Minggu, 22 Januari 2023

Kisah Yasmin, Mahasiswi UNPAD Berbagi Tips Lolos IISMA ke Italia!

Kisah Yasmin, Mahasiswi UNPAD Berbagi Tips Lolos IISMA ke Italia!

Hari itu begitu bersejarah. Nabila Yasmin Pohan, putriku yang kuliah di jurusan Hubungan Internasional UNPAD, dinyatakan lolos seleksi beasiswa IISMA (Indonesian International  Student Mobility Awards) tahun 2022 ke Universitas Sapienza, Roma, Italia. 

Istilah kerennya, Awardees IISMA!

tips lolos seleksi beasiswa iisma
Nice, Perancis

Sejak diluncurkan pertama kali tahun 2021, beasiswa IISMA selalu menjadi daya tarik bagi mahasiswa, baik S1 (sarjana) maupun mahasiswa vokasi (diploma).

Bagaimana tidak, program beasiswa ini, menawarkan kuliah selama satu semester di luar negeri dan dibiayai penuh oleh pemerintah melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek)

Iya. Kamu tidak salah baca, full scholarship!

Sini, sini, aku jelaskan sedikit ya,

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Jadi, Kampus Merdeka itu merupakan konsep lanjutan dari Merdeka Belajar (MB).

Lha terus, Merdeka Belajar itu apa, Ann?

Merdeka Belajar itu sendiri merupakan Kurikulum, sebagai tindak lanjut untuk perbaikan Kurikulum 2013.

Meskipun begitu Babang Nadiem Anwar Makarim, sang Menteri, lulusan Hubungan Internasional di Universitas Brown Amerikat Serikat dan pasca sarjana Harvard Business School ini, sepenuhnya memberikan keleluasaan kepada sekolah, mau pakai kurikulum yang mana.

"Sesuai dengan filsafat kemerdekaan, Kurikulum Merdeka Belajar adalah suatu pendekatan yang dilakukan siswa dan mahasiswa, bisa (baca : merdeka) memilih pelajaran yang diminati, sehingga diharapkan semakin optimallah bakat mereka dan selanjutnya kelak mampu memberikan sumbangan yang terbaik dalam berkarya bagi bangsa!"

Tapi, Babang Nadiem, sepenuhnya percaya, terobosan yang dilakukannya masih 'fresh from the oven' jadi yah memang masih perlu perbaikan di sana-sini, untuk itu, beliau lagi-lagi memberikan kemerdekaan kepada sekolah/kampus mau menggunakan konsep MB atau tetap Kurikulum 2013. 

Seraaah loe aza daaa, gimana enaknya! 

Gitu deh kira-kira bahasa netizen wakandah. Hahaha.

Terbukti memang, saat mencari referensi tulisan ini, dalam perjalanannya sampai sekarang pun masih terjadi pro-kontra lho tentang konsep kurikulum MB.

Menurutku sih, normal dan sah-sah saja, 'mainan baru' memang perlu pendekatan.

... dan sejarah selalu membuktikan, perubahan memang selalu sarat pro-kontra!

Gimana menurutmu, Moenah?

Kembali ke laptop!

Namanya juga beasiswa, tentu dong ada sejumlah rangkaian agar bisa lolos dan akhirnya mewakili sekaligus membawa nama Indonesia di kampus-kampus mitra IISMA di luar negeri.

So, dalam kesempatan kali ini, aku akan berbagi tips lolos seleksi beasiswa IISMA berdasarkan pengalaman putriku, Nabila Yasmin Pohan ya.

tips lolos seleksi beasiswa iisma
Trevi Fountain Roma Italia

Jadi, tentu saja, lagi-lagi, sangat subyektif sekali dan boleh jadi berbeda dengan lainnya!

Beasiswa IISMA Batch 2 Tahun 2022

Aku masih ingat saat itu, suatu hari ketika pandemi masih meraja...

"Bunda, finally ada penampakan hilal IISMA batch 2 ne!" Seru Yasmin dari balik kamarnya terdengar sampai ke dapur.

Sebelumnya topik IISMA memang sering muncul dalam setiap sesi curhat, biasanya saat sarapan dan makan malam, jadi di rumah sudah 'roaming' gitu. Hihihi.

IISMA sendiri merupakan 1 dari 9 program Kampus Merdeka dari Kemendikbudristek.

  • IISMA is one of the flagship programs of Kampus Merdeka Programs with the aim of providing rights and oppurtunities for student to carry out campus self-development avtivities, to be precise at state universities.
  • Students are also expected to increase their insight and competence to their interests.

Jadi ada KPI-nya ya, terukur. Meningkatkan wawasan dan kompetensi sesuai minat dan kemampuan!

Biar lebih greget, untuk persyaratan dan ketentuan IISMA, monggo langsung ke tkp ne di site iisma ofisial ya. 

Biasanya batch baru akan dimulai sekitar bulam Maret sampai dengan April.

Jadi, persiapkan diri, duhai mahasiswa yang punya impian mencicipi kampus idamanmu di luar negeri dengan beasiswa penuh!

Sederhananya IISMA adalah program pertukaran mahasiswa dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya.

... dari seluruh dunia ya. C-A-T-A-T!

Jadi, ini memang membawa nama bangsa!

Once again, mahasiswa seperti katalog berjalan dengan tulisan "ALL ABOUT INDONESIA" di dadanya!

Semua gerak-geriknya seperti dipantau CCTV dan membawa brand Indonesia. 

Bukan tugas kacangan, mudah dan semau gua. Big NO!

Untuk itulah ada sederet syarat dan ketentuan dan hanya best of the best yang jadi juaranya!

Btw, ada sekitar 65 kampus di dunia yang bisa menjadi pilihan mahasiswa jika berhasil lolos seleksi Beasiswa IISMA batch 2 tahun 2022 lalu. 

Terdiri dari 10 kampus di Amerika dan Kanada, 15 kampus di Asia, 22 kampus di Eropa (Timur dan Barat) serta 18 kampus di Inggris dan Irlandia.

Ini untuk mahasiswa semester berapa ya Ann?

IISMA tahun 2022, berlaku untuk mahasiswa semester 4 dan 6 dengan minimal IP 3.0 (dari 4.0)

Seperti yang aku sudah sebutkan di atas, full scholarship ya which is artinya negara akan menanggung semua biaya di antaranya, tempat tinggal, biaya hidup, biaya registrasi dan pendidikan, tes PCR dan karantina (jika ada), visa, tiket pesawat ekonomi dan asuransi kesehatan.

Mahasiswa IISMA juga tidak akan ketinggalan masa perkuliahan karena tetap akan mendapatkan 20 SKS (Satuan Kredit Semester). 

Beda waktu Yasmin saat lolos seleksi AFS, doi kudu cuti 1 tahun karena bersekolah di SMA, Hiroshima, Jepang.

Baca juga : Pengalaman Ramadan di Negeri Sakura

Baca juga : Serba-Serbi Ngebolang ke Jepang

Tips Lolos Seleksi Beasiswa IISMA

Nah, ini dia menu utamanya!

Sejak awal diluncurkan, sepanjang sepengetahuanku, panitia sudah sangat transparan membagikan tips lolos seleksi beasiswa IISMA ini.

Mereka seperti punya misi agar kuota batch tahun 2022 sepenuhnya terpenuhi apalagi beberapa mitra kampus di luar negeri, seperti Universitas Sapienza Roma, bahkan meningkatkan kuota penerimaan dari 15 mahasiswa/i di batch 1 tahun 2021 menjadi 45 mahasiswa/i di batach 2.

See, dunia barat rupanya tersihir dengan duta-duta mahasiswa bangsa Indonesia, Moenah!

Tentu saja ini merupakan prestasi sendiri bagi tim kreatif IISMA ya. Kerja keras mereka berbuah penghargaan, kuota pertukaran mahasiswa ditambah.

Berikut  beberapa tips lolos seleksi beasiswa ala putriku, Nabila Yasmin Pohan yang well, sekali lagi, boleh jadi berbeda dengan mahasiswa lainnya.

Tahapan Seleksi IISMA

Sama seperti beasiswa lainnya, tentu saja ada serangkaian tahapan seleksi yang harus diikuti, mulai dari kelayakan berkas, kemampuan berbahasa Inggris, penilaian esai yang berisi motivasi, target, tujuan, ekspektasi dan implementasi dari program IISMA serta tes kebangsaan.

Jika lulus semua seleksi di atas, selanjutnya mahasiswa memasuki seleksi akhir, wawancara. Di sini pun masih bisa gagal lho.

Seleksi  Kelayakan Berkas

Sesuai namanya tentu saja berkaitan dengan berkas-berkas ya. 

Pastikan kamu melengkapi semua berkas sesuai syarat dan ketentuan di situs resmi IISMA.

Rajin Kepo-in Akun Ofisial @iisma_ri

Fix. Kudu rajin-rajin kepo-in akun instagram ofisial @iisma_ri dan @kampusmerdeka.ri.

Terutama yang ini nih @iisma_ri!

Itu jugalah yang dilakoni Yasmin, sejak IISMA resmi diluncurkan, biasanya doi selalu kepo-in kedua akun instagram ofisial ini.

Mengikuti semua event-event pencerahan yang biasanya selalu diumumkan sebelum hari H tiba di kedua akun itu.

Saat itu, event pemanasan di mulai Februari, diikuti pengumuman penting hari demi hari yang diselingi dengan berbagai catatan dari awardee batch sebelumnya berupa video dan infografis.

Pastikan kamu tak ketinggalan satu pun informasi penuh gizi ini!

... dan akhirnya 12 Maret 2022, registrasi dibuka sampai dengan 12 April 2022!

Jadi cukup waktu untuk menyiapkan segala sesuatunya.

... dan seperti biasa menjelang hari penutupan registrasi, banyak sekali informasi yang lagi-lagi padat gizi seperti tips lolos seleksi beasiswa IISMA, kesan-kesan dari para awardees dan informasi krusial lainnya.

Tak jemu-jemu aku mengingatkan, pastikan kamu menyerap semuanya ya!

It is worth it. Trust me!

Menjelang penutupan, akan ada pengumuman mulai H-7, H-6 hingga akhirnya registrasi resmi ditutup. Tak ada kompromi. T-U-T-U-P!

Lalu, akhirnya yang dinanti pun tiba, pengumuman di 14 Mei 2022 langsung di situs resmi IISMA.

Tercatat ada 7.501 pelamar dan yang lolos seleksi beasiswa IISMA sebanyak 1.155 kandidat.

Sebagai catatan, saat itu masih pandemi, kebanyakan event-event pencerahan selalu daring, Zoom atau G-Meet.

Bahkan, di akun @iisma_ri beberapa hari sebelum peluncuran ofisial batch 2 tahun 2022, sudah ada informasi 'pemanasan' seperti bincang-bincang bersama babang Menteri, Nadiem Makarim, IISMA Fact serta sharing session dengan para alumni IISMA batch 1, tahun 2021.

Mostly, kiat-kiat dari para alumni IISMA ini nih yang paling dinantikan, soalnya related banget dengan fakta di lapangan.

Yang tak kalah penting adalah mencari tahu segala sesuatu tentang Universitas dan Fakultas pilihan di luar negeri, seperti jurusan-jurusan/ mata kuliah yang bisa dikonversikan dengan mata kuliah muatan lokal.

Kalau ini sih kudu langsung ke prodi kampus masing-masing mahasiswa.

Intinya kudu aktif begitu ada instruksi dari panitia IISMA!

Cekatan mengumpulkan berkas dan syarat ketentuan lainnya seperti SKCK, Bebas Narkoba, Bukti tes kemampuan bahasa Inggris secara ofisial seperti Duolingo Englist Test (DET), IELTS/TOEFL-iBT dan lain sebagainya

Seperti Yasmin yang kuliah di Hubungan Internasional harus berkomunikasi dengan staff  di kampus UNPAD untuk mata kuliah apa yang harus diambil di Universitas pilihannya.

Kebetulan Yasmin mengajukan 2 pilihan di Universitas Sapienza Roma, Italia dan satu lagi Universitas Vytautas Magnus, Kaunas, Lithuania.

tips lolos seleksi beasiswa iisma
Universitas Sapienza Roma Italia

Sekali lagi, pemanasan IISMA batch 2 tahun 2022 lalu, sudah dimulai bahkan sejak bulan Februari 2022 dengan hastag khusus di instagram #IISMA_2022.

Sesuai branding babang Menteri, program IISMA ini memang lekat sekali dengan nuansa riset dan teknologi.

Sudah terbukti dari sejak diluncurkan pertama kali Agustus 2021, akun @iisma_ri sarat dengan nuansa digital branding, mulai dari penggunaan infografis, video menarik, live event dan lain sebagainya.

Usahakan Mengikuti Seluruh Rangkaian Pembekalan IISMA

Pembekalan-pembekalan  biasanya diumumkan di @iisma_ri dan buatlah catatan, karena seringkali beberapa pemateri memberikan tips secara subyektif, detail dan krusial!

Misalnya : Cara membuat motivation letter.

Pastikan goal calon awardee sesuai dengan goal IISMA

Kenali Kemampuan Diri

Iyes! 

Ini juga sangat krusial, mengenali kekuatan dan kelemahan diri untuk menunjang pembuatan esai dan CV.

Latih Kemahiran Berbahasa Inggris

Giat dan rutinlah berlatih kemahiran berbahasa Inggris karena ini sangat membantu melewati tahapan beasiswa IISMA terutama saat seleksi terakhir wawancara dengan bahasa Inggris.

Realistis dan Susun Strategi Memilih Universitas

Awalnya Yasmin yang memang suka banget dengan Korea, (well terutama karena doi adalah STAY, fandom Stray Kids yang dimotori Bang Chan) memilih Universitas Korea.

Aku masih ingat suasana percakapanku saat itu.

Yasmin: "Bunda, Yasmin pengen banget pilih Korea University"

Me: "Itu termasuk Universitas favorit, bukan?"

Yasmin: "Iya, Bunda"

Me: "Yasmin, masih ingat waktu zoom beberapa waktu lalu, ada pemateri yang menyampaikan, hindari memilih kampus favorit jika kita belum yakin tentang kemampuan diri (hard skill + soft skill), masih ingat kan ya sayang?"

Yasmin: "Iya Bunda. Itu jugalah yang menjadi pertimbangan Yasmin.

Me: "Well, in my opinion, you should try another university then, yang memiliki peluang penerimaan yang tinggi, agar kesempatan lebih besar, because you know, all the university sudah dikurasi oleh tim IISMA. Universitas terbaik di dunia, meski bukan favorit."

Thanks God, Yasmin mengikuti masukanku and she did it!

Nah, hal-hal seperti inilah maksudku, be realistic dan susun strategi!

Ini sangat menentukan peluangmu. Percayalah!

Buatlah Esai Jujur dan Unik!

Pastikan jujur dan unik dalam menulis esai!

Membuat esai dalam bahasa Inggris ini sangat berperan besar dalam menentukan apakah akan lolos dalam tahap selanjutnya atau tidak. Percayalah!

"... dalam esai inilah kita mempresentasikan diri kita dalam bentuk tulisan, jadi salah satu cara agar dapat lolos adalah membuat esai jujur dan se-unik mungkin, karena bisa dipastikan kalau hanya sekadar bagus, percayalah pastilah banyak yang lebih bagus, karena mahasiswa yang mengincar beasiswa IISMA ini pastilah akan mengupayakan segalanya agar bisa lolos ke tahap selanjutnya"

Memang terkesan masih abu-abu ya tips ini.

Aku pun browsing dong dengan kata kunci " Tips membuat esai IISMA" dan alhamdullillah menemukan sebuah channel YouTube dengan tema "Tips dan Trik dalam Membuat Essay pada Aplikasi Essay IISMA 2022'

Sekali lagi ini untuk tahun 2022 ya, bisa jadi berbeda untuk tahun berikutnya.


Ada beberapa catatan penting yang aku tangkap dari video di atas seperti:

- Pastikan memahami topik dan bahasan esai

- Jujur apa adanya tentang dirimu, karena ada topik esai (topik 3 dan 4 dari video di atas) yang meminta menceritakan "Bagaimana kamu menghadapi kesulitan, isu kesehatan atau tantangan kehidupan saat menempuh pendidikan dan bagaimana akhirnya menemukan solusi?"

Terlihat banget di sini, harus jujur karena siapa sih manusia di dunia ini yang tak punya kesulitan atau masalah.

Ini juga berkaitan dengan psikologis, apakah kamu termasuk orang yang tough alias tahan banting, karena ketika memasuki dunia internasional, kamu harus memiliki mentalitas yang ulet, tangguh, pantang menyerah serta tidak cengeng.

Nah, tim penguji bisa merasakan semuanya di dalam esai.

- Pastikan jumlah karakter sesuai dengan yang diminta. Tak kurang tak lebih. Pas!

... untuk itu memang diperlukan latihan ya.

- Pilihlah grammar atau kata powerful pembuka dan penutup dan relevan satu sama lain!

- Mintalah proofread ke mentor atau dosen yang mempunyai pengalaman dalam membuat esai, review dan double check!

-  Sebaiknya hindari membikin esai di last minute!

Tahukah kamu?

Saat sesi seleksi akhir di wawancara, terbukti topik 3 dan 4 ini memang jadi jadi fokus utama, sang pewawancara.

Begitulah informasi yang aku dapatkan dari Yasmin usai wawancara.

Persiapkan Diri untuk Wawancara IISMA

Yep. Masih sama tipsnya!

Jadilah diri sendiri, jujur dan percaya diri agar pewawancara berkesan!

... not to mention pelajari tips wawancara in english, obviously. 

... kan tinggal ketik di browser ne!

Atau mau mampir di Begini Kiat Mengatasi Gugup di Segala Situasi juga boleh sekali.

Hihihi. Iklan woiii.

Well, untuk sesi wawancara ini aku tambahkan sedikit catatan ya.

Jadi gini,

Hari dan waktu wawancara biasanya sudah diumumkan sebelumnya. 

So, sebenarnya mahasiswa punya waktu untuk mempersiapkan diri. Cuma pertanyaan pewawancara remain mystery sih. Hihihi.

Nah, begitu jam wawancara tiba, aku kepo dong ya. 

Telinga aku tempelkan rapat-rapat ke pintu berusaha mencari tahu apakah gerangan yang sedang berlangsung di dalam sana. Hahaha. I can't help myself.

... and also confirmed. All interview in English, Moenah!

Pertanyaan seperti motivasi mengikuti IISMA, kelebihan dan kekurangan diri serta materi esai, memang ada. Fix!

Berhubung Yasmin pernah ikut AFS ke Jepang, doi juga diminta menceritakan kesan-kesan serta manfaat apa saja yang didapatkan setelah mengikutinya.

... dan tanpa diduga sang pewawancara juga pernah mendapat beasiswa dan tinggal di Jepang juga.

Aku dengar mereka ngobrol layaknya dua teman. Santai dan rileks, terdengar dari audio Yasmin dari balik pintu.

... dan Yasmin pun mengkonfirmasi hal ini!

Doi merasa sangat terberkati mendapatkan pewawancara yang mampu membuatnya rileks tidak merasa tertekan. Thanks GOD!

Ssst, pertanyaan yang berkaitan dengan materi esai topik 3 dan 4 juga ada lho.

Terbayang lagi momen itu, mendengarkan betapa Yasmin sangat nyaman saat sesi wawancara.

... dan terekspresi dengan jelas ketika doi keluar dari kamar usai wawancara dan berteriak kencang, " YES, I did it, Mom!"

Kami pun saling berpelukan!

"Well, Yasmin sudah mengupayakan bagian Yasmin, mempresentasikan yang terbaik, selanjutnya urusan Allah ya, Nak," Tambahku sambil mengusap kepala doi dengan lembut.

"Insya Allah, usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil, percayalah!" 

"Yasmin kan sudah sering ikut lomba dan sudah pernah mengalami hal yang sama, iya kan? Jadi selain bersiap untuk menang juga harus bersiap untuk kalah juga ya" Tambahku mengingatkan lagi.

... dan kami pun berpelukan lagi.

Last but not least,

Alhamdullilah, Yasmin lolos seleksi beasiswa IISMA bersama 1.155 mahasiswa lainnya dari sekitar 7.501 pendaftar.

tips lolos seleksi beasiswa iisma
Satu Lagi dari Trevi Fountain Roma

Demikianlah tips lolos seleksi besiswa IISMA kali ini, namun tidak menutup kemungkinan jika aku menemukan lagi tips lainnya, Insya Allah akan aku update!

Jadi, sekali lagi, tips ini sifatnya artikel terbuka, akan selalu di update jika dalam perjalanannya menemukan tips yang lebih relevan.

Btw,

Apakah kamu punya tips lolos seleksi beasiswa IISMA, lainnya? 

Tulis di kolom komentar, yuuuk!

Senin, 16 Januari 2023

Senang Bernostalgia? Perlukah Khawatir? Gimana Nostalgia Terjadi?

Senang Bernostalgia? Perlukah Khawatir? Gimana Nostalgia Terjadi?

Apakah kamu termasuk yang senang bernostalgia, perlukah khawatir karena gemar bernostalgia dan sebenarnya secara sains gimana sih nostalgia itu bisa terjadi?

Melansir dari cnnindonesia, sebuah riset di tahun 2017 menemukan, bahwa nostalgia adalah salah satu dari 27 emosi utama manusia.

Iyes. Emosi utama, guys!

Jadi, tidak hanya menjembatani dengan memori masa lalu, nostalgia rupanya mampu mengubah otak dengan cara-cara menarik.

Bahkan psikolog saraf, Sanam Hafeez menuturkan bahwa nostalgia adalah emosi yang unik.

"Visual, penciuman, atau suara dapat memulai ingatan yang membawa kerinduan akan sesuati di masa lalu. Anda sedang mengingat waktu, peristiwa, atau orang yang berlalu dengan kerinduan dan penghargaan," tutur Hafeez dikutip dari Bustle.

nostalgia jenis terjadinya kecanduan
Sumber foto: Unsplash

Berikut ini aku mencoba merangkum beberapa fakta dari berbagai artikel tentang itu semua dan semoga bisa menyumbangkan sedikit pencerahan, and of course tentu saja dengan you know, sentuhan gaya storytelling ala anna rosanna. Hmmm.

Have fun...

Baca juga: Kiat Meningkatkan Gaya Storytelling yang Layak Dipelajari

To be honest, saat berkendara, biasanya lantunan musik dari pemutar CD, lagu-lagu favorit dengan kenangan tertentu selalu dan selalu saja sukses membawaku berkelana ke masa lalu, bernostalgia, terutama ke masa-masa saat berdiam nun jauh di seberang, pulau Sumatera.

Ajaibnya, meski sudah berkali-kali aku dengar, lagi-lagi, tetap saja, bernostalgia, rasa nyaman dan bahagia itu, selalu meraja. Bikin candu, Moenah!

Nostalgia masa kecil dan remaja. Suasana sekolah SD, SMP dan SMA jadi juaranya!

... iya, selalu mampu membuatku bermandikan rasa bahagia, pemirsah!

Ayo cung, siapa nih yang sama-an dengan aku!

Well, mumpung aura tulisan kenangan yang tak terlupakan masih bercokol rapi di memori, aku sedikit kepo, kenapa eh kenapa kecanduan bernostalgia ini bisa terjadi?

Jenis-Jenis Nostalgia

Menurut Profesor Svetlana Boym, warga Rusia yang berimigrasi ke Amerika tahun 1981 dan mendapatkan gelar di Boston dan Harvard, dalam bukunya " The Future of Nostalgia" menyatakan, ada 2 tipe nostalgia, which is:

1. Nostalgia Reflektif

Jika nostalgia mampu memicu sistem limbik memproduksi hormon dopamin, menghadirkan rasa bahagia, nah ini tipe nostagia reflektif.

Tipe ini biasanya membuat kita bisa menerima dan menghargai masa lalu, menghadirkan nilai-nilai positif, mendatangkan manfaat!

2. Nostagia Restoratif

Sebaliknya, jika nostagia cenderung mengarahkan ke perasaan rindu yang menyakitkan, penyesalan mendalam atas apa yang sudah terjadi, bahkan semakin parah ingin menghidupkan kembali dendam, well, sebaiknya tepislah semua nostalgia yang mengarah ke restoratif!

So, once again,

Bernostalgia tidak saja hanya bisa menghadirkan rasa rindu, rasa bahagia tetapi juga mampu memicu kenangan pahit masa lalu. C-A-T-A-T!

Kalau menyikapi nostalgia dengan tepat, maka manfaatlah yang didapat!

Seperti perasaan di atas tadi, rasa senang, bahagia, yakin dan percaya bahwa hidup yang kini dijalani adalah yang paling berharga dan terbaik!

Tapi, berhati-hatilah, jika terjadi sebaliknya, jika bernostalgia malah menghadirkan memori-memori  negatif, maka hanya hal-hal negatif juga yang akan didapatkan, seperti penyesalan, kerisauan dan bermacam emosi negatif lainnya yang justru akan membawa pengaruh buruk dalam kehidupan!

Akhirnya, cara kita dalam menyikapinya yang akan menentukan baik atau buruknya nostalgia!

Gimana Sih Nostalgia Bisa Terjadi?

Siapa ne yang sering terpicu nostalgia bahkan hanya dengan menyesap aroma?

Aku. Aku!

Kalau mendengar lagu yang punya kenangan tertentu, ayo, raise your hand!

Aku. Aku juga. Hahaha. Diborong semua ne!

Tahukah kamu?

Indra pembauan ternyata memang penyebab utama nostalgia! 

Telinga juga bisa berperan!

Oleh karena itulah, seperti yang aku utarakan di awal tadi, mencium aroma dan mendengarkan lagu dengan memori tertentu mampu membawa ke kenangan tertentu.

Ini berkaitan dengan cara kerja di sistem otak limbik di mana indra penciuman terhubung dengan amygdala, yang berfungsi mengatur emosi.

Jadi sebenarnya emosi kita bukan berasal dari hati ya. Yep, semua diproses di limbik otak.

Pasti pernah dong ya, ketika menonton sebuah adegan di film yang mengingatkan akan kenangan tertentu, bisa membuat kita tersenyum, terharu bahkan sampai mengandung bawang.

Nah ini kerjaan si amygdala deh, emotion control, freak!

nostalgia terjadi di reward center di otak
Sumber foto: https://www.uq.edu.au/

Seperti dilansir dari sehatq.com, ketika merasakan nostalgia, akan ada aktivitas stimulus metabolik sekaligus aliran darah di beberapa bagian otak, utamanya di frontal, limbic dan otak bagian tengah.

Contohnya nih, orang yang mendengarkan musik dengan kenangan tertentu akan merasakan stimulus di inferior frontal gyrus, cerebellum dan juga insula dibandingkan dengan mendengarkan musik lain tanpa unsur nostalgia baginya.

Wah, ini sepertinya percis deh yang aku selalu alami. Bingo!

Masih dilansir dari situs yang sama, lebih jauh lagi, bagian-bagian otak seperti hippocampus, ventral tegmental, ventral striatum akan lebih aktif saat merasakan nostalgia. 

Ini adalah bagian otak yang mengatur imbalan alias reward center. 

Itulah kenapa seseorang bisa merasa nyaman dan senang ketika merasakan nostalgia!

Kembali lagi aku ingat pengalaman beberapa waktu lalu saat menyusuri jalanan saat SMP di kota kelahiran Pematangsiantar. 

Perasaan senang menjalari seluruh tubuh ketika aku memutuskan berjalan kaki, menyusuri sekaligus menyesapi aura lorong-lorong rute nostagia belasan tahun itu.

Menariknya, orang yang cenderung mudah merasa sedih, lebih rentan mengalami nostalgia. 

Hal ini masuk akal, karena emosi yang mereka rasakan jauh lebih besar, baik di saat merasa sedih maupun senang.

Lagi-lagi gue banget nih! 

Sepertinya aku termasuk orang yang cenderung mudah terbawa emosi.

Nostalgia Bisa Menyebabkan Kecanduan

Pasti pernah dong ya mendengarkan ungkapan, "Kelilingilah diri dengan aura-aura positif!" 

... bernostagia, termasuk salah satu caranya!

Perasaan positif ini bisa lho melindungi dari emosi negatif seperti kekecewaan dan kecemasan berlebih.

Pernah merasakannya?

Ingin menikmatinya lagi dan lagi!

Iyes. Perasaan positif yang muncul ketika mengalami nostalgia bisa membuat seseorang kecanduan. Sensasi yang muncul ketika reward center di otak mendapatkan stimulus ini membuat orang ingin merasakannya lagi dan lagi.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan seseorang akan menjadikan nostalgia seperti 'mesin waktu' untuk meninggalkan realita masa kini, terutama saat kewalahan menghadapi kesulitan yang tengah dihadapi.

Nah, berdasarkan pengalaman ini, percis seperti yang diungkapkan sang profesor di atas, nostalgia adalah mixed emotion atau emosi campuran, tak melulu positif tapi juga negatif. 

Ini terjadi ketika seseorang lebih suka larut dalam kenangan nostalgia yang membahagiakan ketimbang menghadapi situasi terkini yang di luar ekspektasi, sehingga menjadikan nostalgia, pelarian.

Lalu, gimana dong kalau akhirnya terjebak masa lalu?

Masih melansir dari sehatq:

"Jangan langsung merasa frustasi, itu adalah fase normal dan sehat yang dilakukan otak demi mendapatkan perhatian lebih!"

Well,

Otak saja perlu mendapatkan perhatian lebih, apalagi aku, eh gimana.

Nostalgia Tak Selalu Identik dengan Bahagia

Meski nostalgia terbukti mengaktifkan reward center di otak manusia, namun adakalanya nostalgia juga memicu seseorang menjadi bingung dan sedih.

Ini terjadi karena ada faktor introspeksi dan rumination.

Ini adalah pikiran yang muncul tanpa disengaja tentang masa lalu yang kurang bahagia.

Seseorang akan berlarut-larut memikirkan apa yang salah dilakukan. Selanjutnya akan muncul pikiran, "Apa kira-kira yang akan terjadi jika hal sebaliknya yang dilakukan?"

... lalu hadirlah penyesalan!

Bahayanya, jika penyesalan mendominasi hingga mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya carilah bantuan profesional sambil tetap melakukan cara untuk menerima kekurangan diri dan tidak menyesali apa yang terjadi di masa lalu.

Pernahkah kamu merasakan nostalgia yang tak selalu identik dengan bahagia?


Referensi:

https://www.sehatq.com/artikel/mengingat-kenangan-manis-bagaimana-nostalgia-bisa-terjadi

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210115131129-284-594157/7-efek-ajaib-nostalgia-terhadap-otak

https://hot.liputan6.com/read/4766630/nostalgia-adalah-kenangan-masa-lalu-pahami-makna-dan-penyebabnya

https://kumparan.com/temali/tak-selamanya-nostalgia-berisikan-kenangan-indah-1rl9fyT9I0T/full

https://www.gurusiana.id/read/ninanursuhaniah/article/nostalgia-3720352