Tips Mencegah Gigi Berlubang


Tips Mencegah Gigi Berlubang. Masalah gigi berlubang kini tak pandang bulu. Kalau dulu hanya anak-anak yang diserang, namun kenyataanya saat ini orang dewasa juga terserang masalah gigi berlubang, termasuk aku yang sempat menggangap remeh tentang bagaimana seharusnya cara mencegah gigi berlubang. Saat itu di masa kuliah, jauh dari orang tua dan pertama kali merantau seorang diri dari kota kecil kelahiranku, Pematang Siantar di Sumatera Utara.

Hal yang tak mungkin terjadi di saat masih bersama orang tua, karena masih ada mama merangkap polisi gigi yang mengingatkan ritual sikat gigi terutama sebelum tidur. Mama percaya bahwa menyikat gigi sebelum tidur adalah cara paling jitu mencegah gigi berlubang serta salah satu upaya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Malas dan menganggap remeh tentang perawatan dan kebersihan gigi serta kebiasaan ngemil adalah penyumbang terbesar masalah gigi berlubang yang aku alami. Namun sejak merasa betapa menderitanya sakit gigi berlubang ketimbang sakit hati, aku bertekad di dalam hati. This is will be the last for the entire of my life, and so far it works until now.

Boleh dong kasih tahu gimana sih proses gigi berlubang itu?

Jadi gini.

Tahu dong enamel atau email ya. Itu lho bagian paling keras dan terluar dari gigi yang berwarna putih. Ternyata kalau di serang asam (biasanya hasil reaksi antara partikel makanan dan air liur) secara terus menerus, enamel akan kehilangan mineral. Selanjutnya sebuah titik putih yang menandakan kerusakan awal akan muncul pada gigi. Biasanya jika diketahui secara dini, kerusakan ini bisa diperbaiki dan enamel akan pulih sendiri.
Tips Mencegah Gigi Berlubang
Listerine Natural Green Antiseptic Mouthwash
Sebaliknya jika proses kerusakakan gigi tidak bisa dikembalikan, enamel akan melemah dan akan lebih banyak lagi mineral hilang. Sebuah titikpun berubah menjadi lubang. Jika rongga kecil atau ruang kecil hanya terdapat di lapisan luar biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Namun ketika pembusukan menembus email dan dentin (lapisan dalam gigi) gigi akan menjadi sensitif.

Dalam tahapan lanjutan pembusukan berlangsung lebih pada lapisan dalam (pulp) semakin intens dan selanjutnya menghasilkan rasa nyeri yang tajam. Infeksi dari gusi membusuk dapat menyebabkan kematian jaringan pulpa dan menyebabkan abses (bernanah) di bawah akar gigi. Hiii...  horor banget yak!

Kasih tahu dong kakaa apa sih rahasianya cara mencegah gigi berlubang? 

Kurangi makanan dengan gula berlebih 

Kita sudah mengetahui bahwa semua manusia memiliki bakteri di dalam mulutnya dan juga dengan mudah menumpuk di permukaan. Seiring dengan waktu jika tidak rutin disikat maka akan menimbulkan plak yang secara perlahan akan melarutkan mineral pada permukaaan gigi.

Mereka yang gemar makanan manis dan mentah lebih beresiko terkena gigi berlubang

Menjaga kebersihan mulut 

Perawatan gigi yang baik juga mampu mencegah gigi berlubang. Terutama menyikat gigi sebelum tidur dan sesudah sarapan.

Tahu nggak sih bagaimana menyikat gigi dengan benar? Enggaaak. Well, you are not alone!

Aku juga baru beberapa tahun lalu tahu kalau cara menyikat gigiku jauuh dari kata benar. Selama ini aku menyikat gigi dari kanan ke kiri dan sebaliknya. Itu salah, sodara-sodara!

Yang benar adalah dari atas ke bawah atau sebaliknya, dan lakukan selama 1-2 menit. Apalagi kalau sikat giginya di depan cermin, jadi bisa sambil selfie eh melihat apakah sisa makanan sudah bersih sempurna. 

Oh, gitu aja ya.

Eit bentar dulu, ada lagi nih!

Jadikan menyikat gigi, flossing dan berkumur menjadi gaya hidup

Mengapa harus flossing dan berkumur?

Karena menyikat gigi hanya membersihkan 25% dari area mulut. Bulu sikat tidak dapat mencapai sela-sela gigi dan hanya benang dental floss yang bisa melakukannya. Gigi menjadi bebas bakteri dan bebas plak.

Dan... agar semakin sempurna cara mencegah gigi berlubang ini sekaligus untuk mendapatkan napas lebih segar agar bisa lebih semangat memulai hari, kita membutuhkan mouthwash antiseptik. Antiseptik ini diklaim bisa membantu melawan bakteri penyebab bau mulut.

Apalagi jika kita memiliki kebiasaan makan makanan manis, kemudian sisa makanan ini terjebak dan bereaksi dengan air liur di sepanjang gusi bisa menyebabkan plak lho. Plak yang mengeras akan menyebabkan tartar dan bisa menyebabkan gigi berlubang dan bau mulut. Tambah horor kan kakaa...
Tips Mencegah Gigi Berlubang
Listerine Tartar Control Antiseptic Mouthwash
Untuk itu jadikan kebiasaan menggosok gigi, flossing dan berkumur jadi rutinitas kelas oralmu dan jika kamu masih menemukan masalah kesehatan gigi dan mulut, jangan pernah ragu untuk konsultasi dengan dokter gigi kesayanganmu tentang seputar cara mencegah gigi berlubang, ya.

Semoga tips mencegah gigi berlubang ini bermanfaat.

Selamat mencoba.















5 comments:

  1. Aku juga oake listerine biar nafas segar juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai Listerine yang mana, MasBro?
      Aku lagi pakai Multi Protect Clean Mint

      Delete
    2. Aku warna biru kak,
      Tapi suka ganti2 mana yg promo hahaha

      Delete
  2. sikat gigi udah, kumur udah, floss yang belum pernah coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu pernah coba sekali, pengen coba lagi nih :)

      Delete