Lakukan 5 Hal Kecil Ini Untuk Kebahagian dan Kesehatan Keluarga

5 Hal Kecil Untuk Kebahagian dan Kesehatan Keluarga

Lakukan 5 Hal Kecil Ini Untuk Kebahagian dan Kesehatan Keluarga. "Piknik yuk, Bun!"

Suatu pagi, pak suami, tiada hujan tiada angin mengutarakan keinginan sekaligus cukup membuat aku ternganga takjub. Tapi tenaaang... sang lalat belum sempat nemplok, kog!

Aku buru-buru menutup mulut lalu cepat mengimbangi dengan datar. Hmmm....
Padahal dalam hati pengen salto jumpalitan, xixixi...jaim, coi...!

Iya, karena aku pernah nonton film, katanya nih, jadilah sosok yang "unpredictable" biar pasangan tambah klepek-klepek eh, makin cinta, giccuuuu...

Maafin yak, eike lupa, judul filmnya!

Mungkin ada yang tahu? Kamu, iya kamu mungkin bisa bantu. Ahh, sudahlah, lupakan.

Kembali ke laptop!

Berikutnya, aku buru-buru langsung ganti emoji, eh emosi. Memandang doi lekat-lekat dengan tatapan penuh cinta, huuuaaa...

5 Hal Kecil Untuk Kebahagian dan Kesehatan Keluarga

Baiklah!

Kemana kita, Bang?

Ke pantai yuk...! 

Nada suara doi renyah sekali, ngalahin kriuk rengginang Wonogiri.

"Kita masak gembung goreng balado, tumis sayur, bawa krupuk dan bikin agar-agar biar segar!" 

Sambil berkata begitu, doi menghampiri, dan bisa ditebak aku terjerat dan tak bisa bangkit lagi dalam senyum manisnya yang... aduhai, dan sampai saat ini masih sanggup bikin aku klepek-klepek, hanyut, bow!

Family picnic, sounds great!

Rencana segera dimulai.

Doi langsung bergerak cepat. Pergi ke pasar membeli semua keperluan. Sementara aku menyiapkan sebagian bumbu-bumbu yang telah tersedia di rumah.

Begitulah!

Skuat ala-ala The A-Team langsung bergerak cepat. Kami bertiga numplek blek di dapur mungil, demi apa, coba!

Dan, voilaaa....! Sim salabim!

Menjelang jam makan siang, kami sudah dalam perjalanan menuju pantai Manggar. Kira-kira setengah jam perjalanan.

Hari itu memang bukan akhir pekan dan bukan hari liburan. Kebetulan Yasmin, buah hati kami libur karena kakak kelasnya yang kelas 12 sedang ada try out.

Jadi, jalanan cukup lengang.

Sampai di pantai, ternyata, lumayan ramai juga pengunjung yang hadir. Kami mencari tempat paling ujung yang kebetulan agak rindang dan agak sepi. Biar bebas, cint. Ntar kan ada sesi fotografi ala-ala selebgram giccuuu. Uhuk!

Harmoni lirih ombak, nyanyian pasir dan semilir angin membawa rasa lapar semakin menggelegar. Begitu mobil parkir sempurna kami langsung sepakat memasuki puncak acara, makan siang, kakaaa... hahaha! 

Cukuplah penderitaan sejak menyiapkan hidangan berlanjut di sepanjang perjalanan, terbius aroma resep masakan rumah, percis seperti ekspresi bintang iklan bumbu resep penuh cita rasa, Royco!

Kami makan dengan nikmat sambil menatap ke samudera lepas. Doi berkali-kali memuji masakan terutama gembung goreng balado, yang entah kenapa kali ini, aku rasa juga kog enak sekali.

Selendang, mana selendang... mau terbang nih!

5 Hal Kecil Untuk Kebahagian dan Kesehatan Keluarga

Yok...iiii.. cint, ini memang masakan favorit sepanjang masa, kekasih hati beta.
Sungguh, selain pereda lapar dan sumber nutrisi, makanan memang mampu menjadi simbol kasih! 
Hari itu, sekali lagi aku membuktikan betapa hal-hal kecil seperti ini mampu menciptakan kebahagian sekaligus keharmonisan keluarga.

Baca juga : Kiat Terciptanya Bahagia di Rumah

Terus, apalagi dong yang bisa kita lakukan, Mom?

Jadi gini!
Kebahagian, kesehatan dan keharmonisan keluarga itu bukanlah warisan apalagi undian. Ia adalah sesuatu yang harus diupayakan! Iya, diupayakan! 
Bagai tanaman kehidupan rumah tangga perlu perawatan.

Namun tak perlu buru-buru memerlukan hal-hal mewah dan besar.

Lakukan 5 hal-hal kecil ini untuk membantu meningkatkan kebahagian dan kesehatan keluarga.


1. Alokasikan waktu untuk bersenang-senang


Rutinitas kegiatan mampu membunuh kreativitas dan memicu kecemasan. 

Dedikasikan waktu luang, tentu saja bebas gadget, kecuali untuk mendokumentasikan kebersamaan. Bisa dengan jalan-jalan, bermain game, memasak atau piknik. 

Intinya, semua kegiatan ini bermuara kepada interaksi dan hanya menikmati kebersamaan. Bersenang-senang!

Selain untuk mengeliminasi penat, kebersamaan dan kehangatan akan meningkat, percayalah!

2. Tiada Hari Berlalu Tanpa Berpelukan


Takkan ada overdosis karena pelukan!

Bagi buah hati aktivitas ini adalah bukti mereka merasa aman dan dicintai. 

Apalagi terhadap pasangan halal sang kekasih hati. Konsekuensinya tak perlu diragukan lagi. Bagai investasi, kau bahkan bisa langsung memetik hasilnya di masa kini dan nanti. 

Hormon-hormon tubuhpun tak ketinggalan menyumbang sinergi.
Rasa aman, lebih relaks, menyeimbangkan pikiran, memiliki rasa menerima dan memberi, membuka jalur komunikasi, keterikatan emosi, meningkatkan percaya diri sekaligus empati bahkan satu pelukan setara dengan meditasi, adalah beberapa manfaat pelukan menurut para ahli.
Buktikan sendiri!

3. Ekspresif


Siapa sangka ekspresif bisa menyumbangkan bahagia! Tentu saja ekpresi rasa senang ya. 

Kreasikan tos ceria/gerakan khas keluarga saat buah hati pulang sekolah atau pasangan tiba di rumah setelah seharian beraktivitas.

4. Olah Raga Bersama 


Nah, ini sepertinya favorit keluarga di seantero dunia.

Bersepeda atau jogging di taman bisa menjadi pilihan. Menikmati keindahan taman sambil mengawasi buah hati berekspresi. Sehat dapat, bahagia dapat! Perfect combo!

5. Prioritaskan Hubungan


Yang paling penting bagi sang buah hati adalah buat mereka tahu dan merasakan bahwa kita mencintai pasangan dan membuktikannya dengan perbuatan. 

Misalnya dengan berlaku jujur, siap berbagi perasaan, belajar mendengarkan, perduli, berkomunikasi dua arah, hindari sok tahu dan mencari waktu pas untuk berbicara serius.

Lho, niatnya tadi mau nulis tentang piknik dan resep makanan rumah ala Royco, kog jadi melebar kemana-mana ya, mbak?

Ahhh, sudahlah.

Nyook... narsis dulu!


Atau kamu mau menambahkan?



20 comments:

  1. Putri Mbak Anna cantik ��
    iya berpelukan adalah cara terbaik untuk menyatakan rasa sayang dengan keluarga.
    Plus jalan2 juga hehehe

    ReplyDelete
  2. seneng ngeliat oto keluarganya...
    semuanya cerah ceria .. bahagia banget bisa piknik bareng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata benar ya, hal-hal kecil bisa menyumbang bahagia.

      Delete
  3. Pastinya kebersamaan harus dipupuk terus ya, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju!
      Bagai tanama, kudu dipupuk dan dirawat.

      Delete
  4. ya baca ini aku jadi ikutan terbayang kebahagiann ka Anna dan keluarga. Semoga selalu sehat dan bahagia. Simple happy family. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you, dear.
      Bahagia bikin awet muda ^_^

      Delete
  5. Dduuhh.... Baca postingan ini bikin jomblo seperti saya jadi baper.

    ReplyDelete
  6. Keknya kok asyik ya mbak sama doi. Jadi pengin praktekan ilmu barunya #hahaha tapi sama sapa..?

    ReplyDelete
  7. Kebahagiaan itu harus diupayakan. Yes! Family time juga bisa dengan hal simple seperti piknik begini ya. Balikpapan dekat pantai sih ya, tiap hari bisa nongkrong di pinggir pantai

    ReplyDelete
  8. Tiada hari tanpa berpelukan.. kayagnya harus saya coba dech..

    Piknik atau travelling bareng tuh emang bikin bahagia banget dech pokoknya ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, coba dan buktikan sendiri dan pengalamannya ntar dibagi-bagi!

      Delete
  9. Wah co cweeet pengantarnya. Betul sekali kebahagiaan, kesehatan dan keharmonisan RT harus diupayakan. Dan harus ada komunikasi ya,Mba jangan hanya menerawang maunya keluarga bagaimana. Nice post, Mba ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha...
      Menerawang, duh lama gak dengar kata itu.

      Delete