Sabtu, 17 Desember 2022

World, Meet, First Autonomous Vehicle, at Green Office Park BSD City

World, Meet, First Autonomous Vehicle, at Green Office Park BSD City

First Autonomous Vehicle, sudah hadir lho di Green Office Park BSD City. Seriuosly? Let's find out together, then!

first autonomous vehicle at green office park bsd city
first autonomous vehicle at green office park bsd city

Sejujurnya, Autonomous Vehicle (AV) atau kendaraan tanpa awak sudah sering aku lihat saat menikmati film genre futuristik seperti Film Seri TV The Buck Rogers. 

Ada juga mobil KITT di film seri TV legendaris Knight Rider yang bagai manusia, bisa berbicara, guyon bahkan emosionil. 

Namun aku sungguh tidak menyangka bahwa negaraku Indonesia, akan menjadi bagian dari inovasi teknologi ini.

World, meet, Navya Arma, Autonomous Vehicle bus otomatis pertama di Indonesia, kini hadir di the Breeze BSD City.

Bus Otomatis Pertama di Indonesia ada di the Breeze BSD City

Masih ingat dong tulisanku tentang investasi rumah di Balikpapan Grand City Balikpapan, Kalimantan Timur yang merupakan salah satu bisnis properti Sinar Mas Land.

Iyes! tulisanku kali ini juga masih tentang Sinar Mas Land, namun dari proyek pulau Jawa tepatnya di kota mandiri BSD City.

Sepertinya nih, Sinar Mas Land semakin menegaskan untuk terus berkontribusi dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) - Sustainable Development Goals.

first autonomous vehicle mendukung sdgs

Well, perdana di Indonesia, pengoperasian Navya Arma, First Autonomous Vehicles, bus otomatis pertama berbasis baterai di the Breeze BSD City adalah satu bukti dari berbagai inovasi Sinar Mas Land untuk mengembangkan kota pintar berenergi hijau yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Kehadiran teknologi ini sejalan dengan visi hijau kawasan Green Office Park (GOP) yang telah tersertifikasi sebagai green mark district pertama di Indonesia dari Building Construction Authority (BCA ) Singapore.

So, Fix. Bukan kaleng-kaleng ne!

Tahukah kamu?

Bukan hanya itu saja, seluruh gedung perkantoran yang dibangun di dalamnya, diklaim telah mendapat sertifikasi green building dari Green Building Council Indonesia (GBCI).

Wah, jadi kepo, pengen menikmati sekaligus merasakan nuansa green building dan sensasi naik moda transportasi listrik tanpa awak ini.

Bahkan Bapak Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan perhatian lho saat peresmian Mei 2022 lalu.

Teknologi ini dinilai mampu mewujudkan transportasi masa depan bagi pembangunan kota pintar yang sustainable di tanah air.

Aku langsung membayangkan moda transportasi ini di IKN. 

Who knows!

Kalau kamu?

First Autonomous Vehicle Hadir di G20 Bali

Jadi, inisiatif teknologi ini ternyata merupakan kelanjutan dari kemitraan strategis antara Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation, didukung pendanaan dari JICA, Japan International Corporation Agency, Mitsubishi Corporation bersama MACNICA Inc.

Uji coba tahap pertama Navya Autonom pun sukses di Shuttle  Q-Big City BSD (pusat perbelanjaan dan gaya hidup yang dibangun dengan konsep ramah lingkungan, lengkap dengan material eco friendly dan fitur bangunan hemat energi) pada bulan Mei hingga Juli 2022 lalu.

Bahkan pada peresmian Mei lalu itu, Pak Menteri menyampaikan harapan agar inovasi teknologi terbaru ini bisa dipamerkan di G20 Summit yang akan diselenggarakan di Bali November 2022.

Alhamdullilah. Harapan Pak Menteri terwujud!

menteri perhubungan dan bus otomatis pertama indonesia
apresiasi menteri perhubungan di g20 bali

Autonomous Vehicle Navya Arma resmi tercatat sebagai 1 dari 15 kendaraan listrik sambut KTT G20 dalam Pameran Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (PKBLBB) yang diselenggarakan 11-16 November lalu di Art Bali, Bali Collection, Nusa Dua Bali.

Dalam kepemimpinan Indonesia di forum G20 ini, ada 3 isu utama yang menjadi prioritas seluruh negara anggota, yakni, 

(1) Tata kelola kesehatan global

(2) Transformasi ekonomi digital

(3) Transisi energi

Ketiganya diharapkan dapat menjadi strategi komprehensif untuk membantu percepatan pemulihan global. Di Indonesia, ke tiga aspek ini dilaksanakan secara sinergis oleh swasta dan pemerintah.

"Perkembangan ekositem kendaraan listrik tanpa awak ini memperkuat semangat untuk mewujudkan komimen Sinar Mas Land dalam menjawab solusi akan kendaraan yang rendah emisi karbon serta mendorong kehidupan yang berkelanjutan" 

"Inovasi AV ini hadir dengan memiliki fitur smart technology, selain itu transportasi cerdas ini bisa menjadi alternatif moda transportasi baru untuk melayani mobilitas masyarakat"

"Kecanggihan fitur yang dimiliki AV ini juga merefleksikan gaya hidup yang akan kami hadirkan di BSD City dalam transformasi kota mandiri sebagai smart integrated digital city, khususnya di ekosistem Digital Hub yang sarat dengan teknologi digital" 

Demikian beberapa pernyataan dari Irawan Harahap - CEO Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land)

Spesifikasi Navya Arma First Autonomous Vehicle

Meski merupakan inisiatif SML dan Mitsubishi Corporation, Navya Arma sendiri, berasal dari Perancis. Navya merupakan merek dagang, sedangkan Arma, varian.

Kendaraan ini berpenumpang 15 orang dengan pembagian 11 duduk dan 4 berdiri, dengan ukuran 4,7m x 2,1m. Dilengkapi penggerak listrik dan baterai pack sebesar 33kw yang mampu beroperasi selama 9 jam.

Tentu saja untuk AV, kendaraan masa depan ini, ditanamkan berbagai sensor mulai pemanfaatan GNSS (Global Navigation Satellite Systems) dan sensor LIDAR (Light Radar) yang disandingkan dengan kamera beresolusi tinggi untuk big data analysis, yang selanjutnya akan diproses oleh komputer dengan spesifikasi tinggi yang dibenamkan di mobil.

Percis seperti yang kita lihat di film-film itu, AV ini bisa mendeteksi, melacak dan mengklasifikasi halangan di sekitar secara real time untuk menentukan lintasan dan profil kecepatan yang optimal termasuk kemampuan akselerasi, kemudi dan pengereman otomatis.

Wuiiih, pasti tambah kepo ne!

Pengen coba?

Sama dong!

Cara Naik Navya Arma, Bus Otomatis Pertama di Indonesia, di The Breeze BSD City

Seperti aku telah uraikan di atas kini Navya Arma, First Autonomous Vehicle si Bus Otomatis pertama di Indonesia bisa dinikmati di The Breeze BSD City, hari Selasa - Minggu mulai jam 10.00 hingga 17.00 WIB

Caranya gimana dong, Ann?

Gampang ne!

1. Unduh dari Play Store/APP Store aplikasi OneSlime dan registrasi

2. Bagi masyarakat umum, lakukan aktivasi IPL, sedangkan warga BSD silahkan bergabung menggunakan kode keluarga.

3. Klik banner Autonomous Electric Vehicles

4. Video mengenai AV akan muncul

5. Isi formulir pre-survey, tunggu sampai muncul detail tiket pengguna yang akan mendapat QR Code lalu tunjukkan ke petugas untuk dipindai.

Ssst, anak-anak juga bisa ikutan lho, namun dengan syarat minimal 120cm dan tentu saja kudu didampingi orang tua/wali ya.

Sayangnya AV ini hanya bisa dicoba sampai 21 Desember 2022 saja dan selanjutnya hanya akan dipamerkan di dalam area The Breeze, mulai 22 Desember 2002 sampai dengan 4 Januari 2023.

Makanya, buruan ke BSD City dan rasakan sendiri sensasi naik First Autonomous Vehicle, si Bus Otomatis Pertama di Indonesia, Navya Arma dari lobbi the Breeze!


22 komentar:

  1. Navya Arma ... nama Autonomous Vehicle ini cantik yaa ... pengen bisa merasakan berada di atasnya euy. Kapan yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku langsung membayangkan, naik Navya, first autonomous vehicle, dalam balutan ekosistem hijau GOP, sensasinya pasti takkan terlupakan

      Hapus
  2. huah inget banget itu sama mobil Kitt dulu tuh suka nontonin dan berasa keren pisan dan sempet punya cita2 pengen punya mobil macam gitu wkwkwk ternyata realisasinya ada ya mba Navya ini hadir duh smeoga bisa berkesempatan cobain

    BalasHapus
  3. Kaya kendaraan masa depan di Doraemon, hehehe. Aku pengen coba naik Navya Arma juga. Lumayan tuh bisa sampai 9 jam beroperasi. Lebih ramah lingkungan juga ya karena pakai listrik

    BalasHapus
  4. Jadi kepengen naik Navy arma ini. Pengen nyobain naik mobil listrik yang otomatis gini berasa kaya di film hollywood jaman dulu yang sering menggambarkan masa depan itu mobil bisa jalan sendiri

    BalasHapus
  5. Gimana ya rasanya kalau naik kendaraan tanpa supir, semoga bisa membuat hidup kita lebih baik, lebih nyaman dan juga aman ya, karena teknologi makin keren aja nih sekarang2

    BalasHapus
  6. Bis bisa jalan tanpa sopir biasanya berbau mistis ya. Nah, sekarang berkat teknologi, beneran ada bis tanpa sopir.

    BalasHapus
  7. Penasaran pengen naik Navya Arma si autonomous vehicle. Tapi jauh, mesti ke Green Office Park BSD City dulu.
    Tapi turut bangga sih, karena kendaraan berteknologi tinggi ini bisa hadir di negara kita

    BalasHapus
  8. Akhirnyaaaa wah pertama di BSD ya, aku pengin mendatangi iniiih. Jadi instal dan daftar via apps ya mba, siaap aku cek2 ah

    BalasHapus
  9. bus otomatis ya.. keren banget nih dan wajib dicoba. Now we have a lot of cleaner options in terms of transportations

    BalasHapus
  10. Dulu kalau lihat Doraemon yang di masa depan kaya mobil terbang itu masih jauuh banget gitu ya. Tapi ngelihat geliat kemajuan alat transportasi saat ini, kayanya mobil terbang gak lama lagi akan jadi keniscayaan deh. Jadi pengen juga nyobain autonomous vehicle di Navya Arma ini

    BalasHapus
  11. Wah, ini keren banget ya
    Seperti yang ada di film film
    Kendaraan listrik tanpa awak!
    Jadi penasaran pengen coba
    Semoga kapan kapan bisa naik Navya Arma ini

    BalasHapus
  12. Seru banget ya naik kendaraan tanpa sopir jadi penasaran banget pengen mencoba tentunya kalau ada di dekatku aku juga langsung mau ajak anak-anak ke sana

    BalasHapus
  13. Autonomous vehicle kereeen yaa, sayang jauhh pengen cobain....semoga bisa diikuti kota lain di Indonesia

    BalasHapus
  14. Kak Anna aku mauuukkm cuss BSD
    Pastinya hepi bs ngejajal bus ini ya
    Keren khanmaen

    BalasHapus
  15. Teknologi yang dulunya hanya ada dal film fantasi sekarang kita bisa melihatnya. Meski belum sempat nyoba naik bus otomatis tapi semangat juga sih dengan fasilitas di BSD City ini

    BalasHapus
  16. wah jadi peenasaran banget deh pengen nyobain juga. padahal lumayan sering sih aku ke BSD, tapi akhir2 ini udah jarang, jadi pengen main-main ke sana lagi biar bisa ngerasain naik AV ini :D

    BalasHapus
  17. aku berharap banget nih vehicle ini hadir juga di Jogja. biar semakin banyak angkutan publik yang bisa dinikmati masyarakat

    BalasHapus
  18. Kendaraannya imut bangett..
    Rasanya kalau naik jadi ikutan imut. Dan dia pinter jaga lingkungan. Seru banget kalau bisa ada di setiap kota ya.. Jadi semakin luas kebermanfaatan Navya.

    BalasHapus
  19. tahunya tentang AV ini milik superhero yaa yang bisa datang kapan saja ketika dipanggil dari jarak jauh, heheh. Mobilnya pun bisa ngomong.
    Yang ada di BSD mungkin cikal bakal mobil canggih seperti itu. Bus otomatis tanpa awak udah di depan mata!

    BalasHapus
  20. Bagus dan canggih banget nih bus listriknya. Imut dan bersih. Jadi mau cobain naik juga kayak apa rasanya naik bus listrik.

    BalasHapus
  21. Padahal aku sering main ke BSD, pas pulang kampung akhir bulan lalu...kini dah kelar masa uji coba dan hari ini terakhir dipamerkan Autonomous Vehicle Navya Arma-nya. Semoga nanti ada lagi:)

    BalasHapus

Holaaa...!
Terimakasih ya sudah berkunjung ke sini.
Mohon maaf komentar kudu dimoderasi sebelum dipublikasi.