Coastal Clean Up - Wujud Komitmen dan Kepedulian CSR SMEPP Pertamina

Coastal Clean Up

Coastal Clean Up - Wujud Komitmen dan Kepedulian CSR SMEPP Pertamina

"Mbak, itu Mbak Avy ada buat status tuh, cari bloger Balikpapan"

Suatu hari, Lidha bloger aktif yang kerap bareng hadir dalam setiap acara komunitas mengirim pesan lewat pesan di facebook.

Usai mengucapkan terima kasih, aku langsung ngacir ke tkp takut ketinggalan 'kereta api'. Hihihi...

Yup, konfirmasi didapatkan, mbak Avy mencari bloger untuk beberapa daerah seperti Balikpapan, Bintan, Balongan, Banyuwangi dan Cilacap.

Perusahaan Terbatas Pertamina akan merayakan hari ulang tahun yang ke-59 dan mengajak bloger ikut serta untuk membantu mensosialisasikan acara ini khusus yang berada di sekitar daerah kegiatan operasi.

Cukup mendaftarkan email, URL link blog dan nomor WA. Aku mencoba ikut untuk aktivitas di Banyuwangi karena ingat ada beberapa tempat wisata ikonik di sini. Jawaban disertai senyum Mbak Avy tak urung membuatku juga tersenyum. 

Ternyata acara ini memang hanya untuk bloger lokal. Kirain bisa ikutan jelong-jelong mbak, hahaha... soalnya sudah lama juga nih belum melalak lagi, terakhir ya di Batu Dinding.

Hampir 10 hari berlalu aku belum mencium bau dan mendapat info tentang gambaran acara sampai suatu hari sebuah pesan di WA muncul dan aku dimasukkan dalam grup PiC (Person In Charge).

Being a blogger coordinator it is a new challenge for me. Iya, menjadi penghubung antara koordinator pusat kegiatan dengan teman bloger lokal. Senang sekali and it is quite fascinating!

Aku langsung membentuk grup baru khusus untuk bloger yang bersedia berpartisipasi dan mulai menyebarkan semangat #pertaminabersihkanpantai.

Menurut Mbak Avy ini adalah pertama kali bloger diajak berpartisipasi dalam kegiatan HUT Pertamina dan meninggalkan kesan baik dan profesional menjadi hal yang krusial.

Aktivitas ini juga perdana bagiku, mengikuti salah satu program CSR SMEPP Pertamina (Corporate Social Responsibility and Small Medium Enterprise and Partnership Program) and I am so excited, kakaa...

Malam sebelum hari H semua 'peluru' sudah aku benamkan dalam tas seperti power bank, kamera, gadget dan dompet agar bisa mengikuti aktivitas ini dengan maksimal dan optimal.

*****

Suara pengajian dari mesjid membantuku beringsut dari tempat tidur. Dingin menusuk sampai ke tulang segera aku rasakan. Jadi malas mandi hihihi... 

Woi, hari ini mau kerja, kerja, kerja, masak gak mandi sih, apa kata dunia?

Benar banget. Setelah melakukan aktivitas kecil di dapur, kehangatan mulai menjalar, akhirnya aku berani meraih handuk dan mandi. Segaaar....!

Jalanan masih sepi ketika aku dan suami membelah pagi. Sesekali halimun dingin menggeluti. Semoga kali ini hujan berkenan pindah ke tempat yang lebih membutuhkan. Soalnya belakangan ini hujan kerap mengguyur Balikpapan, ketika fajar menyingkap tirai kegelapan.

Mendekati area eksekusi, umbul-umbul aktivitas kian gencar menghiasi, baik di kanan maupun di kiri. Untung banget punya partner yang telah mengenal seluk beluk dan detail kota ini.

Alhamdullillah, kurang lebih 30 menit sampailah di Kampung Atas Air Margasari Balikpapan, pusat kegiatan Coastal Clean Up 2016 HUT Pertamina ke 59.

Setelah registrasi, penyambutan VIP dan safety induction, acara segera dimulai.

Paduan suara anak sekolah Manggar membuka aksi kali ini. Aksi alami mereka mengundang senyum peserta. Saling dorong di pentas jadi suguhan mengundang gelak tawa. Ahhh, mendadak sejenak terbang ke masa kanak-kanak nun jauh di Sumatera.

Coastal Clean Up

Diikuti pembacaan doa demi suksesnya acara mulai awal hingga akhir nanti, dan semoga mendapat ridho Ilaahi Robbi. Aamiin.

Ternyata Kampung Atas Air Margasari menyimpan berbagai catatan sejarah. Dibutuhkan usaha dan pendekatan yang tak mengenal lelah agar warga mau berpartisipasi mewujudkannya menjadi pemukiman yang layak.

Dari beberapa catatan yang aku kutip ternyata kampung ini pernah menjadi pusat kota di mana kaum nelayan menjadi warga utama sekaligus menjadi kawasan perdagangan dan jasa dan saat itu masih kumuh dan kotor. 

Dan masih sampai sekarang pemerintah bersama Pertamina masih terus memantau geliat kampung dan membantu pemberdayaannya.

Eh, jadi kemana-mana ya. Yuk, kembali ke laptop!

Seperti biasa acara di tanah air beta, sambutan demi sambutan tak pernah ketinggalan kakaa.... Namun kali ini berlangsung singkat, padat dan pak Walikota Balikpapan Rizal Effendi malah curhat tentang defisit anggaran. Hmmm... curhat nii yeee...

Simbolisasi bantuan-bantuan mengisi acara berikutnya.

Aku juga baru tahu Pertamina tidak main-main menggelontorkan dana CSR SMEPP dalam rangka HUT Pertamina ke 59 di Balikpapan yang hampir menggelontorkan dana sebanyak hampir Rp 1.5 milyar seperti tersebut di bawah ini yang berupa:

1. Bantuan sampan, gerobak sampah, APD, alat pengeruk dan alat kebersihan Rp 100.000.000
2. Bantuan pemberian mesin olahan rumput laut Rp 85.166.000
3. Bantuan infrastruktur
  •  Bank sampah untuk kelurahan Margasari Rp 65.000.000
  •  Bantuan alat untuk kelurahan kampung baru tengah Rp 97.500.000
4. Bantuan pembangunan gapura di akses jalan Kampung Atas Air Rp 100.000.000
5. Bantuan penanaman 7.400 bibit mangrove Rp 100.000.000
6. Bantuan pengobatan massal Rp 300.000.000
7. Bantuan Mangrove Village Tahun 2017 Rp. 300.000.000
8. Diversifikasi produk olahan ikan tahun 2017 Rp 300.000.000
9. 3 Taman bacaan @ Rp 125.000.000

Untung saja ikutan dalam kegiatan jadi menambah wawasan.

Bahwa komitmen PT Pertamina dalam melaksanakan tanggung jawab perusahaan berbasis lingkungan dan program pemberdayaan dan pembersihan kampung nelayan pesisir nyata ditunjukkan.

Dan tarra... ini dia puncak aksi aktivitas kali ini Coastal Clean Up 2016 dan penanaman 7.400 bibit mangrove yang letaknya tak jauh dari main stage. Tinggal nyebrang dan hup, mendarat di kawasan mangrove.

Mumpung air masih surut jadi peserta bisa langsung mendarat di medan lumpur.

Coastal Clean Up

Sehubungan terbatasnya kapasitas tempat serta perlengkapan logistik seperti sepatu safety, tidak semua peserta bisa ikutan aksi ini. Dan ternyata panitia memang sudah menyiapkan relawan khusus yang memang telah memiliki peralatan komplit.

Yang membuat miris sampah plastik paling banyak terjebak di dalam lumpur mangrove. Dibutuhkan kepedulian besar untuk membuat warga menyadari bahwa less plastic is funtastic!

Yuk, kita mulai sejak kini dan dari diri sendiri!

Acara ini melibatkan banyak peserta selain jajaran pemerintahan dan perangkatnya seperti relawan, rekan media, ibu-ibu PKK mitra binaan CSR Pertamina, prajurit TNI, aktivitas Green Generation serta warga sekitar. Semuanya terekam dalam keseruan dan keramaian aktivitas #pertaminabersihkanpantai. 

Coastal Clean Up


Coastal Clean Up

Warna putih dan biru menjadi pilihan simbolisasi warna aktivitas kali ini ini. Agaknya semestapun ikut mendukung, cuaca yang awalnya mendung perlahan beranjak cerah dan langit biru ikut bersuka cita.

Usai penanaman dan membersihkan diri, acara selanjutnya tour gallery walk CSR dan pameran berbagai produk hasil olahan yang kreatif. Bangga bisa menjadi saksi sinergi postif Pertamina dan warga yang berada di sekitar area operasi.

Coastal Clean Up

Selanjutnya kunjungan ke taman bacaan. Saat tiba di sana sedang ada kegiatan mendongeng oleh relawan. Gelak tawa dan ekspresi lugu balita mewarnai aktivitas ini. Aura ceria jelas terbaca di sana. Terbukti kegiatan dongeng memang memiliki nilai positif. Tak salah jika ahli parenting selalu menyarankan mendongeng sebagai salah satu sarana pengasuhan.

Coastal Clean Up

Bukan itu saja. Atraksi musik Jepen dan nyanyian alam dari warga lokal juga ikut ambil bagian.

Merinding waktu dengar lirik lagu Iwan Fals: "tanam tanam siram siram"

Tanam tanam tanam kita menanam
Tanam pohon kehidupan
Kita tanam masa depan

Biarkan anak cucu kita belajar di bawah pohon
Biarkan anak cucu kita menghirup udara segar
Biarkan mereka tumbuh bersama hijaunya daun
Jangan biarkan mereka mati dimakan hama kehidupan

Persembahan puisi gemar makan ikan oleh seorang siswi, seremonial pemotongan tumpeng dan pembagian door prize juga ditampilkan.

Doorstop media interview dan acara makan siang menandai berakhirnya kegiatan HUT Pertamina ke 59 di Kampung Atas Air Margasari, Balikpapan.

Hal yang paling menggembirakan selama dua hari, tanggal 10 dan 11 Desember 2016 hastag #pertaminabersihkanpantai berhasil menjadi trending topic di twitter.

Dengan acara ini, semoga pesan yang ingin disampaikan bahwa PT Pertamina memiliki komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar pesisir sekaligus menjaga kelestarian lingkungan di wilayah operasi bisnisnya, terbukti bukanlah isapan jempol semata, akan tetapi masyarakat langsung bisa menikmati dan merasakan manfaatnya.

Semoga aksi Coastal Clean Up 2016 wujud komitmen dan kepedulian CSR SMEPP Pertamina di Kampung Atas Air Margasari Balikpapan mampu memotivasi perusahaan lain agar lebih perduli pada pemberdayaan pesisir dan pembersihan pantai terutama di wilayah operasi bisnisnya.

Coastal Clean Up




16 comments:

  1. seru banget bisa terjun ke mangrovenya ikuta nanam, sayangnya boothnya ramai banget ya Kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang banget bisa menjadi bagian dari aktivitas wujud komitmen dan kepedulian Pertamina.
      Iya, boothnya sesak pengunjung.

      Delete
  2. Asikk banget mbaak acaraanya yaa. . Semoga acara csr coastal clean up ini bisa terus berlanjut di tahun" berikutnya dan berkembang ke daerah" lainnya di Indonesia. Aamiin. . Tfs mbaak 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju. Semoga tetap bisa menjadi bagian dari aktivitas ini, nantinya. Aamiin...

      Delete
  3. Semoga mangrove nya tumbuh dan terawat. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, telah ditunjuk relawan agar mangrove tumbuh dan terawat, mbak.

      Delete
  4. seneng ya bisa menjadi bagian dari acara tersebut...
    di sini pasti seru banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang banget! Semoga bloger tetap bisa ikut menjadi bagian dari aktivitas ini, ya, mbak.

      Delete
  5. Amiiin...semoga banyak perusahaan lain meniru Pertamina ya. Ikut perduli dengan lingkungan rasanya bentuk tanggung jawab kita pada alam yang diberikan Tuhan dan juga dampaknya buat orang disekeliling.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mudah-mudahan pesannya bisa ditangkap dan yuk kita semangat membuat dunia lebih baik. Aamiin.

      Delete
  6. Moga makin lancar rejekinya deh Pertamina dan para relawan juga. Event yang keren banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jadi gak sabar pengen ikutan di even keren, selanjutnya.

      Delete
  7. Kegiatan CSR seperti bermanfaat banget ya mba.. dan seruuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju. Ada banyak pembelajaran yang didapatkan.

      Delete
  8. Wah seneng mbak aku juga pernah ikut tanam mangrove...dan apalagi ngajak dedek2 gemes buat nanamin cinta lingkungan itu asyik banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju. Kemarin beberapa komunitas remaja juka ikut unjuk aksi. Senang banget melihat kebersamaan dalam aktivitas kali ini. Semua saling bersinergi.

      Delete