Ini Dia Kiat-Kiat Agar Tetap Nyaman Naik Kereta Api Ekonomi

Ini Dia Kiat-Kiat Agar Tetap Nyaman Naik Kereta Api Ekonomi

Ini Dia Kiat-Kiat Agar Tetap Nyaman Naik Kereta Api Ekonomi. Banyak alasan kenapa seseorang memutuskan untuk menggunakan kereta api ekonomi saat liburan. Mulai dari keterbatasan dana, kehabisan tiket kelas eksekutif, jam keberangkatan ataupun kedatangan. Apapun alasannya hindari berburuk sangka dan tetaplah senang hati saat naik kereta api ya.

Baca juga : 5 Bahaya Buruk Sangka

Saat ini, fasilitas kereta api ekonomi sudah sangat baik. Meski kelas ekonomi, penumpang tetap bisa menikmati gerbong yang nyaman karena bersih dan ber-AC. Tempat duduk juga sudah 'empuk', walaupun tidak senyaman kelas eksekutif.

Permasalahannya ialah bagaimana bila kita liburan menggunakan kereta api ekonomi jarak jauh, seperti kereta Kertajaya yang melayani rute Jakarta-Surabaya. 

Jarak tempuh membutuhkan waktu belasan jam. Rasa bosan, lelah dan kurang nyaman tentu mudah menghampiri apalagi ditambah dengan jarak serta waktu selama itu.

Nah, untuk membuat perjalanan tetap nyaman dan menyenangkan, yuk simak dulu kiat naik kereta api ekonomi jarak jauh di bawah ini. 


Pilih Kursi dan Gerbong Yang Tepat

Demi kenyamanan pilihlah kursi yang memiliki dua baris penumpang, karena lebih nyaman ketimbang 3 baris.
Kursi ini memiliki nomor dengan akhiran huruf D dan E. 
Untuk nomor bisa  bebas memilih di ujung atau di tengah.

Bila ingin ruang gerak sedikit lebih lebar, bisa memilih kursi di ujung. Namun risikonya lebih berisik, karena dekat pintu.

Selanjutnya untuk gerbong, usahakan tidak memilih gerbong pertama. Gerbong ini terlalu dekat dengan lokomotif dan membuat suasana kurang nyaman.

Untuk memilih kursi dan gerbong ini bisa dilakukan secara online, tanpa perlu repot datang ke stasiun. Kelebihan lainnya, tiket online cenderung lebih cepat, murah, dan mudah. Kamu bisa membuktikannya dengan mencoba memesan tiket Kertajaya di situs Traveloka.


Pilih Perlengkapan Tidur Sederhana dan Seperlunya.

Untuk kenyamanan, sebaiknya membawa perlengkapan tidur pribadi. Bawa saja seperlunya seperti bantal leher dan selimut. Keduanya sangat diperlukan, khususnya di malam hari, karena udara di dalam kereta cenderung dingin.

Bila masih malas membawanya, bisa menyewa ke petugas di kereta dengan harga kisaran Rp10 ribu hingga Rp15 ribu. Namun secara kualitas dan kenyamanan, masih lebih enak membawa milik pribadi. 


Bawa Bekal Selama Perjalanan

Di kereta api sebenarnya ada makanan dan camilan yang bisa dipesan kapan saja. Namun tetap membawa bekal sendiri jauh lebih dianjurkan. 

Alasannya :

- Pilihan lebih banyak atau tidak terbatas
- Harga lebih terjangkau dan bisa berhemat
- Bekal lebih terjamin rasa, kesehatan, dan kebersihannya

Bawalah makanan atau camilan favorit sebagai bekal selama perjalanan naik kereta api, agar lebih nendang. Disarankan membawa bekal dengan kemasan yang sekali pakai, untuk mengurangi beban barang bawaan. Tapi jika ingin sayang bumi, membawa kemasan yang bisa dicuci layak dieksekusi.

Baca juga : Tips Menyiapkan Bekal Untuk Perjalanan Kereta Api

Siapkan Stamina dan Jaga Kesehatan

Jika sudah menentukan waktu liburan dan memesan tiket kereta api, hal penting lain yang perlu dipersiapkan ialah stamina

Jaga kesehatan dan pastikan fisik kuat menempuh perjalanan jauh dengan kereta api. Jika perlu, bisa membawa obat-obatan seperti kayu putih, obat anti mabuk seperlunya. Ingat, rencana liburan indah dan perjalanan yang panjang tidak akan ada artinya, bila kamu jatuh sakit. 
Sebagai gambaran waktu tempuh Jakarta-Surabaya sekitar 12 jam, Jakarta-Jogja 8 jam, Jakarta-Semarang 7 jam, dan paling jauh Jakarta-Malang 15 jam.


Gunakan Trik Atasi Jenuh di Perjalanan

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa bosan dan jenuh berjam-jam di dalam kereta api ekonomi

Paling sederhana ialah menikmati pemandangan dan mengobrol dengan teman seperjalanan atau penumpang lain.


Jika ingin menggunakan cara modern, pastikan memiliki paket data yang cukup atau terkoneksi internet dengan cepat misalnya menggunakan jaringan XL

Agar lebih afdol cari tahu titik-titik lokasi yang termasuk dalam jangkauan jaringan baru sekaligus dilalui jalur kereta api agar perjalanan tetap nyaman, menyenangkan dan berkesan.

Baca juga : Tips Mudik Nyaman dan Menyenangkan

Biasanya waktu berjam-jam di kereta api terasa cepat berlalu bila diisi dengan hal-hal positif seperti di atas tadi itu, berbicara dengan teman seperjalanan di dekat kita, mendengarkan musik, menonton film, membaca atau bermain game di gadget.

Bila tidak memberatkan, bawa juga buku favorit atau mainan kesukaan. Keduanya bisa membantu mengusir rasa bosan dan jenuh di perjalanan. Ketika lelah, pakailah bantal leher dan selimut untuk bisa tidur dengan nyaman.

Jadi gimana?

Sudah siap dong ya mengeksekusi kiat perjalanan nyaman, menyenangkan dan berkesan dengan kereta api ekonomi jarak jauh.

Semoga bermanfaat!


Ini Dia Kiat-Kiat Agar Tetap Nyaman Naik Kereta Api Ekonomi



37 comments:

  1. Aku paling suka naik kereta. Kereta yang katanya "busuk" di India aja aku suka. Lebih nyaman karena bisa baringan ketimbang kereta eksekutif di Indonesia yang posisi miring paling banter hehehe

    omnduut.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bareng bolang, memang lebih nendang!
      Jadi, kapan kita bolang bareng?

      Delete
  2. saya pas ngerasain kereta api ini pas jamannya udah enak, gak bejubelan, gak ada yang jualan, ada AC. Jadi, selalu dan selalu milih kereta aja sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Kereta api sudah alami transformasi. Sudah banyak curhatan testimoni. Bahkan gerbong khusus perempuan juga ada. Keren ya.

      Delete
  3. Dulu pernah naik KA dari Gambir Jakarta ke Turi Surabaya. Tapi kelas bisnis. Keren banget.
    Memang kalau asyik ngobrol, gak berasa ya.
    Sekarang, jadi pengen icip KA ekonomi juga.

    ReplyDelete
  4. aku cintaaa naik kereta mbaaa..apalagi alau pemandangannya cakeeep

    ReplyDelete
  5. Waah...penting banget ini. makasih tips nya...

    ReplyDelete
  6. Aku cinta banget naik kereta eksekutif. Rasanya tuh beda daripada naik pesawat ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ekonomi saja sudah nyaman, apalagi eksekutif.
      Paling suka kalau pas memasuki dengan view cantik, di atas jembatan. Duh, tak terlukiskan!

      Delete
  7. Wah boleh juga tuh tipsnya.. lumayan buat rencana liburan bulan depan. Perjalanan jkt-jogja 8 jam dan sendirian, mungkin lebih asyik klo diisi dengan nonton drakor ya mba
    . Ehehe

    ReplyDelete
  8. Aku orangnya lebih nyaman naik ekonomi, mba.
    Nyaman di kantong wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi sudah dapat bocoran kiat-kiat, tambah mantap!

      Delete
  9. Beberapa bulan lalu saya juga baru nyobain naik kereta api Jakarta Surabaya PP tapi perjalanan malam,,
    jadi nggak bisa lihat pemandangan kecuali pas mau sampai tujuan..bulan depan rencana mau ke Surabaya lagi, mau nyobain yang berangkat pagi ah biar bisa lihat pemandangan yang bagus bagus

    ReplyDelete
  10. Tips yang keren banget, semoga saya bisa naik kereta api lagi hehehe

    ReplyDelete
  11. Tipsnya okr banger. Utk perjalanan jauh memang harus siap segalanya. TFS Mbak

    ReplyDelete
  12. aku juga suka kursi DE, tapi ekonomi di Maleks cuma AB CD, sebanding sama harganya mending naik eksekutif klo ke Jogja, beda dikit
    Paling jauh Jakarta-Malang 15 jam. Dulu ada KA Kratakatau dari Blitar sampe Merak., 18 jaman klo ga salah, itu kerasa banget


    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiii... 18 jam.
      Bisa berasap tuh bokong. Xixixi.
      Kudu ditambah nih tipsnya.

      Delete
  13. Penting banget tipsnya. Dulu naik kereta ekonomi masih merakyat banget, bisa beli makanan di atas. Iya pedasgang di stasiun pada naik gerbong. Sekarang nggak ada pemandangan seperti itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. PT KAI sekarang terus lakukan inovasi. Senang banget ya. Semua demi kenyamanan penumpang.

      Delete
  14. Baru dua kali naik kereta api ke Jawa, saat ini lumayan enak ya ternyata. Apalagi jaman skrg kemana2 ga mati gaya karena ada gadget :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudu selang-seling ngobrol juga dengan teman sebelah ya.

      Delete
  15. Aku salah satu konsumen kereta api ekonomi dari yg dulu dempel"an hingga sekarang nyaman dan bersih

    ReplyDelete
  16. aku punya beberapa kali pengalaman naik kereta, yang aku suka pengalaman naik kereta dari jakarta ke bandung sih mbak.. view duduk deket jendela bisa nyegerin mata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi pas melewati panorama desa yang indah dan asri ya. Tak terlupakan!

      Delete
  17. Bentar lagi aku mau naik kereta ekonomi sama anak. Ini perjalanan jauh pertama kami. Semoga ya lancar dan ga rewel. Aku terapkan tips di atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaaap. Aku nemu kereta ekonomi baru. Bersih dan kinclong, heheh

      Delete
  18. Replies
    1. Semapat kaget baca "mengeplang". Kirain mo nempeleng. Xixixi.
      Untung ada mbah Google. Ternyata termasuk 'homonim" ya.
      Legaaa... setelah tahu artinya.

      Delete
  19. Udah lamaa ngg naik kereta mbaa.. jadi kangeen!

    ReplyDelete