Jumat, 31 Januari 2020

7 Kiat Agar Kemampuan Berbahasa Inggris Meningkat

"Miss, your English is very good!"

Begitulah, apresiasi yang aku dapatkan dari Mr. Patrick  Sibourg, Senior Vice President Golden Tulip saat event konferensi pers Golden Tulip Balikpapan Hotel & Suites beberapa waktu lalu.

Tiang, mana tiang...?

Padahal sih menurutku, kemampuan berbahasa Inggris aku masih perlu ditingkatkan lagi, karena masih biasa-biasa aja lah. A long way from perfect! Aku percaya, di luar sana, masih banyak yang jauh lebih fasih, lebih lancar dan lebih segalanya daripada aku.

ketahui kiat meningkatkan kemampuan berbahasa inggris

Tahukah kamu?

Untuk bisa di tahap ini pun -percaya diri melakukan percakapan berbahasa Inggris- merupakan jalan panjaaaang bagiku. Kayak lagu itu lho, sepanjang jalan kenangan. Apalagi kalau mengingat betapa saat SMA dulu, aku sebel to the moon sama pelajaran ini. Bukan apa-apa, karena susah dimengerti, menurutku. Please, jangan ditiru ya!

Apalagi, saat itu, diperparah dengan jadwal pelajaran bahasa Inggris yang sering banget di jam titik kulminasi, tengah hari, saat rasa lapar melilit, membelit. Pokoknya berasa sangat terintimidasi!

Sementara, di depan ruang kelas sana, dalam dekapan singgasananya, bapak guru tercinta, malah semakin semangat, so energik, terus mengajar pakai bahasa Inggris cas,cis, cus, ces, ces, (mungkin habis ngopi di kantin, hihihi) sedangkan aku semakin tenggelam dalam diam, nyaris kelam, gagal mencerna apa pun apa yang beliau mantrakan. Deritakoe!

And you know what, saat kuliah aku bertemu lagi dengan momok ini, bahasa Inggris, ketika salah satu dosen kerap banget memberi tugas literasi dengan mencari referensi buku teks berbahasa Inggris di perpustakaan. Jadi, mau tak mau, suka tak suka, aku harus belajar bahasa Inggris!

yang harus diketahui agar kemampuan berbahasa inggris meningkat

And what a magic, ketika aku berhasil menerjemahkan, memahami pengetahuan dari buku literasi, rasa puas di sini, di dalam sini, sulit aku lukiskan. Dan slowly but sure membuatku, ketagihan! Bak judul film kolonial, di sini cinta pertama kali bersemi. Berawal dari terpaksa, belajar dan kemudian berakhir, cinta!

Sometimes the thing you never choose for your life, choose you for a reason,
and the thing you would never pick, pick you to become brave,
and sometimes... you get what you need-by walking through what you never wanted-
and the thing you never wanted,
may turn out to be, be the thing you need most!

Well, works for me!

.. and thanks to English akhirnya aku bisa diterima menjadi sekretaris di perusahaan tambang emas, di pedalaman rimba Borneo, yang sebagian besar staff managerialnya ekspatriat Australia dengan bahasa pengantar yup, bahasa Inggris (lagi).

Di perusahaan ini aku menemukan harmoni bekerja dengan multikultur, ras dan keyakinan, menemukan banyak pencerahan, memolesku menjadi pribadi saat ini.

Di perusahaan ini juga, semua karyawan baik WNI atau WNA, termasuk staff managerial dan non managerial punya kesempatan belajar bahasa selama satu jam setiap hari dan dibayar, pemirsah! How cool is that!

Maksudnya dibayar, Hayati?

Kita belajar bahasa menggunakan waktu kerja, jadi gaji pokok tidak dikurangi. Aku ingat dulu nama lembaga pendidikannya adalah LIA, Lembaga Indonesia Amerika. Jadi, yang WNI belajar bahasa Inggris dan sebaliknya WNA belajar bahasa Indonesia.

"One of the great way to improve English speaking skills is by surround yourself with the English language!"

Teringat lagi aku mantra dari pengajar LIA, Ms. Barbara, memberikan kiat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Mantra inilah yang terus melekat di benakku sampai saat ini! Dengan mantra ini juga via gaya parenting aku memperkenalkan bahasa Inggris ke putriku Yasmin sejak usia dini, termasuk ke murid private.

Saat aku browsing, menurut effortlessenglishclub.com mantra dari Ms. Barbara di atas termasuk lho dari 7 kiat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Jadi, bagi kamu yang masih merasa kurang percaya diri, masih gugup, sudah belajar bahasa Inggris beberapa tahun dan belum kunjung lancar berbahasa Inggris, percayalah, kamu tidak sendiri!

ketahui 7 kiat meningkatkan kemampuan berbahasa inggris

Masih mengutip dari effortlessenglish.com, beberapa murid yang menguasai English grammar, mengakui tidak memiliki keberanian sama sekali untuk berbahasa Inggris terutama dengan native speakers. Ditambahkan juga, bahwa kiat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris hanya bisa dilakukan dengan banyak mendengarkan dan mempraktekkannya!

Biar lebih greget berikut 7 kiat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris ala effortlessenglish.com yang ternyata beberapa diantaranya tanpa aku sadari sudah aku adopsi selama ini.

Itulah kenapa pas menemukannya saat browsing aku langsung bookmark dan bertekad untuk menjadikannya bahan postingan di blog sesuai dengan eksekusi beberapa kiat dari 20 rekomendasi meningkatkan kualitas konten blog diantaranya memberi nilai tambah dan jadi diri sendiri.

7 kiat meningkatkan kemampuan berbahasa inggris

Aku juga percaya, 7 kiat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris ini bukanlah satu-satunya cara, masih ada banyak kiat lainnya. Tidak percaya? Coba deh ketik dengan kata kunci kiat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Oh iya sebelum aku lanjutkan, sekali lagi harap camkan bahwa listening adalah fondasi untuk speaking!

Temukan Partner untuk Berbahasa Inggris

Di lokasi perumahanku sendiri, untuk mendapatkan kesempatan berbahasa Inggris dengan native speakers adalah sangat kecil.

Biasanya aku suka melakukannya pada saat travelling, terutama di destinasi yang kebetulan banyak wisatawan mancanegara seperti Campuhan Ridge Walk Ubud Bali, Gili Trawangan Lombok, Danau Toba di Sumatera Utara dan saat dinobatkan jadi Pemenang Utama Changi Travel Quest ke Saudi Arabia.

Tapi, buat yang belum punya kesempatan, please jangan kecil hati, amati dan perhatikan teman yang punya passion berbahasa Inggris dan jadikanlah dia sparring partner!

Atau bergabung dengan klub percakapan bahasa Inggris di kotamu atau komunitas online. Be creative, guys!

7 kiat agar kemampuan berbahasa inggris meningkat

Pastikan Mendengar Saat Berbicara

Ketika punya kesempatan bicara dengan native speakers, gunakan indera pendengaran secara optimal. Seimbangkan antara mendengarkan dan saat melakukan percakapan.

Usahakan percakapan terjadi dua arah dengan cara menyiapkan pertanyaan. Saat partner mengajukan pertanyaan, berikan jawaban yang panjang dan jika memungkinkan tanya kembali dengan kata-kata seperti, "What about you?" atau "What do you think"

Biasanya aku akan fokus menatap sekaligus mendengarkan saat partner bicara dan jika dia berbahasa Inggris dengan cepat serta kurang jelas, biasanya aku akan berkata, "Excuse me, could you repeat again please?"

... and again it works for me, doi akan mengulang bicara dan kali ini menurunkan tempo bicara

Rekamlah Saat Latihan Berbahasa Inggris

Nah, ini kiat favoritku. Merekam suara sendiri. Rasanya keren juga mendengar suara sendiri apalagi kalau pas bicara dengan native speakers.

Saat mendengarkannya kembali, evaluasilah di bagian-bagian mana yang perlu koreksi. Buatlah catatan untuk perbendaharaan kata-kata baru serta di bagian mana yang menimbulkan salah paham.

inilah 7 kiat agar kemampuan berbahasa inggris meningkat

Kelilingi Diri dengan Bahasa Inggris

Untuk kiat yang satu ini, aku kerap juga mendengarnya. Membenamkan diri dengan segala hal yang berbau bahasa Inggris seperti menonton acara TV yang menggunakan bahasa Inggris, film dan subtitle dengan bahasa Inggris.

Tontonlah berulang kali! Seiring waktu biasanya akan semakin paham. Mendengarkannya, membantu menolong gimana sih sebenarnya irama/cengkok serta intonasi bahasa Inggris. Jika sudah terbiasa, praktekkanlah!

Latihanlah dengan Musik dan Film

Dengarkan  dan ikutlah bernyanyi lagu berbahasa Inggris. Musik adalah alat terbaik untuk belajar intonasi dan pelafalan.

Mendengarkan dan ikut bernyanyi bisa membantu melatih mengingat perbendaharaan kata dan kelompok kata (terutama jika lagunya mudah dimengerti), dan ini sangat menolong untuk belajar pelafalan bahasa Inggris secara natural.

Tanpa disadari, saat bernyanyi menirukan penyanyi, kita belajar melafalkan selayaknya penutur asli (native speakers).

Apalagi saat menonton film, dapat paket premium. Bisa belajar pelafalan, dapat perbendaharaan kata baru, ungkapan-ungkapan (idiom), bahasa slank juga seni mendengarkan.

Buktikan sendiri, guys!

Membaca dengan Nyaring

Yup, ini favoritku juga. Biasanya aku akan membacanya berulang-ulang sambil menirukan jurnalis favoritku, Najwa Shihab, bahahaha. Ayo ngaku, siapa yang seperti aku?

7 kiat untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris

Membaca nyaring tanpa partner, tanpa beban harus memikirkan kata berikutnya adalah hal menyenangkan!

Jika punya banyak kuota, tontonlah video yang ada transkrip sambil mendengarkan pelafalan native speakers.

Cobalah, sangat menyenangkan!

Bicara dengan Diri Sendiri

Nah, pas menuliskan kiat terakhir ini, I am actually talk to my self. Kind a cool, huh! I love it! You should do the same!

Berlatih bicara dengan diri sendiri juga mengurangi stress karena tak ada seorang pun di sana yang akan protes saat kita melakukan kesalahan. So true, indeed, right? See, I'll do it again. I am talking to my self.

Finally, semoga 7 kiat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris ini bermanfaat.

Seperti yang sudah dituliskan di atas, aku percaya pasti kamu juga punya kiat lainnya. Kindly drop your comments below, guys.

Senin, 27 Januari 2020

Temen Kondangan, Film yang Dianjurkan Bagi Jomblowati dan Jomblowan

Yang pernah resah menghadiri undangan mantan dan perlu temen kondangan, mana suaranya?

Gimana? Sedap-sedap ngeri ya...?

pentingnya temen kondangan saat menghadiri undangan mantan

Kebetulan aku belum pernah sih. Cuma dulu pas zaman kuliah pernah diminta akting, jadi pacar sahabat (sebut saja namanya Budi) agar sang mantannya tidak nguber-nguber melulu. Rupanya Budi jadi resah dan sudah sampai ke tahap sangat terganggu, karena sang mantan sering stalking bahkan datang ke rumah.

Selain memang Budi beneran sudah agak gerah, juga sungkan sama orang tuanya. Soalnya itu cewek eh mantan, suka tiba-tiba nongol saja di rumah. Seringnya pas malam minggu. Duh!

Mantan Budi sampai tanya begini, "Eh, katanya, sudah punya pacar baru, kog kamu tidak wakuncar sih?" atau ujug-ujug buat penawaran "Ayo, kita mulai lagi lembaran baru"

Ini sih versi Budi ke aku ya. Si Budi sampai bela-belain datang ke kost-an aku, mau minta tolong. Berarti urusan rada genting, iyekan.

The bottom line is, menurut Budi, dia sudah tidak ada hati lagi, plus sudah tidak tahan dengan perangai mantan yang  dulu pernah sempat mencuri hati, yang lagi-lagi menurut Budi, katanya tuh mantan sangat posesif gitu, suka larang ini dan itu.

Cuma Budi tidak sampai hati bilang dan yang terucap hanya mau putus saja. No reason, gitu! Wajar atuh lah mantan, kepo tingkat dewa. Kalau kejadian ke aku, kayaknya bakalan gitu juga neh!

Kami, bersama satu orang sahabat cowok lagi, sampai buat skenario lho. Jadi, ntar pas malam minggu aku akan akting, jadi pacarnya di rumah Budi. Intinya mau buktikan bahwa Budi, sahabatku itu, sudah move on, mampu melupakan mantan dan beneran sudah punya gebetan.

Aku masih ingat perasaanku yang ikut deg-degan, bahahaha.

"Ntar aku ngomong apa ya, Bud?"

"Kamu diam saja, Ann. Biar aku aja yang ngomong!"

Dan benarlah, tak berapa lama mantan sahabatku itu datang. Masya Allah, doi, tjakep kebangetan lho. Dalam hatiku, apa tidak salah nih si Budi, hmmm.

... dan kami langsung berkenalan. Masih terekam jelas tatapan tajam sang mantan. Berasa dikuliti. Ngeriik!

Tak lama aku mendengar suara lirih isakan.

Budi langsung mengajaknya pergi ke sudut ruangan. Mereka pun berbicara. Aku berusaha nguping, bahahaha. Tapi sepertinya mereka setengah berbisik-bisik, pemirsah.

Tak berapa lama mantan pun pergi. Aku pun ikut bernafas lega. The show is over!

Any how, misi kami berhasil, sang mantan tidak pernah stalking lagi!

... dan sejujurnya aku berharap sandiwara ini terus berkelanjutan, tapi ternyata harapan tinggal harapan, bahahaha. karena si Budi menurutku, you know, masuk bucket list lah. Deritakoe!

Tentang Film Temen Kondangan

Boleh dong cek ombak lagi ya? Kira-kira, kalau diundang ke kondangan mantan, apa yang akan kamu lakukan?

Kalau aku sih, bakal meng-aaminkan banget tuh ucapan Putri, lakon Prisia Nasution di trailer film Temen Kondangan, "Golden Rules ke kondangan mantan, Jangan Datang Sendirian!"

Yang pasti, aku akan mengenakan outfit kondangan yang siap bakal bikin nyesal mantan!

Tahukah kamu?

Film Temen Kondangan yang disutradarai oleh Iip Sariful Hanan ini, ternyata terinspirasi dilema kisah nyata menghadiri kondangan mantan yang terjadi di sekeliling kita, namun gaduhnya berlanjut lebih heboh di dunia maya, tentang penting atau tidaknya membawa pasangan ke kondangan atau pernikahan mantan.

Artis pendukung film temen kondangan

Dan seperti biasa, kalau sudah dibawa ke dunia maya, pro dan kontra pastilah ada, pemirsah!

Ayo, kamu tim yang mana neh?

Aku ingat pernah juga diskusi tentang ini dengan teman-teman. Pendapat dominan, tidak mau dong disangka belum move on, jadi, kudu bawa pasangan ke kondangan is a must!

"Eh, pasangannya, mana?, "Sendirian aja nih?" atau "Belum bisa move on ya?" daftar pertanyaan ini meski disampaikan dengan gaya guyon, pasti dong masih mampu menghadirkan momok tak berkesudahan.

Menghibur, Pencerahan dan Inspirasi

Temen Kondangan dibintangi Prisia Nasution, Gading Marten, Samuel Riza, Kevin Julio, Reza Nangin serta Olivia Jensen.

Ada juga Iszur Muchtar, Pierre Gruno, Feby Febiola dan si cantik jembatan Ancol, Diah Permatasari.

Putri, selebgram cantik, follower bejibun, kreatif, penuh ide dan medok Sunda, sedang resah karena mantan terindah Dheni, mengundangnya agar hadir di pernikahannya.

Masalahnya sebagai selebgram, pencitraan adalah sebagian dari lifestyle, right? But apa mau dikate,  status Putri lagi Jones alias Jomblo Ngenes! Doi, tentu saja tidak mau dong dianggap belum bisa move on dari mantan. No, big NO!

Untuk itu Putri lalu mencari kandidat temen kondangan. Tidak tanggung-tanggung, 3 sekaligus which is Galih (Gading Marten), Juna (Kevin Julio) dan Yusuf (Reza Nangin).

... dan ketiganya hadir bersama di kondangan!

Hmmm, sudah bisa menebak dong apa selanjutnya yang akan terjadi? Yup, rusuh parah, pemirsah!

Mau tahu serusuh apa kondangan Dheni, akhirnya?

Mesti saksikan sendiri biar greget ya, mulai 30 Januari 2020, film Temen Kondangan hasil besutaan sutradara Iip Sariful Hanan dan produksi MNC Pitures ini di bioskop kesayangan.

Baidewei, subway, ntar nontonnya kamu mau ajak siapa?

Eits hampir lupa, MNC Pictures berharap film ini bisa menjadi hiburan sekaligus melahirkan pencerahan atau bahkan inspirasi, terutama buat para jomblowan dan jomblowati!

Sedangkan untuk yang sudah memiliki pasangan, diharapkan memiliki empati, mengkondisikan, agar para jomblo punya kekuatan untuk menghadiri kondangan mantan meski harus menyewa temen kondangan, syukur-syukur mampu #MoveOnDiKondangan.

Biar makin afdol, nyok kite intip trailernya, nyook...!



Minggu, 19 Januari 2020

Ada Kejutan di Konferensi Pers Golden Tulip Balikpapan

Smart casual!

Yup! Itulah dress code yang tertera di undangan event konferensi pers Golden Tulip Balikpapan yang aku terima melalui Public Relations, Berlian Afrianti.

ocean view uninterrupted golden tulip balikpapan
Image by @magamata8
Biar lebih greget aku langsung browsing dong, apa tuh smart casual biar tak ada insiden saltum, salah kostum... hahaha. Maklumlah aku belum familiar dengan istilah ini. Paling banter dengan istilah casual dan business formal. That's it!

So, agar semakin afdol aku juga browsing-browsing tentang operator hotel Golden Tulip yang ternyata punya markas di Paris, Perancis.

Begitulah beberapa ritual aku, jika akan menghadiri event. Event apa saja, tak pandang bulu, buat mendongkrak wawasan biar agak nyambung, giccu.

Konferensi Pers Golden Tulip Balikpapan


konferensi pers golden tulip balikpapan
Image by @syech_nur
"Mom, jadikah menghadiri konferensi pers besok pagi?"

Obrolan WA masuk dari Berlian Afrianti, untuk konfirmasi yang kedua kali.

"Yes, dear, see you there!"

Centang dua langsung terbaca di layar gadgetku.

Terus terang aku tak sabar lho alias kepo, kejutan apakah gerangan yang menanti di event konferensi pers Golden Tulip Balikpapan? Dan mengapa kota Balikpapan yang dipilih?

Finally, Jumat, 17 Januari 2020 akhirnya tiba! Saatnya menjadi bagian dari konferensi pers Golden Tulip Balikpapan!

I Ketut Kartika, General Manager Golden Tulip Balikpapan

Acara konferensi diawali dengan sambutan dari PR Golden Tulip Balikpapan, yang membacakan susunan acara sekaligus mengucapkan terima kasih kepada hadirin yang telah meluangkan waktu menghadiri konferensi pers ini.

"Masuknya Golden Tulip ke Balikpapan merupakan hal yang bagus, mengingat Balikpapan kelak menjadi pintu utama masuknya investor, visitor serta turis dalam rangka pemindahan ibukota di Kalimantan Timur"

"Kami, beserta tim juga optimis bisa mencapai target tahun ini dengan mengejar segmen-segmen family, traveller termasuk segmen baru kaum millenial yang terkenal dengan gaya hidup cepat, instan dan fleksibel!"

"Dengan 4 tipe kamar yang total berjumlah 150, di mana setiap tipe dilengkapi dengan kitchen set, Golden Tulip Balikpapan siap menjadi hotel pionir di Balikpapan"

"Seiring pemindahan ibukota serta ditetapkannya Balikpapan menjadi kota MICE (Meeting, Incentive, Convetion, Exhibition) maka tahun depan Golden Tulip Balikpapan juga akan membangun ballroom baru dengan kapasitas sampai maksimum 1000 orang"

"Disamping itu, juga akan dibangun lounge baru (BLU Lounge) yang terbuka, dengan ocean view yang langsung bisa dilihat dari lobi, dilengkapi dengan atraksi live music yang dimulai sejak siang sampai malam hari, setiap hari. Ini jugalah yang akan membedakan Golden Tulip Balikpapan dengan hotel lainnya"

"... juga akan ada Coffea and Co (Coffeshop) termasuk Tulipe Restaurant dengan 150 kapasitas tempat duduk"

"... dengan memprioritaskan fasilitas dan layanan, kami yakin akan mencapai target dan mampu bersaing dengan kompetitor!"

Teringat lagi aku akan poin-poin sambutan di atas dari Bapak I Ketut Kartika selaku General Manager Golden Tulip Balikpapan saat konferensi pers yang berlangsung di ruangan Aventurine di area lobi.

Patrick Sibourg, Senior Vice President Operations Golden Tulip

"Balikpapan is a lovely and funtastic city! Lovely for business, oil and gas, funtastic airport, no pollution, no traffic jam, no flood. Balikpapan should became a funtastic destination!

"Efektif Januari 2020, Golden Tulip International mulai beroperasi di Balikpapan. International artinya meliputi kualitas, standar, respek ke pelanggan dan loyalty programs"

"This is very important. We want to be recognize as an international brand in Balikpapan!"

"Balikpapan adalah kota ketiga yang dipilih di Kalimantan setelah Banjarmasin dan Pontianak karena merupakan kota destinasi dan kota berkembang"

"Louvre is our umbrella, French Company but own by China's company, Jin Jang. It is a bit complicate, huh. "

Sampai di bagian ini aku tak mampu lagi menahan ketawa dengan gaya Mr Patrick Sibourg, Senior Vice President Operations Golden Tulip yang saat konferensi pers mengenakan baju batik dan juga minta izin akan menggunakan bahasa pengantar ala gado-gado, bahasa Inggris dan Indonesia.

Beberapa celetukan beliau tak ayal mengundang senyum bahkan tawa peserta konferensi pers yang terdiri dari media lokal, influencer dan blogger.

"Louvre Hotel Grup (LHG) termasuk dalam 10 besar grup jajaran utama di dunia. Ada 100 hotel budget di Paris dan 2700 di seluruh dunia dan 12 hotel di antaranya berada di Indonesia dengan brand Golden Tulip. Sementara Jin Jang memiliki  jaringan 10.000 hotel di seluruh dunia"

Jin Jiang adalah perusahaan negara untuk agen perjalanan dan pariwisata terkemuka di China yang dijalankan berdasarkan strategi perencanaan lima tahun di China. Perusahaan ini telah mengindentifikasi bahwa pariwisata dapat dijadikan sebagai salah satu alat utama pengembangan investasi yang harus mendapat prioritas. Sumber bisnis.com

Golden Tulip Indonesia

Golden Tulip Indonesia merupakan bagian dari Louvre Hotels Group. Golden Tulip Indonesia dimulai pada tahun 2013, dengan Golden Tulip Galaxy Banjarmasin sebagai hotel pertama yang dibuka.

Golden Tulip Indonesia saat ini mengoperasikan hotel di bawah bendera Golden Tulip yang terkenal di dunia yang terdiri dari: Royal Tulip, Golden Tulip, Golden Tulip Essential di Bogor, Tangerang, Malang, Belitung, Pontianak, Banjarmasin dan Bali.

Setiap pengembangannya akan menggabungkan komitmen dari jaringan hotel internasional dengan keunikan nuansa dan pelayanan lokal serta menawarkan pengalaman yang menginspirasi dan menyenangkan.

Low angle fotografi golden tulip balikpapan
Image by @rosannasimanjuntak

Louvre Hotels Group

Louvre Hotels group berkedudukan di Paris, Perancis, berdiri sejak tahun 1976 dan Juli 2009 beraliansi dengan Golden Tulip Hospitality Group. Lalu pada tahun 2015 diakuisisi oleh Jin Jiang Hospitality Group yang berbasis di Shanghai.

Louvre Hotels Group mengoperasikan enam brand hotel, dimulai dari kamar mewah hingga ekonomi: Royal Tulip, Golden Tulip, Golden Tulip Essential, Premiere Classe, Campanile dan Kyriad yang tersebar kuat di Eropa, Afrika, Brasilia, India, Timur Tengah dan Asia.

"The beautiful uninterrupted ocean view and city center adalah pilihan utama kenapa Golden Tulip tertarik mengembangkan layanan hotel di Balikpapan"

ocean view golden tulip balikpapan
Image by @marieskasebastian 
"Kami sadar kami belum jadi yang terbaik tapi kami bertekad untuk memulai jadi yang terbaik di Balikpapan!"

Salut banget sama closing beliau yang humble sekaligus optimis ya.

What do you think?

Evi Azhali, Assistant Vice President Sales & Marketing Golden Tulip

Selanjutnya, giliran Ibu Evi Azhali, Assistant Vice President Sales & Marketing Golden Tulip yang memberikan sambutan.

"Corporate dan Goverment masih menjadi segmen yang akan tetap diambil baik untuk individual traveller/group, long stay guest, wedding serta social event"

 "OTA dan travelling agent  masih menjadi target pasar, plus generasi millenial yang sesuai banget dengan brand's signature Golden Tulip Balikpapan Playtime Anytime. Jadi, tamu bisa serius untuk check in sekaligus bisa juga bersenang-senang"

"Memanggil tamu dengan nama adalah upaya terobosan branding baru Golden Tulip Balikpapan agar lebih dekat dengan tamu serta storytelling as a branding tool"

"Tersedianya photo booth di areal lobi juga menjadi new branding terutama saat tamu mengantri saat check in. Diharapkan para tamu senang dan serius saat check in dan berkenan kembali menginap lagi"

"Luas kamar, lokasi strategis dan terletak di close area (berada dalam satu kompleks) sehingga melahirkan perasaan aman dan nyaman, merupakan kekuatan Golden Tulip Balikpapan"

Pernyataan di atas menjadi sesi penutup konferensi pers Golden Tulip Balikpapan hari itu.

Showing Room dan Makan Siang Bersama

Acara kemudian berlanjut dengan showing room ke 4 tipe kamar yaitu: Golden Suite, Junior Suite, Executive dan Deluxe yang akan aku tulis terpisah ya.

Saatnya menikmati makan siang sambil prospek eh silaturahmi dengan hadirin lainnya.

makan siang di Tulipe restoran golden tulip balikpapan
Image by @syech_nur
makan siang dengan media konferensi pers golden tulip balikpapan
Image by @syech_nur
 Kebetulan aku satu meja dengan Bapak I Ketut Kartika, Mas Syech Rahmadani pemilik @galeri.media beserta kru yang berasal dari Samarinda.

makan siang dengan media serta General Manager golden tulip balikpapan
Image by @syech_nur
Nah, untuk merayakan hadirnya Golden Tulip Balikpapan Hotel & Suites, ada tawaran menarik nih, untuk individu, yang dimulai dari Rp 800.000 net per kamar berlaku mulai sekarang hingga 29 Februari 2020. Tawaran menarik juga tersedia untuk reservasi grup lho. Langsung kepoin ig @goldentulipbalikpapan atau telepon/WA ke 0542 733999.

Ditunggu kedatangannya di Golden Tulip Balikpapan ya.