat Wisata Populer di Garut

Tempat Wisata Populer di Garut
sumber foto: www.penabiru.com

Ini Dia 5 Tempat Wisata Populer di Garut.

"Masya Allah, di mana itu Bun, Indonesia?"

Putriku semata wayang, Yasmin, berhenti di sampingku sore itu lalu turut menatap layar notebook yang menampilkan view keren sebuah tempat wisata populer, yang menjadi hadiah utama sebuah kontes fanspage konsultan paket liburan yang sedang aku ikuti.

"Di Bali, sayang"

Selanjutnya kami segera tenggelam menikmati beberapa tampilan villa kece itu, Karma Kandara. 

So... perfecto!

Rata-rata memberikan penilaian 5 bintang. Awesome!

Selanjutnya beberapa link membawa kami ke foto-foto indah pengantin. Pasti ya segala sesuatu yang indah dikaitkan dengan pernikahan. Mata seolah dimanjakan dengan pesona bentang alam yang tak berkesudahan. 

Yang paling menyita perhatian adalah pernikahan yang dilakukan di sebuah tebing yang di bawahnya membentang pantai indah berpasir putih. Semua tamu mengenakan outfit bernuansa putih. Sakral plus kemurnian jelas terbaca di sini.

sumber foto: indolife.net

Sesaat ingin banget bertukar tempat dengan pengantin perempuan, dan buru-buru #benerinkonde.

Pasti kamu jugakan?

Bicara Bali langsung ingat lirik lagu Kuta Bali Andre Hehanusa deh. Lirik yang mengharu biru mengaduk-aduk perasaan, bagai ikut kasmaran. Iya ini lagu hit zaman kita. Kita? Loe aja kali sendiri! Hihihi... maaf yak berasa semua pembaca seumuran beta.

Terutama lirik yang ini, "bersemi dan tetap akan bersemi, mewangi dan tetap akan mewangi..." 

Namun ternyata belum rezeki mengunjungi Bali. Kuis yang aku ikuti hanya mampu memberikan hadiah gratis menginap di hotel, tapi minus tiket pesawat terbang yang kami gadang-gadang. Gagal maning, gagal maning. 

Hus, itu namanya belum rezeki, kakaaa...

Eh, iya, benar juga.

Ke Bali urung, aku malah diundang meliput Festival Krakatau oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  (Parekraf) Lampung.

Salah satu agendanya adalah mendaki gunung Anak Krakatau. Bersama teman blogger dan fotografer kami mengalami kejadian luar biasa, menyeberang ke Selat Sunda dengan kapal kayu tanpa pelampung penyelamat. Alhamdullilah, untung semua kami selamat.

Semua pengalaman mendaki perdana ini sangat membekas di hati. Berawal dari rasa tak percaya diri karena sebelumnya 6 jam mengarungi lautan sanubari, kemudian perlahan beranjak berubah menjadi ajang uji nyali berkat partner pendaki yang sangat berenergi dan mencapai klimaks saat tiba di puncak Anak Gunung Krakatau dengan bermandi peluh di sana-sini.

Rasa puas itu, amazing banget!

Sejak saat itu aku jadi rajin cari tahu tentang pendakian, terutama untuk hamba si kelas pemula ini, teman.

Nah tempat wisata populer berikutnya yang ingin aku datangi adalah Gunung Payandayan di Garut.

Berdasarkan mini riset yang aku lakukan #benerinkrah baju, Garut termasuk kota dengan tempat wisata yang lengkap. 

You name it, laa.

Wisata ziarah, wisata belanja, wisata keluarga, wisata kesenian dan kebudayaan, wisata alam hingga yang paling menggoncangkan dunia, wisata kuliner. Hahaha... Mau protes? Dilarang protes!

Berikut  5 tempat wisata populer yang wajib dikunjungi di Garut.

1. Gunung Papandayan

  • Dengan ketinggian 2665 mdpl, gunung dengan jalur pendakian landai ini, sangat bersahabat buat pendaki pemula. Panorama kawah belerang, hutan mati dan hamparan karpet padang bunga edelweis di Tegal Alun bisa dijumpai saat pendakian. Bisa selfie sampai pegal, namun tetap menjaga kebersihan ya, gaess.
Tempat Wisata Populer di Garut
sumber foto : www.penabiru.com

Nah yang demen horor, ada juga hutan mistis di sini lho. Nih penampakannya

Tempat Wisata Populer di Garut
sumber foto : atapjawa.blogspot.co.id

Atau narsis bareng edelweis.

Tempat Wisata Populer di Garut
sumber foto: www.muhdhito.me 

2. Curug Sang Hyang Taraje 

  • Berjarak 50 km dari kota Garut, curug dalam bahasa Sunda berarti air terjun masih sangat alami, sedangkan hyang berati dewa, dan taraje artinya tangga. Nah, sudah tahukan selanjutnya mau kemana? Yup kira-kira terjemahnya tangga para dewa menuju khayangan alias dunia maya. Internet, dong! Emang dewa main internet?
Terletak di kecamatan Pamulihan, desa Pakenjeng. Topografi lokasi berupa perbukitan dan lembah.
Namun diperlukan tekad baja untuk sampai ke tempat mistis ini. Kalau kamu termasuk mager tak perlu capai-capai bermimpi.
Terutama rute dari desa  Pakenjeng sampai ke lokasi curug, cukup memompa adrenalin dan olala... degup jantungpun seperti tak mau redup.
Tempat Wisata Populer di Garut
sumber foto : www.kecamatanpamulihan.org
Bagaimana tidak?

Jalanan yang jauh dari mulus, turunan tajam dan panjang, sempit dan bergelombang serta di sebelah kanan langsung... jurang! Namun saat mendekati curug, suara gemuruh seperti memanggilmu, ingin mendekapmu.


3. Pantai Rancabuaya
Tempat buaya atau mirip buaya? #mendadakkepo.
Setelah bertanya sama si mbah, ternyata Ranca artinya habitat tempat kawanan hewan tertentu di daratan rendah atau sama dengan rawa seperti buaya, ular, biawak, badak atau kerbau dan lain-lain.
Mungkin dulu sebelum ada manusia pantai ini tempat kongkow-kongkownya buaya-buaya darat. Namun ada juga sebagian yang menafsirkan bahwa bentuk pinggiran pantai ini seperti buaya.
Berada di desa Purbayani, kecamatan Caringin kabupaten Garut, pesisir pantai Rancabuaya menawarkan hamparan pasir putih halus. Sinergi pohon ketapang, nyiur melambai, deburan ombak di kejauhan, aneka tonjolan karang yang kontras dengan biru lautan mampu hadirkan hasil bidikan fotografi yang menakjubkan.
Lokasinya yang jauh dari keramaian hadirkan perasaan tenang dan saatnya menjemput keheningan.
5 tempat wisata populer di Garut
sumber foto: http://www.tripntale.com

4. Situ Bagendit
Nah tempat ini cocok banget buat wisata keluarga. Terletak 4 km dari kota Garut dan dapat dijangkau dengan berbagai moda kendaraan. Mengelilingi danau dengan rakit unik, sambil menikmati pemandangan indah dan bermain sepeda air dengan anggota keluarga bisa membantu memberikan tenaga dan kecerianan baru dan menghilangkan penat aktivitas rutin selama seminggu.
Tempat Wisata Populer di Garut
sumber foto: www.bestindonesiatourism.top

5. Kebun Mawar Situhapa 

Sudah biasa dengan wisata air panas dan air terjun? Nah boleh deh main ke kebun mawar Situhapa.
Kebun mawar ini menawarkan wisata unik. Desain taman ini memiliki 2 jalur lintasan utama, satu lintasan utama memanjang sejajar bukit dan lintasan utama kedua bersilangan dengan lintasan utama pertama. Duh, ribet banget yak bahasanya!
Lokasi kebun mawar memang dirancang dalam bentuk pulau-pulau yang menghasilkan ruang-ruang di antara pulau. Pulau-pulau tersebut terdiri dari beberapa zona seperti zona mawar, azalea, begonia, cana serta tanaman air lainnya.
Zona mawar Damascena yang memiliki harum paling wangi menempati lahan paling besar sehingga terciptalah hamparan bunga mawar.
Bayangkan kamu berdiri di antara lansekap mawar dengan latar belakang pegunungan, awan dan biru langit. Dijamin mata lupa berkedip.
Kebun mawar ini juga dilengkapi fasilitas bermain anak dengan beberapa wahana permainan yang menambah keseruan liburan.
Tempat Wisata Populer di Garut
sumber foto : www.buahhatiku.com

Nah itu dia 5 tempat wisata populer di Garut yang berhasil aku temukan berdasarkan mini riset, jadi sifatnya personal banget ya.

Untuk urusan akomodasi, tenaaang... ada banyak pilihan hotel di Garut, murah dan bertabur promo, yang dapat ditemukan dengan cepat, tepat dan mudah.

Jadi, kapan kamu ke tempat wisata populer di Garut?




18 comments:

  1. Uang kalau Garut banyak banget tempat wisatanya ya Mbak. Semuanya cantik-cantik dan Instagramble. Dan villa di Bali itu juga sudah kepengen lama ingin nginap di sana tapi belum kesampaian :)

    ReplyDelete
  2. Belum pernha ke Garut, heheehhe
    Gunung Papandayan menarik banget kalau didaki kayaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut beberapa tulisan, Papandayan cocok untuk pemula, meski tetap harus tunduk pada syarat dan ketentuan pendaki,xixixi...

      Delete
  3. Garut pernahnya ke pemandian air panas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo sis, dicoba lokasi di atas, dijamin membekas

      Delete
  4. Hutan mistis itu hutan gimana, Mbak? Saya tahunya situ bagendit. Boleh nih ke Garut....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hutan mistis itu adalah hutan yang terbentuk sebagai akibat letusan gunung Papandayan beberapa tahun lalu, namun pohon-pohon mati itu tetap berdiri tegak dengan tanah disekelilingnya berwarna putih. Balutan halimun menambah lengkap kesan mistis.

      Delete
  5. Akkkk garut, rencana kesana dr dl gagal, eh terakhir malah banjir bandang :( #savegarut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pas ke Garut, ingat tulisan ini ya kakaa...

      Delete
  6. Memang gak salah lagi garut harus menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan ya teh terutama untuk orang jawa barat tapi luar jawa barat juga harus dong ke garut, kalau saya mah kegarut teh mau ke kerabat dekat teh dan belum pernah berwisata tapi kalau hanya melihat mah pernah.

    ReplyDelete
  7. Mba Rosanna, aku ke Garut tapi numpang lewat aja. HIhiii
    Asyik nih bisa jaid pilihan :)

    ReplyDelete
  8. Kapan aku bisa kesini kak? tempatnya enak banget buat hunting photo kece yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang, kalau rezeki, tak lari kemana.
      Terus, kalau neng Dewi yang foto, yang biasa pasti jadi luar biasa!

      Delete